Ingin Membuka Tempat Fitness? Pastikan 10 Rekomendasi Peralatan Fitness Ini Tersedia (2019)

Ingin Membuka Tempat Fitness? Pastikan 10 Rekomendasi Peralatan Fitness Ini Tersedia (2019)

Fitness menjadi favorit masyarakat, khususnya perkotaan. Memilih olahraga fitness menjadi keuntungan tersendiri karena dapat menggunakan berbagai alat olahraga. Alat-alat tersebut juga memiliki fungsinya masing-masing, tergantung kebutuhan.

Tempat Fitness Kian Menjamur Seiring Meningkatnya Kesadaran Masyarakat untuk Hidup Sehat

Sumber gambar https://pixabay.com/

Tren gaya hidup sehat sekarang ini semakin menjamur di kalangan masyarakat urban. Hal ini dikarenakan rutin berolahraga terbukti dapat membuat tubuh menjadi lebih produktif, sehat, dan ideal. Berolahraga di tempat fitness pun sudah menjadi gaya hidup.

Tempat fitness ataupun gym menjadi sarana wajib untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Anda dapat dengan mudah menemukan fitness center ataupun gym di berbagai tempat.

Persiapan Membuka Tempat Fitness

Melihat kecenderungan masyarakat saat ini yang gemar berolahraga, mungkin Anda pun tergiur untuk membuka bisnis tempat kebugaran. Sebelumnya, ketahui dulu hal-hal yang diperlukan untuk menjalankan bisnis tersebut.

Pencahayaan Alami yang Pas

Sumber gambar https://pixabay.com/

Olahraga di dalam ruangan akan terasa lebih sejuk, rileks, santai, berenergi, dan bebas dari kuman apabila didesain dengan menerapkan pencahayaan alami yang pas. Desain ataupun rancangan ruangan dengan pencahayaan yang baik dapat membuat intensitas cahaya yang masuk tidak berlebih ataupun kurang, sehingga dapat memperoleh energi alami.

Selain itu, Anda dapat menggunakan cermin untuk memantulkan cahaya dari jendela sehingga ruangan menjadi lebih terang. Pergerakan saat gerakan angkat berat ataupun yoga juga dapat Anda amati dengan seksama.

Apabila Anda melakukan olahraga di malam hari, ruangan fitness pribadi dapat ditambahkan lampu yang tidak terlalu terang. Dengan pemakaian lampu seperti ini dapat memberikan rasa damai dan rileks.

Luas dan Nyaman

Sumber gambar https://pixabay.com/

Desain atau layout tempat fitness beserta penempatan peralatan sangat penting dilakukan untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan akses. Untuk penempatan peralatan sebaiknya diletakkan tersebar di seluruh ruangan dan jangan berkumpul di suatu tempat ataupun membiarkan tempat lain kosong.

Selain itu, jangan lupa menempatkan cermin besar di bagian utama dan cermin standar di sudut ruangan. Penempatan cermin seperti ini dapat membuat aura fitness lebih terbentuk dan bisa mengukur hasil latihan dalam membentuk postur tubuh.


Warna yang Lembut

Sumber gambar https://pixabay.com/

Tempat fitness umumnya menggunakan warna abu-abu ataupun putih. Untuk fitness pribadi, Anda dapat menggunakan warna lembut seperti warna ungu, biru, atau kuning muda yang memberikan rasa damai dalam diri.

Selain itu, Anda harus menghindari menggunakan variasi warna berani seperti oranye ataupun merah. Apabila suka, Anda dapat menggunakan kertas dinding bertuliskan motivasi untuk lebih menyemangati diri ketika berolahraga.

Peralatan yang Memadai

Sumber gambar https://pixabay.com/

Tempat fitness dengan kelengkapan peralatan dapat memudahkan program kebugaran. Ketika akan mendirikan bisnis fitness perlu memerhatikan pembelian peralatan fitness yang berkualitas baik. Pertimbangan pembelian ini mencakup harga, alat yang paling disenangi, kemudahan dalam pemakaian, dan pastikan produknya orisinal.

Pembelian peralatan fitness tiruan dapat menekan biaya investasi, namun kualitasnya tidak bisa dijamin sehingga bisa mengakibatkan cedera.

