Kenali 5 Jenis Gelas Wine yang Banyak Digunakan dan Miliki 10 Rekomendasi Gelas Wine Cantik Ini untuk Bersulang!

Kenali 5 Jenis Gelas Wine yang Banyak Digunakan dan Miliki 10 Rekomendasi Gelas Wine Cantik Ini untuk Bersulang!

Wine atau yang juga dikenal sebagai minuman anggur punya banyak penggemar lho! Kalau Anda gemar mengonsumsi wine, Anda tentu harus tahu gelas yang tepat untuk meminumnya. Yuk, langsung tengok rekomendasi gelas wine dari BP-Guide berikut supaya Anda makin paham!

Menengok Sejarah Bersulang dengan Wine

Sumber gambar www.thedailymeal.com

Pernah dengar istilah toast? Yah dalam Bahasa Indonesia, sering disebut dengan "tos" alias bersulang. Tradisi ini merupakan tradisi minum wine yang dimulai dengan bersulang. Ini sudah menjadi sebuah tradisi lama, loh.

Tradisi ini sudah hadir sejak abad ke-6 loh. Awalnya, tradisi tersebut lahir di Yunani. Saat itu, anggur masih dituangkan ke dalam kendi dan setelah itu proses bersulang akan dilakukan, baru minuman tersebut akan diminum sekaligus.

Untuk Bersulang, Anda Tentu Perlu Gelas yang Tepat

Sumber gambar www.iwawine.com

Wine adalah salah satu minuman mewah, juga eksklusif. Oleh sebab itu, wine selalu digunakan untuk menjadi penutup makan malam yang mewah. Nah, kalau kualitas wine adalah kualitas terbaik, maka gelasnya juga tidak bisa yang biasa.

Gelas wine adalah gelas yang digunakan untuk minum wine. Karena wine adalah minuman berkualitas, maka gelasnya juga gelas berkualitas. Apa saja jenis gelas wine? Dalam tulisan ini, BP-Guide akan mengulasnya untuk Anda.

Jenis-jenis Gelas Wine

Gelas White Wine

Sumber gambar www.njuskalo.hr

Gelas pertama adalah gelas white wine atau gelas untuk wine putih. Gelasnya lebih ramping, batangnya panjang, badannya yang lebih mirip huruf U. Kenapa batang gelasnya cukup panjang? Penyebabnya karena wine sangat terpengaruh oleh suhu, termasuk suhu tubuh.

Ada beberapa jenis gelas ini seperti banquet crystal, twiggy crystal, banquet white wine dan sebagainya. Wine jenis apa yang bisa diminum dengan gelas ini? Tentunya beberapa jenis gelas putih, seperti suvignon blanc, pinot gris, rose wine dan sebagainya.

Gelas Red Wine

Sumber gambar www.blueapron.com

Gelas untuk red wine bentuknya lebih bulat. Tangkainya cukup kecil, sehingga banyak yang meminumnya dengan memegang badan gelas. Ada dua jenis gelas anggur merah, yakni Bordeaux dan Burgundy. Gelas Bordeaux ditujukan untuk minum anggur merah sejenis Cabernet, Merlot dan jenis minuman yang kuat lainnya.

Sedangkan gelas burgundy dibuat untuk anggur yang rasanya lebih lembut. Tidak hanya itu, aroma dan rasa dari wine benar-benar didukung oleh gelas ini, lantaran badannya yang lebar. Tujuannya adalah hidung Anda bisa "ikut masuk" ke dalam gelas, untuk bisa menikmati aromanya.

Gelas Champagne (Flute)

Gelas selanjutnya adalah gelas champagne. Gelas satu ini sering juga disebut flute. Bentuknya bagian atas lebih ramping dan bagian bawahnya lebih besar. Kaki gelas lebih tinggi dan semakin ke atas semakin mengecil.

Gelas ini dibuat dengan bibir gelas yang jauh lebih sempit, apalagi bila dibandingkan dengan gelas anggur merah. Penyebabnya adalah agar gelembung dari sparkling wine tidak cepat hilang dan keluar dari gelas.

Gelas Rose Wine

Sumber gambar www.waterford.com

Sebenarnya, rose wine sering dinikmati dengan gelas khusus white wine. Ternyata, ada loh gelas yang memang khusus untuk menikmati rose wine. Gelas tersebut bagian bawahnya menggembung bahkan terkesan meliuk. Sedangkan bagian atasnya sedikit melebar.

Ternyata, hal itu ditujukan agar dapat menikmati aroma yang kuat dan khas dari rose wine. Perlu diingat, bila Anda adalah tipe orang yang menikmati rose wine dengan cara mencampurkan white wine dengan red wine, hal tersebut salah besar, loh. Bahkan di Perancis sana, hal tersebut adalah hal yang ilegal!

