Jangan Malas Olahraga di Rumah, Yuk Lompat Tali dengan 10 Rekomendasi Tali Skipping Terbaik Berikut (2021)

Jangan Malas Olahraga di Rumah, Yuk Lompat Tali dengan 10 Rekomendasi Tali Skipping Terbaik Berikut (2021)

Berolahraga jadi kewajiban selama pandemi agar tubuh tetap bugar dan tidak mudah terserang penyakit. Maka dari itu, kamu wajib pilih olahraga yang mudah dilakukan di mana saja dan kapan saja. Skipping bisa jadi pilihan menarik untuk kamu. Olahraga yang satu ini punya banyak manfaat, loh. Cek cara memilih tali skipping terbaik dan juga rekomendasinya untuk kamu!

Skipping Punya Banyak Manfaat untuk Tubuh

Di tengah kesibukanmu yang padat, kamu tetap harus mengutamakan untuk berolahraga. Lakukan olahraga ringan namun rutin setiap hari setidaknya 15 sampai 30 menit. Hal ini akan membantu kamu memangkas lemak tubuh dan juga bisa membantu kamu agar tetap bugar.

Salah satu jenis olahraga ringan yang bisa kamu lakukan adalah skipping alias lompat tali. Skipping tergolong sebagai kelompok olahraga plyometric sehingga jika dilakukan rutin bisa meningkatkan kekuatan tubuh. Skipping juga bisa dilakukan untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan. Dengan skipping 20 kali tiap sesi latihan, kamu bahkan bisa membakar 200 kalori, loh!


Skipping akan membantu kamu meningkatkan keseimbangan tubuh. Koordinasi antara otak, kaki, dan tangan diperlukan dalam skipping. Olahraga ini bikin bagian tubuh lain juga bisa lebih seimbang sehingga gerakan skipping bisa berjalan lancar.

Olahraga skipping juga bisa bantu kamu untuk meningkatkan kesehatan jantung. Saat melompat maka jantung juga bisa berdetak lebih cepat dan bisa memompa darah dengan cepat. Ini akan bisa meningkatkan kesehatan kardiovaskular.

Kegiatan skipping juga bisa membantu meningkatkan kepadatan tulang. Kamu jadi bisa terhindar dari yang namanya gangguan kesehatan pada bagian tulang belakang.

Tips Memilih Alat Skipping

Perhatikan Bahan Tali Skipping

Saat memilih alat skipping, kamu bisa pertimbangkan bahan talinya. Tali skipping di pasaran amat beragam. Tali ini akan bisa mempengaruhi kecepatan kamu dalam lompat tali. Jenis bahan tali juga bisa mempengaruhi intensitas latihan yang kamu lakukan.

Ada tali bahan plastik yang bisa digunakan oleh para pemula. Karena bahannya plastik, maka jika terkena tubuh, kamu tidak akan terlalu kesakitan. Tali skipping dari plastik juga terbilang ringan sehingga kamu jadi lebih mudah membawanya ke mana saja.

Ada juga tali skipping bahan baja yang bisa kamu lirik. Tali yang satu ini dilapisi bahan nilon atau PVC. Umumnya tali bahan baja bagian pegangannya bisa dilepas sehingga kamu jadi lebih mudah mengubah panjang tali dan mengganti kabel jika sudah rusak. Saat memakai tali baja maka kamu bisa melompat dengan lebih cepat. Jenis tali baja banyak digunakan oleh para atlet yang sudah profesional.

Berikutnya ada tali manik yang bisa kamu gunakan. Skipping dengan tali manik bisa lebih berat dua kali lipat dibanding tali biasa. Dengan tali manik maka skipping akan bisa memberikan beban sedang dan mampu menstimulasi otot-otot tubuh bagian atas.

Pastikan Panjang Tali Bisa Disesuaikan

Ketika hendak memilih tali skipping, ada baiknya kamu memilih tali yang panjangnya bisa disesuaikan supaya tidak merepotkan kamu jika tidak sesuai dengan tinggi badan kamu. Pilih tali yang mudah diatur panjang pendeknya sehingga kamu bisa memakainya dengan nyaman.

