10 Rekomendasi Teropong Murah untuk Berbagai Jenis  Aktivitas dan Profesi (2021)

10 Rekomendasi Teropong Murah untuk Berbagai Jenis Aktivitas dan Profesi (2021)

Teropong adalah salah satu alat untuk melihat objek dari jarak jauh yang mesti dimiliki oleh beberapa profesi seperti penjaga pantai. Selain bisa membantu tugas penjaga pantai, teropong juga bisa digunakan untuk keperluan outdoor. lainnya. Cek rekomendasi teropong murah berikut untuk berbagai aktivitasmu!

Selain Bisa Berenang, Penjaga Pantai juga Harus Punya Peralatan Memadai

Sumber gambar medialampung.co.id

Penjaga pantai atau lifeguard adalah salah satu profesi yang penting di kawasan pantai, danau, kolam renang atau kawasan perairan lainnya. Lifeguard bertugas mengawasi perenang dan pengunjung yang datang dan selalu sedia dalam menyelamatkan dan juga memberi perawatan jika sesuatu terjadi pada mereka. Agar bisa menjalankan tugasnya dengan baik tentunya lifeguard tidak hanya harus memiliki kemampuan berenang saja tetapi juga memiliki peralatan yang lengkap.

Ada beberapa peralatan yang mesti dimiliki seperti peralatan medis dan juga peralatan penyelamatan seperti pelampung, teropong, dan lainnya. Dengan memiliki peralatan yang memadai tentunya akan lebih mudah bagi penjaga untuk melakukan patroli dan menyelamatkan seseorang jika terjadi kecelakaan di air.

Perlengkapan Penting Penjaga Pantai yang Mesti Kamu Ketahui

Papan Pelampung Torpedo

Sumber gambar www.pescasub.es

Ada beberapa peralatan penting yang harus dimiliki oleh penjaga pantai. Salah satunya adalah pelampung torpedo atau pelampung derek. Pelampung ini digunakan dengan cara ditarik atau diderek dengan menggunakan tali. Jenis pelampung ini biasanya digunakan di perairan terbuka dan bentuknya ramping menyerupai torpedo. Selain itu, pelampung ini juga dilengkapi dengan 3 hingga 6 buah stang antiselip yang bergerigi dan bergelombang sehingga mudah dipegang dan tidak licin. Jenis pelampung ini bisa digunakan untuk menopang bobot korban kecelakaan di laut dan mempermudah penjaga pantai untuk memberikan pertolongan.

Tabung Oksigen

Sumber gambar www.amazon.ae

Kecelakaan bisa terjadi di mana saja termasuk di daerah perairan seperti laut atau pantai. Sangat penting untuk lifeguard memiliki peralatan seperti tabung oksigen yang biasa digunakan dalam keadaan darurat. Tabung oksigen darurat bisa digunakan untuk membantu korban yang mengalami kesulitan bernafas atau setelah tenggelam. Peralatan ini bisa sangat membantu jika keadaan darurat namun harus tetap digunakan dan dibawa dengan sangat hati-hati karena tabung berada di bawah tekanan tinggi.

Jaket Penyelamat

Sumber gambar hargaapar.com

Lifejacket atau jaket keselamatan juga menjadi salah satu peralatan penting yang tidak boleh dilewatkan oleh penjaga pantai. Jaket yang biasanya terbuat dari kain poliester ini dapat membuat seseorang tetap mengapung di air. Selain itu, lifejacket juga dilengkapi dengan peluit dan lampu darurat yang dapat membantu menarik perhatian jika seseorang tenggelam atau berada di perairan. Karena fungsinya yang vital pelampung renang ini juga kerap digunakan oleh mereka yang menaiki kendaraan air seperti kapal laut sehingga bisa mencegah tenggelam saat terjadi kecelakaan atau hal yang tidak diinginkan di laut.

Teropong

Sumber gambar www.amazon.com

Peralatan lainnya yang bisa mendukung tugas penjaga pantai adalah teropong. Teropong bisa digunakan untuk mengawasi para wisatawan yang sedang menikmati pantai atau perairan sekitar sehingga jika terjadi kecelakaan, petugas akan lebih mudah mengetahui posisi korban dan bisa memberikan pertolongan dengan cepat.

Teropong penjaga pantai biasanya dibuat dengan material yang kuat dan bisa digunakan untuk melihat dengan jarak yang cukup jauh. Bentuknya cukup ramping dan kecil sehingga mudah dibawa atau dimasukkan ke dalam saku atau tas. Dengan menggunakan teropong, petugas juga bisa mengetahui jika terdapat bahaya di pantai misalnya ombak besar atau hal lainnya sehingga bisa mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan.

