10 Rekomendasi Gula Kelapa yang Sangat Bermanfaat Besar bagi Kesehatan Keluarga Sehari-hari (2020)

10 Rekomendasi Gula Kelapa yang Sangat Bermanfaat Besar bagi Kesehatan Keluarga Sehari-hari (2020)

Gula sebagai pemanis untuk makanan dan minuman tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia sehari-hari. Namun terlalu banyak asupan gula bisa berbahya bagi kesehatan. Untungnya ada gula kelapa yang bisa menjadi alternatif untuk pemanis. Melalui artikel ini, BP-Guide akan memberikan rekomendasi produk gula kelapa terbaik untuk digunakan bersama keluarga.

Mengacu pada Hasil Studi, Gula Kelapa Lebih Sehat daripada Gula Putih

Dalam kehidupan sehari-hari, manusia tidak bisa lepas dari gula. Fungsi utama gula adalah menambah rasa manis makanan sekaligus menjadi sumber energi di dalam tubuh. Sayangnya, terlalu banyak mengonsumsi gula juga tidak baik untuk kesehatan.

Untungnya, ada gula kelapa yang menjadi alternatif pemanis makanan dan minuman pengganti gula tebu. Gula kelapa terbukti lebih aman untuk kesehatan karena dibuat dari nira pohon kelapa yang alami.

Pembuatan gula kelapa juga terbilang tradisional yaitu dengan memanaskan nira pohon kelapa hingga menguap, lalu mengering, dan menjadi gula kristal yang manis. Gula kelapa berbeda dengan gula aren lho. Gula kelapa dihasilkan dari nira pohon kelapa, sementara gula aren dihasilkan dari nira pohon aren.

Keunggulan gula kelapa dibandingkan gula tebu biasa adalah adanya kandungan serat bernama inulin yang terbukti lebih sehat. Selain itu, indeks glikemik pada gula kelapa juga relatif rendah sehingga tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah secara drastis.

Gula kelapa sangat diminati oleh masyarakat di negara maju karena besarnya manfaat kesehatan yang bisa didapatkan. Negara-negara seperti Eropa, Jepang, Australia, dan Amerika Serikat lebih banyak menggunakan gula kelapa dalam makanan yang disantap sehari-hari.

Gula Kelapa Lebih Disarankan untuk para Penderita Diabetes

Ahli kesehatan menyarankan penderita diabetes untuk mengganti gula putih yang mereka konsumsi ke gula kelapa. Meski gula kelapa relatif lebih aman dibandingkan gula putih, konsumsinya tetap harus dikontrol dan tidak boleh berlebihan. Hal ini juga harus diimbangi dengan gaya hidup sehat.

Nilai indeks glikemik (IG) gula kelapa adalah 35, jauh lebih rendah dibandingkan IG gula tebu di angka 60. Bagi penderita diabetes, mengonsumsi makanan dengan IG rendah tidak akan menyebabkan lonjakan tajam pada kadar gula dalam darah karena proses penyerapan glukosa yang berlangsung lambat, sehingga tidak banyak juga yang terserap dalam darah. Tetapi ingat, konsumsi gula kelapa juga harus tetap dibatasi.

Manfaat Kesehatan yang Dirasakan jika Mengonsumsi Gula Kelapa

Baik untuk Pencernaan

Di dalam tubuh manusia, gula kelapa bisa menjalankan fungsi detoksifikasi alami pada sistrem pencernaan. Penggunaan gula kelapa pada makanan atau minuman seperti susu, kopi, dan teh akan membantu meningkatkan kesehatan pencernaan seseorang.

Kamu pun akan terhindar dari gangguan pencernaan seperti mual, mulas, hingga diare. Ini karena gula kelapa tinggi akan kandungan serat. Warna cokelat gula menunjukkan kadar serat yang ada di dalamnya. Serat gula kelapa bekerja meningkatkan pertumbuhan bifidobakteri dalam usus yang bisa mengatasi sembelit hingga mencegah kanker usus.