Jika kamu membeli tali skipping yang tidak bisa disesuaikan, maka pastikan kamu tahu ukuran tali yang pas sesuai tinggi badanmu. Untuk tinggi badan kurang dari atau 150 cm maka kamu butuh tali sepanjang 2,10 meter. Jika tinggi badan kamu 160 hingga 170 cm maka kamu butuh tali sepanjang 2,50 meter. Untuk tinggi badan 170 hingga 180 cm akan butuh tali 2,75 meter. Tinggi badan 180 hingga 190 cm akan butuh tali sepanjang 2,85 meter. Dan tinggi badan 190 cm ke atas butuh tali sepanjang 3 meter.

Pegangan Tidak Licin

Hal lain yang wajib dipertimbangkan saat memilih alat skipping adalah memilih pegangan yang tidak licin. Skipping bisa bikin tangan jadi lebih mudah berkeringat. Saat tangan berkeringat maka tali bisa lebih mudah terlepas dari genggaman. Maka dari itu, usahakan memilih bahan pegangan tali skipping yang anti selip. Pastikan juga bentuk pegangannya nyaman dan pas dengan ukuran tangan sehingga kamu bisa memaksimalkan pegangannya.

Ini Dia Rekomendasi Alat Skipping Terbaik untukmu

Automatic Counter Jump Rope

Automatic Counter Jump Rope merupakan rekomendasi pertama kami. Alat yang satu ini akan segera menunjukkan seberapa banyak kamu melompat. Kamu juga bisa dengan mudah me-reset jumlah hitungan lompatan yang kamu lakukan dengan menekan tombol reset.

Bagian pegangan tali skipping ini terbuat dari bahan foam. Ini akan memudahkan kamu menggengamnya dalam waktu lama. Karena berbahan foam maka tangan juga tetap nyaman dan tidak sakit meski memakainya dalam waktu lama. Bagian talinya juga kuat dan tidak mudah putus. Ini membuat kamu jadi bisa memakainya dalam waktu lama.

Harga Rp. 14.500-19.000

Angzhitrade Tali Skipping Manik-Manik

Angzhitrade Tali Skipping Manik-Manik begitu unik dan menarik. Tali yang satu ini terbuat dari PVC dengan panjang sekitar 2,8 meter. Talinya hadir dengan warna yang menarik. Tali ini sedikit berat dan bisa digunakan oleh mereka yang sudah profesional.

Harga Rp. 70.000-165.000

LP Support Weave Jump Rope

LP Support Weave Jump Rope terbuat dari bahan tenun. Ini membuatnya jadi cukup berat. Ketebalan diameter talinya sekitar 14 mm. Tali skipping ini sesuai untuk kamu yang ingin membentuk dan melatih otot pergelangan tangan.

Bagian handle tali skipping berbahan plastik dengan dilapisi foam yang lembut sehingga nyaman digenggam dan tidak mudah selip. Produk yang satu ini akan bisa mengoptimalkan latihan cardiorespiratory dan aerobic kamu.

Tali skipping ini bisa kamu cuci agar senantiasa bersih. Cukup usap memakai lap dingin atau handuk setengah basah. Usai dibersihkan, kamu bisa mengeringkan dengan cara dianginkan.

Harga Rp. 239.200-341.000

Aolikes Jump Rope Steel Wire Bearing

Aolikes Jump Rope Steel Wire Bearing bisa kamu gunakan untuk olahraga di rumah selama pandemi. Tali yang satu ini berbahan kuat sehingga tidak mudah patah. Bahannya dari baja yang tentu saja sedikit berat namun tetap bisa menunjang gerakan kamu supaya lebih stabil dan nyaman.

Bagian handle dari bahan aluminum yang ringan dan juga kokoh. Kamu jadi bisa mengayunkan tali dengan lebih cepat dan menyesuaikan kecepatan yang kamu inginkan.

Harga Rp. 67.000-272.000

Kettler Digital Rope

Kettler Digital Rope ini praktis untuk digunakan. Tali skipping yang satu ini terbuat dari bahan sintetis tinggi. Kamu juga jadi leluasa memutar tali dengan kecepatan tinggi. Desain tali skipping ini simpel dan sangat praktis dibawa kemana saja. Produk sudah lengkap dengan alat ukur digital. Ini akan memudahkan kamu untuk mencatat waktu dan jumlah lompatan

Alat skipping ini hadir dengan panjang tali 3 meter. Kamu bisa nyaman memakainya karena panjang tali dapat diatur sesuai kebutuhan. Alat ini juga praktis untuk menghitung kalori yang terbuang selama kamu melompat.

