Harga Terjangkau dan Mudah Didapat, 5 Merek Susu UHT Ini Perlu Dicoba, Moms! (2022)

Harga Terjangkau dan Mudah Didapat, 5 Merek Susu UHT Ini Perlu Dicoba, Moms! (2022)

Mengapa susu UHT mini cocok untuk anak-anak? Tentu karena kandungan nutrisinya lengkap dan membantu memenuhi kebutuhan gizi. Susu UHT mini diperuntukkan khusus bagi anak-anak, jadi ukurannya mini sesuai porsi si kecil.

Susu UHT Mini untuk Anak-anak

Perlu kita tahu dulu ya, Moms, apa itu susu UHT? Susu UHT (Ultra-High Temperature) biasanya merupakan susu sapi, yang melalui proses pemasanan dengan suhu sangat tinggi (135 derajat Celcius) selama minimal dua detik baik selama maupun sesudah pengemasan, yang bertujuan membunuh bakteri, kuman, maupun mikroorganisme jahat, yang tumbuh dalam susu tersebut. Oleh karena itu, susu UHT bisa direkomendasikan untuk anak-anak karena sangat minim risiko keracunan. Selain itu, daya tahan susu UHT juga lebih lama karena dikemas dalam kemasan steril dan kedap udara, bahkan tanpa perlu menggunakan bahan pengawet. Tentu jika kemasannya belum terbuka. Jika sudah terbuka, ada baiknya segera dihabiskan ya.

Pada kemasan susu UHT tertera label bahwa susu tersebut direkomendasikan untuk anak yang berusia minimal 1 tahun. Hal itu disebabkan anak atau bayi di bawah 1 tahun masih belum bisa mencerna protein yang terdapat di dalam susu sapi.

Susu UHT Terbukti Lebih Aman

Secara higiene, agar lebih aman dikonsumsi, susu segar wajib melewati proses pemanasan dengan suhu tinggi, yang jadinya kita kenal sebagai susu UHT. Tentu susu UHT ini jadi lebih higienis dibandingkan susu sapi segar yang belum diolah sama sekali. Susu segar tersebut akan terpapar udara dan berisiko tinggi terkontaminasi saat proses pemerahan dan distribusi ke dalam wadah-wadah penampungan. Dilansir dari situs Frisian Flag, Menurut Centers for Disease Control and Prevention, bakteri-bakter bisa saja terkandung di dalam susu segar, seperti E. coli, Listeria, Campylobacter, Brucella, dan Salmonella. Itu sebabnya, susu yang belum diolah tidak dianjurkan untuk anak-anak ya, Moms, agar risiko keracunan atau pun infeksi bisa dihindari.

Kandungan Dalam Susu UHT Mini

Dilansir dari situs Alodokter, susu yang melalui serangkaian proses UHT, kandungan nutrisinya masih tetap sama. Jadi, tak perlu khawatir lagi. Susu UHT mini tetap memiliki banyak manfaat bagi tumbuh kembang si kecil. Untuk lebih lengkapnya, simak nutrisi apa saja yang ada di dalam susu UHT mini berikut.

Berbagai Vitamin dan Mineral

Secara umum, vitamin memiliki banyak manfaat untuk tubuh, seperti untuk sistem metabolisme, meningkatkan daya tahan tubuh, kesehatan mental, dan memelihara nafsu makan. Tak kalah dengan susu formula, kini susu UHT mini juga dilengkapi dengan berbagai vitamin, seperti vitamin A, B, D, dan K. Selain itu, kandungan lemak di dalam susu juga membantu penyerapan vitamin-vitamin tersebut di dalam tubuh. Dengan tercukupinya kebutuhan vitamin harian, anak tidak mudah sakit dan terjaga ketahanan tubuhnya.

Mineral merupakan salah satu nutrisi yang berfungsi untuk memelihara fungsi saraf dan pembentukan jaringan. Dalam masa pertumbuhannya, tentu si kecil membutuhkan mineral yang cukup sesuai kebutuhan hariannya. Di dalam susu UHT, terdapat banyak mineral yang membantu untuk melengkapi kebutuhan gizi tersebut. Mineral di dalam susu UHT biasanya terdiri atas magnesium, zink, fosfor, selenium.

Protein

Protein merupakan rangkaian asam amino yang membentuk rantai panjang di dalam tubuh. Selain berfungsi untuk kekebalan tubuh, protein juga sebagai bahan perbaikan sel dan jaringan yang rusak. Tak hanya itu, protein juga memiliki peran penting untuk berbagai enzim dan hormon di dalam tubuh. Nutrisi ini sangat dianjurkan oleh para ahli gizi agar organ-organ tubuh dapat bekerja maksimal, terutama untuk anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

Susu merupakan salah satu sumber protein cukup tinggi untuk membantu memenuhi kebutuhan protein harian. Dengan susu UHT mini sebagai suplemen makanan, tentu asupan protein si kecil akan terpenuhi. Meskipun sebagian kecial komponen nutrisi dari susu sapi akan hilang saat proses pemanasan, susu UHT sudah melakukan fortifikasi, yakni menambahkan kembali nutrisi-nutrisi penting tersebut.

Kalsium

Kalsium merupakan nutrisi penting yang sangat dibutuhkan tubuh untuk membangun kekuatan tulang dan gigi. Kebutuhan harian kalsium untuk anak 1-3 tahun sebanyak 700 mg, sementara anak usia 4-8 tahun sebanyak 1.000 mg. Kita tahu bahwa sejak dulu susu dikenal sebagai sumber kalsium yang tinggi. Kandungan kalsium pada susu UHT mini bisa membantu mencukupi kebutuhan kalsium harian si kecil, sehingga pertumbuhan tulang dan gigi mereka bisa optimal. Jika teratur mendapatkan kalsium dari susu UHT ini, tentu anak bisa mencapai tinggi optimal.

