Ngopi Lebih Seru dan Menyenangkan dengan 10+ Gelas Lucu dan Unik Berikut Ini

Ngopi Lebih Seru dan Menyenangkan dengan 10+ Gelas Lucu dan Unik Berikut Ini

Sumber gambar trendir.com

Minum kopi atau akrab juga dengan sebutan "ngopi" memang jadi kegiatan seru. Tak hanya kaum urban, tradisi minum kopi sudah ada sejak dahulu dan menjadi pengantar untuk menjalin hubungan sosial. Bermacam-macam jenis gelas kopi pun berkembang seiring kemajuan zaman dan saat ini, banyak sekali gelas kopi unik yang bisa Anda koleksi atau diberikan bagi orang tersayang.

Sebagai Penikmat Kopi, Anda Tentu Punya Cangkir atau Gelas Kopi Koleksi Sendiri, Bukan?

Sumber gambar earth.com

Bagi para penikmat kopi, unsur personalized kerap menjadi satu hal yang selalu jadi perhatian. Menikmati kopi dalam sebuah cangkir milik atau koleksi sendiri akan terasa berbeda dengan menggunakan cangkir milik kedai kopi.

Karena, sebuah cangkir kopi memang bisa menunjukkan sisi personal seseorang. Jati diri dan karakter seseorang bakal lebih menonjol ketika ia minum kopi dengan menggunakan gelas kopi pilihannya sendiri. Apakah Anda seperti itu?

Lengkapi Koleksi Anda dengan Gelas Kopi Unik

Sumber gambar etsy.com

Agar sisi personal Anda semakin menonjol saat minum kopi, pastikan Anda menggunakan gelas kopi yang unik. Anda akan langsung menjadi pusat perhatian teman-teman atau kolega ketika minum kopi bersama.

Kini ada banyak desain gelas kopi yang unik. Ada yang memiliki pegangan berupa ekor hewan. Ada juga yang menggunakan kaca dua lapis sehingga mempercantik tampilan kopi yang Anda minum. Gelas kopi unik ini akan membuat Anda semakin bersemangat saat menjalankan aktivitas harian.

Yuk Kenali, Anda Termasuk Tipe Penikmat Kopi yang Mana

Peminum Kopi Instan

Sumber gambar ringtons.co.uk

Ini adalah tipe yang paling banyak ditemui di lingkungan sekitar kita. Biasanya orang bertipe ini adalah yang minum kopi sebagai sebuah kebutuhan tapi tak mau dompet mereka menjadi tipis akibat sering minum di kafe.

Bagi mereka, yang lebih penting adalah kopi enak, cepat saji, dan tidak bikin kantong bolong. Mereka umumnya tidak doyan berlama-lama di kafe, karena prinsip mereka kopi adalah sebagai moodbooster bukan sebagai sarana bersosialisasi.

Meminum Kopi untuk Mendapatkan Kafein

Sumber gambar beaut.ie

Bisa jadi tipe ini sudah mulai masuk ke dalam tahap kecanduan. Karena yang diburu memang 'isi' dari kopi yaitu kafein. Soal rasa, ada di urutan ke sekian. Selama kopi yang diminum bisa mengurangi rasa kantuk dan memberinya tambahan energi maka mereka akan minum terus menerus.

Tipe ini tidak peduli waktu untuk meminum kopi. Dalam sehari tidak hanya 2-3 gelas saja, tapi bisa mencapai 8-10 gelas sehari. Malah, ada dari mereka yang minum kopi saat menjelang tidur. Karena, bagi sebagian di antara mereka minum kopi adalah salah satu cara untuk mengurangi kadar kegelisahan dalam dirinya.

Penikmat Latte Art

Sumber gambar pumpernickelpixie.com

Kopi menjadi sebuah seni dalam pandangan mereka yang bertipe penikmat latte art. Dari mulai menyeduh kopi dengan alat khusus hingga menuangkannya sangat diperhatikan oleh mereka yang berada di tipe ini. Seringkali mereka memesan desain gambar tertentu kepada barista untuk ditampilkan di atas kopi espresso.

Bahkan ada yang sampai berusaha meminum kopi tanpa banyak merusak gambar yang ada di atas permukaan kopi. Kalau perlu, gambar baru akan rusak ketika kopi sudah mencapai tetes terakhir. Mereka juga dikenal kerap mem-publish gambar-gambar yang dibuat melalui akun media sosial.