Gelas Sherry

Pernah dengar gelas sheery? Gelas sherry ciri khasnya adalah bagian wadah dalamnya lebih dalam dari gelas biasa, serta lebih menggembung, sedangkan tangkainya lebih pendek. Gelas ini digunakan untuk menikmati minuman yang aromatik.

Gelas ini disebut juga gelas aperitif, yakni minuman keras yang bisa memicu rasa ingin makan. Jenis liquors semacam ini menjadi minuman yang paling sering disajikan sebagai teman makan. Selain aromatik, kadar alkoholnya biasanya lebih tinggi. Oleh sebab itu, gelas sherry dibuat untuk mengakomodasi hal tersebut.

Biar Tidak Bikin Malu, Ini Dia Panduan Bersulang Gelas Wine yang Benar dari BP-Guide

Sumber gambar www.freeimages.com

Tiap negara punya tradisi bersulang yang berbeda. Ada persamaan seperti minuman yang digunakan adalah wine dan champagne yang ditujukan untuk perayaan dari satu keberhasilan. Sedangkan bir adalah untuk perayaan biasa.

Di negara tertentu, pemimpin toast adalah tuan rumah, atau biasa juga yang lebih tua. Jadi, yang paling tua dalam satu kelompok biasanya yang akan menjadi pemimpin toast. Tidak hanya itu, biasanya bila ada yang punya jabatan paling tinggi, meski bukan yang paling tua, juga biasa dijadikan pemimpin toast.

Hal yang harus Anda hindari adalah tidak melakukan kontak mata dengan para peserta toast, memukul sendok pada gelas, apalagi menolak toast, merupakan hal yang sangat tidak sopan. Ditambah lagi, bila Anda sudah mulai minum liquors sebelum toast dimulai, hal itu dianggap sangat tidak sopan.

Mencari Gelas Wine yang Tepat Tidak Susah Lagi, Berikut 10 Pilihan Gelas Wine dari BP-Guide

Pasabahce Gelas Minum Wine Enoteca 615ml Set - 2 buah

Sumber gambar www.lazada.co.id

Produk gelas pertama yang direkomendasikan untuk Anda adalah Pasabahce gelas minum Wine Liquor Bistro - 6Pcs. Dalam satu setnya, ada 6 buah gelas yang dibuat dari bahan kaca yang kuat, berkualitas tinggi dan sangat bening. Gelas satu ini juga kuat dan tidak mudah pecah.

Gelas ini merupakan produk dari Turki, yang sudah diproduksi sejak tahun 1935. Gelas produksi dari Pasabahce, asal Istanbul Turki ini merupakan gelas yang kuat terhadap goncangan dan panas. Anda bisa membeli produk satu ini di Tokopedia seharga Rp 115.200.

SCHOTT Zwiesel Tritan Crystal Glass Forte Stemware Koleksi Anggur Putih/Lebih Manis White Wine Glass, 9.4-Ounce, Set 6-Intl

Sumber gambar iprice.co.id

Berikutnya adalah produk Schoot Zwiesel Tritan Crystal Siza Port Wine Glass. Satu setnya berisi 6 gelas. Gelas satu ini dibuat dari bahan kaca kristal dengan titanium dan zirkonium oksida. Bahan berkualitas yang menjadi bahan utama gelas ini menjadikan gelas yang lebih kuat, tahan rusak, tahan panas dan tahan lama.

Gelas ini merupakan hasil karya Alvaro Siza, seorang arsitek asal Portugal. Gelas yang berasal dari Jerman ini sangat pas untuk minum anggur jenis Ruby, Madeira, Vin Santo, Tany Port dan sebagainya. Dapatkan produk ini di Lazada seharga Rp 5.080.000.

Riedel O Wine Tumbler Champagne, Set of 2 - intl

Sumber gambar www.amazon.com

Berikutnya ada brand Riedel, yang merupakan salah satu brand ternama dalam urusan gelas wine. Produk yang direkomendasikan adalah Riedel O Wine Champagne. Satu setnya hanya berisi dua gelas.

Gelas satu ini dibuat dengan bahan kristal yang halus. Selain lebih kuat dan tahan gesekan, gelas ini juga aman dicuci dengan mesin pencuci piring, loh. Dapatkan produk ini di Lazada seharga Rp 835.000. gelas ini menjadi salah satu gelas terbaik untuk menikmati champagne.

Riedel Vinum Extreme Cabernet Wine Glass

Sumber gambar www.wineware.co.uk

Masih dari brand Riedel, kali ini produk yang direkomendasikan untuk Anda adalah Riedel Vinum Extreme Cabernet Wine Glass. Gelas ini satu setnya terdiri dari dua buah gelas.

Gelas Riedel yang satu ini dibuat dengan desain diamond yang berbentuk oversized. Bagian pinggirannya begitu halus, sedangkan bahan pembuatnya adalah kristal yang menarik. Satu gelas mampu menampung maksimal 28,25 ons minuman. Dapatkan produk ini di Amazon seharga $42,01 atau setara dengan Rp 579.128.