Jenis Teropong yang Kini Banyak Digunakan

Teropong Bintang

Sumber gambar www.bobvila.com

Tidak hanya teropong milik penjaga pantai, ada beberapa jenis teropong yang biasa digunakan. Salah satunya adalah teropong bintang. Teropong bintang biasanya digunakan dalam dunia astronomi atau mereka yang ingin melihat benda langit secara langsung. Perangkat teropong bintang dimanfaatkan oleh para astronom untuk melihat benda angkasa yang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang atau digunakan untuk tujuan tertentu seperti menemukan planet baru.

Teropong bintang atau teleskop dilengkapi dengan dua buah lensa cembung yang merupakan lensa objektif yang berada di bagian depan. Lensa ini dapat menerima cahaya langsung dari objek yang diteruskan pada lensa okuler yang dekat dengan pengamat. Hasil bayangan dari teropong bintang adalah terbalik dan tidak tegak lurus tapi hal tersebut tidak mengapa karena biasanya objek atau benda langit seperti planet berbentuk bulat sehingga tidak masalah jika dilihat secara terbalik.

Teropong Panggung

Sumber gambar www.fisikabc.com

Kamu tidak hanya bisa mengamati benda langit dengan teropong bintang. Jenis teropong satu ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan teropong bintang. Teropong panggung yang juga dikenal dengan teropong Galilei ini memiliki lensa pembalik sehingga ukurannya cukup panjang. Teropong ini memiliki 2 buah lensa yakni lensa objektif atau lensa cembung dan lensa okuler atau lensa cekung. Saat ini teropong panggung banyak digunakan untuk melihat hal-hal yang terletak di jarak yang jauh. Teropong ini juga banyak dijual di pasaran bahkan biasa digunakan sebagai mainan anak-anak.

Teropong Prisma / Teropong Binocular

Sumber gambar www.amazon.com

Sesuai dengan namanya, teropong prisma adalah teropong yang memiliki dua pasang lensa prisma kaca siku-siku sama kaki dan juga lensa cembung yang berfungsi sebagai lensa objektif dan lensa okuler. Alat ini biasanya digunakan untuk melihat benda yang jauh namun memiliki bayangan yang tidak terbalik. Teropong prisma juga sering disebut teropong binokuler karena memiliki dua buah lensa okuler dan karena pengamat bisa melihatnya dengan menggunakan dua mata. Bayangan yang dihasilkan oleh teropong ini adalah bayangan tiga dimensi atau stereokopis.

Teropong Bumi (Terestrial)

Sumber gambar www.fisikabc.com

Jenis teropong lainnya yang juga kerap digunakan adalah teropong bumi. Teropong bumi atau teropong medan adalah teropong yang digunakan untuk mengamati benda-benda yang jauh berada di permukaan bumi. Alat ini biasanya digunakan oleh mereka yang berprofesi atau bekerja di laut seperti nahkoda kapal, angkatan laut, penjaga pantai dan lainnya. Teropong ini juga bisa digunakan untuk memantau keadaan di darat termasuk untuk mengamati struktur permukaan bumi termasuk perbukitan, pegunungan, dan lainnya. Bayangan yang dihasilkan oleh teropong bumi tidak terbalik seperti pada teropong bintang sehingga pengamat bisa mendapatkan hasil penglihatan yang lebih jelas.

Rekomendasi Teropong Murah untuk Berbagai Jenis Pekerjaan

Taffsport Prime Teropong Monokular

TaffSPORT Prime Teropong Monocular Focus Zoom Lens Telescope bisa jadi pilihan kalau kamu sedang mencari teropong murah dengan kualitas yang bagus. Teropong ini dilengkapi dengan fitur siang dan malam sehingga kamu bisa melihat di siang hari maupun di malam hari dengan jelas. Fitur fokusnya bisa membuat kamu melihat benda dalam jarak yang jauh. Lensa yang digunakan dalam teropong ini juga merupakan lensa berkualitas sehingga meskipun harganya murah kamu tetap bisa melihat hasil gambar yang jernih dan jelas. Teropong ini juga dilengkapi dengan tas penyimpanan sehingga mudah dibawa kemana saja.

