10 Rekomendasi Merek Gula Halus Terbaik di Indonesia untuk Aneka Jenis Makanan (2020)

10 Rekomendasi Merek Gula Halus Terbaik di Indonesia untuk Aneka Jenis Makanan (2020)

Rasa manis pada makanan dan minuman umumnya berasal dari gula asli. Dalam pembuatan aneka jenis kue dan roti, gula yang digunakan adalah gula halus karena teksturnya yang seperti tepung mudah untuk dicampur dengan adonan lainnya. Nah, simak beberapa merek gula halus terbaik rekomendasi BP-Guide, yuk!

Gula Tidak Bisa Lepas dari Konsumsi Kita Sehari-hari

Gula termasuk dalam kebutuhan pokok harian bagi masyarakat Indonesia bahkan dunia. Kebanyakan orang mengonsumsi gula hampir setiap hari untuk membuat minuman maupun makanan. Manisnya gula membuat minuman jadi lebih enak seperti pada teh, kopi, susu, dan berbagai minuman lainnya.

Menambahkan gula pada aneka jenis masakan juga dapat menambah rasa gurih karena perpaduan gula dan garam dapat menjadi pengganti vetsin. Gula pun umum digunakan sebagai pemanis dalam membuat aneka jenis kue.

Manfaat Baik dari Gula untuk Kita

Memberikan Energi

Gula yang biasa dikonsumsi sehari-hari tidak hanya sekadar menambah rasa manis pada makanan dan minuman, tapi juga memberikan manfaat yang baik bagi tubuh.

Gula yang manis bermanfaat untuk menambah energi pada tubuh kita. Hal ini bisa terjadi karena gula yang masuk ke dalam darah akan berubah menjadi glukosa yang kemudian diserap oleh tubuh. Sel-sel tubuh akan mengubah glukosa menjadi asam piruvat dan asam laktat melalui proses glikolisis sehingga menghasilkan adenosin trifosfat (ATP) sebagai sumber energi.

Glukosa yang tidak diolah menjadi energi disimpan di hati dan otot dalam bentuk glikogen sebagai cadangan energi. Lalu cadangan energi ini akan dipakai setelah tubuh kehabisan energi seperti setelah melakukan aktivitas berat dan berolahraga.

Mengatasi Depresi

Manfaat lain dari gula adalah bisa untuk mengatasi depresi. Mengonsumsi makanan atau minuman manis saat sedang stres dan kalut dapat membuat kita merasa lebih nyaman dan tenang. Terlebih jika rasa manis berasal dari cokelat karena keduanya merupakan kombinasi yang pas untuk mengobati stres dan depresi.

Nah, saat kamu merasa sedang stres, cobalah untuk mengonsumsi makanan manis agar pikiran jadi lebih rileks. Namun, saat ingin makan yang manis-manis sebaiknya pilih makanan atau minuman yang manisnya berasal dari gula asli.

Menyehatkan Kulit

Gula pasir memberikan manfaat yang baik untuk tubuh jika dikonsumsi secara wajar. Gula pun diketahui tidak hanya bermanfaat untuk tubuh, tapi juga untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Gula yang di dalamnya terkandung asam glikolat bermanfaat untuk mengembalikan keseimbangan kandungan minyak dalam kulit sehingga kelembapan kulit terjaga.

Selain itu, gula juga bermanfaat untuk menghilangkan noda pada wajah yang dapat membuat wajah jadi lebih bersih.

Menaikkan Tekanan Darah Rendah

Mengonsumsi makanan manis dari gula asli juga sangat dianjurkan bagi orang yang memiliki tekanan darah rendah, terlebih dalam keadaan blackout atau mau pingsan. Keadaan ini bisa terjadi karena sirkulasi darah dalam tubuh yang kurang stabil.

Dalam keadaan blackout, gula akan menaikkan tekanan darah dengan cepat dan membuat tubuh menjadi segar kembali. Oleh karena itu, orang-orang yang memiliki tekanan darah rendah dianjurkan untuk membawa gula atau sugar cube saat bepergian.

Namun, Mengonsumsi Gula Berlebihan juga Membahayakan

Obesitas

Meski gula membawa banyak manfaat, tapi di sisi lain gula juga tidak bagus untuk kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Salah satu akibat mengonsumsi gula atau makanan manis secara berlebihan adalah dapat menyebabkan obesitas. WHO dan Obesity Task Force pun mengatakan bahwa obesitas kini menjadi masalah di berbagai negara.

