Sudah Siap Naik Gunung? Yuk, Gunakan 10 Rekomendasi Tenda Camping Berkualitas dengan Harga Terjangkau (2020)

Sudah Siap Naik Gunung? Yuk, Gunakan 10 Rekomendasi Tenda Camping Berkualitas dengan Harga Terjangkau (2020)

Sumber gambar pixabay.com

Kegiatan naik gunung dan berkemah adalah bagian dari kegiatan outdoor yang sangat menyenangkan. Sebelum pergi, cek dulu berbagai perlengkapan kempingnya, termasuk tenda yang harus kamu bawa. Kali ini, BP-Guide punya rekomendasi tenda kemping yang wajib kamu miliki, nih. Yuk, cek dulu!

Salah Satu Benda yang Wajib Kamu Bawa ketika Berpetualang di Alam atau Mendaki Gunung adalah Tenda

Apakah kamu seorang traveler yang gemar menyatu dengan alam? Sudah sepatutnya kamu memiliki tenda untuk beristirahat kala berpetualang. Tenda sangat diperlukan bagi kamu yang suka hiking dan camping, sebab barang ini berguna sebagai rumah di alam liar. Dengan menggunakan tenda, kamu akan terlindung dari suhu dingin dan hewan berbahaya kala tengah beristirahat.

Beberapa Jenis Tenda yang Harus Kamu Ketahui

Tenda Kubah (Dome)

Sebelum membeli tenda untuk camping, kamu perlu mengenal berbagai jenis tenda di pasaran. Jenis tenda yang pertama adalah tenda kubah atau dome. Tenda ini memilki bentuk melengkung pada tiang-tiang penyangganya.

Tenda dome biasanya dilengkapi dengan alas pada bagian luar yang memastikan keamanan dan kenyamanan penggunanya di musim hujan. Menjadi salah satu tenda yang paling banyak digunakan, tenda dome kerap dipilih karena mudah dan cepat didirikan. Bahannya pun ringan dan ringkas, sehingga lebih mudah dibawa bepergian.

Tenda Kubah Pop-up

Bagi yang merasa kesulitan membangun tenda sendiri, tenda kubah pop-up alias pop-up dome adalah solusinya. Untuk mendirikannya, tenda ini cukup dibuka dan akan berdiri dengan sendirinya dalam beberapa detik.

Jenis tenda ini sering digunakan oleh traveler modern yang menyukai tenda praktis. Kelemahan tenda ini terletak pada harganya yang cukup mahal serta umumnya hanya berkapasitas 2 orang.

Tenda Tunnel

Sumber gambar https://shopee.co.id/

Kegiatan outdoor seperti berkemah tentu lebih menyenangkan bila dilakukan beramai-ramai. Agar suasana malam lebih akrab dan kompak, tenda tunnel bisa menjadi pilihan untuk beristirahat. Tenda ini memiliki detail bagian tengah yang lebih tinggi daripada bagian tepi.

Dalam pemasangannya, tenda ini memakan waktu yang lebih lama dan membutuhkan lebih banyak orang. Tiang penyangga yang digunakan akan membentuk struktur terowongan yang panjang. Meski memiliki kesan terbuka, tenda ini baik digunakan untuk camping di alam bersama teman-teman.

Tenda Inflatable (Udara)

Jenis tenda berikutnya adalah tenda inflatable atau tenda udara. Tenda unik ini tidak memerlukan tiang untung mendirikannya. Cukup dengan memompa atau memberikan angin ke dalam panel berongga, maka tenda akan memiliki struktur kaku dan siap ditempati.

Selain mudah dan praktis, tenda ini juga menghadirkan ruang yang luas. Kekurangan dari tenda ini terletak pada bobotnya yang berat, sehingga jarang digunakan untuk petualangan ekstrem. Harganya pun tergolong mahal dan cukup sulit menemukan ukuran yang sangat besar.

Tenda Ridge

Tenda ridge adalah jenis tenda berikutnya yang memiliki gaya klasik. Desainnya yang kokoh membuat tenda ini banyak disukai. Namun, tenda ini memiliki bobot yang lebih berat dan mengurangi ruang penyimpanan karena dindingnya yang miring.

Dalam pemasangannya, tenda yang sering digunakan di bangku sekolah ini menggunakan tali dan tiang yang kokoh. Dengan demikian, tenda ridge tetap stabil meski diterpa angin kencang. Tenda ridge biasanya mampu menampung 11-13 orang.

Cara Mencuci dan Merawat Tenda agar Awet

Dirikan Kembali Tenda saat akan Dibersihkan

Agar tenda tetap awet, ada beberapa perawatan yang perlu dilakukan. Pertama, jangan lupa untuk mendirikan kembali tenda saat akan dibersihkan. Cara ini dimaksudkan untuk mengetahui bagian yang kotor dan perlu pembersihan ekstra.

Mendirikan tenda saat akan dibersihkan juga berguna untuk memastikan bahwa tak ada barang yang tertinggal di dalamnya. Bagian yang berlubang juga bisa segera diketahui dan ditambal. Dalam mendirikan tenda sebelum membersihkannya tidak perlu memasang pasak dan tali pancang, cukup pastikan bahwa frame terpasang di tempatnya.

