12 Jenis Minuman Beralkohol yang Perlu Anda Ketahui

12 Jenis Minuman Beralkohol yang Perlu Anda Ketahui

Seperti minuman atau makanan lainnya, minuman keras atau minuman beralkohol juga dibuat dengan sepenuh hati sehingga memiliki citarasa yang tinggi. Sayangnya, untuk sebagian orang, terutama yang Muslim, minuman beralkohol sangat dilarang untuk dikonsumsi. Berikut BP-Guide mengulas 10 jenis minuman keras yang perlu Anda ketahui.

Konsumsi Minuman Alkohol Sebaiknya Sesuai Batas Kewajaran

Anda sering minum-minuman beralkohol? Sebaiknya mulai sekarang dikurangi, yah. Karena, minum dalam jumlah yang tidak terkontrol terbukti sangat buruk bagi kesehatan, bahkan bisa menyebabkan kematian, loh.

Efek samping dari minuman beralkohol antara lain gangguan mental, berpikir, berperilaku, dan lain-lain. Penyebabnya, karena alkohol bereaksi langsung pada sel-sel saraf pusat. Apalagi, ditambah dengan sifat adiktif dari alkohol yang bisa membuat Anda jadi hilang kesadaran, bahkan bisa keracunan. Perlu diingat juga, bahwa seorang pecandu alkohol juga lebih muda terserang penyakit atau virus apapun.

Namun, mengkonsumsi alkohol dalam kadar yang pas bisa melindungi jantung Anda. Jadi, konsumsi alkohol dalam jumlah yang pas dan tidak berlebihan, yah.

Kelompok Minuman Beralkohol Sesuai Kadarnya

Peraturan Menteri Kesehatan RI dan RUU minuman keras menyebutkan bahwa minuman beralkohol dibagi dalam tiga golongan. Dari tiga golongan tersebut, ketiganya dilarang untuk diproduksi, disimpan, diedarkan, dijual dan tentunya dikonsumsi, kecuali untuk kepentingan terbatas.

Berikut pembagian tiga golongan minuman keras berdasarkan kandungan etanol volume per volume pada suhu 20 derajat Celcius.

Golongan C (20%-45%)

Ini adalah golongan minuman keras yang kadar alkohol paling tinggi untuk dikonsumsi. Golongan C adalah minuman dengan kadar alkohol mulai dari 20 sampai 55 persen.

Minuman yang termasuk dalam golongan ini antara lain wiski, vodka, dan lain-lain sebagainya. Karena kadarnya yang begitu tinggi, disarankan untuk mengurangi minuman yang golongan ini, yah.

Golongan B (5%-20%)

Selanjutnya adalah minuman beralkohol golongan B dengan kadar etanol mulai dari 5 sampai 20 persen. Sudah termasuk cukup tinggi dan sudah bisa membuat Anda mabuk.

Beberapa jenis minuman keras yang termasuk dalam golongan B antara lain anggur Malaga, anggur Orang Tua, Shochu, Creme Cacao, dan sebagainya.

Golongan A (1%-5%)

Minuman keras golongan A adalah jenis minuman dengan kadar alkohol paling rendah, yakni mulai dari 1 sampai 5 persen. Karena cukup rendah, biasanya minuman ini bisa Anda temukan di mini market terdekat.

Minum minuman keras jenis ini, sangat sulit untuk membuat Anda mabuk. Namun, tetap memiliki dampak yang kurang baik bagi tubuh. Beberapa minuman yang termasuk dalam golongan ini antara lain merek bir Bintang, San Miguel, Greensand, dan lain-lain.

12 Jenis Minuman Alkohol yang Wajib Anda Ketahui

Dalam tulisan berikut ini, ada 12 jenis minuman keras yang perlu Anda ketahui. Apa saja? Simak di bawah ini, yah.

Bir

Minuman pertama yang paling sering dikenal adalah bir. Bir dibuat dari hasil fermentasi biji-bijian, misalnya gandum, beras, jagung, sorgum dan sebagainya. Proses fermentasi untuk membuat bir disebut brewing. Bir menjadi salah satu minuman keras yang termasuk dalam golongan A dengan kadar mulai dari 4 sampai paling tinggi 6 persen.

Tequila

Minuman yang satu ini cukup terkenal dan berasal dari Amerika Tengah. Tingkat kadar alkoholnya cukup tinggi, mulai dari 38 sampai 51 persen. Agar lebih cantik, penyajian tequila biasanya dipadukan dengan jeruk limau. Satu yang perlu Anda ketahui, seperti namanya, asal dari minuman ini adalah Kota Tequilla yang berada di negara Meksiko.

Anggur

Disebut sebagai anggur karena minuman ini dibuat dari fermentasi buah anggur atau biasa disebut dengan vitis vinivera. Jangan salah, proses fermentasinya berlangsung sampai berbulan-bulan loh untuk menghasilkan minuman yang paling berkualitas. Proses fermentasi biasanya menggunakan bantuan ragi bernama saccharomysces cerevesiae. Kandungan alkohol dalam anggur ini mulai dari 8 sampai 14 persen.