LSA International Mother of Pearl Celebrate Champagne Saucer (2 Pack), 8.5 fl. oz

Sumber gambar www.amazon.com

Berikutnya, ada produk LSA International Edge Champagne Saucer. Satu setnya terdiri dari 2 gelas. Gelas satu ini dibuat dari bahan kaca berkualitas yang bening dengan tangkai yang mudah digenggam. Desainnya glamour yang khas art Deco, ditambah dengan detail dekorasi lukisan tangan.

Gelas satu ini sangat pas untuk minum champagne. Dapatkan produk ini di Amazon sekitar Rp 829.352.

Pasabahce Gelas Minum Champagne Lyric 200ml Set - 6 buah

Sumber gambar www.omjoni.com

Kembali ke gelas wine berkualitas asal Turki, Pasabahce. Berikutnya ada Pasabahce Gelas Champagne Lyric. Gelas ini dalam satu setnya berisi 6 gelas. Bahan yang digunakan kaca bening, yang tidak mudah pecah dan mudah dibersihkan.

Selain itu, kaca tersebut sangat transparan dan bening. Oleh karena itu, tampilan dari champagne atau wine di dalamnya akan mudah terlihat. Dapatkan produk ini seharga Rp 201.600 di Lazada.

Pasabahce Gelas Anggur Grappa Wine 95cc -6pcs

Sumber gambar www.ikoma.co.id

Pasabahce berikutnya adalah Pasabahce gelas Anggur Grappa Wine 95 cc. Satu setnya terdiri dari 6 buah gelas anggur yang terbuat dari bahan kaca yang berkualitas tinggi. Gelas satu ini juga mudah dibersihkan dan tahan lama.

Selain kaca tersebut juga tahan goresan dan tahan panas, juga sangat bening dan jernih. Jadinya, sangat pas untuk menampilkan keindahan dari wine yang ada di dalamnya. Dapatkan produk ini di Lazada seharga Rp 369.000. Atau, Anda bisa juga membelinya di Shopee seharga Rp 255.000.

2 Pcs Pink Light Champagne Glass Goblet Cup-Intl

Sumber gambar www.lazada.co.id

Gelas berikutnya adalah gelas Light Champagne Glass Goblet Cup. Produk satu ini adalah gelas dari Goblet Cup yang sangat menarik, terutama untuk mendukung makan malam romantis Anda. Gelas ini dibuat dengan bahan terbaik yang tahan lama dan tidak mudah rusak.

Apalagi, gelas ini juga dilengkapi dengan fitur 1 LED, sehingga bisa menghadirkan sinar yang memukau. Baterainya menjadikan sinar tersebut tahan selama 20 jam. Dapatkan produk ini di Lazada seharga Rp 223.000 atau di Lightake seharga $6,93 atau setara dengan Rp 95.331.

Champagne Flutes Bella Vino Beautifully Designed Short Stem Glasses Flutes - Made from 100% Lead Free Premium Quality Crystal Glass (2, Standard Champagne Flutes 2) - intl

Sumber gambar www.amazon.com

Ingin menikmati flute dengan champagne flutes? Ada produk yang bisa Anda coba pertimbangkan. Champagne Flutes Bella Vino Beautifully Designed Short Stem Glasses Flutes. Produk satu ini dibuat dengan bahan kaca kristal berkualitas tinggi dan standar internasional.

Tidak hanya bahannya tapi desainnya juga berkelas. Desainnya mewah dan elegan menjadikan makan malam Anda semakin mewah. Ditambah lagi dengan bahannya, menjadikan gelas ini lebih kokoh dan kuat. Dapatkan produk ini di Lazada seharga Rp 2.805.000.

Cathys Konsep Hubby & Wifey 8 Oz. Pelek Emas Kontemporer Flute Sampanye (set Of 2), Clear Emas-Intl

Sumber gambar iprice.co.id

Masih gelas mewah dan elegan untuk pelengkap makan malam mewah Anda. Berikutnya ada Cathys Konsep Hubby & Wifey 8Oz. Gelas satu ini berbentuk silinder, dengan tangkai yang keren dengan pelek emas. Satu setnya terdiri dari 2 gelas champagne.

Dengan desainnya yang mewah tersebut, tentunya makan malam Anda akan semakin menarik dan mewah. Dapatkan produk ini di Lazada seharga Rp 1.044.000.

From our editorial team

Kenali Gelas yang Tepat untuk Minum Wine dengan Nikmat!

Mengonsumsi wine sudah jadi salah satu kebiasaan bagi mereka yang gemar dengan minuman yang satu ini khususnya minuman beralkohol. Wine kerap dijadikan minuman dalam pesta atau dalam jamuan, saat meminumnya tentu Anda harus menggunakan gelas yang tepat agar tidak terlihat aneh dan memalukan. Jadi, kenali gelasnya dengan baik, ya!