10 Tempat Camping Ini Bikin Seru Liburanmu di Jawa Barat! (2020)

10 Tempat Camping Ini Bikin Seru Liburanmu di Jawa Barat! (2020)

Sedang berencana untuk liburan di Jawa Barat? Kenapa tidak mencoba camping sekalian? Yuk, cek 10 rekomendasi tempat camping di Jawa Barat yang bikin liburan makin seru!

Daftar isi

Liburan di Jawa Barat dengan Berbagai Pilihan Wisatanya

Jawa Barat adalah salah satu provinsi di Indonesia yang cukup padat penduduknya. Walau pun sudah dipadati banyak penduduk, wilayah alam dari Jawa Barat ini masih banyak yang menjadi tujuan destinasi wisata. Alasannya tentu karena alamnya yang masih terjaga dan indah dinikmati selama liburan. Wisatawan yang berkunjung ke Jawa Barat ada dari berbagai daerah di Indonesia bahkan mancanegara.

Beberapa bulan yang lalu contohnya, Bandung yang merupakan ibukota provinsi ini sempat sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan dari Korea Selatan. Anda yang merupakan orang Indonesia tetapi belum pernah menjelajah Jawa Barat sangat rugi. Sudah tahu apa saja wisata menarik di Jawa Barat? Bagaimana untuk Anda yang tertarik melakukan camping? Semua informasinya ada dan akan dijelaskan pada bagian di bawah ini.

Apa Saja Wisata Menarik di Jawa Barat?

Pantai dan Pesisir

Jawa Barat memiliki sangat banyak pantai dan wilayah pesisir. Tidak tanggung-tanggung, wilayah pantai dan pesisir di Jawa Barat ini sangat indah dan menarik banyak wisatawan. Itulah mengapa jika berkunjung ke berbagai daerah Jawa Barat, kebanyakan orang pasti akan langsung mencari wilayah pantai atau pesisir di sekitarnya.

Pegunungan dan Bukit

Tentu Jawa Barat pun memiliki banyak wilayah pegunungan dan bukit yang juga menjadi favorit tujuan wisata lainnya. Wilayah di dataran tinggi Jawa Barat juga dikenal memiliki udara yang sangat segar dan sejuk. Jadi sangat wajar jika menuju ke daerah ini masih menjadi pilihan banyak orang yang mencari liburan.

Kebun Binatang

Tahukah Anda bahwa Jawa Barat memiliki salah satu kebun binatang terbesar dan terpopuler di Indonesia? Taman Safari yang ada di kawasan Bogor ini tidak pernah sepi pengunjung. Bahkan wisatawan dari mancanegara selalu menyempatkan untuk mengunjungi daerah ini. Anda yang senang mengamati binatang bisa pergi ke sini ya.

Taman Bunga

Wilayah Jawa Barat juga dikenal sangat asri dan subur karena banyak bunga dan tanaman tumbuh di sana. Ada banyak taman bunga yang wajib Anda kunjungi. Salah satunya berada di wilayah Cipanas, Bogor. Tidak hanya di sana, Bandung dan beberapa daerah lain di Jawa Barat juga populer karena taman bunganya.

Kampung Budaya

Jika ingin mencoba wisata dengan atmosfer yang berbeda, maka Anda bisa mencoba mengunjungi Kampung Budaya. Kampung Budaya ini sangat banyak jenisnya di seluruh Jawa Barat. Namun mungkin yang paling populer ada Desa Suku Baduy yang masih terus menarik untuk dipelajari dan dikenali lebih jauh.

Jawa Barat Juga Dikenal Memiliki Tempat Camping yang Menarik

Ciwangun Indah Camp, Bandung

Sumber gambar jejakpiknik.com

Anda yang mencari tempat camping terbaik di Jawa Barat untuk dikunjungi oleh rombongan, maka Ciwangun Indah Camp adalah pilihan yang tepat. Tempat camping yang satu ini berlokasi di Bandung dengan luas mencapai 22 hektar. Udaranya yang berada di dataran tinggi sangat sejuk dan cenderung dingin. Berkemah di sini memungkinkan Anda untuk menikmati keindahan hutan pinus, sungai, kebun teh, hingga air terjun. Ada juga beberapa kegiatan outbond di sana jika Anda berminat.

Consina Bumi, Bogor

Banyak orang yang khawatir tidak bisa tidur dengan nyaman jika berlibur dengan cara berkemah. Namun ada tempat camping yang menyediakan tenda kemah yang sangat nyaman. Sangat nyamannya tenda ini hingga bisa disamakan fasilitasnya dengan menginap di hotel. Anda bisa mendapatkan tempat camping seperti ini di Consina Bumi. Lokasi tempat camping ini sangat dekat dari Jakarta, tepatnya di wilayah kaki Gunung Salak, Bogor. Apa saja fasilitas yang bisa Anda dapatkan? Ada kolam renang, hingga kamar mandi di dalam tendanya. Seru sekali ya.

