10 Rekomendasi Pasta Gigi Anak Untuk Melindungi dan Menjaga Kesehatan Gigi (2022)

10 Rekomendasi Pasta Gigi Anak Untuk Melindungi dan Menjaga Kesehatan Gigi (2022)

Membiasakan anak kecil untuk menyikat gigi merupakan hal yang sangat penting. Namun, dalam upaya menjaga kesehatan dan keindahan gigi anak, pemilihan pasta gigi yang tepat perlu dilakukan. Anda harus mengetahui tips memilih pasta gigi untuk anak terlebih dahulu. Agar tidak kebingungan, BP-Guide juga akan memberikan rekomendasi pasta gigi anak sebagai referensi untuk Anda.

Pentingnya Ajari Anak Menyikat Gigi Sedini Mungkin

Membiasakan anak kecil untuk menyikat gigi merupakan hal yang sangat penting. Hal ini dilakukan dalam upaya menjaga kesehatan gigi dan mulut mereka. Menyikat gigi disarankan dilakukan dua kali dalam sehari, yaitu pada pagi hari setelah sarapan dan malam hari saat akan tidur.

Oleh karena itu, pemilihan pasta gigi yang tepat perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan dan keindahan gigi anak. Anda harus mengetahui tips memilih pasta gigi untuk anak terlebih dahulu, sebelum Anda memutuskan membeli pasta gigi. BP-Guide juga akan memberikan rekomendasi pasta gigi anak sebagai referensi untuk Anda.

Tips Memilih Pasta Gigi Anak Dengan Tepat

Pertimbangkan Kandungan Fluoride

Kandungan Fluoride pada pasta gigi anak memang diperlukan. Apalagi jika anak yang gemar mengonsumsi makanan manis seperti permen dan cokelat yang dapat merusak gigi. Dengan kandungan Fluoride maka dapat mencegah pengeroposan gigi. Dengan bahan ini maka dapat membuat permukaan gigi menjadi keras dan tahan terhadap asam yang diproduksi oleh bakteri.

Penting untuk diketahui bahwa kandungan Fluoride ini bisa juga menjadi membahayakan. Hal ini terjadi penggunaanya terlalu berlebihan, misalnya terjadi ketika anak menelan pasta gigi dengan kandungan fluoride dalam jumlah banyak. Oleh karena itu, sebaiknya hindari pasta gigi dengan kandungan fluoride bagi anak yang masih belajar menyikat gigi yang berpotensi menelan pasta giginya.

Meski begitu, biasanya kandungan fluoride dalam pasta gigi anak lebih rendah dibanding pasta gigi dewasa. Oleh karena itu, jika anak Anda sudah cukup besar dan terbiasa untuk membuang pasta gigi ketika menyikat gigi, Anda bisa memilih pasta gigi dengan kandungan fluoride. Karena bagaimanapun juga jika masih digunakan dalam dosis wajar kandungan fluoride tidak akan menimbulkan efek samping dan justru menyehatkan gigi.

Perhatikan Beberapa Kandungan Lain Pada Kemasan

Anda bisa memilih pasta gigi anak sesuai kebutuhan. Misalnya untuk menjaga kesehatan gusi, Anda bisa memilih pasta gigi anak dengan kandungan Permethol. Terdapat juga kandungan Glycerin untuk mencegah pasta gigi mengering dan mencegah pertumbuhan mikrobiologis. Hal ini dilakukan untuk memastikan pasta gigi anak yang Anda pilih memiliki beberapa kandungan aktif yang menyehatkan gigi.

Namun, sebaiknya Anda perlu menghindari beberapa bahan dalam pasta gigi anak, misalnya seperti kandungan zat pemutih dan detergen. Pasta gigi dengan kandungan ini biasanya memiliki kandungan busa yang melimpah dan menurut beberapa penelitian kandungan detergen bisa mengakibatkan sariawan pada mulut.

Selain kandungan bahan ini, masih banyak bahan yang terkandung dalam pasta gigi anak, Anda bisa membacanya terlebih dahulu pada kemasan sebelum membelinya. Setelah membaca bahan tersebut, Anda bisa mencari sendiri langsung bertanya fungsi dan keamanannya untuk gigi anak.

