Para Fotografer Harus Tahu, Inilah 10 Kamera Unik yang Ada di Pasaran

Para Fotografer Harus Tahu, Inilah 10 Kamera Unik yang Ada di Pasaran

Selain kamera digital canggih yang ada saat ini, sejumlah kamera yang sangat tidak biasa bin unik pun sudah hadir. Seperti apa saja kamera unik yang ada di pasaran saat ini? Simak ulasan BP-Guide berikut ini.

Ada Loh Kamera yang Hadir dengan Desain Unik dan Tidak Biasa

Berfoto sepertinya sudah menjadi kebutuhan tak terpisahkan dalam kehidupan manusia zaman sekarang. Jangankan acara-acara istimewa, hal-hal sepele saja sering difoto. Keberadaan media sosial yang memudahkan untuk berbagi foto semakin membuat kita seolah-olah ketagihan memotret.

Untuk menjawab fenomena itu dan terus memikat konsumen, perusahaan-perusahaan pembuat kamera pun terus berinovasi, baik dari segi teknologi maupun desain. Biasanya, kamera berbentuk kotak dan kaku, tetapi sekarang ada kamera unik dan fleksibel. Desain menjadi daya tarik utama produk ini, sedangkan kualitas resolusi dinomorduakan. Namun, fungsinya sangat banyak.

Mengapa Kamera Unik Seperti Ini Ada di Pasaran?

Di tengah-tengah menjamurnya kamera analog dan digital dengan fitur canggih dari perusahaan-perusahaan besar seperti Canon, Samsung, dan Nikon, hadir produk yang keluar dari pakem. Dengan desain yang bisa dibilang nyeleneh, produk ini dirakit secara manual oleh produsennya. Saking uniknya, bisa bikin Anda geleng-geleng kepala atau berdecak kagum melihatnya. Bahkan, ada yang menganggapnya sebagai kamera paling aneh di dunia.

Produk yang satu ini tidak dibuat banyak karena didasari oleh ide dan tujuan tertentu dari perakitnya. Pemasarannya pun tidak secara luas dan besar-besaran. Tak heran jika kamera unik ini tidak mudah untuk didapatkan.

Edisi Terbatas

Hampir semua perusahaan pembuat kamera pernah mengeluarkan produk edisi terbatas. Ini merupakan salah satu cara untuk tetap menarik perhatian konsumen yang bosan dengan kamera yang membanjiri pasar. Desainnya dibuat tidak biasa karena merupakan perwujudan imajinasi pembuatnya.

Kamera unik ini kurang cocok untuk orang yang berprofesi sebagai fotografer karena kualitas jepretannya tidak terlalu bagus. Biasanya, kamera seperti itu dibeli untuk dikoleksi oleh para penggila kamera. Karena terbatas, harganya pun bisa selangit.


Bentuk Tidak Biasa

Beranikah Anda melemparkan kamera kesayangan yang dibeli setelah lama menabung? Jangankan sengaja, Anda pasti langsung khawatir kalau kamera itu jatuh tergelincir. Anda langsung memeriksanya sambil bertanya-tanya, "Ada yang lecet atau tidak? Masih bisa dipakai atau tidak?" Lain halnya kalau Anda menggunakan kamera unik. Selain desainnya tidak lazim, cara penggunaannya pun tidak biasa.

Contoh pertama, kamera bola. Bisa dibilang ini merupakan terobosan inovatif atas kamera berbentuk kotak. Untuk memotret objek yang diinginkan, Anda cukup melemparkannya ke atas. Setelah berada di ketinggian, alat yang satu ini akan merekam gambar dengan sendirinya.

Contoh kedua, kamera jari. Jika menganggap kamera saku adalah yang paling gampang dibawa-bawa, Anda mungkin akan berubah pendapat jika melihat kamera unik yang satu ini. Inovasi yang dilakukan sebagian produsen hanya sebatas menciptakan kamera tipis beresolusi tinggi. Namun, kini ada yang membuat produk yang sangat kecil sehingga cukup ditempelkan di jari. Cara penggunaannya pun gampang sekali. Anda hanya perlu memasukkan jari ke kamera untuk menjepret sasaran foto.

