Lapar Tapi Takut Gendut? Ini 10 Rekomendasi Mie Rendah Kalori yang Lezat dan Menggoda (2020)

Lapar Tapi Takut Gendut? Ini 10 Rekomendasi Mie Rendah Kalori yang Lezat dan Menggoda (2020)

Mie instan adalah makanan yang sangat populer di Indonesia. Sayangnya, mie instan terkenal tidak sehat dan gampang bikin gendut. Tetapi kini banyak mie instan rendah kalori yang lezat tapi lebih sehat. Yuk, simak rekomendasi mie rendah kalori dalam artikel BP-Guide berikut ini.

Siapa Bilang Makan Mie Tidak Bisa Menyehatkan?

Mie instan adalah makanan yang sangat populer di Indonesia, namun juga dikenal tidak sehat dan gampang bikin gemuk. Untungnya, kini jenis mie semakin beragam sehingga banyak produk mie yang lebih sehat untuk dikonsumsi sehari-hari. Makan mie pun bisa menyehatkan lho.

Bumbu mie instan yang banyak kandungan MSG dinilai tidak baik untuk kesehatan. Demikian pula dengan tingginya kalori dalam sebungkus mie instan. Padahal tidak semua mie terbuat dari bahan tepung yang kaya akan karbohidrat. Banyak juga mie yang dibuat dari bahan-bahan menyehatkan yang kaya serat. Asalkan bisa memilih produk dan bahan mie yang tepat, kamu boleh makan mie sepuasnya.

Produk mie rendah kalori kini sedang digandrungi oleh masyarakat, terutama mereka yang menjalankan gaya hidup sehat atau sedang berdiet. Jangan salah, mie rendah kalori juga sama lezatnya dengan mie instan yang selama ini kamu makan lho. Yuk, cari tahu lebih dalam tentang berbagai produk mie sehat rendah kalori.

Alternatif Mie Rendah Kalori yang Tetap Enak dan Lezat

Whole Wheat Pasta

Pasta dikenal sebagai makanan tinggi kalori karena bahan dasar yang digunakan adalah tepung terigu dan telur. Demi memenuhi tuntutan gaya hidup masyarakat yang ingin lebih sehat, dibuatlah whole wheat pasta. Ini adalah pasta yang dibuat dengan menggunakan tepung gandum utuh.

Artinya tepung dibuat dari gandum utuh dengan menyertakan kulit ari dan bakal bijinya. Tepung dengan tekstur yang kasar ini menghasilkan makanan yang rasanya tidak terlalu kenyal. Makanan yang terbuat dari tepung gandum utuh biasanya berwarna kecokelatan, tidak kuning terang seperti makanan dari tepung terigu.

Mie Shirataki

Ini dia mie yang sedang tren belakangan ini. Dilihat dari penampilannya, mie shirataki sangat mirip dengan soun dan bihun. Padahal bahan pembuatnya sama sekali berbeda dengan kedua jenis mie tersebut. Mie shirataki terbuat dari glucomannan, yaitu serat yang berasal dari akan tanaman konjak. Tanaman konjak hanya bisa ditemukan di Asia Tenggara, Jepang, dan Tiongkok.

Kandungan utama dari mie shirataki adalah serat, sehingga inilah yang membuatnya disebut-sebut sebagai mie yang paling menyehatkan. Sebagian besar kandungan mie ini adalah air, mencapai 97 persen.

Mie shirataki jelas sangat mudah dicerna oleh tubuh. Selain membantu menurunkan berat badan, mie shirataki juga memiliki banyak manfaat kesehatan lain seperti membantu menurunkan kolesterol, mencegah sembelit, dan menstabilkan kadar gula dalam darah.

Mie Soba

Sumber gambar www.macheesmo.com

Sama seperti shirataki, soba adalah salah satu jenis mie yang sehat dari Jepang. Soba terbuat dari gandum kuda. Mie soba sangat populer di Jepang dan sangat mudah ditemukan di berbagai sudut negara ini.

Kadar tepung gandum di dalam soba juga bisa disesuaikan lho. Ada soba yang terbuat 100% dari tepung gandum, ada juga yang diberi tambahan tepung terigu supaya bisa bertahan lebih lama. Bahkan di Jepang banyak restoran yang menyajikan soba segar yang langsung dibuat di depan pembelinya.

