10 Rekomendasi Anggur Merah Berkualitas untuk Aneka Acara Spesial (2021)

10 Rekomendasi Anggur Merah Berkualitas untuk Aneka Acara Spesial (2021)

Untuk acara spesial seperti ulang tahun atau anniversary, minuman anggur merah pastilah membuat suasana makin meriah. Siapa saja bisa mengonsumsinya asalkan tidak memiliki masalah kesehatan. Nah, intip rekomendasi anggur merah berkualitas dari BP-Guide!

Minum Anggur Merah Sewajarnya Bisa Bikin Kita Dapat Segudang Manfaat

Anggur merah atau yang kerap disebut dengan red wine merupakan salah satu jenis minuman beralkohol. Minuman ini mengandung alkohol mulai dari 8 persen hingga 15 persen. Mengonsumsi anggur merah bisa membahayakan tubuh jika terlalu berlebihan. Sebaliknya, jika dikonsumsi secara bijak, maka bisa memberikan manfaat baik untuk tubuh.

Minum anggur merah mampu mencegah penyakit kanker. Di dalam anggur merah terdapat zat resveratrol yang mampu menangkal dan mencegah efek kerusakan sel-sel tubuh karena paparan radikal bebas. Anggur merah efektif mencegah terjadinya kanker usus besar dan juga kanker ovarium.

Manfaat lain dari minum anggur merah adalah bisa memelihara kesehatan otak dan memperbaiki fungsi memori. Anggur merah bisa membantu memperlambat proses penuaan pada otak sehingga ingatan lebih tajam. Kita juga bisa lebih bebas risiko stroke, alzheimer, hingga penyakit parkinson.

Anggur merah juga efektif untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi. Bakteri jahat penyebab karies gigi bisa dihilangkan dengan minum minuman ini.

Anda juga perlu tahu bahwa mengonsumsi anggur merah dalam batas wajar bisa membantu mencegah penyakit jantung dan mengontrol tekanan darah. Selain itu, anggur merah juga bisa menurunkan kadar gula darah selama 24 jam. Minuman ini juga bisa menurunkan risiko terjadinya komplikasi pada penderita diabetes tipe 2.

Tips Menikmati Anggur Merah untuk Pemula

Sesuaikan dengan Makanan

Menikmati anggur merah akan makin nikmat jika makanannya sesuai. Jika Anda termasuk pemula yang baru mengonsumsi anggur merah, maka ada baiknya Anda meminta rekomendasi dari sommelier atau ahli wine. Tanyakan jenis makanan yang cocok dan juga jangan malu mengakui bahwa Anda termasuk pemula yang mengonsumsi anggur merah. Dengan begini, sommelier akan bisa lebih mudah mencarikan jenis anggur merah yang cocok.

Umumnya, ada sebuah rumus dalam memasangkan wine dengan makanan. Anggur putih lebih cocok dengan daging putih dan anggur merah lebih cocok dengan daging merah. Jadi, minum anggur merah akan lebih nikmat setelah menyantap steak sapi. Sementara, anggur putih akan lebih cocok dinikmati bersama olahan seafood dan ayam. Namun, pemilihan anggur juga bisa berubah tergantung teknik pengolahan maupun saus yang digunakan untuk suatu hidangan.

Pilih Gelas dan Pegang dengan Benar

Saat akan minum anggur merah, ada baiknya Anda memilih gelas khusus. Desain gelas anggur beda dengan gelas biasa karena bisa membuat aromanya terjebak. Selain itu, kita juga bisa melihat bidang gelasnya. Makin bidang gelas yang digunakan, maka makin mudah anggur merah tersebut beradaptasi dengan temperatur. Nantinya, temperatur bisa mempengaruhi rasa dan aroma anggur.

Untuk memegang gelas anggur juga ada aturannya. Pegang gelas pada bagian tangkainya. Tangkai gelasnya panjang sehingga dapat menjaga temperatur anggur di dalam gelas. Berkata adanya tangkai tersebut, tangan kita tidak akan langsung menyentuh wadah gelas sehingga suhu tubuh dari tangan tidak akan mengubah suhu anggur.

Putar-Putar Gelas Anggur

Sebelum minum anggur merah, putar-putar dulu tangkai gelasnya. Lakukan perlahan supaya anggur bisa terputar dengan baik. Jangan takut tumpah karena gelas anggur mampu menahan anggur agar tidak mudah keluar dari gelas. Anda bisa juga melakukan dengan cara meletakkan gelas pada meja lalu usap-usapkan dasar gelas ke meja dengan gerakan melingkar agar anggur dalam gelas berputar.

Memutar anggur dalam gelas penting dilakukan untuk melepas aroma yang terjebak di dalam anggur. Dengan proses ini maka udara akan masuk ke molekul cairan anggur. Aroma anggur asli akan dilepas dan bercampur dengan udara sehingga menguarkan aroma dan cita rasa unik.