Bagi tipe ini, rasa bukanlah hal utama. Nilai estetika dari sebuah seni menghias kopi akan menjadi perhatian yang penting di mata mereka.

Social Drinker

Sumber gambar london.anglican.org

Ini juga termasuk golongan yang tidak mementingkan rasa. Bahkan soal tampilan kopi juga tak mereka pedulikan. Karena kopi bagi mereka tak lebih sebagai sarana untuk bersosialisasi. Berkenalan dengan banyak orang sehingga mampu membangun relasi yang lebih luas.

Mereka hanya akan meminum kopi ketika tengah nongkrong atau ngumpul bersama teman-temannya. Sangat jarang mereka minum kopi di pagi hari untuk memulai rutinitas. Karena, bagi tipe ini, kopi hanyalah alat untuk bergaul. Bukan untuk mencicipi rasa demi rasa dari berbagai kopi yang disuguhkan di kafe.

Coffee Snob

Sumber gambar finedininglovers.com

Dalam pandangan mereka yang masuk tipe coffee snob, minum kopi di cafe adalah sebuah hal minor yang harus dihindari. Mereka sama sekali tidak tertarik dengan kedai kopi terkenal. Justru yang dicari adalah kedai kopi independen yang menyajikan kopi bercita rasa orisinal.

Kopi yang mereka minum memang biasanya asli, alias tanpa tambahan apa pun. Termasuk gula atau krim. Karena itu mereka akan paham perbedaan cita rasa yang dimiliki satu jenis kopi dengan kopi lainnya. Bahkan, mereka mampu meracik sendiri kopi di rumah agar mendapatkan cita rasa yang benar-benar otentik.

Macam-macam Material Gelas Kopi dan Mana yang Terbaik

Sumber gambar liminal-consulting.co.uk

Tentu Anda memiliki gelas dengan aneka material yang berbeda-beda. Ternyata, perbedaan ini juga bisa membawa pengaruh pada acara minum kopi Anda. Lalu, mana yang terbaik?

Plastik

Sumber gambar thriftyfun.com

Bahan plastik tidak banyak direkomendasikan untuk dipakai sebagai cangkir atau gelas kopi. Pasalnya, bahan plastik ini bisa menyerap rasa dan bau dari minuman yang dibuat menggunakan gelas ini. Saat Anda menggunakannya kembali, aroma dan rasa dari minuman sebelumnya kerap muncul kembali meski gelas sudah dicuci dengan bersih.

Tak hanya itu, plastik umumnya tidak tahan panas lebih dari 85 derajat Celsius. Padahal kopi akan lebih nikmat jika diseduh dengan air panas 100 derajat Celsius. Jika menuang air panas ke dalam gelas plastik, maka aroma dari bahan plastikanya akan ikut muncul.

Stainless Steel

Sumber gambar snapdeal.com

Bahan stainless steel banyak digunakan sebagai wadah penampung air panas. Dengan menggunakan tutup yang membuat wadah kedap udara, air panas yang dituang ke dalam wadah stainless steel mampu bertahan suhunya hingga beberapa jam kemudian.

Namun, bahan stainless steel bukan tidak menimbulkan masalah. Ada yang menilai bahan ini kerap mengganggu cita rasa asli dari kopi. Ketika Anda meminum kopi dalam sebuah wadah stainless steel aroma logam dari wadah tersebut kerap ikut muncul. Ini jelas akan mengganggu kenikmatan meminum kopi.

Kaca

Sumber gambar ikea.com

Bahan kaca adalah bahan yang paling netral. Tidak akan memunculkan aroma atau rasa yang bisa mengganggu cita rasa asli dari kopi yang diminum. Kaca juga bersifat memperpanjang suhu dari air yang dimasukkan ke dalam wadah.

Namun demikian, kaca sebenarnya kurang siap diisi oleh air panas. Untuk bahan kaca berkualitas rendah, air panas bisa membuat gelas menjadi retak atau bahkan pecah. Solusinya adalah dengan menggunakan gelas kaca double wall. Kaca jenis ini mampu menahan air panas, sehingga cocok dijadikan tempat minum kopi yang mengasyikkan.

Keramik/Porselen

Sumber gambar ebay.co.uk

Inilah material yang paling banyak digunakan sebagai gelas kopi. Kelebihan bahan keramik atau porselen adalah mampu mengikat suhu panas lebih lama. Dan yang lebih penting adalah tidak akan mengganggu aroma dari kopi yang dituang.

