Anda Pecinta Mie? Simak 10 Rekomendasi Mie Ramen Korea Paling Enak di 2022

Anda Pecinta Mie? Simak 10 Rekomendasi Mie Ramen Korea Paling Enak di 2022

Siapa yang pecinta drakor disini? Pasti Anda sering tergoda dengan kelezatan mie ramen yang sering muncul. Tidak perlu jauh-jauh ke Korea, Anda bisa menikmati mie ramen Korea nan lezat dari rekomendasi BP-Guide berikut ini!

Anda Pecinta Drakor Pasti Tidak Asing Dengan Ramen

Tahukah Anda? Mie ramen yang terkenal dari Jepang itu ternyata berakar dari Cina. Orang Jepang terinspirasi lalu membuatnya dengan versi sendiri. Pembuatan mie ramen pada masa itu sepenuhnya mengandalkan kekuatan tangan, lalu disajikan dengan berbagai pilihan kuah dan topping. Di Korea, mie ini diadaptasi dan disebut sebagai ramyeon.

Masyarakat Indonesia juga menggemari mie ramen. Terbukti telah banyak restoran di Indonesia yang menyediakan menu mie ramen dengan rasa yang tidak kalah enak dari negara asalnya. Entah itu dibuat dengan cita rasa yang otentik sebagaimana yang terasa di negara asal, atau dimodifikasi sedikit untuk disesuaikan dengan lidah orang Indonesia.

Tayangan film atau serial seperti drama, baik yang ditayangkan di televisi maupun situs live streaming juga banyak menampilkan adegan memasak dan memakan mie. Hal ini juga membuat para penonton menjadi lapar ataupun ingin memakan mie. Memakan mie ramen sambil menonton film kesukaan pun merupakan cara asik untuk menikmati waktu luang.

Saat ingin memakan ramen, apakah harus memesannya ke restoran terlebih dahulu? Boleh saja, tapi itu bukan satu-satunya cara. Sebab, saat ini sudah tersedia mie ramen instan yang dijual dengan berbagai macam kuah kaldunya nan lezat, serta isian yang premium seperti jamur dan sayuran kering lain.

Daftar Makanan Populer Korea Selain Ramen

Kimchi

Kimchi merupakan sayuran fermentasi yang biasanya dibuat dari sawi putih yang diberi bumbu khas Korea yaitu gochujang. Waktu fermentasi yang dibutuhkan bisanya sekitar satu minggu, namun ada juga varian yang bisa langsung dikonsumsi begitu selesai dibuat. Bagi orang Korea, kimchi ini dijadikan sebagai lauk pendamping nasi atau campuran makanan lain.

Tteokbokki

Tteokbokki ini merupakan salah satu jajanan pinggir jalan yang sering wara-wiri di berbagai judul drama Korea. Tteokbokki ini adalah kue beras khas Korea yang memiliki tekstur yang kenyal, dan biasanya disantap dengan saus gochujang. Akan lebih nikmat lagi jika dinikmati bersama fish cakes atau odeng, telur rebus, dan irisan daun bawang.

Jjajangmyeon

Pecinta mie sebaiknya tidak melewatkan mie yang satu ini. Jjajangmyeon merupakan olahan mie khas Korea yang disajikan dengan saus keledai yang hitam sehingga membuat warnanya menjadi gelap. Rasanya sedikit manis. Makanan ini juga biasanya ditambah topping sayuran seperti parutan timun dan kentang serta daging yang membuat rasanya semakin kaya.

Bungeo ppang

Bungeo ppang merupakan roti yang berbentuk ikan dengan isian pasta kacang merah. Selain kacang merah, beberapa penjaja juga menyediakan bungeo ppang dengan isian krim mustard, coklat, keju, dan aneka varian rasa lainnya. Di Jepang, makanan seperti ini disebut dengan Taiyaki. Makanan ini termasuk jajanan pinggir jalan yang populer.