Mencegah Terjadinya Anemia

Anemia atau kurang darah adalah gangguan kesehatan yang bisa dialami siapa saja. Gejala anemia bisa diatasi dengan konsumsi gula kelapa. Gula kelapa kaya akan kandungan zat besi dan nutrisi lainnya yang bisa memperbaiki serta meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh.

Gula merah juga akan membantu menghasilkan lebih banyak energi, mencegah rasa lemas dan lelah yang merupakan gejala dari kondisi anemia. Di dalam gula merah juga terdapat folat yang dapat mencegah terjadinya anemia dengan sangat ampuh.

Sariawan akan Terobati

Sariawan mungkin adalah penyakit yang sepele, namun bisa mengganggu aktivitas sehari-hari lho. Segera hilangkan gangguan sariawan dengan gula kelapa. Tidak hanya itu, gula kelapa juga mampu menyembuhkan peradangan serta menjaga kesehatan mulut dan gigi.

Gula kelapa memiliki kandungan niacin yang sangat baik untuk menyembuhkan berbagai macam gangguan kesehatan di mulut. Konsumsi gula kelapa dan kunyit asam akan membantu menurunkan suhu tubuh dan mencegah terjadinya panas dalam.

Menurunkan Berat Badan

Buat kamu yang sedang menjalani program diet, sebaiknya ganti gula tebu dengan gula kelapa. Gula tebu tinggi akan kadar fruktosa sehingga kurang baik untuk kesehatan. Di dalam tubuh, fruktosa akan diubah menjadi lemak dengan cepat sehingga berdampak pada kenaikan berat badan.

Berbeda dengan gula kelapa atau gula merah yang memiliki kandungan potasium tinggi untuk membantu meningkatkan metabolime, menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, dan membantu detoksifikasi racun dari dalam tubuh melalui pembakaran kalori. Meskipun demikian, tetap konsumsi gula merah dalam kadar yang cukup karena jika berlebihan justru akan membalikkan semua manfaat kesehatan yang dimiliki.

Meredakan Demam dan Flu

Di waktu-waktu pergantian musim seperti sekarang ini, daya tahan tubuh mudah melemah dan lebih mudah terserang penyakit seperti demam dan flu. Gunakan gula kelapa sebagai bahan alami untuk menjaga tubuhmu agar tetap sehat, sekaligus meredakan gejala flu dan demam.

Seduh gula kelapa dengan air lemon atau jahe dan diminum hangat-hangat. Tujuannya untuk meredakan demam, batuk, dan flu, serta membuat tubuh menjadi lebih hangat dan memperkuat imun tubuh. Minuman ini baik dikonsumsi setiap padi sebelum mulai beraktivitas.

Rekomendasi Produk Gula Kelapa

Ansel Coconut Sugar 300 gram

Ansel Coconut Sugar adalah gula kelapa yang dihasilkan melalui proses alami tanpa tambahan bahan pengawet atau pewarna makanan. Rasa manisnya dihasilkan langsung dari nira pohon kelapa. Aroma khas niranya menggugah selera.

Gula kelapa ini kaya akan kandungan mineral dan kandungan sukrosanya lebih rendah dibandingkan gula putih biasa. Nutrisi yang tersimpan di dalam gula kelapa Ansell antara lain adalah riboflavin, thiamine, ascorbic acid, nicotinic acid, vitamin C, dan protein.

Produk gula kelapa ini bisa digunakan untuk terapi asma, meredakan gejala anemia, lupra/kusta, serta mempercepat proses pertumbuhan di masa kanak-kanak. Cocok untuk untuk meredakan batuk dan demam serta membantu pemulihan pada penderita tifus. Khasiat kesehatan yang dimiliki oleh gula kelapa ini hampir sama banyaknya dengan madu.

Harga Rp. 28.500-31.000

Greenara Organic Coconut Sugar 250 gram

Greenara Organic Coconut Sugar adalah gula kelapa organik yang kaya akan manfaat kesehatan. Indeks Glikemik pada produk ini relatif rendah sehingga aman untuk penderita diabetes. Cocok digunakan sebagai pengganti gula tebu pada kopi, kue, smoothies, yoghurt, dan masih banyak lagi.

