Ganti Gula Pasir dengan 10 Rekomendasi Gula Aren yang Kaya Nutrisi dan Baik untuk Tubuh (2020)

Ganti Gula Pasir dengan 10 Rekomendasi Gula Aren yang Kaya Nutrisi dan Baik untuk Tubuh (2020)

Gula aren tidak hanya manis, tetapi di dalamnya juga terkandung nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Kamu yang doyan makanan manis sebaiknya mulai menggunakan gula aren untuk pemanis makanan dan minuman.

Gara-gara Minuman Boba, Gula Aren Semakin Tenar

Gula, pemanis makanan dan minuman yang satu ini sudah sangat akrab dengan kehidupan kita sehari-hari. Bahkan gula sengaja distok di dapur rumah karena bagi kebanyakan orang gula menjadi kebutuhan harian untuk membuat kopi atau teh.

Selain gula pasir yang sudah sangat umum digunakan, juga masih ada jenis pemanis lain yang kerap digunakan untuk menambah rasa manis. Beberapa di antaranya adalah gula aren, gula merah, dan gula batok. Kedua jenis gula ini umum digunakan untuk campuran makanan dan minuman karena tidak hanya menambah rasa manis, tapi juga membuat cita rasa makanan atau minuman terasa makin gurih.

Gula aren familiar terdengar karena sering digunakan untuk campuran membuat aneka minuman. Minuman yang kerap menggunakan gula aren sebagai pemanis adalah kopi susu dan boba (minuman bubble yang lagi populer saat ini).

Jangan Salah Pilih, Ini Bedanya Gula Aren, Gula Merah, dan Gula Batok

Gula Merah

Sumber gambar www.nuisonk.com

Gula merah atau yang dikenal juga dengan gula jawa terbuat dari sari pohon kelapa atau getah palma. Sari pohon kelapa direbus cukup lama hingga menjadi karamel dan kemudian dicetak berbentuk silinder. Gula merah memiliki warna kuning kemerahan yang kaya dengan kandungan zat besi, fosfor, kalium, dan vitamin C. Gula merah ini sangat umum digunakan sebagai pemanis untuk aneka jenis makanan dan minuman.

Gula Aren

Gula aren terbuat dari nira pohon aren (enau) yang dimasak hingga mengental dan kemudian dicetak. Gula aren teksturnya tidak terlalu keras dengan warna kecokelatan dan memiliki rasa paling manis dibanding gula merah dan gula batok. Gula aren juga memiliki aroma yang kuat dan khas sehingga sering dijadikan sebagai campuran jajanan tradisional.

Manisnya gula aren juga dijadikan sebagai campuran minuman bubble (boba) khas Taiwan. Di dalam gula aren juga terdapat nutrisi yang baik untuk tubuh, yakni lemak, kalsium, karbohidrat, protein, fosfor, zat besi, vitamin B3, dan vitamin C.

Gula Batok

Sumber gambar shopee.co.id

Gula batok memiliki warna cokelat kehitaman yang terbuat dari nira pohon aren. Tekstur gula batok paling keras dibanding gula aren dan gula merah. Sesuai namanya, gula batok dicetak menggunakan batok (tempurung) kelapa sehingga bentuknya pun setengah lingkaran. Dilihat dari bentuknya, gula batok ini sangat mudah dikenali. Gula aren ini cocok dijadikan sebagai pemanis untuk makanan berkuah gelap seperti kuah cuko pempek palembang.

Gula Aren juga Bermanfaat Buat Kesehatan Tubuh, lho!

Obat Sariawan

Sumber gambar parenting.orami.co.id

Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, di dalam gula aren terkandung nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh. Salah satunya adalah untuk mengobati sariawan. Kandungan niacin dalam gula aren diketahui menjadi obat sariawan yang mujarab. Caranya bisa dengan memakan langsung gula aren atau mencampurnya dengan makanan atau minuman.

Baik untuk Pencernaan

Sumber gambar hellosehat.com

Kesehatan saluran cerna juga berpengaruh terhadap kesehatan tubuh yang mana dapat membuat tubuh terhindar dari berbagai penyakit. Nah, salah satu cara menjaga kesehatan saluran pencernaan adalah dengan mengonsumsi gula aren. Kandungan inulin (serat prebiotik) dalam gula aren bagus untuk pencernaan karena sangat baik untuk bakteri usus.