Japchae

Japchae juga tergolong kelompok mie. Makanan khas Korea yang satu ini terbuat dari terbuat dari soun atau bihun yang dicampur dengan berbagai jenis sayuran dan daging sapi. Japchae biasanya disajikan dengan lauk pada acara besar. Makanan ini ternyata memiliki sejarah cukup panjang. Diketahui japchae sudah ada sejak abad ke-17, tepatnya saat Dinasti Joseon.

Cara Menikmati Mie Ramen Seperti di Drama

Pilih Sesuai Selera Anda

Anda bebas memiliki varian rasa mana yang sesuai dengan selera atau kesukaan Anda. Rasa utama dari mie ramen umumnya tersedia dalam rasa pedas dan rasa yang tidak pedas.

Selain pedas dan tidak pedas, rasa mie ramen juga bergantung pada bumbu-bumbunya. Bawang putih ataupun taburan rumput laut akan lebih sering ditemukan pada ramen Jepang. Sementara rasa pedas cabai dengan kombinasi kaldu ayam atau daging akan lebih sering ditemukan pada ramen Korea.

Selain rasa, Anda juga bebas memilih cara pengolahan atau penyajian mie ramen. Dari segi pengolahan atau penyajian, mie ramen akan terbagi menjadi mie goreng dan juga mie kuah.

Cek Dulu Komposisinya

Pada dasarnya Anda harus selektif dalam memilih produk makanan yang akan Anda konsumsi dengan memperhatikan komposisinya. Terutama jika Anda memiliki pantangan atau alergi terhadap bahan-bahan tertentu, entah itu dari segi kesehatan maupun secara hukum agama.

Apalagi jika produk mie ramen yang akan Anda konsumsi itu merupakan barang impor dan belum mengantongi label Halal dari MUI. Jika Anda mengonsumsi mie ramen instan dari suatu produk impor, sebaiknya Anda mengerti juga arti atau persamaan kata dari tulisan yang tertera.

Pastikan Porsinya Pas

Porsi mie ramen ditentukan oleh cara ataupun acara apa yang akan Anda lakukan saat menyantapnya. Jika Anda akan menyantapnya atau menikmatinya sendiri sebagai makan berat atau dalam suasana santai yang biasa, mungkin 1 porsi saja sudah cukup.

Namun jika Anda ingin menikmati mie ramen saat berkumpul bersama dengan keluarga ataupun bersama dengan teman, atau mungkin Anda akan membuat konten mukbang atau makan besar sendirian, maka barangkali Anda akan membutuhkan lebih dari 1 porsi.

Rekomendasi Mie Ramen Korea Hits di 2022

Nissin Gekikara Ramen Extra Hot

Mie ramen goreng asal Jepang ini memiliki tekstur yang kenyal dengan racikan bumbu pilihan dan cita rasa pedas di lidah. Mie ramen yang satu ini dibungkus dalam kemasan porsi jumbo 118 gram. Bagi Anda yang muslim pun tidak perlu khawatir akan kehalalannya, karena mie ramen Gekikara ini sudah mengantongi label halal dari MUI.

Harga Rp. 30.000-100.000

Nongshim Shin Ramyun

Untuk menikmati cita rasa ramyun Korea, Anda bisa menjatuhkan pilihan pada Nongshim Shin Ramyun. Terdapat dua varian rasa dari Shin Ramyun, yaitu rasa Gourmet Spicy dan Shrimp Flavor. Selain itu, ada juga mie instan kuah rasa kimchi yang sangat otentik. Mie ini juga dikemas dalam porsi jumbo yaitu 120 gram.

Harga Rp. 9.000-15.000

Myojo Ramen Char Mee

Myojo merupakan mie legendaris dari Singapura sejak tahun 1971. Mie instan dari Myojo ini juga sudah mengantongi label halal dari MUI. Varian yang cukup digemari adalah Myojo Ramen Char Mee dengan rasanya yang pedas. Kaldunya terbuat dari perpaduan ikan, udang, kacang, wijen, serta susu yang menggugah selera.