Harga Rp. 62.100-79.999

Bushnell Binocular 10x25

Teropong Binocular Bushnell 10x25 ini juga bisa jadi pilihan yang tepat untuk melihat benda dari jarak yang jauh. Teropong ini memiliki dua sisi lensa kecil dan besar. Pastikan kamu menggunakan lensa yang kecil di bagian mata bukan dengan menggunakan lensa yang berukuran besar karena hasil ukuran gambar bisa terbalik.

Teropong ini juga dilengkapi dengan pengaturan plus minus untuk mengatur fokus lensa. Teknologi wide view angle pada teropong ini memungkinkan kamu tetap nyaman saat menggunakannya dan memberikan pandangan yang lebih luas dibandingkan teropong sejenis. Teropong ini bisa digunakan untuk melihat benda dengan jarak yang jauh sekitar 125 hingga 1.000 meter. Meskipun kecil, jangan remehkan kemampuan teropong ini ya!

Harga Rp. 225.000-244.000

Sakura Binoculars HD Night Vision 30x60

Teropong Sakura Binoculars Hd Night Vision adalah teropong binokuler dengan material lapisan karet yang kokoh dan tangguh serta memiliki lensa antirefleksi, cocok untuk kamu yang hobi berpetualang. Dengan fitur perbesarannya, kamu bisa melihat objek dari jauh dengan lebih jelas. Lensa teropong ini menggunakan lensa anti refleksi sehingga mata akan lebih nyaman dan sinar matahari maupun lampu tidak akan menggangu pandangan.

Bagian luarnya dilapisi dengan rubber coating anti slip yang membuatnya lebih kokoh dan tidak mudah rusak saat dibawa berpetualang. Teropong dengan ukuran 30x60 ini cocok digunakan di malam hari dan juga bisa digunakan untuk kamu yang suka menonton konser.

Harga Rp. 70.000-119.000

Canon 40x60 Teropong Binocular

Canon adalah salah satu perusahaan kamera terkenal dan teropong keluaran perusahaan ini juga jelas tidak diragukan lagi kualitasnya. Canon 40x60 Binocular ini adalah teropong dengan satu mata lensa dengan fokus objek jarak jauh. Dibekali dengan teknologi Optick Vixion, teropong ini memiliki jarak pandang yang peka dan memiliki fokus pada titik sasaran yang tepat sehingga menghasilkan gambar yang jelas dan cerah.

Desainnya yang ringkas dan ringan membuatnya sangat nyaman dibawa saat berpetualang atau saat memanjat gunung, hiking, mengamati burung atau kegiatan outdoor lainnya. Fungsi zoom pada teropong ini cukup maksimal dan terdapat pula optik multi lapis yang menjamin kecerahan dan transmisi cahaya yang superior. Dengan perbesaran 10 kali, tentunya kamu bisa mengamati objek dari jarak jauh dengan jelas dan tanpa gangguan.

Harga Rp. 168.800-259.000

Teropong Binoculars Waterproof Canon 8 X 40

Kalau kamu sering beraktivitas di luar ruangan terutama yang berhubungan dengan air, kamu bisa pilih teropong Binocular Waterproof Canon 8x40 ini. Teropong ini bisa digunakan untuk mereka yang sangat serius melakukan kegiatan di luar ruangan seperti mendaki gunung, memancing, hiking dan lainnya. Teropong ini mampu membesarkan objek hingga 8 kali lipat dan memiliki lensa objektif sebesar 40 mm.

Dengan lensa yang berkualitas, teropong ini bisa menjangkau jarak pandang hingga 1000 meter dan memberikan hasil yang lebih jelas. Dilengkapi juga dengan penutup lensa depan dan belakang serta tas untuk menyimpan teropong saat tidak digunakan.

Harga Rp. 338.000-363.600

Teropong Nikon NIK Zoom 10-30X50

Teropong Nikon/NIK Zoom 10-30x50 ini juga bisa jadi pilihan kalau kamu gemar berpetualang. Teropong keluaran Nikon ini berwarna hitam dan memiliki diameter lensa depan dengan ukuran sekitar 6 cm dan lensa belakang dengan ukuran 4 cm. Perangkat ini cukup ringkas dengan ukuran panjang 19 cm dan lebar saat dibuka sekitar 17,5 cm. Saat membeli teropong ini kamu juga akan mendapatkan sarung teropong, pembersih lensa, dan kemasan dus. Soal kualitas tentunya tidak perlu dipertanyakan lagi karena Nikon merupakan pabrik pembuat lensa terkenal dan sudah diakui sebagai salah satu yang terbaik di dunia.