Kelp Noodles

Sumber gambar elanaspantry.com

Kelp noodles adalah mie sehat yang terbuat dari rumput laut. Ada 3 bahan utama yang digunakan untuk membuat mie ini yaitu rumput laut (bisa rumput laut berwarna cokelat atau rumput laut biasa yang dimakan), air, dan natrium alginat, yaitu zat turunan cokelat yang digunakan untuk meningkatkan tekstur pada makanan).

Mie ini bebas gandum, bebas gluten, rendah kalori, dan rendah karbohidrat. Kelp noodles sangat terkenal di Korea dan sering digunakan dalam berbagai jenis masakan khas negara itu.

Orang-orang yang tidak mengonsumsi gluten dan sedang menjalani diet karbohidrat banyak mengkonsumsi mie jenis ini. Mie kelp bisa disajikan mentah atau dimasak terlebih dahulu dengan cara dikukus.

Eggplant Noodles

Terlihat dari namanya, eggplant noodles adalah mie yang terbuat dari eggplant atau terong. Jenis terong yang digunakan bisa terong ungu atau terong hijau.

Terong mentah ini diserut dengan menggunakan spiralizer untuk mendapatkan bentuk yang mirip dengan mie. Jika tidak menggunakan alat ini, eggplant noodles juga bisa dibuat dengan terong yang diiris tipis-tipis.

Namun yang harus diperhatikan dari mie ini adalah tidak boleh dimasak terlalu lama karena terong sangat mudah lembek.

Tips Memilih Produk Mie Rendah Kalori yang Baik

Perhatikan Bahan Pembuatnya

Saat memilih produk mie rendah kalori, jangan lupa perhatikan bahan pembuat mie tersebut. Kini ada banyak ragam mie yang terbuat dari sayur dan buah tanpa ada tambahan telur sama sekali. Ada juga mie yang terbuat dari umbi-umbian, akar konjak, dan shirataki yang sedang populer itu.

Mie instan sehat biasanya sudah dilengkapi dengan bumbu, jadi kamu tinggal memasak dan menyajikannya dengan cepat. Makanan ini sangat cocok buat kamu yang sedang menjalani gaya hidup sehat.

Memilih Varian Rasa juga Penting

Produk mie sehat juga hadir dalam berbagai varian rasa. Ada mie goreng dan mie kuah yang bisa kamu pilih sesuai kesukaanmu. Jadi buat kamu yang super sibuk dan tidak punya banyak waktu, tapi tetap ingin makan makanan sehat, maka mie instan rendah kalori dari bahan organik ini bisa jadi solusinya.

Mie rendah kalori varian kuah sangat pas jika disantap dikala udara sedang dingin. Para produsen mie rendah kalori terus melakukan inovasi untuk membuat varian rasa mie yang menggugah selera, sehingga hidup sehat pun tetap bisa makan enak.

Bandingkan Kandungan Nutrisinya

Meski sama-sama berlabel mie rendah kalori, kamu tetap harus memperhatikan kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Satu bungkus mie instan biasa mengandung kalori sekitar 400-500 setiap porsinya, Mie yang lebih sehat tentu memiliki kandungan kalori yang ada di bawah jumlah tersebut.

Oleh karena itu, teliti sebelum membeli. Bacalah setiap informasi yang tertera pada bungkus mie yang akan dibeli. Boleh saja memilih mie rendah kalori, namun pastikan asupan nutrisi untuk tubuh juga tetap terjaga.

Rekomendasi Produk Mie Instan Rendah Kalori yang Lezat dan Bikin Kenyang

Mie Lingkar Organik

Rekomendasi produk pertama adalah Mie Lingkar Organik. Mie ini terbuat dari bahan-bahan alami, tanpa MSG, tanpa pewarna, dan tanpa pengawet. Sangat aman untuk dikonsumsi segala usia mulai dari anak-anak, ibu hamil, ibu menyusui, dan orang dewasa yang ingin menjalani hidup sehat.