Lain Daripada yang Lain

Harus diakui, kehadiran smartphone berkamera resolusi tinggi mengubah peta pasar kamera. Bahkan, sekarang muncul istilah camera phone yang semakin lazim digunakan. Akibatnya, ada produsen kamera yang terhempas, tetapi ada juga yang terus berinovasi. Antara lain, mereka membuat kamera dengan desain unik.

Deretan 10 Kamera Unik yang Ada di Pasaran Saat Ini

Setiap membahas dunia fotografi, sebagian besar orang biasanya menyoroti kecepatan rana, lensa, dan kualitas gambar. Namun, ada sebagian kecil membicarakan dan mengulik kamera unik, seperti kamera lubang jarum, Lomo, dan kamera mainan.

Kamera unik memang mengesampingkan faktor-faktor teknis, tetapi mengutamakan cita rasa seni. Oleh karena itu, tidak hanya berbentuk menarik, warnanya pun ada yang eksentrik. Selain itu, gambar yang dihasilkan tidak biasa.

Apalagi kalau Anda membayangkan kamera pada masa depan. Didorong oleh perkembangan teknologi, pasti semakin banyak kamera canggih dan unik. Sebelum berpikir terlalu panjang ke masa yang akan datang, Anda bisa membaca apa saja kamera unik ada sekarang dan pernah ada zaman dulu berikut ini.

Konica AiBORG

Sumber gambar www.photo.net

Jika dilihat sekilas, Konica AiBORG tampak futuristik seperti kepala Darth Vader dalam film Star Wars. Warna hitamnya semakin memperkuat kesan itu. Ini merupakan kamera bidik super zoom dengan lensa 35-105mm f / 3,5-8,5 dengan ukuran tidak terlalu besar. Dibuat di Jepang pada tahun 1991, perangkat ini memiliki banyak fungsi dan sangat menyenangkan untuk digunakan, seperti mainan.

Nikon Coolpix Swivel Camera

Sumber gambar en.wikipedia.org

Pada dasawarsa silam, Coolpix pernah menjadi ikon kamera digital. Nikon mendominasi pasar yang menentukan arah dunia digital era baru. Kamera-kamera yang dibuatnya merangkul semua teknologi yang berkembang saat itu.

Coolpix Swivel Camera merupakan perangkat berdesain revolusioner dan ergonomis. Jadi, Anda dapat melihat dan memotret objek di bawah tanpa harus terlalu membungkukkan badan. Jika di tengah keramaian Anda menemukan sesuatu yang menarik, Anda dapat memegang kamera unik ini di atas kepala dan membidik lurus ke depan. Kok bisa begitu? Karena, setengah kamera ini dapat diputar hingga 180 derajat untuk mendapatkan angle menarik.

Olympus Ecru

Sumber gambar www.cjo.info

Olympus Ecru kali pertama diluncurkan pada tahun 1991. Meskipun masih berjenis analog, kamera desain unik ini berhasil mencuri perhatian saat itu. Perangkat ini hanya dibuat dengan jumlah terbatas dan sudah langka. Oleh karena itu, sebagai penggila kamera, Anda dapat menjadikannya sebagai salah satu kamera paling menarik dan kompak yang dapat Anda tambahkan ke koleksi Anda.

Berbagai fitur yang dimilikinya akan menghasilkan gambar ciamik. Kamera ini berukuran 106 x 91 x 40 mm dan berbobot hanya 215 gram. Kamera unik ini dilengkapi fokus otomatis 0,35 sampai tak terhingga dengan inframerah, sehingga Anda dapat mengambil foto dari berbagai jarak.

Viewfinder-nya berupa pencari optik (tipe Kepler). Lampu kilat built-in nomor panduan 12. Kamera ini memiliki kecepatan rana antara 1/15 dan 1/500 detik. Aperture-nya antara f16 sampai f3,5. Perangkat ini mengatur rentang ISO 50 ~ 3.200 secara otomatis. Untuk dapat menggunakan kamera ini, Anda harus memasang 2 baterai AAA dan film 35 mm.

Bodi kamera Olympus Ecru dirancang singset, jadi gampang dibawa-bawa. Tutup lensanya berbahan aluminium yang dipoles. Jika cukup beruntung, Anda akan mendapatkan lengkap dengan tasnya yang berbahan kulit berkualitas tinggi.

