Hobi Berkegiatan Outdoor? 10 Perlengkapan Camping Ini Bisa Melengkapi Kegiatanmu

Hobi Berkegiatan Outdoor? 10 Perlengkapan Camping Ini Bisa Melengkapi Kegiatanmu

Kejenuhan dari rutinitas sehari-hari terkadang bisa menghancurkan konsentrasi secara perlahan. Memilih untuk keluar dan melakukan kegiatan di alam merupakan salah satu cara efektif untuk menghilangkan stres. Salah satu yang bisa menjadi pilihan ialah camping karena kegiatan outdoor ini memiliki manfaat untuk berbagai kalangan.Jangan lupa juga untuk membawa perlengkapan camping seperti di bawah ini.

Camping Sangat Asyik untuk Menghilangkan Kejenuhan

Rutinitas sehari-hari yang monoton dengan pola yang sama membuat banyak orang merasa jenuh dan tertekan. Akibatnya, kinerja menjadi tidak maksimal dan mereka merasa tidak bahagia. Untuk menghilangkan penat dan menyegarkan pikiran kembali, kegiatan di alam terbuka adalah solusi yang tepat. Menikmati indahnya alam dan menghirup udara segar adalah cara terbaik untuk lepas dari stres akibat aktivitas harian.

Camping di alam bebas adalah salah satu kegiatan melepaskan stres yang tepat. Pilih tempat perkemahan dengan fasilitas yang memadai agar kegiatan camping menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

Manfaat Camping untuk Keluarga

Mempererat Ikatan Keluarga

Manfaat camping bersama keluarga yang paling besar adalah mempererat hubungan antara orang tua dengan anak. Banyak kegiatan yang bisa menjadi sarana untuk menjalin keakraban antara anggota keluarga seperti memasak, menyiapkan makanan, mendirikan tenda, hingga mengatur tempat untuk tidur. Berbagai kegiatan tersebut tentunya sangat jarang dilakukan sehari-hari karena orang tua sibuk bekerja.

Melatih Fisik

Banyak orang tua khawatir mengajak anak camping karena khawatir anak akan mudah terkena penyakit akibat hawa dingin. Padahal menurut penelitian, suhu ekstrem tidak akan membuat anak mudah sakit, lho. Anak yang dibiasakan berinteraksi dengan alam dan udara bebas justru memiliki ketahanan fisik yang lebih kuat dibandingkan dengan anak-anak lain yang tidak pernah beraktivitas di alam terbuka.

Namun, jika anak sedang dalam kondisi sakit atau tidak enak badan, jangan ajak mereka pergi berkemah. Tunggu hingga kondisi anak pulih dan benar-benar sembuh agar penyakitnya tidak menjadi semakin parah.

Melatih Mental

Selain melatih ketahanan fisik anak, camping juga bermanfaat untuk menguatkan mental anak. Jangan takut mengajak anak pergi camping karena alasan takut anak sakit atau kecapekan. Suasana alam yang asri dapat menyegarkan dan merelaksasi pikiran anak, yang berpengaruh positif terhadap kesehatan mental mereka.

Camping juga dapat meningkatkan jiwa sosial mereka ketika berinteraksi dengan sesama peserta camping. Berpetualang di alam yang penuh tantangan juga membantu menghilangkan rasa takut pada jiwa anak, lho.

Mengenalkan Alam kepada Anak

Kegiatan camping adalah cara yang terbaik untuk memperkenalkan anak secara langsung kepada alam terbuka. Selama kegiatan camping, anak akan melihat sendiri binatang yang selama ini hanya bisa dilihat melalui buku, mengamati tumbuhan di sekitar, serta menyaksikan sendiri terbit dan tenggelamnya matahari.

Anak yang dibiasakan dekat dengan alam sejak kecil akan tumbuh menjadi pribadi yang peduli kepada lingkungan sekitar. Agar proses pembelajaran anak dapat berjalan maksimal, orang tua harus mempersiapkan semua perlengkapan camping yang dibutuhkan.

10 Perlengkapan Camping yang Wajib Dibawa

Tenda Instan/Portable/Automatic

Sumber gambar shopee.co.id

Rekomendasi Tenda Camping untuk Anda:

  • Tenda Camping/Tenda Pantai/Tenda Anak Buka Otomatis Portable. Tenda dengan dimensi 150 x 165 x 100 cm ini terbuat dari bahan poliester berkulaitas. Sistem membuka, memasang, dan membungkus tenda dapat dilakukan dengan cepat dan mudah. Tenda ini cukup untuk 2 orang, praktis dibawa kemana saja. Dapatkan produk ini di Shopee dengan harga Rp 248.625.
  • Anda yang mencari tenda untuk berkemah bersama anak-anak bisa membeli Bestway Tenda Camping Montana Pavillo X4 Tent. Tenda ini berukuran 1m + 2,10m x 2,40m x 1,30m, muat untuk 4 orang. Bahan pembuatnya sangat berkualitas, yaitu rain fly 170T waterproof, poliester, dan breathable poliester pada bagian dalam. Sangat nyaman, tidak mudah sobek dengan lapisan double layer. Tenda ini dijual di Lazada dengan harga Rp 775.000.
  • Tenda Toilet Portable Automatic Open. Tenda toilet sangat dibutuhkan jika Anda pergi camping ke alam terbuka yang tidak menyediakan toilet. Tenda ini dapat digunakan untuk mandi dan keperluan lainnya. Terbuat dari bahan poliester yang kuat dan berkualitas, praktis dibawa kemana-mana karena dapat dilipat menjadi sangat kecil. Dapatkan tenda ini di Jak Mall dengan harga Rp 228.300.