Miringkan Tenda untuk Mengeluarkan Kotoran

Saat membersihkan tenda, pastikan bahwa pintu tenda dalam posisi terbuka. Kemudian, miringkan tenda dengan posisi pintu berada di bawah. Posisi ini membuat kotoran yang berada di dalam dapat keluar dengan mudah. Untuk memastikan tak ada lagi kotoran yang tersisa di dalamnya, kamu bisa menepuk pelan bagian luar tenda agar sisa kotoran dapat terdorong keluar.

Cuci Tenda dengan Air Bersih

Setelah tenda benar-benar bersih dari kotoran, langkah berikutnya adalah mencucinya dengan air bersih. Semprotkan air pada bagian luar tenda dengan menggunakan tekanan rendah agar tidak merusak jahitan dan memastikan debu yang menempel dapat turun dengan sendirinya.

Selanjutnya, lap bagian dalam tenda dengan menggunakan lap basah yang telah diperas sebelumnya. Gosok perlahan, sehingga tidak merusak materialnya. Dalam mencuci tenda tidak disarankan menggunakan sabun, karena sabun berisiko merusak bahan tenda yang sensitif terhadap bahan kimia.

Keringkan dengan Cara Diangin-anginkan

Untuk mengeringkan tenda bisa dilakukan dengan cara diangin-anginkan. Hindari menjemur tenda atau menghadapkan tenda langsung pada sinar matahari. Hal ini dapat membuat bahan tenda menjadi rusak. Jemur tenda di tempat yang teduh sambil memastikan tak ada air yang menggenang pada tenda.

Bersihkan Pelengkap Utama Tenda

Perlengkapan lain pada tenda juga perlu dibersihkan untuk menjaga keawetannya. Apabila tenda sudah kering, lepaskan frame dan bersihkan dengan cara menyikatnya.

Bersihkan pula pasak dan periksa apakah ada yang bengkok atau tidak. Pasak yang bengkok bisa diluruskan dengan cara dipukul-pukul ringan. Sementara tali pancangya bisa dibersihkan dengan air dan disikat dengan sikat gigi jika ada noda membandel.

Simpan dengan Benar di Tempat yang Kering dan Sejuk

Tak hanya membersihkan, penyimpanan juga menentukan keawetan tenda. Pastikan bahwa tenda benar-benar kering sebelum dilipat. Lipat tenda tanpa tekanan agar bahannya tidak mudah tertekuk dan lebih awet. Kemudian simpan di tempat yang kering agar tidak ditumbuhi jamur.

Frame tenda bisa disimpan dengan posisi horizontal agar tidak ada bagian yang tertekuk. Kemudian, keringkan pula pasak sebelum disimpan agar terhindar dari karat. Pastikan semua perlengkapan tenda sudah lengkap agar tak kebingungan mencari ketika hendak digunakan.

Camping Seru dengan 10 Rekomendasi Tenda Terbaik

Eiger Senaru 2P Tent

Rekomendasi tenda camping yang pertama adalah Eiger Senaru 2P Tent. Produk keluaran Eiger ini terbuat dari rangka duraluminium yang mudah dipasang. Berkapasitas 2 orang, tenda ini cocok digunakan untuk camping maupun hiking.

Didesain ideal, produk ini hadir dengan ukuran (60+140+60) x 150 cm x 100 cm. Tersedia pula satu akses pintu masuk dan mesh untuk ventilasi. Praktis dan ringkas, tenda ini bisa disimpan dengan mudah di dalam carry bag jika tidak digunakan.

Harga Rp. 1.018.500-1.500.000

Eiger Stover 4P Tent - Red

Eiger Stover 4P Tent - Red adalah tenda camping dari Eiger berikutnya yang direkomendasikan. Produk ini memiliki kapasitas 4 orang, sehingga cocok digunakan bagi yang menyukai kemah beramai-ramai. Bagian inner-nya memiliki ukuran yang luas, yaitu (240+80) x 210 cm x 130 cm.

Tenda ini hadir dengan rangka duraluminium yang mudah dipasang. Tersedia satu akses pintu masuk serta mesh sebagai ventilasi, sehingga sirkulasi udara lebih lancar. Produk keluaran Eiger ini mudah dilipat dan disimpan di dalam carry bag jika tidak digunakan.

Harga Rp. 2.376.500-2.450.000

Kloken Pop Up Tent

Berkemah bersama keluarga memang menjadi salah satu cara tepat untuk menghabiskan waktu liburan. Bagi yang tertarik berkemah bersama keluarga, Kloken Pop Up Tent adalah tenda yang tepat dipilih. Tenda ini hadir dengan ukuran yang luas, yaitu 250 x 148 x 110 cm.

Ada 2 pintu dan 2 jendela yang memudahkan mobilisasi dan sirkulasi udara. Aman dan nyaman untuk kegiatan outdoor, tenda yang tahan air ini juga dilengkapi dengan jaring serangga di setiap jendela dan pintunya. Produk ini juga memiliki 2 kantong untuk menyimpan handphone, dompet, dan barang lainnya.