Mendukung Program Diet

Gula aren sangat bagus untuk program diet karena tingginya kandungan potasium di dalamnya sehingga dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu gula aren juga rendah kalori sehingga dapat mencegah obesitas. Manfaat lain gula aren untuk kesehatan adalah dapat menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh dan mengeluarkan racun. Nah, kamu yang sedang berdiet bisa mengganti pemakaian gula pasir dengan gula aren.

Mencegah Asma

Asma adalah penyakit pernapasan yang membuat penderitanya sulit untuk bernapas. Nah, gula aren sangat dianjurkan untuk dikonsumsi penderita asma dan bronkitis karena dapat mencegah dan membuat penyakit ini tidak mudah kambuh.

Hal ini dikarenakan dalam gula aren terdapat kandungan antialergi. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, penderita asma bisa mencampur gula aren dengan biji wijen dan mengonsumsinya secara rutin.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Gula aren juga dikenal dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena di dalamnya juga terkandung antioksidan. Selain untuk meningkatkan imunitas, antioksidan juga dapat mencegah kanker dan melindungi sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Oleh karena itu, sangat dianjurkan mengganti gula pasir yang biasa dikonsumsi sehari-hari dengan gula aren agar tubuh tetap sehat.

Pilihan Produk Gula Aren untuk Kebutuhan Dapurmu

Karunia Gula Aren Murni

Karunia Gula Aren Murni terbuat dari nira pohon aren pilihan terbaik yang dibudidayakan secara organik. Gula aren Karunia ini diproses dengan teknologi pengeringan uap panas dan diformulasikan tanpa tambahan pengawet. Proses pengemasannya pun higienis sehingga menghasilkan gula aren premium dengan aroma dan cita rasa yang khas.

Gula aren yang mengandung mineral alami dan nutrisi penting untuk tubuh ini bisa dijadikan sebagai pemanis pada kopi atau minuman lainnya dan dapat juga dijadikan sebagai topping untuk aneka jenis makanan. Pemanis alami yang satu ini sangat baik dijadikan sebagai pengganti gula pasir yang biasa dikonsumsi anggota keluarga.

Harga Rp. 24.000-28.000

Arenku Gula Aren Bubuk Sukabumi

Gula aren lebih baik dikonsumsi terutama bagi penderita diabetes karena tidak begitu berpengaruh dalam meningkatkan glukosa darah. Hal ini dikarenakan indeks glikemik pada gula aren jauh lebih rendah. Indeks glikemik Indeks merupakan nilai untuk menghitung seberapa cepat tubuh mengubah makanan menjadi glukosa. Selain itu, gula aren juga baik dikonsumsi oleh penderita kolesterol.

Kamu para pencinta kopi yang ingin beralih dari gula pasir ke gula aren untuk pemanis bisa memilih Arenku Gula Aren Bubuk Sukabumi ini. Gula aren bubuk yang disebut juga sebagai gula semut ini menjadi gula terbaik untuk menyeduh kopi. Gula aren ini murni tanpa dicampur dengan bahan lain apalagi pengawet dan hanya dikerjakan langsung oleh para petani.

Harga Rp. 5.000-55.000

D'Kawung Gula Aren

D'Kawung Gula Aren dibuat tanpa pengawet maupun bahan kimia lainnya dan diproses secara alami. Gula aren D'Kawung terbuat dari air nira pohon aren kawung (enau) dan diproses secara alami. Gula aren ini mengandung GI 35 (Indeks Glikemik) sehingga baik dikonsumsi bagi penderita diabetes yang resisten terhadap insulin. Manfaat lain gula aren yang kaya vitamin dan mineral untuk kesehatan adalah dapat melancarkan pencernaan, membersihkan paru-paru, meningkatkan imun, dan aman juga untuk bayi.

Harga Rp. 35.000-40.000

Healthy Choice Gula Aren Kristal Organic

Pemanis alami yang aman dikonsumsi bagi penderita diabetes dan kamu yang sedang berdiet adalah Healthy Choice Gula Aren Kristal Organic. Gula aren yang satu ini terbuat dari nira murni pohon aren (Arenga Pinnata) yang dibudidayakan. Gula aren ini dapat disimpan dalam jangka waktu lama karena berbentuk kristal dan akan lebih baik jika disimpan dalam kulkas. Gula aren yang tinggi nutrisi ini bisa dijadikan pemanis untuk aneka jenis makanan dan minuman.

