Kegiatan Berkemah Lebih Seru dan Aman dengan 10 Rekomendasi Tenda Terbaik 2020 Ini

Kegiatan Berkemah Lebih Seru dan Aman dengan 10 Rekomendasi Tenda Terbaik 2020 Ini

Berkemah memang jadi kegiatan yang banyak disukai belakangan ini. Namun, tahukah kamu bahwa ada banyak manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan dari hobi yang satu ini? Simak manfaat kesehatannya bersama kami. Selain itu, cek juga cara memilih tenda terbaik untuk mendukung hobi berkemah kamu, ya!

Berkemah Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan, Loh!

Berkemah atau yang kerap kita sebut kamping memang bukan kegiatan yang asing bagi kita. Sejak kecil mungkin beberapa dari kita sudah akrab dengan kegiatan yang satu ini karena sekolah pasti memiliki program berkemah. Bagi para remaja dan dewasa, berkemah bisa jadi hobi yang asyik apalagi jika dilakukan bersama keluarga atau bersama dengan teman-teman.

Kegiatan bermalam di alam bebas dan tidur dalam tenda memiliki sederet manfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah bisa mengembalikan ritme pola tidur kita. Dengan berkemah selama satu minggu maka bisa mengembalikan ritme sirkadian yang terganggu. Kadar melatonin dalam tubuh kita naik 2 jam lebih awal ketika berkemah dibanding jika kita tidur di bawah cahaya buatan seperti di rumah. Jadwal dan pola tidur kita akan kembali normal setelah menghabiskan waktu berkemah. Tentunya ini bagus untuk kesehatan kita karena kualitas tidur dan frekuensi tidur jadi lebih teratur.

Berada di hutan atau di tengah pepohonan mampu meningkatkan jumlah sel-sel pembunuh bakteri dan virus di dalam tubuh. Ini bisa terjadi jika kita menghabiskan satu akhir minggu berkemah di alam bebas. Adanya senyawa alami yang berasal dari tumbuhan dan pohon dan udara yang kaya phytoncide membuat sistem imun kita bisa meningkat. Selain itu, ada juga penelitian yang menunjukkan bahwa menghabiskan waktu di alam selama 30 menit mampu menurunkan kadar hormon stres dan juga tekanan darah.

Berkemah juga bisa membuat kita menjauh sejenak dari rutinitas yang bikin kita jenuh. Dengan berkemah bersama keluarga dan teman maka kepenatan diri jadi berkurang. Tubuh lebih rileks dan pikiran bisa lebih fresh. Beban pikiran berkurang dan kamu jadi lebih siap menghadapi hari esok.

Saat berkemah di alam bebas, kamu akan bisa bebas menghirup udara segar. Udara hutan atau di sekitar pepohonan memiliki konsentrasi oksigen yang lebih tinggi. Hal ini bisa memperlancar sistem pernafasan dan merelaksasi diri.

Berkemah juga merupakan cara yang menyenangkan bagi kita untuk berolahraga sambil menikmati alam. Kita akan bebas dari gadget, pekerjaan, dan lain sebagainya. Kamu jadi lebih bersemangat untuk menjelajah alam dan menyadari betapa berharga dan indahnya alam sekitar kita. Ini secara alami akan meningkatkan kesehatan kita karena kita jadi bergerak aktif dan tidak hanya diam duduk dalam waktu lama.

Tips Memilih Tenda Terbaik untuk Menemani Berkemah

Pilih Ukurannya



Ketika memilih tenda, pastikan untuk memilih ukuran tenda yang sesuai. Ukuran tenda harus disesuaikan dengan jumlah orang yang akan menempati tenda dan banyaknya barang yang dibawa. Bukan hanya panjang tenda saja yang wajib diperhitungkan, namun juga lebar dan tingginya. Tenda yang luas namun kurang tinggi alias terlalu rendah bikin kita jadi kurang nyaman. Maka pastikan tendanya memiliki tinggi yang sesuai dengan kebutuhan.