Salah satu yang menjadi penyebab obesitas pada seseorang adalah seringnya mengonsumsi makanan manis dan minuman yang mengandung gula (fruktosa) seperti jus, teh manis, dan soda. Fruktosa ini akan membuat seseorang selalu ingin makan makanan manis dan rasa lapar pun jadi meningkat.

Jika dikonsumsi berlebihan, fruktosa akan mengakibatkan resistensi terhadap leptin yang merupakan hormon pengatur rasa lapar yang memberikan sinyal pada tubuh untuk segera berhenti makan.

Diabetes

Mengonsumsi gula berlebih jadi penyebab utama seseorang menderita diabetes. Diabetes terjadi karena tubuh tidak lagi memproduksi cukup insulin atau kesulitan dalam menggunakan insulin. Hal inilah yang menyebabkan kadar gula (glukosa) dalam darah menjadi tinggi.

Selain gula, lemak yang tidak sehat dan karbohidrat juga menjadi penyebab diabetes. Oleh karena itu, untuk menjaga gula darah tetap seimbang konsumsilah karbohidrat, lemak, protein, dan serat secara seimbang.

Mudah Ngantuk

Terlalu banyak mengonsumsi gula atau karbohidrat juga dapat menyebabkan kantuk. Hal ini dikarenakan gula yang dikonsumsi berlebihan menyebabkan fungsi kerja otak menurun akibat terjadinya pengalihan distribusi oksigen dari otak ke sistem pencernaan.

Tidak hanya menimbulkan rasa kantuk, tapi juga membuat tubuh kita terasa lelah sepanjang hari. Sebaliknya, jika tubuh kekurangan asupan glukosa fungsi otak pun juga dapat menurun. Oleh karena itu, penting juga untuk mengonsumsi gula dalam jumlah wajar.

Penyakit Jantung

Konsumsi gula yang berlebihan juga dapat memicu penyakit jantung secara tidak langsung. Asupan gula yang berlebihan membuat hati bekerja lebih keras dan mengalami fatty liver (perlemakan hati).

Hal tersebut bisa terjadi karena hati bekerja dengan mengubah gula menjadi lemak yang jika jumlahnya terlalu banyak akan membuat lemak menumpuk di hati. Fatty liver inilah yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Selain itu, gula berlebih juga dapat menyebabkan peradangan kronis dan meningkatkan tekanan darah.

Rekomendasi Gula Halus Terbaik untuk Berbagai Kebutuhan

Segi Tiga Emas Gula Halus

Gula yang memberikan rasa manis pada makanan dan minuman termasuk dalam kebutuhan pokok harian banyak orang. Untuk memberikan rasa manis pada makanan seperti dalam pembuatan kue, gula yang umum digunakan adalah gula halus.

Segi Tiga Emas Gula Halus merupakan butiran gula yang dihaluskan hingga berbentuk bubuk. Gula halus sangat mudah dicampurkan dalam adonan kue ketimbang gula pasir karena sifatnya yang mudah meleleh. Selain itu, gula halus juga cocok dijadikan untuk topping pada kue.

Harga Rp. 5.000-8.500

Bola Deli Gula Pasir Halus

Meski dapat memberikan rasa manis, tapi gula halus tidak cocok digunakan untuk membuat minuman. Gula halus lebih cocok dijadikan sebagai bahan pembuat kue dan sebagai hiasan kue yang disebut juga dengan royal icing atau icing sugar.

Icing sugar merupakan gula halus berbentuk bubuk yang dicampur dengan tepung terigu atau pati jagung. Salah satu pilihan gula halus untuk membuat kue adalah Bola Deli Gula Pasir Halus. Gula pasir halus ini berkualitas, higienis, dan mutunya terjamin karena diproduksi dan diproses secara modern.

Harga Rp. 59.250-162.500

Merbabu Gula Halus

Gula menjadi bahan yang sangat penting dalam pembuatan kue maupun makanan lainnya yang dapat memberikan rasa manis dan aroma yang khas.

Dalam membuat roti, peran gula juga sangat penting untuk membuat roti mengembang sempurna. Selain untuk campuran adonan kue, gula halus biasanya juga digunakan sebagai glaze pada donat dan frosting pada kue.

Gula halus yang juga cocok digunakan untuk membuat kue adalah Merbabu Gula Halus yang tidak menggumpal dan memiliki tekstur yang sangat lembut. Selain itu, gula halus Merbabu ini juga memiliki warna putih yang bersih.

