Olahraga Di Rumah Lebih Semangat dengan 10 Rekomendasi Alat Fitness Rumahan (2020)

Olahraga Di Rumah Lebih Semangat dengan 10 Rekomendasi Alat Fitness Rumahan (2020)

Sumber gambar pixabay.com

Tak sempat olahraga di luar rumah? Anda bisa berolahraga di rumah. Beli saja beberapa peralatan fitness untuk mendukung kegiatan olahraga di rumah. Yuk, intip tips memilih peralatan fitness ala rumahan plus rekomendasi produknya!

Di Rumah Saja Bukan Berarti Tak Bisa Olahraga

Sumber gambar pixabay.com

Semenjak adanya pandemi Covid-19, kebanyakan dari kita memang disarankan di rumah saja. Meski kini PSBB sudah mulai ditinggalkan dan kita memulai aktivitas di era "New Normal", tetap saja kebanyakan dari kita memilih untuk tetap di rumah saja jika tak ada kepentingan yang sangat mendesak. Berada di rumah bukan berarti kita tak bisa melakukan aktivitas yang biasa kita lakukan di luar rumah, seperti misalnya berolahraga.

Kita tetap bisa berolahraga meski di rumah saja. Berolahraga penting dilakukan untuk membuat tubuh selalu bugar dan sistem imun kita terjaga dengan baik. Kita disarankan untuk berolahraga minimal selama dua sampai tiga jam dalam satu minggu. Jangan malas untuk aktif bergerak agar lemak tak menumpuk dan otot tubuh jadi kurang terlatih.

Tak usah dipungkiri pasti ada rasa malas untuk berolahraga. Apalagi ketika berada di rumah seharian. Beberapa diantara kita lebih tergoda untuk tidur seharian, ngemil, dan bermalas-malasan. Kebiasaan ini tak bisa diteruskan jika ingin tubuh selalu sehat. Motivasi dirimu sendiri dan cobalah membuat target. Kamu bisa melakukan gerakan senam ringan, zumba, melakukan yoga, dan lain sebagainya.

Jika dulunya kamu rajin ke gym, kini kamu bisa kok berolahraga di rumah saja. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan layaknya sedang berolahraga di gym. Kamu bisa membeli sendiri peralatan fitness untuk di rumah. Ini tentu akan sangat bermanfaat untuk menemani kamu selama masa pandemi dan new normal terjadi.

Alasan Pentingnya Memiliki Alat Fitness di Rumah

Kebersihan Alat Lebih Terjaga

Sumber gambar pixabay.com

Memiliki peralatan fitness sendiri di rumah bukan lah hal yang mustahil dilakukan. Kamu bisa mengoleksi sedikit demi sedikit peralatan fitness di rumah. Memiliki alat fitness sendiri bisa memberikan banyak keuntungan loh, salah satunya adalah kebersihan alat fitness lebih terjaga.

Saat kita pergi ke gym, kita tahu peralatan fitness di sana digunakan oleh banyak orang. Bisa terbayang berapa banyak keringat, kuman, bakteri, dan bahkan mungkin virus yang menempel pada peralatan olahraga tersebut. Sementara jika kita memiliki peralatan olahraga sendiri di rumah jelas lebih aman. Kamu tahu siapa saja yang memakainya atau mungkin saja hanya kamu sendiri yang memakainya. Ini bisa meminimalisir risiko penularan kuman dan lainnya. Kamu juga bisa rutin membersihkan peralatan fitness di rumah supaya selalu bersih dan higienis saat akan digunakan.

Bisa Fokus pada Pelatihan yang Dijalani

Sumber gambar pixabay.com

Ketika berada di gym, kemungkinan kita harus mengantri untuk memakai alat tertentu. Ini membuat kita akhirnya memakai alat lainnya sembari menunggu alat olahraga yang kita inginkan. Tak jarang juga saat berolahraga di gym kita jadi tak fokus karena ada suara bising alat gym lain, suara orang bergerombol, da lainnya. Semua hal ini tentu bisa mengganggu konsentrasi selama latihan.

Beda halnya jika kamu memiliki alat fitness sendiri di rumah. Kamu bisa fokus pada latihan yang kamu jalankan, apakah itu mengecilkan otot perut, paha, dan lain sebagainya. Kamu tak perlu mengantri saat akan memakai peralatan fitness tersebut. Dengan lebih fokus, maka hasil pelatihan jadi bisa lebih terlihat.

Tak Perlu Keluar Rumah

Sumber gambar pixabay.com

Hal paling penting saat memiliki peralatan fitness sendiri di rumah adalah kita tak pelru keluar rumah. Tak pelu ongkos untuk transportasi, tak keluar uang untuk jajan, tak perlu macet,dan lain sebagainya. Hanya di rumah saja kita bisa melakukan aneka olahraga yang kita inginkan. Saat kita lapar atau ingin minum, kita juga tak perlu mengeluarkan uang lagi karena tinggal ambil di dapur. Kamu bisa menjangkau segala yang kamu butuhkan dengan mudah.