Gunung Pancar, Bogor

Sumber gambar phinemo.com

Berikutnya, Anda juga bisa memilih tempat camping terbaik di Jawa Barat yang hanya 2 jam perjalanan dari Jakarta. Gunung Pancar yang berada di daerah Sentul, Bogor ini contohnya. Gunung Pancar ini merupakan kawasan hutan pinus yang saat ini disulap menjadi tempat wisata dengan berkemah yang sangat nyaman. Anda dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang dapat membuat Anda betah di sana, misalnya seperti hammock dan juga aliran listrik.

Gunung Puntang, Bandung

Sumber gambar tourbandung.id

Bandung memang memiliki sangat banyak lokasi yang sangat menyenangkan untuk berkemah. Salah satunya adalah Gunung Puntang yang jaraknya hanya 20 kilometer dari pusat kota ini. Anda bisa menemukan tempat berkemah yang sangat menyenangkan di sini. Dahulunya, lahan ini adalah lahan di mana radio Belanda beroperasi. Jadi selain bisa menikmati tidur di tenda langsung di tengah alam, Anda juga bisa mengenal lokasi yang bersejarah ini.

Kapolaga, Subang

Sumber gambar prikitiew-adventure.com

Ingin mencoba berkemah di daerah lain di Jawa Barat? Subang bisa menjadi tempat camping terbaik di Jawa Barat selanjutnya. Ada lokasi berkemah bernama Kapolaga di sini. Wilayahnya berdekatan dengan pemandian air panas yang juga cukup populer di sana. Selain ada pemandian air panas, wilayah perkemahan ini juga dekat dengan tiga air terjun di sana. Jadi sambil berkemah, Anda juga bisa menikmati keindahan alam di sekitar wilayah perkemahan.

Pondok Halimun, Sukabumi

Sumber gambar jejakpiknik.com

Sukabumi yang juga memiliki daerah yang sangat asri bisa menjadi tujuan berkemah Anda berikutnya. Tempat berkemah yang disarankan di sana bernama Pondok Halimun. Pondok Halimun ini lokasinya berada di kaki gunung Gede Pangrango. Jadi udaranya sangat sejuk dan pas untuk mencari suasana yang berbeda dengan kesibukan di perkotaan. Fasilitas perkemahan di sini sudah disiapkan dengan baik, jadi Anda akan merasa betah.

Ranca Upas, Bandung

Sumber gambar wisatabaru.com

Masih tempat kemah di lokasi Bandung, ada Ranca Upas. Bedanya kali ini lokasi kemah ini ada di kawasan Ciwidey. Anda tentu sudah populer dengan wilayah Ciwidey dan kawah putihnya bukan? Bayangkan bagaimana serunya bisa berkemah tidak jauh dari lokasi keindahan alam itu. Anda tidak perlu khawatir soal ketersediaan WC dan makanan karena semuanya sudah tersedia di sekitar wilayah camping. Kelebihan berkemah di sini adalah di malam hari Anda bisa menyaksikan keindahan milky way yang sangat langka itu.

Sayang Heulang, Bandung

Sumber gambar dauntearl.blogspot.com

Kawasan lain di Bandung menyediakan camping kelas elite untuk Anda. Mungkin berkemah sering kali dikaitkan dengan pengalaman menginap yang serba terbatas. Berbeda jika Anda berkemah di Sayang Heulang ini. Ada area berkemah yang eksklusif untuk setiap pengunjungnya. Sudah tersedia tenda yang nyaman, lengkap dengan meja outdoor dan pembakar jika Anda ingin barbeque-an. Lokasi perkemahan ini ada di dalam Dusun Bambu yang sangat populer itu. Jadi jika tertarik cobalah kunjungi tempatnya.

Sukamatri, Bogor

Sumber gambar www.bundahaifa.com

Masih di daerah Taman Nasiona Gunung Salak, Anda bisa menikmati keindahan malam dengan berkemah. Wilayah bumi perkemahan Sukamatri ini berada di ketinggian 800 mpdpl. Jadi sangat dingin cuacanya khususnya di malah hari. Namun berkemah di sini bisa mendatangkan sangat banyak pengalaman menarik. Misalnya, Anda bisa mengunjungi air terjun yang jaraknya tidak terlalu jauh dan menyaksikan keindahan kota Bogor dari atas.

Tanakita Camping Ground, Sukabumi

Sumber gambar www.adventure-galaxy.com

Anda yang tidak memiliki tenda tapi ingin berkemah, bisa memilih Tanakita yang berlokasi di Sukabumi ini sebagai tujuan kemah. Lokasi yang ada di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango ini menyediakan tenda untuk setiap orang yang ingin berkemah. Tenda yang disediakan berkualitas premium dan sudah dilengkapi dengan kamar mandi. Seru dan menyenangkan pengalaman berkemah di sana.

Jadi jangan bingung lagi jika mencari tempat camping terbaik di Jawa Barat. Ada sangat banyak pilihan dengan fasilitas yang beragam. Semuanya bisa Anda pilih sesuai dengan selera Anda. Rasakan nikmatnya menyatu dengan alam ya!

Tag