Berbagai Peralatan Fitness yang Perlu Anda Miliki

Treadmill

Sumber gambar blibli.com

Treadmill merupakan alat yang digunakan untuk berjalan, berlari, ataupun berjalan menanjak tanpa berpindah tempat. Umumnya alat ini selalu ada di gym dan paling banyak diminati. Cara penggunaan treadmill ini sangat praktis dan dapat membuat lebih fokus, konsisten terhadap gerakan lari, serta memotivasi diri menjadi lebih rajin berlatih.

iReborn i-Verona Alat Fitnes Treadmill dapat menjadi pilihan tepat peralatan fitness Anda. Dengan desain console sangat berkelas dan ukuran minimalis. Terdapat fitur massager untuk membakar lemak di perut dan pinggang serta MP3 ataupun USB yang semakin membuat Anda nyaman. Anda dapat membelinya di Blibli dengan harga Rp 3.880.000.

Smith Machine

Sumber gambar blibli.com

Smitch Machine umumnya digunakan untuk menghilangkan lemak di lengan, kaki, perut, dan penurunan massa tubuh. Anda dapat menggunakan smitch machine sebanyak 15-20 kali pengulangan.

DHZ Fitness Smith Machine Alat Fitness merupakan alat fitness yang tepat untuk latihan gerakan freeweight. Alat ini memiliki keamanan 20 poin penguncian dan dapat diakses dengan rotasi 15 derajat sederhana dari bar.

Ketebalan besi bajanya 3 mm dengan ukuran mesin 109 cm × 218 cm × 232 cm yang tersedia dalam warna bingkai abu-abu. Anda dapat membelinya di Blibli dengan harga Rp 34.970.000.

Pek Deck Machine

Sumber gambar sportofit.com

Pek Deck Machine merupakan alat fitness dengan bentuk kekar yang sangat nyaman digunakan. Alat ini digunakan untuk membentuk otot-otot dada dan bahu. Butterfly / Pec Deck / Pec Fly XGS-06 merupakan produk paling unggul di kelasnya dan dapat Anda atur posisinya sesuai posisi badan.

Produk spesial ini memiliki ukuran 189 cm x 139 cm x 103 cm yang dapat Anda beli di sportofit.com dengan harga Rp 17.150.000.

Squat Rack

Sumber gambar tokopedia.com

Power Rack Squat Rack Squat Stand merupakan alat fitness yang tepat untuk melakukan squat secara serius. Alat ini dapat melatih tubuh sepenuhnya dan berfokus pada paha, pinggul, pantat, paha depan, paha belakang dan memperkuat tulang serta ligamen.

Power Rack Squat Rack Squat Stand sangat tepat untuk melakukan fitness dan dapat digunakan untuk menyangga stik barbell. Tak hanya itu, bisa pula digunakan untuk latihan pull up serta dilengkapi gantungan sandsack yang kuat menahan lebih dari 200 kg.

Power Rack Squat Rack Squat Stand terbuat dari bahan baja yang awet dan anti karat serta berukuran 120 cm x 100 cm x 200 cm. Anda dapat membelinya di Tokopedia dengan harga Rp 6.500.000.

Lat Pulldown Machine

Sumber gambar tokopedia.com

Lat Pull Down Machine atau dikenal dengan sebutan katrol merupakan alat fitness yang tepat untuk melatih otot lengan, otot dada, dan otot punggung.

Body Gym Plus Lat Pull Down Machine BG-305 dapat menjadi pilihan tepat Anda. Alat ini terbuat dari bahan baja berkualitas tinggi dengan ukuran rakitan 180 cm x 125 cm x 216 cm.

Cara penggunaannya sangat mudah, yaitu cukup dengan menarik gagang ke bawah sembari menjaga siku dan punggung tetap lurus. Selain itu, usahakan Anda menghindari posisi membungkuk badan. Anda dapat membelinya di Tokopedia dengan harga Rp 19.950.000.

Rowing Machine

Sumber gambar tokopedia.com

Rowing Machine Fitness Jerman merupakan alat fitness berkualitas tinggi yang dapat mendukung 16 latihan berbeda. Alat ini lebih mirip sebagai mesin kardiovaskular yang bekerja dengan cara mendorong menggunakan kaki dan menarik dengan lengan.

Selain itu, dapat pula digunakan untuk memperkuat daya tahan, membangun otot tubuh, dan menurunkan berat badan karena mampu membakar 125 kalori dalam 15 menit atau sekitar 500 kalori setiap jamnya.

Rowing Machine Fitness Jerman menggunakan kontrol resistensi manual dengan sistem pengereman magnetis dan opsi resistensi level 1-10. Dilengkapi dengan monitor penampil waktu, konsumsi energi, serta frekuensi dan denyut nadi yang dapat memudahkan Anda.

Rowing Machine Fitness Jerman mudah diposisikan ulang dan memiliki ukuran 80 inci x 20 inci x 26 inci. Anda dapat membelinya di Tokopedia dengan harga Rp 24.500.000.