Harga Rp. 360.000-485.000

Xiaomi Star Trang Celestron Bintang Astronomical

Siapa sangka jika merek asal negeri tirai bambu, Xiaomi juga punya perangkat teropong yang bisa kamu andalkan untuk melihat benda langit atau benda dengan jarak yang sangat jauh. Xiaomi Star Trang Celeston adalah teropong bintang astronomi dengan model SCTW-70 yang berbentuk ringkas dan bisa dibawa ke mana pun kamu berpetualang.

Dengan lensa objektif yang memiliki empat sisi film hijau, teropong Xiaomi ini dapat memberikan gambar atau bayangan yang lebih jelas. Kamu bisa menggunakan teropong ini baik di siang hari maupun malam hari. Dibuat dari bahan baku AZ Theodolite, teropong bintang ini ini cukup kokoh dan mudah dipasang, kamu juga tidak perlu banyak bracket untuk menggunakan teropong ini.

Untuk memudahkan pengaturan jangkauan dan fokus, perangkat ini juga dilengkapi dengan jendela skala presisi dengan fixed point graduation. Canggihnya, teropong bintang ini juga bisa mendukung live view dengan menghubungkannya pada smartphone. Menarik bukan?

Harga Rp. 1.192.000-1.288.210

Teropong Papillon 7x50 mm

TLP Papillon HQ Militer Navy Sport 7x500l mm juga bisa kamu gunakan untuk berpetualang di medan yang cukup menantang. Teropong ini terbuat dari bahan yang berkualitas dan waterproof sehingga kamu tidak perlu takut jika teropong ini terkena air. Perangkat ini menjadi perlengkapan wajib untuk mereka yang bekerja di atas kapal laut. Dilengkapi dengan kaca UV filter, teropong ini dapat meminimalkan pantulan cahaya matahari sehingga gambar yang dihasilkan lebih jernih dan stabil. Soal perbesaran, teropong dengan diameter lensa 50 mm ini bisa memperbesar objek hingga 7 kali ukuran aslinya sehingga kamu juga bisa melihat benda dari jarak yang cukup jauh.

Harga Rp. 450.000-450.000

Teropong Binoculars Night Scope 4x30mm

Berpetualang di malam hari memang seru tetapi jangan lupa untuk membawa perlengkapan seperti teropong yang satu ini. Teropong Binoculars Night Scope 4x30mm 2ith Pop-up Light Night Vision ini adalah teropong night scope yang bisa digunakan dalam keadaan gelap. Itu berarti kamu bisa melihat dalam keadaan gelap dengan menggunakan teropong ini. Terdapat juga lampu dengan cahaya hijau yang dapat memantul hingga 25 kaki untuk membantu melihat di kegelapan. Kamu hanya perlu 2 buah baterai AAA untuk menyalakan teropong dengan dimensi 11 x 10,5 ini.

Harga Rp. 33.000-50.000

Teropong Panda 40x60 Zoom Monocular Waterproof

Kamu yang hobi travelling atau kemping harus punya peralatan yang satu ini. Teropong Panda 40 x 60 ini adalah teropong monocular dengan lensa Bak4 Genuine yang nyaman dan tidak melukai mata meski digunakan dalam waktu yang cukup lama. Teropong ini juga dilengkapi dengan tripod dan juga remote shutter yang memudahkan penggunaan.

Kamu tidak perlu susah-susah mengabadikan foto atau video dari jarak jauh. Tidak hanya nyaman digunakan, produk ini juga dilengkapi dengan cover lensa yang mencegah benturan atau debu yang bisa menempel pada lensa. Tak perlu khawatir terkena air karena teropong dengan jangkauan hingga 9500 m ini dilapisi material waterproof sehingga aman jika terkena air. Hadir dengan tas penyimpanan yang bisa digunakan untuk membawa teropong ini ke mana saja selama kamu bepergian.

Harga Rp. 128.000-150.000
From our editorial team

Pilih Teropong dengan Kualitas yang Mumpuni

Jika kamu membutuhkan teropong dalam pekerjaanmu atau membutuhkan teropong untuk kegiatan di luar ruangan, kamu bisa pilih teropong berkualitas. Sebelum membeli pertimbangkan terlebih dahulu bujet yang kamu miliki dan jangan hanya memilih teropong karena harganya terlalu murah. Pertimbangkan terlebih dahulu spesifikasi teropong sebelum memutuskan untuk membelinya.

Tag