Perhatikan Warna dan Cium Aromanya

Sebelum minum anggur merah, perhatikan warna minumannya. Anda bisa memiringkan sedikit gelasnya agar bisa mengamati warnanya. Anda bisa juga mengarahkannya ke cahaya untuk melihat kepekatan warna anggur. Keindahan warna anggur akan makin menambah kenikmatan kita saat meminumnya.

Cium juga aroma anggur yang akan diminum. Jika sudah terbiasa mencium aroma anggur, Anda mungkin bisa membedakan apakah anggur sudah mengalami fermentasi yang lama atau tidak. Dengan begini, Anda juga bisa mengenali kualitas anggur. Misalnya saja, jika aroma alkoholnya terlalu kuat, maka bisa jadi kualitas anggur tersebut sudah menurun

Hindari Minum Sekali Teguk

Hindari minum anggur dengan cara sekali teguk. Ini membuat Anda jadi kurang bisa menikmatinya. Sesaplah sedikit anggur lalu biarkan cairan bergerak ke atas dan ke bawah lidah. Cara ini akan membuat cairan anggur menyebar ke seluruh lidah sehingga Anda bisa mendapatkan konsentrasi penuh dari semua cita rasanya. Mulai dari rasa asam, manis, hingga pahit akan terasa dengan sempurna. After taste anggur juga bisa lebih terasa dengan cara yang satu ini.

Ini Loh Rekomendasi Anggur Merah yang Bisa Anda Lirik Jadi Pilihan

Two Island Red Wine Pinot noir

Two Island Red Wine Pinot noir merupakan rekomendasi pertama kami. Produk ini dikemas dalam botol 750 ml. Kadar alkoholnya mencapai 13 persen. Minuman memiliki tingkat keasaman medium. Minuman sudah BPOM jadi aman dikonsumsi. Produk yang satu ini hadir dengan aroma kombinasi ceri yang manis, rosemary, mulbery, dan cigar.

Awalnya akan terasa aneka buah berry di dalam mulut yang menyatu sempurna. Selanjutnya, ada rasa manis vanila tart. Dan terakhir, kita bisa merasakan kombinasi apel merah, blackcurrant, dan cranberry. Anda bisa menyajikan minuman ini saat mengonsumsi cheese platter, lamb tagine, atau charcuterie. Minuman ini cocok untuk pesta ulang tahun, Natal, Tahun Baru, hingga pesta barbekyu.

Harga Rp. 208.000-264.000

Dragonfly Sweet Red Wine Cabernet Shiraz

Dragonfly Sweet Red Wine Cabernet Shiraz memiliki rasa yang manis dengan kandungan alkohol mencapai 14 persen. Minuman ini hadir dengan karakteristik full body sehingga cukup memuaskan. Anda bisa menyajikannya dengan smoked beef, masakan Perancis, hingga masakan Mediteranian. Minuman ini dikemas dalam botol ukuran 750 ml.

Harga Rp. 210.000-238.000

Sababay Wine Reserve Red

Sababay Wine Reserve Red adalah anggur merah dengan rasa yang bold. Aromanya merupakan kombinasi oaky, smoky dan ripe dark cherry. Ada perpaduan anggur alphonse dan laphalle untuk rasa anggur ini. Selanjutnya, ada juga kombinasi rasa redcurrant and blackberries. Pada aftertase, ada rasa vanilla yang manis dan lembut.

Anda bisa meminumnya dengan makanan seperti bebek goreng, babi kecap, semur daging, atau barbekyu. Minuman ini dikemas dalam ukuran 750 ml dengan kandungan alkohol 13,5 persen. Minuman ini sudah berizin BPOM jadi aman dikonsumsi.

Harga Rp. 232.000-280.000

Rothbury Estate Cabernet Merlot

Rothbury Estate Cabernet Merlot cocok untuk pencinta anggur merah impor. Ini merupakan salah satu minuman anggur merah asal Australia. Hadir dengan warna rubi pekat yang cantik, rasanya adalah kombinasi buah berry yang matang sempurna. Aromanya merupakan kombinasi floral dan blackcurrant yang bikin kita tidak sabar ingin segera mencobanya.

Saat menyesapnya akan terasa sedikit buah goosberry dan sweet pepper. Selanjutnya ada after taste rasa blackcurrant dan floral yang nikmat. Anda bisa menikmatinya bersama makanan seperti steak, pasta, pizza, atau beef grill. Minuman ini mengandung alkohol sebanyak 13,5 persen.

Harga Rp. 349.000-355.000

Sababay Wine Lambrusco

Sababay Wine Lambrusco Sparkling Wine merupakan anggur merah manis dengan bubble di dalamnya. Ini membuat tampilan minumannya terkesan makin cantik. Minuman ini bisa jadi minuman yang pas untuk aneka masakan berkuah, olahan kari, dan berbagai masakan dengan cita rasa gurih. Rasanya merupakan gabungan dari permen loli, stroberi, dan blackberry. Minuman hadir dalam kemasan 750 ml. Tingkat alkoholnya mencapai 12 persen.

