Hati-hati Penipuan!! 11 Minuman Keras Impor yang sering Dipalsukan Ini Banyak Beredar di Pasaran Menurut Para Ahli (2022)

Hati-hati Penipuan!! 11 Minuman Keras Impor yang sering Dipalsukan Ini Banyak Beredar di Pasaran Menurut Para Ahli (2022)

Minuman keras menjadi salah satu pilihan yang bisa diminum dalam acara tertentu. Lantaran minuman ini diimpor dari luar negeri, kamu membutuhkan ketelitian tinggi untuk memastikan keaslian produk. Lantas, bagaimana cara memastikan keaslian minuman yang kamu beli? Simak tipsnya di bawah ini!

Cara Membedakan Minuman Keras Impor Palsu dan Asli

Membeli minuman impor tentu harus hati-hati dan tak bisa sembarangan karena rawan penipuan dan pemalsuan produk. Agar tak tertipu, pembeli harus jeli dalam membedakan minuman keras yang asli dengan yang palsu.

Pertama, kamu bisa memeriksa kemasan minuman. Kemasan botol minuman yang palsu tidak sebagus dan semulus yang asli. Kedua, perhatikan rasanya. Minuman Jack Daniel's asli memiliki kepekatan warna seimbang dan bau alkohol yang tidak menyengat. Rasanya pun tidak tajam di mulut saat diminum. Alasannya, Jack Daniel's dibuat dari hasil fermentasi buah-buahan.

Perhatikan Pita Cukainya

Pita cukai bisa menjadi indikator untuk membedakan minuman asli dari yang palsu. Pada minuman asli, pita cukai dapat terbaca oleh holoreader. Tak hanya itu, ada pula watermark dan tekstur double tone yang terlihat jelas. Kedua ciri ini tidak ada pada minuman palsu.

Selain itu, ada pula serat tak terlihat dalam 2 warna pada minuman yang asli jika disorot dengan sinar ultraviolet. Kamu harus lebih berhati-hati dalam memilih karena para pemalsu kini punya trik baru, yaitu menggunakan pita cukai asli bekas yang sudah tak terpakai.

Periksa Lapisan Plastik di Bagian Ujung Botolnya

Bedakan minuman asli dengan minuman palsu melalui kemasan botolnya. Minuman palsu menggunakan tutup plastik di bagian ujung botol untuk menyiasati lempeng asli yang sudah terbuka sebelumnya. Lihat juga bagian dalam kemasan. Di dalam botol minuman asli terdapat filter kecil berbentuk bola untuk mencegah botol diisi kembali dengan minuman setelah habis. Jika segel atau filter rusak, maka besar kemungkinan minuman tersebut palsu.

Cek Bunyi "Krek" Saat Membuka Botol Minuman

Minuman yang asli masih tersegel dengan kencang dan rapat, sehingga terdengar bunyi pecahan saat dibuka. Berbeda halnya dengan minuman palsu yang sangat mudah dibuka. Kamu perlu memperhatikan kerapatan segel saat membuka minuman. Minuman palsu tidak akan mengeluarkan bunyi khas seperti "krek" saat dibuka.

Perhatikan Letak Barcode

Minuman asli dapat dikenali dari stiker yang ada pada botol, seperti pada minuman Jack Daniel's (JD). JD yang asli memiliki stiker timbul yang terasa kasar saat disentuh. Demikian pula pada minuman Red Label asli yang memiliki stiker warna emas muda, tidak mencolok seperti tiruannya. Perhatikan juga isi minuman di dalamnya. Minuman palsu atau KW biasanya memiliki endapan di bagian bawahnya.

Cek Negara Mana yang Memproduksi Minuman

Agar tak salah memilih, kamu harus meneliti setiap detail tulisan pada kemasan minuman. Minuman asli disertai dengan negara asal pembuatnya. Misalnya Made in Italy, bukan Made in Milan. Lihat juga keaslian barcode yang ada di minuman. Kode tersebut biasanya bisa dicek secara online.

Periksa Harga per Botolnya

Asli atau tidaknya minuman tersebut bisa dilihat dari harga yang ditawarkan. Pasalnya, minuman palsu tak mungkin dijual dengan harga yang setinggi minuman asli. Misalnya saja, minuman wiski dari Jack Daniel's yang asli dibanderol dengan harga 500 ribu ke atas. Di sisi lain, produk palsunya hanya seharga 70 ribu hingga 100 ribu saja.

30 Minuman Keras Impor yang Rawan Dipalsukan

1. Red Label, Mixer Terbaik

Red Label adalah wiski Skotch yang diproduksi oleh Johnnie Walker. Minuman ini cocok untuk dicampurkan dengan minuman alkohol lainnya. Selain Red Label, ada pula jenis lain yaitu Black Label, Swing, Green Label, Gold Label, dan Blue Label.