Pastikan juga kapasitas tenda sesuai dengan jumlah orangnya. Jangan mengisi tenda terlalu penuh agar suhu dalam tenda tidak terlalu gerah dan tidak terlalu dingin juga. Kamu bisa mencari tenda berkapasitas 2, 4, atau bahkan 10 orang. Sesuaikan saja dengan kebutuhan kamu.

Bahan Berkualitas dan Warna Menarik

Saat memilih tenda, kamu wajib memperhatikan bahan tendanya. Pastikan bahan tendanya kokoh sehingga tidak mudah sobek saat dibawa, didirikan, atau bahkan saat ada angin kencang menerpa. Pilih tenda dengan bahan kokoh yang sekiranya bisa menahan air dan udara untuk masuk ke dalam tenda. Salah satu bahan paling diandalkan adalah bahan nilon. Bahan yang satu ini seratnya rapat sehingga makin kuat untuk menahan berbagai cuaca.

Selain bahan, kamu juga wajib memilih warna tenda. Jangan hanya memilih warna tenda berdasarkan warna favorit saja. Pertimbangkan untuk memilih tenda dengan warna cerah. Tenda warna cerah akan mudah terlihat dari jauh. Hindari memilih warna tenda yang terlalu menyatu dengan alam seperti hijau daun, cokelat, atau hitam. Ini akan bikin tenda kamu sulit dikenali.

Lapisan Tenda

Tenda juga memiliki lapisan pada bahannya. Ada dua macam lapisan yakni single layer dan double layer. Setiap jenis lapisan ini memiliki fungsi tersendiri.

Tenda dengan single layer paling cocok untuk digunakan berkemah di daerah pantai. Tenda semacam ini tipis dan kurang cocok untuk tempat yang terlalu beragin. Meski tendanya waterproof, namun tenda satu layer kurang bisa menahan cuaca dingin dan air yang terus masuk. Keunggulannya, tenda satu layer ini harganya lebih terjangkau. Selain itu, tenda juga sangat ringan dan praktis untuk dirakit.

Berikutnya, ada tenda double layer yang bisa kamu lirik jadi pilihan. Tenda semacam ini paling cocok jika kamu ingin berkemah saat cuaca sedang buruk. Dengan adanya dua layer maka maka tetesan embun akibat kondendasi dapat dihindari. Sayangnya, tenda semacam ini berat dibawa dan cukup rumit untuk didirikan jika belum terbiasa.

Perhatikan Frame dan Pasak Tenda

Frame dan pasak tenda adalah bagian penting dari tenda yang wajib diperhatikan. Makin kuat frame-nya maka tenda akan makin kokoh berdiri. Ada tenda yang memakai bahan fiber hitam sebagai frame ada juga yang memakai alumunium. Pilih yang sesuai kebutuhan kamu dan juga kemampuan keuangan kamu, ya.

Untuk pasak tendanya, sebaiknya gunakan pasak bahan besi berat. Namun, kamu bisa juga memilih pasak dari bahan aluminum karena bobotnya lebih ringan dan lebih mudah untuk diikatkan pada tali pancang.

Pertimbangkan Merek dan Harga

Ketika hendak membeli tenda, kamu bisa pertimbangkan merek. Pilih tenda dari merek kenamaan untuk memastikan kamu mendapatkan produk terbaik. Memang sih, tenda dari merek yang sudah ternama memiliki harga yang lebih mahal. Meski demikian, tenda dari merek ternama tentu kualitasnya tidak mengecewakan dan bisa digunakan dalam waktu lama karena bahannya bermutu. Ini tentu bikin kamu lebih hemat karena tidak perlu membeli tenda dalam waktu dekat secara berulang kali.