Harga Rp. 142.000-249.000

Happyfit Jump Rope

Happyfit Jump Rope hadir dengan pilihan warna menarik, seperti abu-abu, pink, dan biru. Panjang talinya 2,75 meter dengan diameter 4,5 mm. Handle tali skipping ini berukuran 12,5 cm dengan lebar 1,2 cm. Bagian handle sangat ringan sehingga kamu lebih mudah mengayunkan produk ini.

Tali skipping ini akan membantu kamu mengencangkan otot kaki. Produk ini juga praktis untuk membantu menurunkan berat badan. Bahkan, dengan tali skipping ini kamu bisa membentuk lengan dan perut agar lebih ideal.

Harga Rp. 20.000-57.000

Xiaomi Yunmai Anti-Skid Handle Durable Skipping Rope

Xiaomi Yunmai Anti-Skid Handle Durable Skipping Rope merupakan produk kolaborasi Xiaomi dan Yunmai. Tali skipping ini bagus untuk digunakan selama pemanasan sebelum olahraga dan bisa juga digunakan untuk latihan peregangan otot. Lompat tali dengan produk ini akan bikin kamu jadi lebih semangat.

Bagian handle tali skipping terbuat dari PVC dengan lapisan non slip sehingga pegangan tidak licin dan tidak mudah lepas. Dengan ball bearing system, produk ini bisa menghasilkan rotasi yang halus dan efektif. Produk yang satu ini hadir dengan pemberat untuk meningkatkan kekuatan dan daya tahan.

Bagian tali memakai kawat sepanjang 3 meter. Talinya bisa disesuaikan panjangnya dengan kebutuhan.

Harga Rp. 245.000-299.000

Kongs Pro Jumping Rope

Kongs Pro Jumping Rope cocok digunakan bagi kamu yang sedang diet. Tali skipping ini bisa jadi pilihan karena memiliki handle yang nyaman. Bagian handle dilengkapi dengan lapisan busa yang empuk. Pegangan ini membuatnya tidak mudah selip meski tangan kamu banyak berkeringat.

Bentuk handle juga ergonomis. Dengan begini kamu jadi bisa melompat dengan nyaman dalam waktu lama. Bobot produk ini juga sedikit berat sehingga bisa membantu kamu untuk melatih otot tangan. Panjang tali bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu sehingga kamu dapat melompat dengan sempurna.

Harga Rp. 159.000-234.000

Xiaomi Yunmai Smart Skipping Rope

Xiaomi Yunmai Smart Skipping Rope merupakan satu lagi produk yang berkualitas untuk kamu. Talinya berbahan kuat dan berkualitas sehingga tidak mudah putus dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Tali ini berbahan plastik yang ringan dengan desain yang elegan. Kamu bahkan bisa menghubungkannya dengan smartphone agar lebih mudah mengetahui jumlah lompatan yang kamu lakukan.

Bagian handle tali berbahan plastik yang kokoh. Ini bikin kamu lebih cepat melompat tanpa khawatir tergelincir. Tali skipping ini dilapisi per di bagian tengah sehingga jika kamu melakukan kesalahan melompat maka tali tidak akan membuat bagian tubuh kamu cedera. Produk ini dijual lengkap dengan USB cable, tas, dan petunjuk penggunaan.

Harga Rp. 291.000-660.000

Kansa Skipping KS2251

Kansa Skipping KS2251 adalah rekomendasi terakhir kami. Produk yang satu ini sangat berkualitas tinggi dengan harga yang ramah kantong. Alat skipping ini memakai handle dari kayu yang pas dan nyaman digenggam. Bagian talinya dari bahan PVC yang elastis. Panjang talinya 3 meter dan bisa disesuaikan dengan mudah.

Harga Rp. 35.000-65.000
From our editorial team

Perhatikan Hal-hal Penting Saat Skipping

Saat skipping ada beberapa hal yang wajib kamu perhatikan supaya bisa lebih maksimal hasilnya. Kenakan pakaian yang nyaman untuk berolahraga. Jangan lupa pakai sepatu olahraga supaya terhindar dari cedera. Pilih permukaan lantai atau tanah yang tidak licin dan rata saat kamu skipping supaya kamu tidak terpeleset. Jika kamu melakukan skipping di dalam ruangan, pastikan langit-langit ruangan tidak terlalu rendah. Lakukan pemanasan sebelum skipping agar kamu tidak mengalami cedera otot.