Harga Rp. 490.000-912.000

Hui Lingyang Throw pop up tent

Produk berikutnya adalah Hui Lingyang Throw pop up tent yang bisa digunakan 5-6 orang. Tenda ini terbuat dari kain nilon dengan frame berbahan fiberglass yang kuat dan mudah dipasang.

Ukurannya yang luas membuat tenda ini bisa dibagi menjadi 2 bagian, yaitu kamar tidur dan ruang tamu. Tahan air dari luar maupun bagian bawah, tenda ini nyaman dan aman digunakan pada musim apa pun.

Harga Rp. 3.243.000-5.880.000

Consina Tunnel 4

Consina memang dikenal sebagai salah satu produsen peralatan outdor yang populer di kalangan traveler. Bagi yang tengah mencari tenda dengan kapasitas besar, Consina Tunnel 4 bisa menjadi pilihan. Tenda ini hadir dengan kapasitas 4-6 orang.

Consina Tunnel 4 memiliki ukuran yang luas, yaitu 450 x 210 x 125 cm. Dengan ukuran tersebut, tenda ini bisa dibagi menjadi dua bagian kamar. Terbuat dari material poliester dengan lantai berbahan PE membuat tenda ini nyaman digunakan.

Harga Rp. 2.010.000-4.200.000

Naturehike Opalus NH19L001-B 210T

Tenda camping berikutnya yang direkomendasikan adalah Naturehike Opalus NH19L001-B 210T. Tenda ini terbuat dari bahan 210T polyester kotak-kotak yang tahan air.

Sementara itu frame-nya terbuat dari 7001 aluminium yang kuat dan mudah dipasang. Produk ini dilengkapi dengan B3 mesh untuk ventilasi udara. Setiap pembelian tenda ini dibekali dengan 20 buah pasak dan 14 buah tali angin.

Harga Rp. 1.970.000-2.225.000

Eiger Flash 2P Tent - Blue

Eiger Flash 2P Tent - Blue adalah tenda yang cocok digunakan untuk camping bersama pasangan. Tenda keluaran Eiger ini memiliki kapasitas 2 orang saja. Terbuat dari material poliester, tenda ini semakin kuat dengan rangka aluminium.

Tenda ini memiliki satu akses pintu dan mesh untuk kelancaran sirkulasi udara. Dilengkapi dengan lantai berbahan Oxford fabric PU yang tahan air membuat tenda ini semakin nyaman digunakan. Ringkas dan praktis, tenda ini bisa disimpan dengan mudah di dalam carry bag apabila tidak digunakan.

Harga Rp. 1.599.000

ARei Outdoorgear Tenda Camping Eliot

Tak hanya tahan air, tenda perlu memiliki desain yang memudahkan sirkulasi udara untuk menunjang kenyamanan. Salah satu tenda yang direkomendasikan adalah ARei Outdoorgear Tenda Camping Eliot.

Produk ini terbuat dari breathable polyester di bagian dalam, sedangkan bagian luarnya terbuat dari waterproof coating PU. Tenda camping dari Elliot ini diperkuat dengan frame berbahan fiber glass dengan lantai PE yang nyaman. Produk ini hadir dengan ukuran 200 x 200 x 125 cm berkapasitas 4 orang.

Harga Rp. 599.000

Tenda Hexagonal Inflatable Naturehike NH20TM002

Produk berikutnya adalah Tenda Hexagonal Inflatable Naturehike NH20TM002 yang merupakan keluaran Naturehike. Tenda ini cocok digunakan bagi para traveler yang gemar camping beramai-ramai. Hadir dengan ukuran 380 x 329 x 220 cm, tenda ini berkapasitas 5-8 orang.

Tenda ini terbuat dari bahan poliester dengan lapisan perak poliester yang tahan air di bagian luar. Lantai atau bagian dasarnya terbuat dari kain oxford yang tahan air untuk memastikan kenyamanan. Setiap pembelian tenda ini dibekali dengan inflator, 6 tali angin, dan 12 pasak.

Harga Rp. 5.133.000-6.039.000

Tenda Pramuka 3x4 m

Rekomendasi tenda camping yang terakhir adalah Tenda Pramuka 3x4 m. Tenda ini hadir dengan ukuran 300 x 400 x 175 cm yang muat untuk 12 orang.

Tenda yang kerap digunakan untuk berkemah anggota Pramuka ini terbuat dari bahan parasut yang tahan air. Produk ini tersedia dalam beberapa warna, antara lain biru dongker, hijau, krem, dan pink.

Harga Rp. 520.000-884.000
From our editorial team

Pilih Ukuran Tenda Sesuai Kebutuhan

Ada banyak pilihan tenda yang bisa kamu pilih sesuai kapasitas yang kamu butuhkan. Untuk tenda ukuran kecil hanya bisa digunakan oleh maksimal dua orang dewasa, sedangkan jika tenda akan digunakan untuk satu keluarga dengan dua orang dewasa dan dua anak-anak, maka kamu membutuhkan tenda yang lebih luas lagi. Segera pilih tenda yang sesuai kebutuhanmu, ya!