10 Minuman Beralkohol Termahal 2021 dengan Harga Selangit

10 Minuman Beralkohol Termahal 2021 dengan Harga Selangit

Minuman beralkohol telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat modern. Tidak jarang minuman beralkohol diproduksi secara eksklusif dan dijual dengan harga selangit. BP-Guide akan memberikan daftar minuman beralkohol yang ada di dunia tahun 2021 ini.

Minuman Beralkohol Jadi Bagian dari Budaya Hingga Hiburan

Minuman beralkohol menjadi salah satu minuman yang banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Bahkan di negara Barat dan beberapa negara Asia, minuman beralkohol menjadi bagian dari budaya mereka. Di Indonesia sendiri, minuman beralkohol mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah.

Ada banyak alasan yang mengapa minuman alkohol sangat diminati. Minuman ini telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat modern dan dijadikan sebagai pelengkap saat berkumpul bersama teman atau kolega. Setiap negara memiliki regulasi masing-masing mengenai batas usia minimal seseorang boleh mengonsumsi alkohol. Di Indonesia, alkohol hanya boleh dikonsumsi oleh mereka yang sudah 21 tahun ke atas.

Selain untuk bersosialisasi, alkohol juga dianggap sebagai salah satu media relaksasi atau stress release setelah sibk dengan aktivitas seharian.

Jenis Minuman Beralkohol yang Paling Banyak Dikonsumsi

Bir

Bir menjadi minuman beralkohol paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Komposisi dari minuman ini adalah biji-bijian seperti gandum, jagung, sorgum, barley, dan masih banyak lagi yang difermentasikan secara bersamaan. Proses fermentasi ini dikenal dengan nama brewing.

Setelah melewati masa fermentasi, kadar alkohol yang ada di dalam bir adalah 4 sampai 6%. Hampir semua negara di dunia memproduksi bir mereka sendiri dan dijual dengan berbagai macam merek.

Wine

Wine adalah minuman yang banyak disajikan dalam acara resmi dan tidak jarang dianggap sebagai simbol kemewahan. Minuman ini juga memiliki manfaat kesehatan jika dikonsumsi dalam kadar tertentu. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi anggur secara rutin tanpa berlebihan dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Proses pembuatan wine adalah dengan menghancurkan buah anggur, kemudian difermentasikan dengan ragi jenis Saccharomyces cerevesiae. Proses fermentasi ini bisa memakan waktu berbulan-bulan, bahkan disimpan hingga puluhan tahun. Wine memiliki kandungan alkohol sebesar 8 sampai 14%.

Vodka

Vodka merupakan minuman yang sudah ada sejak abad pertengahan, sehingga namanya sudah tidak asing di telinga peminat alkohol. Di masa awal kemunculannya, vodka banyak diproduksi di negara-negara Eropa.

Komposisi utama dari minuman ini adalah alkohol dan air hasil fermentasi serealia atau kentang. Kini vodka hadir dengan banyak tambahan varian rasa dan diproduksi secara massal.

Cider

Nama lain dari cider adalah apple wine. Ini karena bahan utama pembuat minuman ini adalah apel. Buah apel segar dihancurkan lalu diambil jusnya. Jus apel kemudian difermentasikan dengan bantuan ragi. Cider termasuk minuman yang keras karena kadar alkoholnya yang cukup tinggi, yaitu 13%.

Rum

Kandungan alkohol di dalam rum sangat tinggi, yaitu sekitar 37,5%. Oleh karena itu minuman ini hanya dikonsumsi oleh orang-orang tertentu saja yang kuat menanggung kadar setinggi itu. Bahan utama pembuat rum adalah sari tebu atau molase yang kemudian difermentasikan.

Budaya Alkohol di Beberapa Negara di Dunia

Mesir

Sumber gambar pinterest.com

Di negara Mesir, alkohol ternyata sudah ada sejak zaman purba. Ini terlihat dari penemuan kendi bir yang berasal dari periode Neolitikum atau tahun 10.000 SM. Ini artinya minuman beralkohol telah menjadi bagian dari peradaban mereka.