Harga Rp. 385.000-600.000

2. Smirnoff Triple Distilled, Vodka yang Murni dan Halus

Smirnoff adalah produsen vodka yang paling terkenal dengan kualitas yang tak tertandingi. Vodka dari Smirnoff ini disuling di Moskow oleh pendirinya, Pyotr Smirnov. Melalui proses penyulingan sebanyak 10 kali, vodka ini memiliki rasa unik dengan tampilan yang sangat jernih. Tidak heran minuman ini sangat populer di seluruh dunia.

Harga Rp. 77.000-225.000

3. Chivas Regal, Kaya Rasa di Dalam Mulut

Chivas Regal adalah wiski Skotch campuran yang diproduksi oleh Chivas Brothers. Terdapat beberapa jenis lain dari Chivas Regal, seperti Chivas Regal 12, Chivas Regal Extra, Chivas Regal 18, dan Chivas Regal 24. Angka-angka yang tertera tersebut menunjukkan umur wiski yang digunakan.

Harga Rp. 610.000-800.000

4. St-Rémy VSOP, Tak Meninggalkan Rasa Pahit

St-Rémy VSOP merupakan minuman ikonik dengan sejarah yang panjang. Minuman alkohol jenis brandy ini pertama kali dibuat di desa kecil dekat Nantes, Prancis pada tahun 1886. Minuman ini menghadirkan rasa buah beri merah yang baru dipetik, dengan tambahan manisnya rasa vanila dari kayu ek.

Harga Rp. 420.000

5. Black Label, Rasa yang Lembut dan Kompleks

Black Label merupakan wiski Skotch campuran yang diproduksi oleh Johnnie Walker. Wiski premium ini disimpan selama minimal 12 tahun dalam tong dari kayu ek sebelum disajikan. Hasilnya, wiski ini menghadirkan rasa yang lembut, dalam, dan kompleks di mulut.

Harga Rp. 375.000-775.000

6. Bacardi Superior, Rum Ringan dengan Aroma Seimbang

Sampai saat ini, Bacardi Superior merupakan rum yang paling laris di dunia. Diproduksi oleh Bacardi Company, minuman ini memiliki aroma yang seimbang dengan jenis rum yang cukup ringan. Terdapat kandungan alkohol hingga 40% di setiap botolnya.

Harga Rp. 425.000

7. Gold Label, Manis dan Berkelas

Gold Label dari Johnnie Walker memiliki rasa khas yang lembut, manis, dan berkelas. Terdapat kandungan madu dan karamel yang tebal serta ekstrak buah pala. Minuman jenis wiski Skotch campuran mengandung 40% alkohol.

Harga Rp. 900.000-1.050.000

8. Gordon London Dry Gin, Segar dan Ringan

Gordon merupakan merek gin asal London yang telah mendunia. Minuman ini dikembangkan oleh pemiliknya, Alexander Gordon pada tahun 1769. Gordon London Dry Gin cocok untuk disandingkan dengan jus lemon atau jus jeruk, gula, dan soda. Hasilnya, mulutmu dipenuhi rasa segar yang juga ringan.

Harga Rp. 600.000-850.000

9. Pepe Lopez Gold, Tequila Meksiko Terbaik

Sumber gambar www.brown-forman.com

Pepe Lopez Gold merupakan tequila asli Meksiko yang memiliki rasa unik dan dibuat dengan kualitas tinggi. Tequilla ini memiliki warna jernih dengan kesegaran rasa jeruk nipis dan agave. Minuman ini bisa didapatkan di blog jualminumankerasimport.blogspot.sg seharga 300 ribu untuk kemasan 750 ml.

10. Hennessy V.S.O.P, Cognac Terbaik Asal Prancis

Hennessy V.S.O.P merupakan minuman asal Cognac, Prancis yang telah dipasarkan secara besar-besaran di seluruh dunia. Minuman ini kaya rasa buah-buahan kering alami seperti kurma, prem, dan sultana. Rasa lain yang ada di dalamnya termasuk biji cokelat, kacang, karamel, ek, dan custard.

Harga Rp. 650.000-1.700.000

11. Jim Beam Black, Wiski Bourbon Premium

Jim Beam merupakan merek wiski bourbon asal Kentucky, Amerika Serikat yang populer di dunia. Salah satu produknya yang paling terkenal adalah Black Label Bourbon. Terbuat dari wiski yang berumur tua, minuman ini punya rasa khas kayu manis dan kacang.

Harga Rp. 650.000
From our editorial team

Hati-hati dengan Minuman Palsu

Lantaran banyak beredar di pasaran, besar kemungkinanmu untuk menerima minuman palsu jika tak berhati-hati. Selain rasa yang tak seenak minuman asli, minuman palsu juga lebih berbahaya bagi kesehatanmu, lho. Karena itu, gunakan tips dan rekomendasi minuman di artikel ini agar terhindar dari produk palsu.