10 Rekomendasi Mie Organik yang Lezat dan Menyehatkan (2022)

10 Rekomendasi Mie Organik yang Lezat dan Menyehatkan (2022)

Banyak yang bilang makan mie terlalu banyak tidak baik untuk kesehatan. Oleh karena itu, Anda harus bijak dalam memilih produk mie yang Anda konsumsi. Dalam artikel ini, BP-Guide akan memberikan rekomendasi mie organik yang lezat sekaligus menyehatkan, hanya buat Anda!

Suka Makan Mie Instan? Pilih yang Sehat Ya!

Mie instan identik sebagai makanan yang penuh karbo, dan tidak baik untuk diet sehat. Padahal kepraktisannya sangat memudahkan saat menyajikannya dan rasanya juga sungguh menggugah selera.

Namun untungnya, sekarang ini Anda tidak perlu lagi takut untuk mengonsumsi mie instan. Sebab sudah ada mie instan yang sehat, yang dibuat dari bahan-bahan alami yang rendah kalori dan kaya akan nutrisi.

Selain bahan-bahan yang alami, mie instan sehat juga tidak mengandung bahan kimia tambahan baik pada mie maupun bumbunya, entah itu penyedap sintetis, pewarna buatan, serta pengawet tambahan.

Anda dapat mengonsumsi mie instan nan praktis di tengah-tengah jadwal padat Anda, namun dapat tetap mempertahankan hidup sehat.

Kandungan Nutrisi Dalam Mie Instan

Pro Vitamin A

Pro vitamin A ini berguna untuk pertumbuhan tulang, kesehatan mata, rambut, dan kulit. Selain itu bermanfaat untuk mengganti sel-sel tubuh, mengganti selaput lendir mata, dan meningkatkan kekebalan tubuh terhadap infeksi.

Vitamin B Kompleks

Vitamin B kompleks bermanfaat dalam membantu proses metabolisme, pembentukan sel darah merah, menjaga sistem saraf, meningkatkan selera makan, membantu perubahan karbohidrat menjadi energi, serta membantu sel tubuh menggunakan oksigen.

Vitamin C

Vitamin C ini sangat penting untuk memelihara kesehatan gigi, gusi, kulit, otot, serta tulang. Vitamin C juga dapat mempercepat penyembuhan luka, menambah daya serap tubuh terhadap zat besi, dan juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dalam mencegah flu.

Vitamin E

Vitamin E memiliki efek antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel akibat paparan radikal bebas sehingga baik untuk menjaga kesehatan kulit. Selain itu juga baik untuk kesehatan otot dan dalam proses metabolisme.

Kalsium dan Zat Besi

Kalsium merupakan zat yang penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi, menjaga keseimbangan cairan tubuh, serta berguna dalam perkembangan sel saraf. Semetara zat besi bermanfaat dalam proses pengangkutan oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh, serta mencegah anemia.

Tips Memasak Mie Instan yang Sehat

Tambahkan Banyak Sayur

Mie instan yang sebagian besar terbuat dari tepung mengandung lebih banyak karbohidrat dan kalorinya pun jadi lebih tinggi. Agar nutrisi yang Anda dapatkan lebih seimbang saat makan mie instan, maka tambahkanlah sayur-sayuran. Sayuran yang cocok untuk melengkapi mie instan antara lain adalah sawi, tomat, timun, wortel, dan buncis.

Tambahkan Protein

Anda juga perlu menambahkan sumber protein saat makan mie instan untuk menyeimbangkan kebutuhan gizi makro. Anda dapat menambahkan telur, baik yang digoreng mata sapi, dijadikan dadar, atau telur rebus pada mie instan.

Protein dari unggas atau daging lainnya seperti daging sapi juga cocok untuk disantap bersama mie instan. Selain memperkaya nutrisi, kehadiran protein ini juga dapat menambah kenikmatan.