Kebudayaan lama Mesir juga memuja Dewa Osiris yang diyakini sebagai dewa penemu bir. Bir kemudian menjadi salah satu minuman penting yang harus dikonsumsi sehari-hari. Masyarakat Mesir Kuno sudah bisa membuat 17 jenis bir dan 24 jenis anggur secara tradisional.

Cina

Sumber gambar www.thebacklabel.com

Minuman beralkohol juga menjadi bagian dari negara Cina sejak masa prasejarah. Bukti kemunculan alkohol pertama di Cina diperkirakan terjadi pada 7000 SM dengan ditemukannya guci anggur dari Jiahu. Minuman beralkohol di masa itu dibuat menggunakan bahan-bahan alami seperti beras, madu, dan buah-buahan.

Yunani

Sumber gambar www.colonymeadery.com

Minuman beralkohol pertama yang dikenal oleh masyarakat Yunani adalah mead, fermentasi madu yang dibuat sejak tahun 2000 SM. Tiga tahun kemudian, anggur mulai dikenal oleh masyarakat dan menjadi bagian dari ritual keagamaan. Sejak saat itulah alkohol disajikan pada jamuan penting.

Daftar Minuman Beralkohol Termahal di Dunia pada Tahun 2021

Billionaire Vodka

Sumber gambar www.businessinsider.com

Minuman beralkohol paling mahal adalah Billionaire Vodka yang dibanderol dengan harga sekitar 4 juta dolar AS. Brand ini memiliki motto khusus "It's good to be the king", mencerminkan tekad mereka yang ingin melayani setiap pembeli seperti raja.

Agaknya ini tidak berlebihan karena semua produk minuman Billionaire Vodka dibuat seluruhnya dengan menggunakan tangan. Setiap botol minuman dibuat dengan resep rahasia Rusia dan hanya diproduksi dalam jumlah sedikit saja untuk memastikan eksklusivitasnya.

Kemasannya pun juga sangat mewah. Botol Billionaire Vodka dengan kapasitas 5 liter dihiasi dengan 3000 berlian dan kristal Swarovski, didesain secara eksklusif oleh Leon Verres.

Tequila Ley .925

Sumber gambar ley925.com

Minuman yang satu ini dijual dengan sangat mahal karena kemasannya yang mewah, dihiasi 6400 jenis berlian berbeda yang diklaim mampu meningkatkan rasa minuman. Dibanderol dengan harga 3,5 juta dolar AS, tidak heran minuman ini menjadi minuman termahal kedua di dunia. Meskipun sudah dipublikasikan, minuman ini belum dijual secara resmi.

Henri IV Dudognon Heritage Cognac Grande Champagne

Sumber gambar pinterest.com

Cognac adalah salah satu minuman beralkohol tradisional dari Inggris. Henri IV Dudognon Heritage Cognac Grande Champagne adalah cognac termahal yang pernah ada, sekaligus menempati peringkat ketiga sebagai minuman beralkohol termahal di dunia.

Cognac yang sudah berusia lebih dari 100 tahun ini dijual dengan harga 2 juta dolar AS. Selain karena usianya yang sudah tua, salah satu yang menyebabkan cognac ini dibanderol dengan harga mahal adalah kemasannya. Botol cognac dilapisi dengan emas 24 karat, diletakkan dalam casing platinum, serta berhiaskan berlian.

Dilihat dari desainnya, minuman ini seperti kado yang dipersembahkan kepada raja di abad pertengahan.

Russo-Baltique Vodka

Sumber gambar www.businessinsider.com

Russo-Baltique Vodka adalah minuman beralkohol termahal berikutnya yang dijual dengan harga 1,35 juta dolar AS. Desain botol vodka ini sangat unik karena dibuat mirip dengan mobil vintage. Setiap botolnya terbuat dari 100% emas murni yang dihiasi berlian.

Vodka ini secara khusus diciptakan untuk para pencinta vodka, khususnya mereka yang menyandang gelar miliarder di Rusia.