Selain itu, bahan keramik relatif mudah dibentuk dengan desain-desain yang menarik. Sehingga Anda tidak lagi meminum kopi secara mainstream. Tetapi mampu menikmati kopi yang sesungguhnya dalam sebuah gelas kopi unik yang pasti bikin banyak mata melirik Anda.

10 Pilihan Gelas Kopi Unik, Bisa untuk Hadiah juga Loh

Sumber gambar favorsandflowers.com

Simpel tapi fungsional. gelas bisa menjadi pilihan tepat untuk dijadikan hadiah. Agar lebih berkesan, Anda bisa memilih gelas unik yang akan membuat acara ngopi jadi lebih seru dan menyenangkan.

Mug Enamel Blirik

Sumber gambar www.bukalapak.com

Cangkir enamel blirik belakangan tengah menjadi tren di kalangan anak muda. Cangkir model jadul ini menjadi pilihan karena desainnya yang sangat berbeda. Tak hanya itu, cangkir ini pun mampu menahan panas dengan baik.

Anda bisa melirik Mug Enamel Blirik dengan diameter 9 cm dan tinggi 9 cm ini. Bentuknya yang klasik nan unik akan membuat mata orang lain melirik. Dapatkan di Shopee dan Tokopedia dengan harga di kisaran Rp 21 ribu sampai Rp 22 ribu.

Self Stirring Mug

Sumber gambar lazada.co.id

Buat Anda yang malas mengaduk kopi, Self Stirring Mug sangat pantas untuk dicoba. Menggunakan 2 buah baterai sebagai sumber energi, mug ini akan otomatis mengaduk minuman yang dituang ke dalamnya. Anda tinggal menyeruput setelah proses pengadukan selesai. Praktis bukan?

Anda bisa mendapatkan Self Stirring Mug ini di Lazada seharga Rp 79 ribu atau di Tokopedia yang melepasnya dengan banderol Rp 72 ribu. Kapasitasnya 500 ml dengan bahan stainless steel di bagian dalam. Setiap pembelian mug ini, Anda akan mendapatkan bonus 2 buah baterai AAA.

Untuk membersihkannya tidak sulit. Anda cukup mengelap bagian luar dan mencuci bagian dalamnya. Mug pun bisa dipakai berulang-ulang.

CANGKIR K250 KERAMIK GELAS MUG UNIK KAFE TEH KOPI SHABBY PASTEL

Sumber gambar tokopedia.com

Pilihan gelas kopi unik berikutnya adalah Cangkir K250 Keramik Gelas Mug Unik Kafe Teh Kopi Shabby Pastel. Produk ini terdiri dari gelas 250 ml. Dibuat dari keramik berkualitas, produk ini sudah bisa digunakan di microwave. Dengan pilihan warna biru dan pink, produk ini dapat Anda beli di Tokopedia dan Shopee dengan harga mulai dari Rp 23 ribu hingga Rp 40 ribu.

Gelas Cangkir Kopi Motif Ayam Jago

Sumber gambar www.lazada.co.id

Apa yang Anda bayangkan ketika menemukan kata ayam jago? Mayoritas akan menjawab kokok ayam di pagi hari. Sama dengan rutinitas minum kopi yang banyak dilakukan di pagi hari. Karena itu Anda bisa memilih gelas cangkir kopi motif ayam jago berikut ini.

Produk ini dijual per set, terdiri dari gelas dengan lebar atas 8 cm dan lebar bawah 6 cm. Tingginya berkisar 6,5 cm. Lalu ada tatakan dengan lebar 14 cm dan tinggi 3 cm. Satu set produk ini dijual Rp 200 ribu di Tokopedia. Sementara di Bukalapak ada merchant yang menjualnya seharga Rp 120 ribu.

Gelas Kamera Mug Lensa Kamera Stainless Steel Kopi Botol Minum Unik

Sumber gambar tokopedia.com

Sekilas, mug kopi ini memang sangat mirip dengan lensa kamera. Tak heran jika banyak yang tertipu oleh penampilan wadah yang terbuat dari plastik ini. Meski dibuat dari plastik, namun merupakan tipe plastik food grade yang aman untuk tempat minuman, ya. Untuk di bagian dalam menggunakan stainless steel yang mampu menahan panas lebih lama.