Harga Rp. 13.000-90.000

Nongshim Ansungtangmyun Noodle Soup

Mie AnSungTangMyun produksi Korea ini merupakan salah satu sajian mie yang cukup populer. Kuah kaldu sup yang kental dan tekstur mie yang kenyal dan tipis membuatnya sangat disukai. Perpaduan ekstrak tulang dan daging sapi yang dilengkapi dengan rasa asli dari daun kubis, pasta kedelai, dan bubuk cabai pun menambah kenikmatan.

Harga Rp. 15.000-30.000

Samyang Green Hot Chicken Ramen

Ramen dari Samyang ini memiliki cita rasa pedas sangat populer berkat “samyang challenge” yang dilakukan oleh para content creator. Samyang Green Hot Chicken Ramen ini juga dilengkapi dengan topping berupa rumput laut kering untuk menambah cita rasanya. Mie pedas ini juga sudah mengantongi label halal dari MUI.

Harga Rp. 13.000-25.000

Ottogi Cheese Ramen

Ottogi Cheese Ramen ini juga merupakan merk ramen instan yang terkenal di Korea Selatan. Varian inovasi mie ramen instan yang satu ini sungguh menggugah selera. Cita rasa ramen yang lezat dengan tambahan keju lumer di atasnya menghasilkan rasa ramen yang cheesy dan creamy.

Harga Rp. 12.000-17.000

Mie Sedaap Instan Korean Spicy Chicken

Brand lokal Mie Sedaap juga memiliki varian Korean Spicy Chicken yang tak kalah lezat. Saat menakar bumbunya, Anda bisa menyesuaikan level pedas sesuai dengan selera Anda, yaitu level Pedas Nikmat atau Pedas Gila. Mie instan ini juga sudah memiliki sertifikasi halal dari MUI sehingga Anda pun tak perlu khawatir.

Harga Rp. 2.500-15.000

Lemonilo Mi Instan Rasa Pedas Korea

Mie instan Lemonilo juga menghadirkan varian rasa baru, yaitu rasa Pedas Korea. Produk ini dibuat dengan proses dipanggang, bukan digoreng, sehingga air rebusannya jernih. Mie Lemonilo ini juga dibuat tanpa penguat rasa, pengawet, dan pewarna buatan. Mie ini juga sudah bersertifikasi halal dari MUI.

Harga Rp. 5.000-50.000

Arirang Korean Fried Noodle Extra Hot

Penggemar kuliner pedas wajib mencoba mie ramen yang satu ini. Arirang Samyang mengeluarkan varian ramen dengan rasa super pedas dan tambahan aroma daun jeruk yang segar dan bikin ketagihan. Mie ramen goreng instan ini juga sudah mengantongi sertifikasi halal dari MUI, jadi aman bagi Anda yang muslim.

Harga Rp. 8.000-13.000

Paldo Bulnak Bokkumyun Noodle

Paldo Bulnak Bokkummyun Noodle hadir untuk memanjakan lidah Anda dengan cita rasa seafood yang gurih. Mie ramen ini mengandung kaldu octopus dengan perpaduan rasa pedas yang ideal dan rempah-rempah, seperti bawang putih serta dan jahe. Cocok bagi Anda yang suka dengan makanan seafood.

Harga Rp. 15.000-19.000
From our editorial team

Jika Anda Sedang Diet, Batasi Konsumsi Mie Instan Ya!

Meskipun rasanya lezat dan menggoda, tidak bisa dipungkiri jumlah kalori dalam seporsi mie instan sangat besar lho! Jika Anda sedang diet, jangan terlalu banyak mengkonsumsi mie instan agar program diet tidak gagal. Rekomendasi mie instan Korea dari BP-Guide di atas boleh dimakan sesekali saat cheat day kok!