Batasi Konsumsi Mie Instan

Meskipun Anda memasukkan sayuran dan juga protein ke dalam mie instan yang sehat, sebaiknya Anda tidak sering-sering mengonsumsinya. Apabila sulit sekali rasanya untuk membatasinya, usahakanlah untuk mengonsumsi paling banyak satu bungkus saja dalam satu minggu. Makanlah masakan lain agar makanan Anda lebih bervariasi.

Rekomendasi Mie Instan Organik yang Menyehatkan Buat Anda

Lemonilo – Mie Goreng Instan

Jika Anda ingin makan mie goreng yang sehat di rumah, namun ingin makan yang sehat, pilihlah mie goreng instan dari Lemonilo.

Mie Lemonilo dibuat tanpa proses penggorengan, sehingga kandungan kalorinya pun jadi lebih rendah daripada mie instan pada umumnya 320 kalori dalam 1 bungkus (80 gram mi goreng Lemonilo.

Anda pun tak perlu khawatir soal rasa. Sebab, meski tanpa MSG, mie goreng Lemonilo tetap diperkaya bumbu organik nan gurih dan sedap di lidah.

Harga Rp. 7.000-10.000

Ashitaki Mi Rebus Soto

Shirataki merupakan mie yang terbuat dari glucomannan, yaitu sejenis serat yang berasal dari akar tanaman konjac atau konnyaku. Selain dari shirataki, mie Ashirataki juga terbuat dari ashitaba, alias seledri Jepang.

Mie rebus soto yang satu ini memiliki kalori yang sangat rendah, yaitu 40 kalori dalam satu porsi (69,5 gram).

Kandungan shirataki dan ashitaba yang diolah dalam mie instan rendah karbo dan rendah lemak namun tinggi serat ini cocok untuk memenuhi keinginan makan mie yang enak tapi sehat.

Harga Rp. 17.000-23.000

Lingkar Organik - Mie Sayur Bumbu Tomat

Mie Lingkar Organik ini terbuat dari tepung terigu dicampur tepung mocaf, sehingga menjadikan mie ini memiliki kandungan gluten yang lebih rendah sehingga lebih aman untuk dikonsumsi.

Bumbu penyedapnya dibuat tanpa MSG dengan bahan-bahan plant based seperti kaldu jamur, bawang putih, bawang merah, kemiri, merica, garam, kecap manis, dan minyak sayur. Mie ini pun tidak mengandung telur, sehingga cocok untuk Anda yang vegetarian.

Hebatnya, mie instan yang satu ini mendedikasikan penjualan produknya untuk kesejahteraan petani dan untuk pendidikan anak Indonesia.

Harga Rp. 10.000-15.000

Fitmee – Goreng Korea

Mie instan dari Fitmee ini akan membawa lidah Anda berpetualang ke negeri Ginseng dengan varian Fitmee - Mie Goreng Korea (Konnyaku).

Satu porsi (78 gram) mi goreng sehat ini hanya mengandung 150 kalori saja. Anda dapat menikmatinya sambil menonton drama atau film Korea kesayangan agar tidak mupeng atau kabita sendirian.

Mie ini juga dilengkapi dengan taburan jamur, wortel, dan biji wijen. Jika Anda familiar dengan japchae, maka Anda akan merasakan bahwa varian ini memiliki rasa yang mirip dengan makanan khas Korea tersebut. Tekstur mie shirataki-nya yang kenyal menambah kenikmatan mie ini.

Harga Rp. 15.000-25.000

Alamie Mi Instan

Sesuai dengan namanya, mie instan Alamie terbuat dari sayur dan buah organik. Untuk varian mie goreng, Anda bisa memilih yang bahan bakunya terbuat dari buah naga, bayam merah, bayam hijau, atau wortel. Sementara untuk varian mie kuah, Anda boleh memilih bahan bayam hijau atau wortel.

Produk ini dibuat tanpa MSG, pewarna, pengawet, atau bahan kimia tambahan lainnya. Bumbunya terbuat dari bahan alami.