Zenit Photosniper

Sumber gambar camerapedia.wikia.com

Kamera unik ini kali pertama dibuat oleh Gosudarstvennyi Opticheskii Institut (GOI). Lalu, Krasnogorski Mekhanicheskii Zavod (KMZ) memproduksinya dalam jumlah banyak untuk kepentingan militer Uni Soviet (Rusia). Dengan menggunakan Zenit Photosniper, tentara dapat mengintai dan memotret dari jarak sangat jauh.

Produk ini terdiri dari kamera tipe Zenit E yang dimodifikasi dengan pemasangan yang setara dan lensa tele 300 mm. Dudukan kamera ini berbentuk senapan. Di bagian belakang, ada penyangga yang menempel di bahu, jadi tangan tidak akan gemetar dan kamera tidak akan goyang. Setelah dirakit, perangkat ini tampak seperti senjata berat.

Anda tidak menekan rana seperti kamera pada umumnya, tetapi menekan pelatuk senapan saat memotret dengan Photosniper. Tentu saja sensasi dirasakan pun berbeda. Anda akan membidik objek dari jauh seperti penembak jitu profesional.

Zenit Photosniper memiliki tiga model, yaitu Photosniper FS-2, Photosniper FS-3, dan Photosniper FS-12. Meskipun awalnya hanya untuk militer, kemudian kamera desain unik ini dijual secara massal dan dipakai oleh paparazzi, amatiran, mata-mata, dan fotografer alam.

Fisher-Price PXL-2000

Sumber gambar www.totalrewind.org

Fisher-Price PXL-2000 merupakan hasil penelitian yang dilakukan oleh James Wickstead dan timnya pada tahun 1987. Berawal dari ide untuk membuat kamera murah dan sederhana, terciptalah kamera rekam mainan yang dapat digunakan oleh anak-anak. Pada tahun yang sama, hak cipta kamera ini resmi didapat di American International Toy Fair yang diselenggarakan di Manhattan, Amerika Serikat.

Kamera ini memiliki desain yang rapi. Bagian pegangannya unik dan mudah digenggam oleh anak-anak. Di sisi bawah, terdapat kontrol kaset utama, yaitu tombol record, play, rewind, dan stop/eject, seperti pada kamera sungguhan. Kontrol menggunakan filter yang dapat dipindahkan di atas lensa fokus tetap dalam cahaya terang.

Fisher-Price PXL-2000 ini sangat populer pada tahun 1990-an. Orang-orang biasanya menyebutnya dengan nama lain, seperti Fisher-Price PixelVision, KiddieCorder, Georgia, dan Sanwa Sanpix1000. Meskipun pembuatnya mengutamakan sistem yang sederhana karena ditujukan untuk anak-anak, para pembuat video juga seniman independen dan eksperimental justru menyukainya. Mereka beralasan gambar piksel hitam putihnya berfrekuensi rendah.

Dengan kaset audio, anak-anak dapat menggunakan kamera unik ini untuk merekam gambar. Rekaman yang dihasilkan akan menjadi film hitam putih. Durasinya hanya sekitar 10 detik dengan menggunakan dua sisi kaset. Namun, itu sudah cukup untuk membuat mereka merasa gembira, seperti sedang membuat film sendiri.

Sling Shot Camera 1126

Di tangan orang jahil, ketapel digunakan untuk mengisengi orang lain. Beda lagi dengan orang kreatif, seperti Eom Sung Young dan Im Jung Eun yang berasal dari Korea Selatan. Mereka merancang kamera unik berbentuk ketapel. Sling Shot Camera 1126 ini ternyata disukai banyak orang.

Seperti menggunakan ketapel biasa, Anda dapat memotret dengan menarik karetnya yang berfungsi sebagai tombol rana. Selama ini, "menjepret" hanya digunakan sebagai padanan kata untuk "memfoto". Namun, Anda benar-benar dapat "menjepretkan kamera" dengan ketapel yang satu ini.

Cardboard Camera

Sumber gambar www.etsy.com

Berbahan karton daur ulang, bisa dibilang cardboard camera merupakan kamera lubang jarum digital. Produk ini dirancang oleh Jesper Kouthoofd dan diluncurkan oleh IKEA, perusahaan ritel perabotan rumah, dengan merek KNAPPA.