Diva Vodka

Sumber gambar www.wine-searcher.com

Satu lagi vodka yang menjadi minuman paling mahal di dunia tahun 2021. Diva Vodka yang dijual dengan harga 1 juta dolar AS ini diciptakan untuk orang-orang yang ingin mencari rasa vodka yang unik tanpa mempedulikan harganya.

Ini adalah satu-satunya vodka di dunia yang disaring melalui berbagai macam batu mulia dengan menggunakan cara yang tradisional. Setelah itu, vodka dituangkan ke dalam botol yang berisi banyak kristal Swarovski.

Mendis Coconut Brandy VS

Sumber gambar gyanza.com

Sama seperti namanya, Mendis Coconut Brandy VS adalah minuman beralkohol yang hanya menggunakan satu bahan saja, yaitu kelapa. Inilah yang menyebabkan harganya begitu mahal, mencapai 1 juta dolar AS.

Tidak hanya itu, setiap botol diberi nomor seri khusus dan ditandatangani oleh W.M. Mendis, pendiri House of Mendis. Minuman ini juga dijual dan diproduksi secara terbatas untuk memberikan kesan eksklusif pada pemiliknya.

Macallan 64 Year Old In Lalique

Sumber gambar www.drinkingcup.net

Macallan 64 Year Old In Laliqu adalah minuman jenis wiski, menjadikannya minuman wiski termahal di dunia dengan harga 625 ribu dolar AS. Minuman ini memang sengaja dibuat untuk memecahkan rekor dunia, maka tidak heran kalau harganya sangat mahal.

Macallan sendiri merupakan brand yang terkenal memproduksi wiski single malt berkualitas tinggi. Minuman ini hanya diproduksi sebanyak 4 botol saja di seluruh dunia, semakin menguatkan alasan mengapa harganya mahal.

1945 Romanee-Conti Wine

Sumber gambar www.bloomberg.com

1945 Romanee-Conti Wine adalah anggur yang dianggap sebagai anggur vintage termahal di dunia dengan harga 558 ribu dolar AS. Di tahun 1945, anggur ini hanya diproduksi sebanyak 600 botol saja. Hal yang membuatnya semakin istimewa, ini adalah anggur terakhir dari perkebunan lama miliki Romanee-Conti sebelum pindah ke perkebunan baru tahun 1946.

Armand de Brignac Midas

Sumber gambar www.urban-drinks.de

Di urutan ke sembilan ada Armand de Brignac Midas yang menyandang predikat sebagai champagne termahal di dunia. Harga untuk satu botol champagne ini adalah 265 ribu dolar AS.

Usia champagne sendiri sudah mencapai 30 tahun, melewati proses fermentasi sempurna dengan rasa anggur yang membuatnya berbeda dari champagne lainnya. Tidak hanya itu, botol vodka ini dilapisi dengan emas dan didesain secara eksklusif.

Dalmore 62

Sumber gambar ph.asiatatler.com

Dalmore 62 menjadi minuman beralkohol termahal ke 10 di dunia dengan harga 215 ribu dolar AS. Minuman jenis wiski single malt ini hanya ada 12 botol saja di dunia, yang menjadi salah satu faktor yang membuat harganya sangat mahal.

Botol terakhir dari wiski ini konon ditemukan di bandara Changi, Singapura dan telah laku terjual. Tidak ada yang tahu bagaimana minuman ini bisa sampai di sana, namun yang jelas semua botol Dalmore 62 di dunia telah terjual.

From our editorial team

Jadi, Apa Anda Tertarik Membelinya?

Buat Anda penikmat alkohol, tentu daftar minuman beralkohol termahal di dunia dalam artikel BP-Guide di atas sangat menggoda bukan? Namun melihat harganya yang begitu mahal, tentu saja tidak sedikit yang langsung ciut nyalinya. Minuman termahal tersebut memang tidak hanya menjual rasa, tetapi juga keindahan dan ekslusivitas.