Mesin Eliptis

Sumber gambar jaco.co.id

Elliptical Bike JC-820 merupakan alat fitness berdesain aman dan nyaman dengan fungsi kardiovaskular. Alat fitness ini memiliki fungsi dua arah yaitu maju dan mundur dengan dilengkapi dumbbell.

Elliptical Bike JC-820 dapat menjadi alternatif baik untuk treadmill yang tidak terlalu berisiko terhadap sendi. Penggunaannya cukup mudah dan dalam posisi berdiri sehingga menggunakan banyak massa otot dengan tingkat pembakaran kalori cukup tinggi. Anda dapat membelinya di Jaco dengan harga Rp 5.280.000.

Cable Machine

Sumber gambar bukalapak.com

Body Solid Cable Cross Over Machine merupakan alat fitness favorit yang memiliki fleksibilitas tinggi untuk latihan kekuatan. Alat ini dapat Anda gunakan dalam jumlah tak terbatas untuk latihan di gym, klub kesehatan, ataupun fasilitas olahraga.

Alat ini memiliki resistensi akurat di seluruh gerakan latihan dan dapat menyesuaikan 12 posisi horizontal yang berbeda. Body Solid Cable Cross Over Machine tersedia dalam ukuran 91 cm x 35 cm x 156 cm yang dapat Anda beli di Bukalapak dengan harga Rp 90.800.000.

Sepeda Statis

Sumber gambar tokopedia.com

Olahraga bersepeda sangat diminati semua kalangan, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Selain mengasyikkan, olahraga ini memiliki banyak manfaat kesehatan dan kebugaran yaitu membantu mengontrol berbagai jenis penyakit seperti kelainan jantung, radang sendi, obesitas, dan diabetes.

Selain itu, bersepeda juga dapat melatih otot-otot jantung dan paru-paru untuk bernapas lebih panjang. Olahraga bersepeda juga dapat melatih otot-otot kaki, betis, paha, mengurangi osteoporosis, mengembalikan otot yang lemah akibat stroke.

Secara psikologi olahraga ini juga dapat mengurangi tingkat stres, meningkatkan mood, dan meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh. Bagi Anda yang sedang diet juga dapat melakukan olahraga ini untuk menurunkan berat badan.

Sepeda Fitness Paling Laris Exercise Bike TL 8215 merupakan sepeda statis untuk fitness yang dilengkapi dengan penghitung kalori, waktu, jarak tempuh, dan kecepatan.

Alat fitness ini tidak menggunakan rantai, tidak menimbulkan suara, ketinggian tempat duduk dapat diatur, dan dilengkapi dengan pemberat kayuh yang bisa disesuaikan berat kayuhannya. Tersedia dalam 3 pilihan warna berupa biru, merah, dan hijau yang dapat Anda beli di Tokopedia dengan harga Rp 980.000.

Dumbell

Sumber gambar tokopedia.com

Dumbell merupakan alat angkat beban yang sering digunakan untuk fitness. Alat ini dapat digunakan untuk latihan satu tangan secara bergantian ataupun langsung dengan dua dumbell.

Dengan pemakaian secara teratur, Anda dapat memperoleh beragam manfaat seperti otot tubuh bagian atas yang kencang seperti otot dada, punggung, dan perut serta memberikan kekuatan tubuh untuk massa pertumbuhan otot.

Selain itu dapat juga digunakan untuk menurunkan tekanan darah, menyehatkan jantung, meningkatkan penyerapan oksigen dan perbaikan sel tubuh.

Bfit Hexa Rubber Dumbell Set 180 kg merupakan alat fitness yang tepat untuk melatih semua otot, baik otot besar ataupun kecil. Alat fitness ini fleksibel dengan desain anti roll dumbell yang dapat memberikan performa luar biasa, tidak berputar, aman, dan nyaman.

Dilengkapi dengan pegangan ergonomis Chrome Knurled Handle dan lapisan karet yang tahan lama, tidak akan retak ataupun pudar, serta memberikan perlindungan ke lantai dan mengurangi tingkat kebisingan.

Bfit Hexa Rubber Dumbell Set 180 kg cocok untuk latihan Body Building, Crossfit, Strength, dan Fitness serta ideal digunakan di rumah atau di gym. Anda dapat membelinya di Tokopedia dengan harga Rp 9.345.000.

From our editorial team

Kualitas Alat Fitness Menentukan Keberhasilan Latihan Olahraga

Setiap alat fitness memiliki fungsi masing-masing dan perlu diketahui sebelum Anda membelinya. Anda sebaiknya memilih alat fitness yang berkualitas agar latihan olahraga tetap maksimal. Dengan demikian, tubuh yang bugar dan sehat pun bisa diraih.

Tag