5 Susu UHT Mini yang Mudah Dijumpai dan Disukai Anak

Frisian Flag Junio Plain Milk

Frisian Flag Junio merupakan susu UHT mini yang diformulasikan untuk anak dengan ukuran 110 ml, produksi PT Frisian Flag Indonesia. Susu UHT mini ini memiliki 9 jenis vitamin, yakni vitamin A, D, B1 dan B2, B3, B6, dan B12. Tak hanya itu, Frisian Flag Junio juga mengandung 6 mineral penting, seperti kalsium, fosfor, magnesium, iodium, zink, dan selenium. Asupan protein, vitamin, dan mineral harian anak akan tercukupi sampai 6% dengan 2 kotak susu UHT mini ini.

Frisian Flag Junio Plain tidak mengandung tambahan gula dalam komposisinya. Kandungan gulanya hanya berasal dari gula susu. Namun, jika Mommies ingin rasa lain untuk si kecil, susu UHT mini ini memiliki pilihan rasa lain, seperti stroberi, cokelat, dan pisang.

Harga Rp. 2.500-3.000

Ultra Mimi Kids

Ultra Mimi produk PT Ultrajaya Milk Industri ini memiliki komitmen mendukung penuh pertumbuhan anak, memperkuat tulang dan gigi, membantu regenerasi sel, dan meningkatkan daya tahan tubuh. Susu UHT mini ini memiliki kandungan berbagai macam vitamin,mineral, dan juga kalsium. Nutrisinya cukup lengkap dan seimbang bagi anak dalam masa pertumbuhan.

Pengemasan susu UHT mini ini sangat baik, yakni terdiri atas 6 lapisan karton, berupa polyethylene plastic, alumunium foil, dan kertas agar terlindungi dari sinar UV dan udara sebagai perantara bakteri yang dapat mengontaminasi susu.

Susu UHT mini dengan isi 125 ml ini memiliki 4 varian rasa, yakni fullcream, strawberry, chocolate, vanilla. Tak hanya di marketplace, Mommies bisa menjumpai susu ini di warung-warung terdekat. Jangan lupa untuk segera dihabiskan setelah dibuka. Atau, bisa juga disimpan di dalam kulkas (daya tahan 3 hari).

Harga Rp. 2.500-3.000

Dancow FortiGro UHT

Susu UHT mini produksi Nestle Indonesia ini cukup sering kita jumpai di supermarket, yakni Dancow Fortigro UHT. Selain protein, vitamin, dan mineral, susu UHT mini ini juga diperkaya dengan minyak ikan lho. Tentu kita tahu bahwa minyak ikan sangat bermanfaat untuk anak guna memenuhi kebutuhan omega 3. Tak hanya itu, dengan kandungan omega 6, yang berperan penting terhadap perkembangan otak, susu UHT ini sangat cocok untuk anak yang sedang aktif-aktifnya belajar di sekolah. Selain itu, omega 6 juga berfungsi untuk memelihara kulit, rambut, dan tulang agar tetap sehat. Perpaduan antara omega 3 dan omega 6 yang seimbang akan menjadikan anak lebih berenergi ya, Moms.

Satu kotak susu UHT mini ini berisi 110 ml yang diformulasikan untuk anak usia 6-12 tahun. Terdapat dua rasa sebagai pilihan, yakni cokelat dan stroberi. Mommies bisa menjadikan susu ini UHT ini sebagai bekal anak ke sekolah.

Harga Rp. 2.500-3.000

Greenfields UHT Kemasan Kecil

Greenfields UHT kemasan 125 ml ini dikhususkan bagi anak-anak. Ukurannya pas, sesuai dengan porsi mereka. Susu UHT mini ini mengandung mineral, Vitamin A, D3, B1, B2, dan B12, sumber fosfor, dan kalsium yang sangat bermanfaat bagi tumbuh kebang anak. Terdapat 3 rasa pilihan, yakni full cream, stroberi, dan choco malt.

Susu UHT Greenfields kemasan mini terbuat dari 100% susu sapi segar tanpa penambahan bahan lain sehingga membuat susu ini terasa lebih gurih dan disukai anak-anak. Tak heran jika susu UHT ini lebih mahal dibandingkan merek lainnya. Selain itu, tak ada penambahan pemanis buatan, hanya menggunakan pemanis alami. Namun, jika Mommies ingin mengurangi asupan gula untuk si kecil, bisa pilih yang varian full cream ya.

Harga Rp. 3.000-5.000

Indomilk UHT Kids

Susu UHT mini produksi PT Indolakto ini memiliki isi 115 ml per kotak. Terdapat beberapa varian rasa, yakni full cream, vanila, cokelat, dan stroberi. Susu Indomilk UHT Kids ini sangat mudah dijumpai di berbagai minimarket maupun supermarket. Mommies juga dapat membelinya secara online di marketplace favorit.

Tak kalah dengan susu UHT mini lainnya, Indomilk juga memiliki kandungan nutrisi yang lengkap, seperti berbagai macam vitamin, mineral, dan protein. Susu UHT ini juga dilengkapi dengan prebiotik yang baik untuk pencernaan anak. Kandungan karotenoid dalam Indomilk UHT Kids dapat melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas pemicu kanker. Menarik ya, Moms!

Harga Rp. 2.500-3.000
From our editorial team

Susu UHT membantu pertumbuhan anak kesayangan

Pertumbuhan anak bisa maksimal dengan asupan gizi yang baik. Jika kesulitan untuk mengawasi pola makan sehari-hari, tak ada salahnya memanfaatkan UHT sebagai sarana untuk memenuhi nutrisi dan membantu memastikan pertumbuhan anak tetap baik.