Harga Rp. 9.300-45.000

Rose Brand Gula Halus

Gula yang juga ideal dijadikan sebagai bahan campuran untuk membuat aneka jenis kue adalah Rose Brand Gula Halus. Gula halus yang telah berbentuk tepung dari Rose Brand ini cocok dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan kue karena mudah larut bersama mentega, telur, dan bahan-bahan lainnya.

Rose Brand sendiri merupakan merek yang menghadirkan produk berkualitas yang pada awalnya hanya memproduksi tepung beras dan tepung ketan. Rose Brand sudah ada sejak tahun 70-an dan hingga saat ini terus mengembangkan produk-produknya.

Harga Rp. 10.000-13.000

Claris Gula Halus

Gula halus yang lumer di mulut juga sangat cocok dijadikan sebagai topping pada donat dan aneka jenis kue lainnya.

Claris Gula Halus bisa menjadi pengganti gula pasir dalam pembuatan kue karena lebih mudah larut sehingga dapat menyatu ke dalam adonan kue.

Gula halus Claris ini memiliki rasa manis yang ringan sehingga tidak menimbulkan rasa eneg atau aftertaste yang pahit.

Harga Rp. 5.500-9.000

Gulus Gula Halus Tepung

Gulus Gula Halus Tepung merupakan gula halus yang telah diolah hingga berbentuk tepung dan terbuat dari 100% refined sugar. Gula halus siap pakai ini cocok digunakan sebagai bahan pembuat cookies, cake, dan aneka jenis kue lainnya.

Selain itu produk gula halus yang berlabel halal MUI ini juga pas dijadikan sebagai taburan atau topping untuk berbagai macam kue kekinian maupun kue tradisional. Agar gula tahan lama dan kualitasnya terjaga, simpanlah gula pada suhu ruang dalam wadah tertutup.

Harga Rp. 10.000-11.500

Gula Halus Cap Lampu

Gula halus menjadi salah satu bahan pemanis dalam pembuatan kue kering maupun basah. Kamu yang ingin membuat kue bisa memilih produk gula halus yang bagus dan berkualitas yaitu Gula Halus Cap Lampu.

Produk gula ini diolah dari bahan pilihan yang diproses dengan standar mutu tinggi. Gula yang dihasilkan pun lebih bersih, murni, manis, dan alami.

Harga Rp. 6.930-8.000

Alfamart Gula Halus

Untuk membuat hidangan kue yang lezat tentunya bahan yang digunakan pun harus yang berkualitas dan masih segar. Salah satu bahan pemanis untuk membuat kue yang bisa digunakan adalah Alfamart Gula Halus kualitas premium.

Gula halus dari Alfamart ini terbuat dari tebu pilihan yang kemudian diproses secara higienis. Produk gula dari Alfamart juga aman dikonsumsi karena bebas dari bahan pewarna. Alfamart sendiri merupakan salah satu jaringan minimarket yang ada di Indonesia.

Harga Rp. 6.900

Cap Semut Gula Halus

Jika kamu mencari pemanis yang rendah kalori, produk yang bisa kamu gunakan adalah Cap Semut Gula Halus. Produk ini terbuat dari gula semut atau gula kelapa yang rasanya sangat manis.

Kandungan air dalam gula sangat sedikit dan gula ini pun sangat mudah larut. Gula yang satu ini pun memiliki aroma yang khas sehingga membuat aroma kue lebih menggugah selera. Gula halus putih ini aman dikonsumsi karena telah tersertifikasi halal dan terdaftar di BPOM.

Harga Rp. 11.000-12.800

Sarang Tawon Gula Halus Murni

Ada banyak pilihan produk gula halus untuk pemanis makanan dan minuman. Salah satu produk yang bisa kamu pilih adalah Sarang Tawon Gula Halus Murni yang merupakan produk gula berkualitas dan terbuat dari gula murni.

Gula merek Sarang Tawon ini terbuat dari air nira kelapa atau air tebu yang manis sehingga membuat makanan dan minuman terasa lebih manis, legit, dan enak.

Harga Rp. 17.000-22.050
From our editorial team

Konsumsilah Gula Sewajarnya untuk Mendapatkan Manfaatnya

Dalam keseharian, terkadang kita mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula. Agar gula yang dikonsumsi jadi bermanfaat untuk tubuh, konsumsilah dalam jumlah yang wajar. Segala sesuatu yang berlebihan tentunya bisa berdampak tidak baik, termasuk gula yang dikonsumsi.