Cek Sertifikasi Keamanan

Jika Anda masih merasa khawatir terhadap bahan yang terkandung pada pasta gigi anak, maka Anda bisa mengecek sertifikasi keamanan yang biasanya juga tersedia dalam kemasan. Biasanya pasta gigi yang aman telah tersertifikasi dan lulus uji coba dari Lembaga Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PB PDGI), serta Badan Pengawasan Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI). Jika dalam kemasan sudah tertera keterangan tersebut, maka anda bisa memilih pasta gigi anak tersebut.

Pilih Pasta Gigi Sesuai Umur

Pasta gigi anak telah diproduksi oleh banyak merek. Ada juga satu merek yang biasanya mengeluarkan dua jenis pasta gigi anak dengan kategori baby dan kids. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih pasta gigi yang sesuai dengan umur anak Anda.

Memilih Rasa Pasta Gigi yang Sesuai

Agar anak semangat untuk menyikat gigi, maka sebaiknya Anda memilih rasa buah yang menjadi favorit mereka. Namun, Anda harus tetap mengawasi anak agar tidak menggunakan pasta gigi secara berlebih dan tidak memakan atau menelannya. Sebaiknya gunakan air matang bagi anak yang sedang belajar sikat gigi. Diharapkan dengan ini akan mendorong anak untuk selalu rajin dalam menyikat gigi.

Ini Dia Rekomendasi Pasta Gigi Anak

Pepsodent Pasta Gigi Sweet Strawberry

Pepsodent Kids Sweet Strawberry telah diformulasikan khusus untuk gigi susu anak. Terdapat kandungan Fluoride yang secara aktif membantu melindungi gigi dari asam yang terbentuk dari penguraian gula oleh mikroba yang dapat memicu gigi berlubang.

Selain itu, pasta gigi anak Pepsodent ini telah disempurnakan dengan beberapa kandungan lain seperti kalsium, protein dari ekstrak susu, dan rasa buah yang disukai anak serta dengan sedikit busa.

Harga Rp. 4.500-11.800

Pigeon Toothpaste

Pasta gigi dari Pigeon ini diformulasikan khusus untuk bayi dan anak. Terdapat beberapa bahan yang terkandung di dalamnya yaitu Dicalcium Phosphate Di-hydrate sebagai bahan abrasif yang dapat membantu menghilangkan plak dan pewarnaan ringan pada email gigi anak.

Purified Water, biasanya air dapat membantu pencampuran seluruh bahan-bahan lain yang membuat pasta gigi memiliki konsistensi tepat. Kandungan Glycerin untuk mencegah pasta gigi mengering dan mencegah pertumbuhan mikrobiologis.

Serta beberapa bahan lain seperti Trimagnesium Phosphate, Carrageenan, Flavor, Alcohol Denat, Sodium Lauryl Sulfate, Methylparaben, Propylparaben, dan Carmoisine.

Harga Rp. 7.875-67.000

Kodomo Toothpaste Grape

Kodomo Toothpaste Grape merupakan salah pasta gigi untuk anak yang bisa dijadikan pilihan. Pasta gigi ini mengandung xylitol untuk menjaga gigi tetap kuat. Terdapat juga kandungan active fluoride yang membantu dalam mencegah gigi anak berlubang.

Selain itu, telah dilengkapi dengan toothpaste squeezer untuk mengeluarkan seluruh isi pasta gigi. Memiliki aroma dan rasa buah anggur yang lezat dan banyak disukai anak-anak. Pasta gigi anak ini juga diklaim bebas BPA, phthalates, dan berbahaya lainnya.

Harga Rp. 4.725-27.500

Mamiae Baby Toothpaste

Mamiae Baby Organic Toothpaste memiliki kandungan bahan-bahan natural yang terkandung didalamnya. Pasta gigi anak ini juga sudah di sertifikasi oleh Ecocert, contohnya seperti Greentea Extract dan Grapefruit Seed Extract. Apalagi Mamiae diklaim sebagai pelopor pasta gigi anak dengan Antioxidants di Korea.