Kandungan vitamin dan mineral pada mie ini berasal dari buah atau sayur yang digunakan sebagai bahan pembuatnya.

Harga Rp. 5.000-7.500

Magel's Mie Organik Goreng

Magel’s Mie Sehat Organik terbuat dari tepung terigu, ketela, dan tambahan sayur sebanyak 20% dari keseluruhan komposisi.

Ada yang menggunakan bayam, cabe, sawi, daun kelor, wortel, tomat, buah naga, atau buah bit. Kandungan sayur yang banyak tadi membuat mie ini memberikan nutrisi yang tinggi saat dikonsumsi.

Baik mie maupun bumbu mie instan ini tidak mengandung penyedap, perasa, pengaroma, pewarna, pengawet, maupun pemanis buatan sehingga lebih aman untuk dikonsumsi.

Harga Rp. 5.000-10.000

Organic Center Mie Kari Ayam

Mie Kari Ayam dari Organic Center ini terbuat dari tepung mocaf yang rendah gluten. Selain itu juga mempunyai kebaikan lain seperti kaya akan serat, rendah lemak, dibuat tanpa proses penggorengan, dan kari ayamnya dibuat dari ayam asli tanpa tambahan MSG.

Bumbu alaminya diracik sehingga terasa gurih, sedap, dan memuaskan Anda yang ingin menikmati semangkuk hangat mie kari ayam yang sehat.

Anda pun bisa menambahkan telur sebagai sumber protein sehingga kandungan gizinya semakin kaya dan lengkap.

Harga Rp. 7.000-15.000

Miecassa - Mie Sehat Mocaf

Miecassa merupakan mie instan sehat yang terbuat dari tepung mocaf yang rendah gluten, tepung terigu, buah atau sayur, dan air, serta bumbu alami seperti garam, kaldu jamur, bawang putih dan bawang merah, kecap, serta minyak sayur.

Tidak ada penambahan MSG, pewarna buatan, dan pengawet tambahan pada pembuatan mie instan ini.

Mie instan ini juga dibuat tanpa bahan-bahan yang mengandung unsur hewan seperti telur, sehingga cocok bagi Anda yang menjalani hidup sebagai vegetarian.

Harga Rp. 12.000-20.000

Mie Nyaman Instan Organik

Mie Nyaman Instan Organik mengklaim dirinya sebagai rajanya mie instan sayur dan buah. Sebagaimana tagline-nya tersebut, mie instan ini terbuat dari bahan sayur dan buah seperti buah naga, daun katuk, ataupun wortel.

Mie Nyaman Instan Organik juga diperkaya dengan kandungan nutrisi yang diperlukan bagi tubuh yaitu kalsium, protein, serat, folat, sumber vitamin K dan vitamin A.

Mie instan ini diolah tanpa menggunakan campuran telur. Mie instan ini juga tidak mengandung MSG. Rasa sedapnya didapat dari kaldu jamur yang membuat makanan instan ini juga menjadi incaran vegetarian.

Harga Rp. 7.000-12.000

Ladang Lima Mie Kale

Ladang Lima Mie Kale juga menjadi salah satu pilihan mie instan sehat. Mie ini dibuat dari tepung singkong dan sayuran dan diolah tanpa proses penggorengan.

Kandungan sayur kale yang ada di dalam mie ini mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh, terutama serat dan vitamin A.

Mie ini juga sudah dilengkapi dengan bumbu alami nan gurih dan sehat, sehingga praktis untuk Anda sajikan sebagai konsumsi mie instan sehat.

Harga Rp. 10.000-15.000
From our editorial team

Jika Tidak Terpaksa, Jangan Makan Mie Instan

Mie instan memang punya rasa yang lezat, termasuk mie instan organik rekomendasi BP-Guide di atas. Tapi, yang perlu Anda ingat, jangan makan mie instan jika tidak terpaksa. Memasak bahan mentah hingga menjadi makanan tetap lebih direkomendasikan buat Anda.