Ini Dia Pilihan Tenda Terbaik untuk Aneka Kegiatan Outdoor

Consina Breakout 10DLX

Consina Breakout 10DLX menjadi rekomendasi pertama kami. Tenda yang satu ini hadir dalam ukuran 760 x 720 x 210 cm sehingga terbilang sangat luas dan lega. Tenda ini bisa muat untuk 16 hingga 20 orang banyaknya. Produk ini terbuat dari bahan poliester dengan seam taping yang kokoh. Bagian dalamnya memiliki ruang tengah tempat berkumpul bersama. Tenda ini juga memiliki tiga ruang tidur yang nyaman. Tenda sudah dilapisi dengan bahan PU sehingga waterproof dan kamu tak perlu takut kebocoran saat hujan. Tenda ini hadir dengan warna cerah jadi tidak terasa gerah saat siang hari.

Harga Rp. 4.350.000-8.759.000

Rei R14Q 018

Rei R14Q 018 Tenda Rei merupakan rekomendasi selanjutnya untuk kamu. Produk yang satu ini hadir dalam ukuran 200 x 150 x 100 cm. Produk ini dijual lengkap meliputi tenda, frame fiber, tas, pasak, dan flusheet kecil.

Tenda yang satu ini cocok untuk digunakan oleh dua orang. Pemasangannya juga mudah sehingga tidak butuh banyak waktu dan tidak butuh banyak peralatan.

Harga Rp. 229.000-448.000

Bestway Montana X4 Tent Pavillo 68091

Bestway Montana X4 Tent Pavillo 68091 tentu menjadi tenda terbaik selanjutnya untuk kamu. Produk yang satu ini menarik untuk dimiliki karena tersedia dalam berbagai pilihan warna yang menarik untuk dimiliki. Tenda ukuran 210 cm x 240 cm x 130 cm ini bisa memuat 4 orang di dalamnya.

Tenda ini double layer jadi nyaman untuk berkemah di cuaca eksteim sekalipun. Produk ini mudah didirikan dan tidak menyita banyak waktu. Tendanya terbuat dari bahan poliester dengan lapisan bahan PU. Kamu akan aman dari angin kencang, hujan deras, dan terik matahari di dalam tenda ini.

Harga Rp. 690.000-1.000.000

Consina Magnum 5

Consina Magnum 5 adalah tenda selanjutnya yang bisa kamu lirik sebagai rekomendasi. Tenda yang satu ini dijual lengkap dengan frame fiberglass sebanyak 3 buah, pasak 15 buah, dan tali pengikat 6 buah. Ada juga tenda bagian dalam dan cover tenda yang disertakan dalam pembelian. Bagian outer-nya terbuat dari bahan poliester PU coated. Sedangkan bagian dalam tenda terbuat dari bahan poliester PA yang breathable dan nyaman.

Tenda ini bisa muat untuk 5 orang. Ada dua kantong tidur dalam tenda. Produk ini memakai cover tahan air sehingga air tidak akan merembes. Tenda ini memiliki jendela di bagian depannya. Dalam pembelian sudah lengkap dengan tas kemasannya.

Harga Rp. 1.035.000-2.250.000

Eiger Guardian 8P Tent

Eiger Guardian 8P Tent adalah tenda terbaik yang bisa kamu miliki. Produk ini hadir dengan dua ruangan bersekat. Tenda ini bisa muat hingga 8 orang. Ada 2 buah pintu masuk dengan jala anti nyamuk untuk melindungi kamu dari berbagai serangga. Panelnya dari jala dengan dua jendela besar sehingga tenda memiliki ventilasi yang bisa membuat tenda tidak sumpek.

Produk ini hadir dengan seam tape sehingga air hujan tidak akan masuk. Bagian rangka tenda terbuat dari bahan fiberglass dan baja sehingga kokoh. Saat membeli tenda berukuran 23 x 390 x 200 cm ini, kamu akan mendapat tas untuk menyimpan produk dan membawanya dengan mudah.