Kompor Gas Portabel

Sumber gambar www.blibli.com

Rekomendasi Kompor Gas Portabel untuk Dibawa saat Camping

  • Cosmos CGC-121 P Portable Kompor Gas terbuat dari bahan berkualitas dengan tingkat keamanan tinggi. Saat tidak digunakan, aliran gas dapat diputus secara otomatis. Kompor ini nyaman digunakan karena tatakan panelnya terbuat dari bahan aluminium, anti panas, dan anti slip. Kompor ini dijual di Blibli dengan harga Rp 210.000.
  • Kompor gas portable 2in1 Niko+koper sangat nyaman dibawa bepergian. Anda bisa menggunakan tabung kaleng atau tabung LPG 3 kg atau 12 kg. Produk ini sangat terjamin keamanannya karena telah menggunakan standar SNI. Praktis dibawa camping karena dilengkpi koper sebagai pembungkusnya. Produk ini dijual dengan harga Rp 185.000 di Tokopedia.
  • Miyako Kompor Gas Portable CC-100 adalah kompor mini yang ringan dan praktis, mudah dibawa kemana saja. Anda bisa menggunakan gas tabung portabel atau gas LPG 3 kg dengan aman karena telah memenuhi standar SNI. Produk ini dijual dengan harga Rp 190.000 di Lazada.

Nesting Cooking Set

Sumber gambar www.blibli.com

Rekomendasi peralatan masak praktis untuk dibawa camping salah satunya adalah OEM Paket Ekonomis Kompor Windproof dan Langseng Cooking Set. Peralatan ini terbuat dari bahan aluminium solid yang awet, kuat, dan tahan lama. Satu set terdiri dari dandang, wajan, mangkok, piring, dan gelas. Produk ini dijual dengan harga Rp 315.000 di Blibli.

Korek Api

Sumber gambar www.tokopedia.com

Outdoor Waterproof Kerosene Lighter Mancis Korek Api Kecil Zippo adalah korek api yang menggunakan bensin, Zippo fluid, dan minyak tanah sebagai bahan bakar. Bagian luar korek api terbuat dari bahan stainless steel, sementara bagian dalam terbuat dari plastik ABS. Praktis dibawa kemana saja dengan gantungan kunci. Produk ini dijual di Tokopedia dengan harga Rp 12.000.

Sleeping Bag

Sumber gambar blibli.com

Rekomendasi Sleeping Bag yang Bisa Dibawa saat Camping

  • Eiger Kid Zoo 250 US Sleeping Bag. Sleeping bag khusus untuk anak yang berfungsi menjaga tubuh anak tetap hangat saat tidur. Bentuknya kota dengan hood yang bisa diatur serta 2 buah penutup berisleting. Sleeping bag yang terbuat dari bahan poliester ini dijual dengan harga Rp 325.000 di Blibli.
  • Sleeping Bag Polar Bantal Ultralight. Sleeping bag yang terbuat dari bahan parasut dengan model tikar mummy, sangat nyaman digunakan. Dapat menahan suhu dingin hingga 15 derajat Celcius. Produk ini dijual dengan harga Rp 80.000 di Lazada.
  • Paket Hemat Sleeping Bag Polar Bulu Tebal dan Matras Camping Spon. Dapatkan matras dan sleeping bag dalam satu paket, lebih murah dan hemat. Matras setelah 3 mm dengan ukuran 190 x 65 cm. Sementara sleeping bag terbuat dari bahan polar berbulu lembut di bagian dalam, sementara bagian luar terbuat dari bahan ripstop, tapi tidak waterproof. Produk ini bisa dibeli di Tokopedia dengan harga Rp 120.000.

Matras

Sumber gambar tokopedia.com

Rekomendasi matras untuk perlengkapan camping

  • Tokopendaki Ultralight Aluminium Foil Matras. Terbuat dari bahan aluminium foil berkualitas, matras ini mampu memberikan kenyamanan saat tidur. Berukuran 180 x 100 cm, dapat dilipat, praktis dibawa kemana saja. Matras ini dijual di Blibli dengan harga Rp 35.000.
  • Matras Camping Outdoor Camping Anti Slip. Matras yang terbuat dari bahan karet spons anti slip. Berukuran 180 x 60 cm, sangat praktis dibawa ke kegiatan di alam terbuka. Dapatkan matras ini di Tokopedia dengan harga Rp 28.000.
  • THE LUXE Sleepmaker Camping Mat. Matras ini tidak hanya bisa dibawa saat camping saja, tetapi juga bisa untuk bersantai di ruang TV di rumah. Ukurannya 190 x 90 cm dengan motif orange plaid. Matras ini dijual dengan harga Rp 249.000 di Blibli.