Lebih Rutin Berolahraga dan Keluarga juga Bisa Memakainya

Sumber gambar pixabay.com

Dengan membeli peralatan fitness di rumah, kamu bisa lebih rutin berolahraga. Jika biasanya kamu menunggu mood untuk pergi ke gym, kini setiap hari dan setiap kamu menginginkannya kamu bisa langsung berolahraga. Tak ada batasan waktu dan kamu bebas mau menentukan kapan waktunya. Kamu bisa memulai olahraga setiap pagi, bisa juga memulai olahraga di malam hari. Atau bahkan jika kamu kesiangan bangun, kamu bisa memulai olahragamu siang hari.

Adanya peralatan fitness di rumah juga membuat keluargamu bisa ikut menikmatinya. Mereka juga bisa mencoba gaya hidup sehat dengan rutin memakai aneka peralatan fitness yang ada di rumah. Dengan begini, kamu dan keluarga sama-sama menikmati manfaat alat fitness dan saling mendukung dalam menjalankan pola hidup sehat.

Belilah Alat Fitness Sesuai dengan Kebutuhan

Sumber gambar pixabay.com

Membeli peralatan fitness untuk di rumah tak bisa asal saja. Kamu wajib memulainya dengan hanya membeli peralatan yang hanya kamu butuhkan saja. Tentukan dulu target apa yang ingin kamu capai, misalnya ingin mengecilkan perut atau ingin membesarkan otot lengan. Belilah peratan fitness yang mampu mendukung kamu mencapai tujuanmu. Jika tujuan sudah tercapai, kamu bisa membeli peralatan fitness lainnya dan membuat tujuan baru untuk kesehatanmu.

Untuk kamu yang ingin mengencangkan otot triep dan bisep bisa mulai membeli dumbbell. Dengan gerakan yang simpel, dumbbell bisa jadi andalan untuk melatih otot dada, bahu, serta punggung. Sementara itu, untuk yang ingin melatih tubuh secara keseluruhan bisa membeli bola gym. Ini adalah bola yang cocok digunakan untuk melakukan pemanasan, gerakan inti, dan lain sebagainya. Pilih ukuran bola yang sesuai dengan tinggi supaya bisa lebih maksimal.

Untuk kamu yang ingin berolahraga kardio bisa pilih sepeda statis, treadmill, atau pull up bar. Berbagai peralatan fitness ini bisa membakar lebih banyak kalori dalam sekali latihan. Aneka peralatan ini juga bisa meningkatkan heart rate. Nah, yuk, segera pilih peralatan fitness yang cocok untuk kamu!

Ini Dia Rekomendasi Alat Fitness Rumahan untuk Kamu

Dumbell Neoprene speeds 2kg/pair

Dumbell Neoprene speeds 2kg/pair merupakan peralatan fitness pertama yang wajib ada di rumah. Terbuat dari bahan neoprene yang berkualitas tinggi, produk ini tak mudah rusak. Dumbell berfungsi untuk melatih keseimbangan otot dan juga membentuk otot supaya lebih baik. Dalam paket ini ada 2 buah dumbell yang masing-masing beratnya 1 kg. Kamu bisa juga membeli yang beratnya sesuai dengan kemampuan kamu. Ada banyak pilihan warna menarik yang bisa dipilih, mulai dari ungu, biru, pink, dan merah.

Harga Rp. 60.000-180.000

Berwyn Matras Yoga 4 mm

Untuk yang hobi melakukan yoga, kamu bisa beli matras yoga untuk latihan sendiri di rumah. Guna matras yoga adalah untuk tempat menapak kala berolahraga agar lebih nyaman. Matras juga berfungsi menjaga keseimbangan kaki dan membuat kamu lebih nyaman melakukan berbagai pose yoga. Kamu bisa mengandalkan Berwyn Matras Yoga 4 mm. Produk yang satu ini terbuat dari bahan PVC. Ada lapisan foam lembut yang berguna untuk menguragi benturan yang terjadi. Ukuran matras ini adalah 173 x 61 x 0.4 cm. Matras keren yang satu ini hadir dalam berbagai warna yang menarik. Bobotnya ringan sehingga mudah dipindahkan dan disimpan.

Harga Rp. 73.000-199.000

Foam Roller Fitness Stovepipe Relaxing Muscle Mace

Berikutnya, kamu juga butuh foam roller di rumah. Alat fitness yang satu ini perlu untuk melemaskan otot dan bisa mencegah cedera. Ini merupakan gulungan busa empuk yang cocok dipakai sebelum atau usai melakukan olahraga berat. Kamu bisa andalkan Foam Roller Fitness Stovepipe Relaxing Muscle Mace. Produk yang satu ini cocok untuk pria dan wanita. Ada banyak warna menarik yang bis dipilih dari produk yang satu ini. Foam roller ini hadir dalam ukuran 30 x 8,5 cm.