Varian rasa mie sehat ini antara lain adalah buah naga, bayam, wortel, sawi, dan tomat. Bahan pembuat mie adalah 54% tepung terigu, 18% tepung mocaf, 7.5% air, 20% sayuran, dan 0.5% rempah-rempah. Di dalam kemasan sudah ada bumbu instan yang tersedia.

Komposisi bumbu instan pada mie ini terbuat dari kaldu jamur, bawang putih, kaldu jamur, garam, merica, kecap manis, minyak sayur, dan kemiri.

Harga Rp. 8.000-10.000

Lemonilo Mie Instan Goreng

Lemonilo adalah mie instan sehat yang bisa dikonsumsi oleh siapa saja. Mie instan ini rendah gluten, terbuat dari bahan utama tepung tapioka dari petani lokal Indonesia.

Mie ini juga mengandung saripati bayam, dibuat tanpa proses penggorengan, rendah kalori, tidak menggunakan penguat rasa, tanpa bahan pengawet, dan tanpa pewarna sintetis.

Mie ini juga sudah dilengkapi dengan bumbu, sehingga sangat praktis. Hanya perlu waktu beberapa menit saja untuk mengolahnya, mie ini sudah siap disantap. Satu bungkus mie lezat ini hanya mengandung 320 kalori saja.

Harga Rp. 4.000-8.000

Fitmee Spaghetti Konyaku Saus Carbonara

Carbonara adalah jenis pasta yang dikenal tinggi kalori dan kandungan lemak. Namun Fitmee Spaghetti Konyaku Saus Carbonara ini berbeda. Ini adalah mie instan konyaku pertama di Indonesia dengan rasa carbonara yang sangat nikmat.

Satu porsi mie instan ini hanya mengandung 120 kalori saja. Kaya akan kandungan serat dan tidak mengandung kolesterol. Kamu yang sedang diet tidak perlu khawatir saat akan menyantap mie ini.

Mie sehat ini merupakan inovasi produk mie instan yang terbuat dari olahan serat shirataki. Memasaknya pun praktis dan mudah karena sudah dilengkapi dengan bumbu di dalam kemasan.

Harga Rp. 17.000-25.000

Fit Mee Mie Goreng Korea

Berikutnya ada rekomendasi produk dari merek yang sama, yaitu Fit Mee. Jika tadi ada spaghetti carbonara, maka kali ini adalah Fit Mee Mie Goreng Korea. Mie instan goreng ini terbuat dari ubi konjak atau konyaku yang menyehatkan dan rendah kalori.

Buat kamu para pencinta Korea jelas wajib mencicipi lezatnya mie instan yang satu ini. Beberapa keunggulan mie yang satu ini adalah bebas kolesterol, rendah kandungan gula, tinggi serat, dan sangat rendah kalori karena hanya 30 kalori saja per sajian.

Perpaduan bumbu khas Korea yang gurih memberikan rasa asli Korea yang sangat lezat. Mie ini terbuat dari bahan-bahan yang alami sehingga lebih sehat.

Harga Rp. 15.000-20.000

Ladang Lima Veggie Noodle

Mengonsumsi mie instan adalah hal yang sangat lumrah bagi masyarakat Indonesia. Sayangnya, besarnya kandungan kalori dan bahan pengawet membuat mie instan menjadi tidak sehat jika terus menerus dikonsumsi. Untungnya kini banyak mie instan dari sayur-sayuran yang lebih sehat dan rendah kalori.

Ladang Lima Veggie Noodle termasuk salah satunya. Mie ini terbuat dari sayur organik asli dengan segala kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Tidak mengandung pewarna buatan dan tidak mengandung bahan pengawet. Warna mie dihasilkan dari warna asli sayur dan buah yang digunakan untuk membuatnya.

Produk ini juga tidak mengandung telur, sehingga aman untuk kamu yang alergi telur. Varian rasa yang tersedia untuk produk ini antara lain adalah tomato, basil garlic, red spinach, moringa leaves atau daun kelor, dan kale leaves atau daun kale.