Harga Rp. 220.000-294.000

Cape Discovery Shiraz Wine

Cape Discovery Shiraz Wine tergolong sebagai full bodied red wine. Minuman yang satu ini banyak diproduksi di Perancis dan Australia. Rasa yang dihadirkan merupakan kombinasi rasa plum, blueberry, tobacco, meat, violet, dan blackpepper. Anda bisa menikmati minuman ini dengan hidangan mediterranian atau dengan masakan Perancis. Rasanya akan lebih menyatu dan bisa memanjakan lidah.

Minuman ini sudah berizin BPOM. Dikemas dalam botol dengan ukuran 750 ml. Kandungan alkoholnya mencapai 14 persen.

Harga Rp. 178.000-240.000

Bellissimo Frizzante Dolce Rosso Lambrusco Sweet Red Wine

Bellissimo Frizzante Dolce Rosso Lambrusco Sweet Red Wine terbuat dari anggur berkualitas tinggi. Anggurnya dipanen dari perkebunan di Margaret River, Australia. Fermentasi minuman dilakukan di Singaraja Bali. Minuman ini warnanya merah gelap yang cantik. Cita rasanya kaya di mana Anda bisa merasakan paduan rasa anggur merah, ceri, dan plum. Nikmati minuman ini bersama salami atau lasagna. Anda bisa juga menikmatinya bersama pizza favorit. Dikemas dalam botol yang terkesan mewah dalam ukuran 750 ml, tingkat alkoholnya mencapai 9 persen. Minuman ini sudah berizin BPOM, ya.

Harga Rp. 199.000-264.000

Cape Discovery Cabernet Merlot Red Wine

Cape Discovery Cabernet Merlot Red Wine hadir dengan rasa yang kaya dan kompleks. Kombinasi rasa blackberry, blackcurrant, baking spice, dan cedar, membuatnya begitu memuaskan. Anggur yang tergolong full bodied ini termasuk yang paling populer di dunia. Dengan kandungan tanin tinggi, minuman ini bisa membantu menjaga kesehatan tubuh jika diminum dalam porsi yang sewajarnya.

Anda bisa minum anggur ini saat sedang mengonsumsi daging domba, daging sapi, steak, atau makanan dengan rasa keju yang kuat. Minuman dengan kandungan alkohol 14 persen ini sudah berizin BPOM sehingga aman dikonsumsi. Tersedia dalam botol berukuran 750 ml.

Harga Rp. 178.000-290.000

Bellissimo Sparkling Dolce Rosso Lambrusco Sweet Red Wine

Bellissimo Sparkling Dolce Rosso Lambrusco Sweet Red Wine adalah pilihan minuman anggur dengan warna merah delima gelap yang cantik. Saat meminumnya, Anda akan mencium aroma wangi blackcurrant dan juga blackberry. Minuman ini memiliki gelembung cantik di dalamnya sehingga bisa menambah kesan elegan. Rasa minuman ini adalah kombinasi dari buah plum, ceri, dan anggur.

Anda bisa mengonsumsinya bersama pepperoni pizza, salami, lasagna, atau pasta saus tomat. Minuman dengan ukuran 750 ml ini memiliki kandungan alkohol mencapai 8 persen.

Harga Rp. 268.500

Hatten Wine Aga Red

Hatten Wine Aga Red merupakan salah satu minuman anggur merah yang unik. Aromanya merupakan kombinasi dari stroberi, ceri, rosemary, plum, dan white pepper. Anggur merah ini terbuat dari syrah, alphonse lavallee, dan malvasia nera. Anda bisa menikmati minuman ini bersama makanan yang cita rasanya pedas atau cocok juga dinikmati bersama daging panggang.

Minuman ini dikemas dalam botol dengan volume 750 ml. Tingkat alkoholnya mencapai 13,5 persen. Minuman ini sudah berizin BPOM jadi aman dikonsumsi.

Harga Rp. 153.000-180.000
From our editorial team

Kondisi di Mana Anda Tidak Boleh Minum Anggur

Manfaat anggur memang banyak. Namun, ada beberapa kondisi yang membuat Anda sebaiknya tidak minum anggr. Salah satunya adalah saat hamil karena dikhawatirkan bisa membahayakan janin. Selain itu, mereka yang menderita diabetes, liver, alergi, dan asma juga tidak dianjurkan minum anggur. Kalau Anda juga sedang mengonsumsi antibiotik maka disarankan juga menjauhi anggur. Ada baiknya juga jika Anda berkonsultasi dahulu kepada dokter sebelum minum anggur sehingga kesehatan bisa lebih terjamin.