Gula ini dihasilkan dari nira alami tanpa tambahan pemanis buatan atau pengawet. Sangat menunjang gaya hidupmu yang sehat namun tetap ingin menikmati makanan manis. Konsumsi dalam kadar yang cukup untuk bisa mendapatkan manfaat kesehatan secara maksimal.

Harga Rp. 13.500-18.000

Gula Kelapa Organik GOLDEN Mezzaluna 300 gram

Berikutnya ada Gula Kelapa Organik GOLDEN Mezzaluna. Gula kelapa yang satu ini telah mendapatkan sertifikat organik dari EcoCert dan USDA. Merupakan gula vegan yang diproduksi dari 100% gula kelapa organik yang masih murni. Pada setiap 5 gram gula hanya mengandung 19 kalori dan 0 lemak.

Produk ini juga kaya akan kandungan vitamin dan mineral seperti nicotinic acid, thamine, niacin, vitamin C, vitamin E, vitamin A, vitamin B12, asam folat, riboflavin, dan ascorbatic acid. Tidak hanya itu, di dalamnya juga terdapat komponen penting yang dibutuhkan oleh tubuh seperti antioksidan, polifenol, potasium, kalsium, dan zat besi.

Gula kelapa organik ini hadir dalam 3 tipe berbeda yakni golden, brown, dan cube yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunaan.

Harga Rp. 35.000-59.000

Gula Kelapa Organik Choconola Keraton 1 kg

Gula Kelapa Organik Choconola Keraton adalah pemanis organik dan alami yang diproses tanpa tambahan bahan aditif atau bahan kimia apapun. Gula premium ini dibuat dari 100% getah pohon kelapa yang diuapkan secara alami hingga membentuk kristal-kristal gula yang menyehatkan. Rasa manisnya alami, tidak berlebihan, dan baik untuk kesehatan.

Manfaat lain yang bisa didapatkan dari konsumsi gula ini antara lain adalah mencegah anemia pada wanita yang sedang haid, meredakan gangguan pencernaan, menambah asupan energi, dan melancarkan terapi asma. Tidak hanya itu, gula ini juga bisa digunakan untuk merawat kecantikan kulit. Gunakan sebagai masker wajah untuk menghilangkan jerawat, menghaluskan kulit, hingga mengangkat sel kulit mati.

Harga Rp. 62.000-83.638

Singabera Organic Coconut Sugar 454 gram

Rekomendasi produk selanjutnya adalah Singabera Organic Coconut Sugar. Gula kelapa yang murni dan organik ini diproses secara alami tanpa menggunakan bahan pengawet, zat aditif, dan perasa buatan. Komponennya sangat pas untuk vegetarian, vegan, hingga penderita diabetes.

Gula dihasilkan dari nira bunga pohon kelapa yang ditanam oleh petani, diproses menggunakan cara yang higienis dan singkat untuk mempertahankan kemurnian dan kandungan vitamin serta mineral yang ada di dalamnya. Rasa karamelnya yang lembut akan menambah kelezatan pada makanan atau minuman yang akan disantap.

Kandungan nutrisi dan mineral yang ada di dalam produk gula kelapa ini antara lain adalah vitamin B kompleks, amino acid, iron, zinc, magnesium, dan potassium. Kadar indeks glikemik pada gula ini relatif rendah sehingga tidak membahayakan kesehatan.

Harga Rp. 27.900-55.500

Nucifera Organic White Coconut Sugar 250 gram

Nucifera Organic White Coconut Sugar merupakan produk lokal yang dibuat menggunakan bahan baku dari perkebunan kelapa organik di Jawa Tengah. Terbuat dari 100% nira bunga kelapa yang diproses secara alami dengan menggunakan panas matahari, tidak melibatkan proses kimia.