Harga Rp. 93.000-195.000

Happyfit Anti Burst Gym Ball

Kamu juga wajib memiliki gym ball untuk berolahraga di rumah. Ada Happyfit Anti Burst Gym Ball yang cocok jadi pilihan. Produk yang satu ini bisa mengurangi sakit punggung dan bisa juga membantumu meningkatkan aluran darah. Gym ball yang satu ini cocok juga untuk membentuk postur tubuh supaya lebih baik. Produk ini aman digunakan dan anti meledak. Kamu bisa melatih keseimbangan sekaligus mengencangkan otot saat memakainya. Ada 3 ukuran gym ball yang bisa dipilih sesuai dengan tinggi badan. Ada diameter 55 cm, 65 cm, dan 75 cm. Gym ball ini bisa digunakan oleh segala usia dengan berbagai tingkat kebugaran. Bolanya mudah dibersihkan dan dipompa.

Harga Rp. 110.000-195.000

Kettler Digital Rope

Kamu juga wajib memiliki Kettler Digital Rope sebagai salah satu alat fitness di rumah. Ini adalah tali skipping yang bisa kamu gunakan untuk melatih pernafasan dan meningkatkan kepadatan tulang. Dengan lompat tali, kamu bisa meningkatkan kebugaran jantung dan paru dan meningkatkan kekuatan otot kaki. Uniknya produk yang satu ini memiliki fitur untuk menghitung jumlah lompatan. Bentuk talinya portabel jadi mudah dibawa kemana saja. Panjang talinya bisa diatur sehingga cocok dipakai ukuran tubuh berapa saja. Terbuat dari bahan sintetis yang bagus, produk ini bisa diputar dengan kecepatan tinggi. Panjang talinga 3,3 meter secara keseluruhan. Pengguna bisa mengatur waktu saat awal melompat.

Harga Rp. 130.000-195.000

11 IN 1 PRO RESISTANCE BAND SET

Kamu juga wajib memiliki 11 IN 1 PRO RESISTANCE BAND SET. Ini merupakan alat fitness rumahan yang bisa melatih bagian lengan, dada, bahu, dan punggung. Produk ini bagus juga untuk merelaksasi otot. Resistance band ini tak akan putus meski menahan gerakan aktifmu. Ada 5 varian karet yang memiliki daya tahan dan lebar yang berbeda. Selain itu kamu akan mendapat 2 ankle strap, 2 foam handles, 1 door anchor, dan juga sebuah tas agar kamu lebih praktis membawa aneka resistance band milikmu.

Harga Rp. 170.000-295.000

Berwyn Neoprene Kettlebell 4 Kg

Kamu juga wajib memiliki Berwyn Neoprene Kettlebell 4 Kg sebagai salah satu alat fitness di rumah. Kettlebell ini bentuknya bola beban dengan pegangan di bagian atas. Ini biasanya dipakai untuk menguatkan otot bagian tubuh atas. Kettlebell cocok juga untuk dipakai pada sesi plank, squat, hingga pushup. Produk ini bisa memperkuat sistem kardiovaskular. Desainnya ergonomis dan nyaman digunakan kapan saja. Dengan lapisan neoprene, produk ini tahan lama digunakan.

Harga Rp. 190.000-259.000

Kettler Double Wheel Exerciser

Kettler Double Wheel Exerciser juga merupakan produk yang tak bisa dilewatkan begitu saja. Alat fitness yang satu ini bisa membantu terwujudnya perut sixpack. Produk ini bisa melatih otot punggung serta lengan. Material yang digunakan adalah bahan plastik padat dilapisi dengan karet antislip. Bagian pegangannya dari busa lembut sehingga nyaman digenggam. Alat fitness ini bisa dipakai di rumah, kantor, dan di mana saja.

Harga Rp. 135.000-189.000

Sepeda Statis NS-654 Berwyn

Sepeda Statis NS-654 Berwyn juga bisa dimiliki sebagai alat fitness di rumah. Produk yang satu ini sangat hemat tempat karena bisa dilipat saat tak digunakan. Disertai pula dengan pengukur waktu, kecepatan, jarak, detak jantung, dan jumlah kalori yang terbakar. Ada layar LCD untuk menampilkan hasil penghitungan sehingga lebih tepat guna. Produk ini memiliki ukuran 80 x 40 x 116 cm dengan berat 14,3 kg. Ada 8 level kecepatan yang bisa dipilih. Desain sepeda ini simpel dan mudah digunakan.

Harga Rp. 1.699.000-2.525.000

Pull Up Door Chinning Bar

Pull Up Door Chinning Barull Up Bar ini adalah alat fitness rumahan selanjutnya yang bisa dipilih. Produk ini mudah dipasang di mana saja termasuk di kusen pintu yang jaraknya tidak melebihi dari 96 cm. Panjang pull up bar ini bisa diatur sesuai kebutuhan, yakni antara 64 hingga 96 cm. Alat ini bisa menahan berat sampai 100 kg.

Harga Rp. 87.000-200.000
From our editorial team

Usahakan Memilih Alat Fitness yang Tak Memakan Banyak Tempat

Ketika memilih peralatan fitness untuk di rumah, ada baiknya Anda melihat ukuran peralatan tersebut. Pilih yang ukurannya kecil atau pilih yang sekiranya bisa dilipat supaya tidak menyita banyak ruangan saat tak digunakan. Apalagi jika kamu tak memiliki ruang khusus untuk berolahraga, tentunya jika alatnya kecil dan bisa dilipat, tak akan merepotkan kamu.