Kamera unik yang tipis ini memiliki resolusi 2,3 megapixel dan mampu menyimpan 40 foto. Jika kamera sudah penuh, Anda dapat memindahkan foto-foto hasil jepretan dengan USB yang terpasang di kamera.

Di bagian depan, ada dua tombol dengan fungsi berbeda. Tombol besar untuk menyalakan atau mematikan kamera dan mengambil foto. Tombol kecil untuk menghapus foto. Di bagian belakang, terdapat indikator lampu LED hijau kecil, mur, serta baut vinyl kecil untuk merangkai kamera. Pastikan Anda memasang 2 baterai AAA sebelum menggunakannya.

Meskipun terbuat dari karton, kamera ini sama sekali tidak rapuh. Kualitas gambarnya memang tidak terlalu bagus, tetapi Anda akan merasakan pengalaman berbeda saat menggunakannya.

Gunshape Camera

Sumber gambar www.huffingtonpost.com

Kamera berbentuk pistol sudah ada sejak lama dan dibuat dengan tujuan khusus, seperti untuk kepentingan militer. Ukuran, bobot, dan bentuknya dibuat sama persis dengan pistol sungguhan. Para prajurit dapat meningkatkan kemampuan menembak dengan kamera ini. Kemudian, foto-fotonya digunakan untuk menilai kualitas "tembakan" mereka.

Baru-baru ini, Franziska Dierschke merancang kamera digital berbentuk pistol. Berbeda dengan para prajurit, Franziska ini membuat dan menggunakannya untuk hiburan dan lucu-lucuan. Namun, karyanya tidak dipasarkan secara luas karena berbagai pertimbangan.

Dengan kamera unik ini, istilah "point and shoot" alias "bidik dan tembak" yang sering digunakan para fotografer seolah-olah menemukan makna sebenarnya.

Binoculars Camera

Pasti asyik dapat memotret pemain sepak bola idola walaupun Anda berada di tribun penonton yang jauh. Atau, apakah Anda ingin mengabadikan peristiwa penting yang terjadi di jalan, padahal Anda sedang di lantai 60 apartemen atau kantor? Dulu, itu bisa dibilang sebatas khayalan, tetapi sekarang mungkin diwujudkan dengan kamera teropong.

Thanko, produsen gadget tersohor asal Tokyo membuat kamera unik dengan nama UDGZDC8M. Perangkat ini berbentuk teropong alias binocular dan beresolusi 8 megapixel dengan fitur 4x digital zoom. Tidak hanya itu, kamera ini dilengkapi dengan layar LCD, memory slot, dan USB port.

Beberapa pengguna mengatakan kamera ini perlu disangga dengan tripod untuk menghasilkan foto lebih fokus dan jelas.

Ring Camera

Sumber gambar www.bitrebels.com

Dengan warna perak, kamera unik ini memang sangat menyerupai cincin. Perbedaannya hanya satu, yaitu batu mulia diganti dengan lensa beresolusi 12 megapixel. Perangkat ini bisa digunakan untuk menyelidiki sebuah tempat atau seseorang tanpa dicurigai.

Kamera bermerek Snap ini dirancang oleh David Munscher dan diproduksi oleh Canon. Meskipun ukurannya kecil, kualitasnya tetap tinggi. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika konsepnya meraih penghargaan dalam ajang Designtope Design Awards 2006.

Saat ini, belum ada kamera yang ringan dan selalu siap digunakan tanpa jeda waktu, seperti yang kita alami jika menggunakan kamera smartphone. Kekosongan itulah yang coba diisi oleh Canon Snap.

Cukup pasangkan kamera cincin ini di telunjuk, lalu aktifkan dengan ibu jari. Sekali dinyalakan, kamera desain unik ini akan bisa segera digunakan untuk memotret sesuatu. Sekadar catatan, jika lensanya yang gembung seperti mata cincin diganti dengan lensa datar, mungkin perangkat ini akan tampak lebih baik.

From our editorial team

Kamera Unik Bukan Sekadar Koleksi Biasa

Sebagian besar kamera unik dalam artikel ini diproduksi dalam jumlah yang terbatas. Jadi jangan kaget kalau harganya akan membuat Anda geleng-geleng. Kalaupun belum bisa menjadikan salah satu dari kamera unik ini sebagai koleksinya, setidaknya Anda sudah punya pengetahuan lebih banyak soal dunia fotografi.