Harga Rp. 24.500-29.000

Organic Palm Sugar Gula Aren

Kamu yang membutuhkan pemanis alami yang aman untuk kesehatan bisa menggunakan produk Organic Palm Sugar Gula Aren. Pemanis yang 100% alami ini tidak hanya bisa dijadikan sebagai pemanis untuk kopi, teh, susu, sereal, kue basah, kue kering, atau roti, tapi juga bisa menjadi pemanis untuk minuman herbal seperti jamu. Tentunya, gula aren organik ini halal dan merupakan produk asli Indonesia.

Harga Rp. 14.900-16.900

Nourish Indonesia, Gula Aren Bubuk

Produk gula aren asli yang juga bisa menjadi pilihan adalah Nourish Indonesia, Gula Aren Bubuk. Gula aren ini terbuat dari tandan bunga jantan pohon enau. Produk ini juga memiliki indeks glikemik yang rendah. Gula aren dari Nourish Indonesia ini tidak hanya manis, tapi juga mengandung nutrisi penting karena tidak melewati proses pemurnian yang dapat membuat kandungan nutrisi dapat berkurang. Produk asli Indonesia yang alami ini juga sudah mendapat label halal dari MUI.

Harga Rp. 25.000-94.000

Areniss Gula Kawung Aren Semut Serbuk

Makanan dan minuman manis tidak hanya berguna untuk membuat rasa makanan jadi enak, tapi juga menjadi sumber energi bagi tubuh. Selain itu rasa manis juga dapat memperbaiki mood dan meningkatkan kemampuan berpikir. Nah, salah satu produk pemanis yang kaya manfaat adalah Areniss Gula Kawung Aren Semut Serbuk.

Produk ini terbuat dari gula kawung asli yang berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kadar kolesterol, melancarkan peredaran darah, dan mencegah anemia, dan aman untuk penderita diabetes. Produk gula aren asli ini sangat cocok dijadikan sebagai pemanis untuk ramuan herbal dan minuman lainnya.

Harga Rp. 20.000-33.000

Sayurbox Healthy Barn Gula Aren Bubuk

Gula aren dinamakan juga dengan gula semut karena memang bentuknya yang mirip dengan rumah semut. Gula aren asli ini akan membuat manis pada makanan dan minuman terasa alami. Dalam gula aren terkandung nutrisi yang baik untuk metabolisme tubuh, peredaran darah, imunitas, dan dapat membantu produksi sel darah merah.

Salah satu produk gula aren asli yang bisa menjadi pilihan adalah Sayurbox Healthy Barn Gula Aren Bubuk. Gula aren ini berkhasiat untuk meningkatkan sistem imun tubuh, memproduksi dan melancarkan peredaran darah merah, dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Harga Rp. 38.200

Simpang Gayo Coffee Gula Aren Cair Murni

Pada umumnya gula aren diproduksi dengan cara dicetak, dikristalisasi, dan dibuat serbuk. Namun kini juga ada yang berbentuk cair, yakni Simpang Gayo Coffee Gula Aren Cair Murni dengan wangi aren yang khas. Produk gula aren asli berbentuk cair ini diproses secara higienis dengan cara pemanasan ekstrak nira tanpa tambahan bahan kimia.

Meski berbentuk cair, tapi kalori dan indeks glikemiknya tetap rendah dan memberikan rasa manis alami pada makanan dan minuman. Tidak hanya aman untuk penderita diabetes, namun produk gula aren ini juga aman dikonsumsi anak berkebutuhan khusus.

Harga Rp. 18.000-19.000

Merbabu Gula Semut

Kamu yang masih bingung memilih produk gula aren yang tepat, bisa juga untuk mempertimbangkan Merbabu Gula Semut ini. Gula aren asli merek Merbabu ini terbuat dari nira pohon kelapa yang rendah glukosa. Gula aren Merbabu ini diproses dengan cara diuapkan pada suhu rendah.

Kandungan vitamin, mineral, dan asam amino dalam gula aren ini lambat diserap ke aliran darah sehingga baik untuk kesehatan, terutama penderita diabetes. Pemanis dari gula aren asli ini memberikan rasa manis yang pas dan tidak berlebihan sehingga sangat cocok digunakan untuk kebutuhan membuat aneka jenis makanan dan minuman.

Harga Rp. 31.900-184.000
From our editorial team

Yuk, Mulai Konsumsi Gula Aren dan Dapatkan Manfaatnya

Kamu yang suka minuman dan makanan yang manis-manis ada baiknya untuk mulai mengonsumsi gula aren sebagai pemanis. Tidak hanya sehat untuk tubuh, gula aren pun akan membuat cita rasa makanan dan minuman jadi lebih wangi khas aren.