Rum

Rum merupakan salah satu minuman keras yang dibuat dari proses distilasi air tebu. Kadar alkoholnya berbeda-beda, menjadikan rum dibedakan menjadi beberapa jenis, antara lain rum putih, rum cokelat, dan rum berkualitas tinggi.

Rum berkualitas tinggi adalah rum yang bisa diminum tanpa bahan campuran, kecuali es batu. Sedangkan rum putih biasanya dibuat menjadi cocktail. Rum cokelat dengan warna cokelat keemasan, merupakan salah satu bahan untuk membuat cocktail juga kue. Kadar alkohol dari minuman yang satu ini mulai dari 37,5 persen.

Soju

Soju adalah minuman beralkohol khas Korea Selatan. Bila Anda berkunjung ke Korea Selatan, Anda bisa dengan mudah menemukan soju dijual bebas di warung pinggir jalan sekalipun. Rasanya mirip seperti vodka dan kandungan alkoholnya berkisar antara 20 hingga 40 persen. Minuman ini dibuat dari bahan dasar beras yang mengalami proses distilasi, menjadikan cairan berwarna bening dengan rasa yang manis.

Margarita

Margarita adalah salah satu jenis minuman keras yang paling populer di Amerika Serikat. Minuman ini dibuat dengan pencampuran tequila, triple sec, dan jeruk limau dalam kapasitas yang sama. Juga diberi sedikit garam di pinggirannya untuk menambah cita rasa. Selain jeruk limau, kadang pencampurannya juga bisa digantikan dengan jus lemon atau jeruk nipis. Yang jelas, karena rasanya yang nikmat, minuman ini menjadi kesohor di mana-mana. Termasuk di Indonesia, loh.

Wiski

Kadar alkohol yang dikandung di dalam wiski cukup tinggi, mencapai 40 persen ke atas. Oleh karena itu, jangan dikonsumsi terlalu berlebihan, karena bisa berpengaruh buruk pada kesehatan. Wiski merupakan minuman yang dibuat dari bahan baku biji-bijian yang difermentasi di dalam tong berbahan kayu.

Absinthe

Absitnthe tercatat sebagai salah satu minuman yang kadar alkoholnya paling tinggi, mencapai 68 persen. Karena itulah, absinthe dilarang di berbagai negara. Absithe dibuat dari bahan apsintus atau wormwood yang disuling atau didistilasi dengan alkohol bersama sejumlah rempah-rempah seperti adas, ketumbar, pala, juniper dan lain-lain.

Vodka

Vodka menjadi salah satu minuman beralkohol yang paling populer dan bisa ditemukan di mana-mana. Warnanya bening dan proses pembuatannya adalah dari bahan utama gandum yang sudah difermentasi kemudian didistilasi.

Minuman ini sudah dikenal dari abad pertengahan di beberapa negara di Eropa. Awalnya, dibuat dari bahan kentang yang difermentasi. Sekarang sudah banyak vodka yang diberi perasa sehingga lebih memiliki citarasa, seperti bloody mary, bullshot, martini dan lain-lain.

Sake

Minuman ini adalah minuman khas Jepang yang dibuat dari bahan beras yang difermentasi. Oleh sebab itu, minuman ini juga sering disebut anggur beras. Sake memiliki kadar alkohol yang cukup tinggi. Minuman ini menjadi salah satu minuman populer di Jepang, terutama ketika musim dingin tiba.

Tuak

Sumber gambar pojokseni.com

Ada juga minuman beralkohol asli Indonesia. Namanya adalah tuak. Minuman ini dibuat dari bahan dasar nira yang difermentasi. Di beberapa tempat, bahan dasar tuak adalah beras. Kadang buah-buahan yang mengandung gula juga bisa menjadi bahan dasar pembuatan minuman keras yang satu ini.

Kadar alkohol di dalam tuak berbeda-beda, tergantung dari bahan dan tempat pembuatannya. Karena minuman ini adalah asli Indonesia, Anda akan dengan mudah menemukannya di berbagai tempat di Indonesia.

Ciu

Sumber gambar tribunnews.com

Ciu sering dijumpai di daerah Jawa Tengah. Minuman ini dibuat dengan bahan singkong atau ketela yang difermentasi. Biasanya, ketela yang difermentasi akan menjadi makanan bernama tapai atau tape. Nah, cairan dari tape tersebut dibuat lagi menjadi minuman yang disebut ciu. Ciu yang paling terkenal berasal dari daerah Cikakak, Ajibarang, Jawa Tengah.

From our editorial team

Hindari Mengonsumsi Minuman Beralkohol Terlalu Banyak

Bila Anda minum minuman beralkohol dalam jumlah yang sedikit atau pas, maka tentunya juga memberi efek yang baik pada tubuh. Terutama untuk kesehatan jantung. Tapi, jangan terlalu banyak karena akan berdampak sangat buruk bagi tubuh Anda. Bagi Anda yang beragama Muslim, juga jangan pernah sekalipun mengonsumsi minuman di atas, yah.