Kelapa ditanam oleh petani lokal serta pembuatannya juga dilakukan oleh para pekerja lokal yang memiliki pengetahuan terbaik tentang gula kelapa. White coconut sugar hanya bisa diperoleh dengan intensitas curah hujan yang rendah sehingga kadar air dalam nira sangat sedikit. Teknik ini hanya bisa dilakukan oleh petani berpengalaman saja.

Keunggulan dari produk ini adalah memiliki rasa yang lebih manis dengan tekstur lembut, menggantikan gula pasir dalam penggunaan sehari-hari, serta sebagai pemanis untuk makanan dan minuman. Gula ini baik dikonsumsi oleh penderita obesitas dan diabetes.

Harga Rp. 25.000-35.000

Sorghum Foods Gula Kelapa Kristal 250 gram

Sorghum Foods Gula Kelapa Kristal dapat digunakan sebagai pengganti gula tebu untuk makanan dan minuman sehari-hari. Dibuat melalui proses yang alami dan higienis, memastikan kandungan vitamin dan mineral di dalamnya tetap utuh.

Konsumsi produk ini memberikan banyak manfaat kesehatan. Antara lain mengurangi risiko diabetes. meningkatkan fungsi pencernaan, menunjang kerja jantung, memperbaiki fungsi pembuluh darah, menjaga kekuatan tulang, mencegah stroke, menurunkan risiko kanker, dan mencegah osteoporosis.

Gula ini sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil, ibu menyusui, penderita diabetes, dan obesitas. Bisa digunakan sebagai pemanis untuk minuman, kue, dan masakan.

Harga Rp. 28.000-38.500

Raina Organic Coconut Sugar 250 gram

Raina Organic Coconut Sugar adalah produk gula vegan dan bebas gluten dengan kadar glikemik yang sangat rendah. Rasa karamelnya yang kental akan menambah kelezatan di setiap makanan dan minuman.

Gula ini bisa digunakan sebagai pemanis sehari-hari, terutama bagi penderita diabetes untuk mencegah kadar gula dalam darah melonjak secara drastis. Diproduksi menggunakan nira kelapa mentah alami dan diolah secara organik tanpa tambahan pengawet atau pemanis buatan.

Harga Rp. 22.500-27.500

Gulapa Gula Kelapa Bubuk 100 gram

Gulapa Gula Kelapa Bubuk adalah pemanis alami rendah kalori yang bisa digunakan sebagai pengganti gula tebu. Tidak hanya manis, gula ini juga mengandung segudang manfaat kesehatan yang sayang jika dilewatkan. Gula yang satu ini bukan gula rafinasi karena tidak mengandung tambahan bahan pengawet atau aditif lainnya. Dengan konsumsi gula ini, kamu akan mendapatkan lebih banyak energi serta memastikan asupan mineral seperti zat besi, kalsium, dan potassium di dalam tubuh selalu tercukupi.

Manfaat kesehatan yang bisa didapatkan antara lain adalah menguatkan imun tubuh, menjaga kesehatan pencernaan, menurunkan berat badan, hingga menjaga kesehatan jantung.

Harga Rp. 10.000-20.500

Java Blossom Organic Coconut Sugar 300 gram

Terakhir ada rekomendasi produk yang bernama Java Blossom Organic Coconut Sugar. Gula organik yang satu ini rendah kalori sehingga cocok untuk kamu yang sedang diet. Tidak mengandung bahan kimia apa pun, diproses secara alami, sehingga kandungan nutrisinya masih terjaga dengan baik.

Di dalamnya terdapat 10 kandungan nutrisi berbeda untuk menunjang kesehatan. Aman untuk penderita diabetes selama dikonsumsi dalam batas wajar.

Harga Rp. 32.000-57.500
From our editorial team

Sudah Tahu Manfaatnya? Ganti Pemanismu Sekarang!

Gula kelapa ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Terlebih lagi jika kamu memiliki gangguan kesehatan seperti diabetes. Melalui artikel rekomendasi BP-Guide di atas, kamu pasti tahu ada banyak manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari konsumsi gula kelapa. Yuk, ganti pemanismu mulai dari sekarang!