Harga Rp. 7.000-20.000

Lingkar Organik Mie Sehat Goreng Plus Bumbu

Satu lagi produk mie rendah kalori organik yang bisa dikonsumsi oleh segala usia. Lingkar Organik Mie Sehat Goreng Plus Bumbu namanya. Mie instan sehat ini terbuat dari sayur dan buah alami tanpa tambahan pengawet dan bahan berbahaya lainnya.

Karena tinggi akan kandungan sayur dan buah, maka mie ini cenderung rapuh dan tidak sekeras mie instan biasa. Mie sehat ini dibuat tanpa tambahan MSG, tanpa bahan pengawet, tanpa pewarna, dan tanpa pemanis buatan.

Mie organik ini hadir dalam banyak varian rasa yang bisa dipilih seperti buah naga, bit, tomat, cabai merah, wortel, kelor, sawi, dan bayam. Di dalam kemasan juga sudah disertai dengan bumbu sehingga kamu tinggal mengolahnya dengan praktis.

Harga Rp. 8.000-20.000

Ashitaki Low Carb Noodles

Selanjutnya ada rekomendasi produk bernama Ashitaki Low Carb Noodles yang tersedia dalam 3 varian rasa. Kamu bisa mencoba lezatnya Mie Goreng Original, Mie Rebus Soto, dan Mie Goreng ala Jepang dengan cara yang lebih sehat. Kandungan kalori dalam setiap kemasan hanya sekitar 40 sampai 90 kalori saja. Cocok banget untuk kamu yang sedang berdiet.

Mie ini adalah mie rendah kalori yang terbuat dari seledri jepang atau ashitaba dan shirataki yang terkenal itu. Mie yang rendah lemak dan rendah karbohidrat ini juga rendah kandungan gula dan rendah kandungan kolesterol. Tanpa perlu menyantap banyak kalori, kamu sudah bisa kenyang lebih lama.

Harga Rp. 17.000-30.000

Alamie Mie Instan

Alamie Mie Instan adalah produk mie instan sehat yang wajib dicoba. Mie instan ini tidak hanya enak, tetapi juga sangat sehat karena terbuat dari buah dan sayuran organik. Keistimewaan dari produk ini adalah tidak mengandung bahan pengawet dan penyedap sintetis. Mie juga dibuat dengan tambahan tepung terigu, telur, garam, dan air.

Sehat dan aman untuk dikonsumsi anak-anak maupun dewasa. Alamie hadir dalam banyak varian, baik itu kuah maupun goreng. Mie yang sudah dijual di pasaran sejak tahun 2009 ini tetap laris di karena kualitas produknya selalu terjaga.

Harga Rp. 5.000-10.000

Lemonilo Mie Instan Kari Ayam

Buat kamu yang ingin mencoba varian baru mie instan sehat, ada Lemonilo Mie Instan Kari Ayam. Berbeda dengan varian goreng, mie instan ini hadir dengan rasa kari ayam khas Indonesia yang sedap dan kaya.

Mie dibuat tanpa melalui proses penggorengan dan rendah gluten karena menggunakan tepung pilihan. Di dalam kemasan sudah disertai dengan bumbu, sehingga proses pemasakannya pun sangat mudah dan praktis. Cocok untuk kamu yang tidak punya banyak waktu untuk memasak.

Harga Rp. 7.000-10.000

DAAI Vegan Noodle

Terakhir ada DAAI Vegan Noodle, mie goreng sehat rendah kalori yang sehat dan aman. Produk ini sudah tersertifikasi sebagai vegan friendly, dibuat tanpa tambahan telur dan bawang, tanpa bahan pengawet, tanpa MSG, dan tanpa pewarna buatan

Produk halal ini bisa jadi allternatif untuk kamu yang sangat suka mengonsumsi mie instan. Jadi tunggu apa lagi? Cicipi kelezatannya sekarang juga!

Harga Rp. 3.000-10.000
From our editorial team

Yuk, Ubah Gaya Hidup untuk Tubuh yang Lebih Sehat

Menjalani gaya hidup sehat sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain rajin berolahraga, usahakan kamu selalu menyantap makanan sehat dan organik. Salah satunya dengan beralih ke mie rendah kalori yang terbuat dari bahan-bahan alami, seperti rekomendasi BP-Guide di atas. Siapa bilang sih hidup sehat tidak bisa makan enak?