Antioxidants yang terkandung di dalam pasta gigi ini memiliki sejumlah manfaat, yaitu untuk mencegah karies gigi, meredakan dan menyembuhkan jaringan lunak di mulut pada beberapa bagian seperti lidah, gusi, langit-langit mulut, dan jaringan di bawah pipi. Keunggulan dari pasta gigi Mamiae adalah kaya Xylitol yang menetralisir asam gula mulut.

Selain itu, juga mengandung Calendula, Chamomile, dan Aloe Extract yang berfungsi untuk meredakan ketidaknyamanan pada gusi anak. Terdapat tambahan Greentea yang berguna untuk kesehatan gusi. Pasta gigi anak ini sangat efektif digunakan oleh anak yang sedang teething atau akan tumbuh gigi. Pasta gigi ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu Baby dan Kids. Jenis baby bisa digunakan untuk anak usia 0 sampai 6 tahun.

Jenis ini bebas Flouride dan cocok untuk anak yang masih ASI dan belum makan bermacam macam seperti yang manis, asin, dan asam. Jenis kids bisa digunakan untuk usia 2 hingga 12 tahun. Dengan kandungan fluoride rendah yaitu 79 ppm, cocok untuk anak yang sudah makan bermacam-macam.

Harga Rp. 30.000-150.000

Jack N’ Jill Natural Toothpaste

Jack N’ Jill Natural merupakan pasta gigi yang berasal dari Australia yang sejak tahun 1949 telah dipercaya oleh ibu-ibu di lebih dari 40 negara. Berdasarkan lembaga independen paling terpercaya di bidang natural health yaitu Environmental Working Group, pasta gigi ini memiliki reputasi rating teraman. Hal ini dikarenakan sejumlah bahan yang terkandung pada pasta gigi ini yang memang baik untuk gigi anak.

Pasta gigi Jack N' Jill rasa Banana ini terbuat dari bahan natural. Dengan kandungan Xylitol alami yang berasal dari tumbuhan, berfungsi dalam menghambat pertumbuhan bakteri Streptococcus yang merusak gigi dan gusi. Kandungan Calendula organik berfungsi untuk mencegah kerusakan gigi dan mencegah penyakit gusi. Rasa banana pada pasta gigi ini juga terasa yummy sehingga anak senang untuk sikat gigi. Dengan rasa tersebut juga menjadi pilihan bagi anak yang tidak menyukai rasa minty.

Meski tidak mengandung fluoride, pasta gigi anak ini memiliki kandungan JNJ yang menggunakan 40% natural xylitol. Kandungan tersebut diklaim jauh lebih aman dan efektif untuk mencegah gigi berlubang. Pasta gigi ini juga terbebas dari kandungan yang berpotensi membahayakan gigi anak seperti pemanis, pewarna, pengawet sintesis, gluten, SLS atau detergen penghasil busa.

Pasta gigi ini memiliki kemasan yang bersegel, bebas BPA, tutup flip-top yang mudah dibuka dan mudah daur ulang. Cocok digunakan untuk anak usia 6 bulan keatas.

Harga Rp. 66.500-194.000

Cussons Kids Toothpaste Unicorn Fruity Berries

Pasta gigi dari Cussons Kids khusus diformulasikan untuk merawat dan melindungi gigi dan gusi. Mengandung flouride, kalsium, dan xylitol. Dengan sensasi Fruity Berries yang tidak mengandung gula. Pasta gigi ini dibuat dengan fokus pada perlindungan utama kesehatan gigi anak, yakni memperkuat, menjaga kesehatan gigi, serta menjaga nafas tetap segar. Selain itu, pasta gigi Cussons Kids ini juga sudah direkomendasikan oleh ahli kesehatan gigi dan mulut.

Harga Rp. 4.500-75.499

Pure Kids Toothpaste Banana Flavour

Purekids Toothpaste merupakan pasta gigi anak yang diformulasikan bebas SLS atau Sodium Loutyl Sulfote dan fluoride. Kandungan SLS cukup berbahaya karena merupakan detergen penghasil busa. Selain itu, fluoride merupakan bahan aman tapi jika dipakai secara berlebihan bisa menyebabkan gigi menjadi warna kecoklatan.