Senter dan Headlamp

Sumber gambar www.blibli.com

Rekomendasi lampu senter untuk peri camping

  • OEM Telescopic Headlamp dapat digunakan untuk berbagai kegiatan outdoor. Sudut pancaran cahaya mencapai 18 derajat dan dapat diatur ke dalam mode zoom. Dapatkan senter yang menggunakan 3 baterai AAA di Blibli dengan harga Rp 74.900.
  • High Power Headlamp LED Cree - Black mampu menghasilkan cahaya yang sangat terang. Strap lampu nyaman digunakan karena terbuat dari bahan kain yang halus dan kuat. Dilengkapi dengan cooling system yang lebih dingin. Dapatkan lampu ini di Jakartanotebook dengan harga Rp 46.800.
  • Romusha Senter Kepala Headlamp Mini 4 Led + 3 Smd 603 Outdoor Survival adalah lampu yang sangat praktis untuk kegiatan outdoor. Mampu memberikan penerangan maksimal selama di alam bebas. Produk ini dijual dengan harga Rp 25.000 di Lazada.

Bahan Makanan

Sumber gambar bukalapak.com

Saat akan pergi camping, jangan lupa untuk membawa bahan makanan dari rumah. Bahan yang dibawa tentu saja yang siap makan, praktis, dan tidak memberatkan. Jenis-jenis makanan yang sering dibawa saat camping antara lain mie instan, sosis, roti gandum, dan kornet.

Anda juga bisa membeli Ration Ransum Survival Food Makanan Darurat Camping Outdoor, biskuit khusus untuk camping yang bisa menahan lapar hingga 5 sampai 6 jam. Makanan tinggi kalori ini dijual dengan harga Rp 41.500 di Bukalapak.

Kantung Sampah

Sumber gambar bukalapak.com

Saat berkegiatan di alam terbuka, jangan lupa selalu membawa kantong sampah agar tidak mencemari lingkungan. Berikut rekomendasi trash bag untuk dibawa saat bepergian.

  • Plastik sampah ukuran 60 x 100, trash bag atau kantong plastik hitam sangat praktis dibawa saat bepergian. Satu kemasan berisi 12 buah kantong plastik. Produk ini dijual dengan harga Rp 10.000 di Lazada.
  • Trash Bag / Kantong Sampah 80 x 100 / 10 pcs sangat cocok dibawa berkemah atau kegiatan lain di alam bebas. Satu kemasan terdiri dari 10 buah plastik yang terbuat dari bahan super tebal. Produk ini dijual dengan harga Rp 22.000 di Tokopedia.
  • Kantong Plastik Sampah Roll Warna Hitam Trash Bag ukuran 80 x 120 cm, terbuat dari bahan yang tebal dan tidak mudah sobek. Satu kemasan berisi 10 buah kantong plastik. Produk ini dijual dengan harga Rp 19.000 di Bukalapak.

Jaket, Raincoat, dan Baju Ganti

Sumber gambar eigeradventure.com

Rekomendasi produk jaket untuk kegiatan camping:

  • Jaket Gunung Tahan Angin, Tahan Air dan Bahan Campuran Rain Coat Wind Coat Windbreaker Hiking Camping. Jaket yang bisa berfungsi sebagai jas hujan, tahan udara dingin, dan tahan air. Terbuat dari bahan berkualitas yang tidak menyerap air. Produk ini dijual dengan harga Rp 227.000 di Lazada.
  • Eiger LS Blau - Abu Hitam. Jaket dengan desain stylish, sangat pas untuk kegiatan outdoor atau dipakai sehari-hari. Sangat nyaman dipakai. Jaket ini dijual di Eiger Adventure dengan harga Rp 295.000.
  • UltraLight Outdoor RainCoat Forester Jas Hujan Ringan Camping Gunung. Jas hujang yang praktis dan ringkas dibawa kemana saja. Dapat melindungi Anda dari suhu alam yang ekstrem. Produk ini dijual dengan harga Rp 329.900 di Tokopedia.
From our editorial team

Kenalkan Diri Lebih Dekat dengan Alam

Kegiatan outdoor merupakan awal untuk melatih diri dalam menghadapi situasi di luar. Melakukan camping bukan hanya menjadi cara menghilangkan stres, tetapi juga melatih mental dalam berbagai situasi. Camping sangat cocok dikenalkan untuk anak-anak karena melatih anak agar bisa melakukan perjalanan yang lebih jauh, seperti mendaki gunung atau hiking.