Modelnya pun beragam. Menyesuaikan dengan ukuran lensa yang asli. Seperti Canon lens 70-200 mm, Canon 24-105, atau Nikon AF-S 24-70 mm. Gelas Kamera Mug Lensa Kamera Stainless Steel ini bisa dibeli di Tokopedia dengan harga Rp 58 ribuan.

Magic Mug - Coffee (HA0023-01)

Sumber gambar tokopedia.com

Produk ini memang cocok menjadi gelas kopi unik. Penggunaan cat khusus pada mug ini membuatnya berubah warna ketika dituang air panas. Perubahan warna pada mug ini memang dipengaruhi oleh suhu air yang dituangkan. Gambar dan warna akan kembali seperti semula ketika gelas udah kosong atau suhu air sudah kembali dingin.

Magic Mug - Coffee (HA0023-01) dengan diameter 7,5 cm dan tinggi 9 cm ini dibuat dari bahan keramik. Sehingga bisa dicuci seperti biasa. Soal catnya, Anda tak perlu khawatir mengganggu cita rasa dari kopi, karena hanya bagian luar yang diberi cat yang bisa berubah warna iini.

Tertarik? Silakan kunjungi Tokopedia untuk mendapatkan mug ajaib ini dengan harga Rp 50 ribu.

Magic Mug Illusion Kran

Sumber gambar tokopedia.com

Satu lagi mug unik yang layak Anda koleksi. Magic Mug Ilusion Kran adalah sebuah desain yang membentuk keran mengapung tapi mampu mengeluarkan air tanpa pernah habis. Tanpa menempel ke tembok atau tersambung ke saluran air, keran ini mampu mengeluarkan air terus menerus.

Produk ini sangat pas dijadikan pajangan rumah. Harganya berkisar Rp 205 ribu hingga Rp 237 ribu. Dapatkan di Bukalapak atau Tokopedia.

Cangkir Kopi Bentuk Unicorn Lucu 3D Bahan Keramik

Sumber gambar m.id.aliexpress.com

Mug berbahan porselen memang paling mudah dibentuk menjadi beragam model dan desain. Salah satunya Cangkir Kopi Bentuk Unicorn 3D. Cangkir berbahan keramik ini berwarna putih. Ukurannya 15 x 10 x 7,5 cm.

Anda bisa mendapatkannya di Shopee. Di sini ada merchant yang menjual dengan harga Rp 45 ribu.

Gelas Bahan Keramik Gambar Kelinci Kartun Lucu dengan Gagang untuk Kopi/di Kantor

Sumber gambar www.bukalapak.com

Gelas berbahan keramik ini juga tak kalah menarik untuk dikoleksi. Karakter kartun kelinci yang ada dalam gelas ini menarik untuk dilihat. Bahkan Anda dapat memberikan personalisasi dari mug yang Anda pesan nanti.

Berdiameter 7,5 cm dan tinggi 9,5 cm, mug ini dibuat dari porselen berkualitas tinggi. Proses pemesanannya butuh waktu 3 hari. Anda bisa memesan di situs Toko Personalisasi dengan harga Rp 72 ribu.

Unik dan Personalized? Yuk, Pesan Gelas Kopi Custom!

Sumber gambar tokopedia.com

Mug dengan desain sendiri memang tengah banyak digemari. Selain kerap dijadikan kado, mug Unik Nan Personalized ini juga bisa jadi alat Anda ketika minum kopi. Dengan proses cetak berkualitas tinggi. Tidak mudah luntur atau rusak meski sering digunakan dan dicuci.

Proses pembuatan mug berdiameter 8,5 cm ini butuh waktu sekitar 3 hari. Untuk gambar dan desain, Anda bisa mengajukannya sendiri. Dapatkan di Elevenia dan Tokopedia dengan harga mulai dari Rp 55 ribu hingga Rp 81 ribu.

From our editorial team

Membersihkan Gelas dari Noda Kopi

Gelas kesayangan menghitam dan terlihat keruh karena noda dari sisa-sisa kopi? Jangan khawatir. creeklinehouse.com memberi cara mudah untuk Anda. Pertama, tuang air panas pada mug yang akan dibersihkan lalu tuang cuka putih dan diamkan selama kurang lebih 10 menit. Kemudian, buang air cuka dan gosok perlahan bagian dalam mug. Bilas dengan air dan keringkan. Selain kombinasi air panas dan cuka, Anda juga bisa mencoba menggunakan baking soda.