Paparan fluoride gigi yang berlebihan terjadi jika menelan produk yang mengandung unsur ini. Oleh karena itu, sebaiknya jika anak Anda masih belajar untuk sikat gigi hindari pasta gigi dengan kandungan Flouride seperti pasta gigi dari Pure Kids ini.

Pasta gigi ini juga tidak mengandung paraben dan tanpa pewarna sehingga pastanya tidak berwarna. Dengan pasta gigi anak ini maka dapat membantu membersihkan dan menjadikan gigi anak Anda tetap sehat dan kuat. Selain membantu merawat gigi, pasta gigi ini juga membantu agar gigi anak tidak berlubang.

Harga Rp. 29.500-121.000

Enzim Anak Pasta Gigi

Enzim Anak diformulasikan untuk menjaga kesehatan gigi susu anak. Mengandung enzim-enzim seperti AMG, GO dan LPO, yang secara aktif membantu mengembalikan kualitas anti-bakteri dalam air liur yang rusak. Terdapat juga kandungan xylitol yang manis, sehingga disukai oleh anak-anak dan tidak akan merusak gigi mereka.

Pasta gigi ini direkomendasikan untuk anak usia satu tahun. Terdapat juga kandungan bahan-bahan lain dalam varian ini, yang dikategorikan sebagai kategori food grade. Oleh karena itu, pasta gigi ini aman jika tertelan.

Terdapat variasi rasa, yaitu Orange, Strawberry, Bubble Gum dan Tutty Fruity. Selain dapat menjaga kesehatan gigi anak Anda secara aman, pasta gigi Enzim ini juga tidak mengandung detergen yang mengakibatkan kerusakan pada gigi dan jaringan lunak dalam rongga mulut.

Harga Rp. 8.500-35.000

Dr. EL Baby Toothpaste

Pasta gigi bayi Dr. EL Baby terbagi menjadi dua jenis. Baby yang merupakan pasta gigi untuk usia 0 hingga 12 tahun dan kids untuk anak usia 3 hingga 12 tahun. Pasta gigi ini mengandung komponen yang diturunkan secara alami dengan Rosemary organik bersertifikat, Chamomile, Aloe Vera, Eucalyptus, Green Tea dan Sage.

Selain itu, telah diformulasikan khusus untuk meningkatkan kesehatan email gigi, memperkuat gigi, mencegah gigi berlubang, mengurangi bau mulut, mengurangi pembentukan plak dan mengurangi gusi berdarah. Pasta gigi ini juga bebas dari bahan berbahaya karena tidak mengandung BPA, PEG/PG, SLS/SLES.

Selain itu, pasta gigi ini juga tidak mengandung paraben, triclosan, pewarna buatan, microbeads, sakarin, minyak mineral dan pengawet sintetis. Dengan terbebas dari bahan-bahan berbahaya tersebut membuat pasta gigi ini aman jika tertelan dan cocok untuk bayi dan anak-anak yang tidak bisa memuntahkan pasta gigi.

Harga Rp. 75.000-188.000

Jordan Oral Care Kids Toothpaste

Pasta gigi anak dari Jordan ini memiliki dua variasi, yaitu step 1 dan step 2. Step 1 bisa digunakan anak usia 0 hingga 5 tahun, untuk gigi susu dengan rasa strawberry. Step 2 bisa digunakan untuk anak usia 6 hingga 12 tahun dengan rasa grape. Pasta gigi ini mengandung fluoride, yang diformulasikan sesuai dengan usia anak.

Harga Rp. 24.500-148.000
From our editorial team

Pastikan Anda Memilih Produk Pasta Gigi yang Tepat untuk Anak

Demikian beberapa rekomendasi pasta gigi anak yang bisa dijadikan referensi Anda. Pertimbangkan pasta gigi anak berdasarkan poin-poin yang berada dalam tips memilih pasta gigi anak. Hal ini dilakukan agar Anda mendapatkan pasta gigi yang bisa menjaga kesehatan dan keindahan gigi anak Anda.