Harga Rp. 3.499.000-7.000.000

Cloud UP 3 Ultralight Three Men Tent

Jangan lewatkan Cloud UP 3 Ultralight Three Men Tent. Produk yang satu ini unik karena hadir dengan single frame namun ujungnya bercabang sehingga membentuk huruf Y. Dengan desain semacam ini maka bobot tenda ringan namun tetap aman dari cuaca dingin maupun panas. Kamu yang hobi traveling jangan sampai kelupaan membawa tenda yang satu ini.

Produk dilengkapi sistem ventilasi udara yang mampu menghalau serangga. Tenda untuk 3 orang ini memiliki ukuran 215 cm x 180 cm x 110 cm. Tenda ini bahannya waterproof sehingga aman digunakan dalam berbagai cuaca.

Harga Rp. 1.559.000-5.500.000

Chanodug FX 8950

Kamu bisa juga membeli Chanodug FX 8950 sebagai pilihan tenda terbaik 2020. Produk yang satu ini terbuat dari bahan kombinasi oxford dan PU yang waterproof. Tenda berukuran 550 x 300 x 198 cm ini bisa muat 20 orang. Tendanya juga cukup tinggi sehingga kita bisa beraktivitas dengan nyaman di dalamnya. Ada 3 ruangan di dalamnya sehingga bisa dibagi untuk tidur banyak orang.

Harga Rp. 2.100.000-3.148.000

Hillman Easy Tarp

Hillman Easy Tarpisa menjadi rekomendasi dari kami berikutnya. Produk yang satu ini hadir dengan bentuk fleksibel. Kamu bisa menjadikannya sebagai tenda. Selain itu, kamu juga bisa menjadikannya sebagai kanopi. Tenda dengan fitur anti UV ini sangat nyaman digunakan. Ukurannya adalah 480 cm × 480 cm × 200 cm dan memiliki bobot 5 kg. Tenda ini terbuat dari bahan poliester yang waterproof sehingga aman digunakan.

Harga Rp. 783.000-1.668.000

Consina Magnum 6

Consina Magnum 6 adalah tenda terbaik yang tidak bisa kamu lewatkan. Tenda yang satu ini memiliki desain yang keren. Produk ini bisa memuat 6 orang dan tetap terasa luas. Dengan ketinggian 180 cm, tenda ini membuat kamu lebih bebas bergerak di dalamnya. Produk juga memiliki teras luas untuk meletakkan berbagai barang yang kamu bawa.

Produk ini hadir dalam ukuran keseluruhan 220 cm x 270 cm x 180 cm dengan bobot 5 kg. Bahan tendanya waterproof jadi lebih aman di segala cuaca.

Harga Rp. 945.000-3.900.000

Bestway Monodome Pavillo X2 Tent

Bestway Monodome Pavillo X2 Tent adalah tenda terbaik selanjutnya yang sayang untuk kamu lewatkan. Tenda yang satu ini tersedia dalam pilihan warna hijau tosca yang indah. Ada juga warna hijau daun yang bisa kamu lirik. Ukurannya adalah 205 x 145 x 100 cm. Tenda untuk 2 orang ini cocok untuk kamu yang ingin pergi bersama orang kesayangan atau sahabat. Tenda tahan air ini dilengkapi dengan pasak besi dan tali temali dalam pembeliannya. Produk ini memiliki single layer sehingga kurang cocok digunakan saat cuaca sedang ekstrem.

Harga Rp. 240.000-400.000
From our editorial team

Bobot Tenda Wajib Jadi Pertimbangan

Ketika hendak berkemah, tentu ada banyak barang bawaan yang akan kita bawa. Benda utama yang harus kita bawa adalah tenda. Pertimbangkan bobot tendanya agar tidak terlalu memberatkan saat dibawa, utamanya jika kamu membawanya naik gunung. Jika ingin yang ringan, kamu bisa lirik tenda satu layer. Namun jika ingin tenda yang kokoh dan tahan air serta angin, kamu bisa pilih tenda dua layer yang lebih berat. Nah, cek rekomendasi tenda terbaik 2020 dari kami di atas!