Yuk Menghasilkan Gambar Berkualitas dan Dramatis dengan 10 Kamera DSLR Terbaik! (2017)

Saat ini kamera DSLR banyak dilirik oleh para pencinta fotografi. Berbagai merek kamera berlomba-lomba menawarkan produk kamera DSLR dengan beragam fitur yang canggih untuk menghasilkan gambar berkualitas. Supaya tidak bingung, baca dulu ulasan sejumlah kamera DSLR dalam artikel ini jika Anda berencana untuk memilikinya.

Sebenarnya Tidak Terlalu Susah Menggunakan Kamera DSLR

Bagi banyak fotografer pemula, memotret menggunakan kamera DSLR identik dengan kerumitan. Padahal sebenarnya, kamera DSLR dengan berbagai fiturnya, seperti lensa zoom berkapasitas tinggi, dapat menghasilkan foto bokeh, atau spesialisasi pada jenis-jenis foto outdoor atau alam liar, membuat kamera yang satu ini sangat mudah untuk digunakan.

Supaya tidak terbayang-bayang dengan spesialisasi kamera yang satu ini, ada baiknya Anda semua melihat artikel mengenai trik menggunakan kamera DSLR dan rekomendasi kamera DSLR terbaik pada artikel BP-Guide kali ini.

Teknik Sederhana Menggunakan Kamera DSLR Seperti Profesional

Di bagian pertama, BP-Guide akan memaparkan teknik-teknik menggunakan kamera DSLR yang bukan hanya membuat foto tampak bagus saat dipajang di media sosial, namun juga mengekspos berbagai kemampuan kamera digital nan praktis satu ini.

Beberapa kemampuan tersebut misalnya mampu menghasilkan foto yang tajam didukung dengan penggunaan teknologi tinggi, namun juga praktis dan mudah dipelajari sekali pun oleh fotografer pemula. Dengan teknik-teknik atau tips-tips yang ada pada poin artikel ini, Anda yang baru belajar fotografi akan lebih mudah mengambil gambar berkualitas bagus menggunakan kamera DSLR.

Memotret Objek Dalam Kecepatan Cahaya

Poin pertama dalam tips memotret menggunakan kamera DSLR ini hanya dapat dilakukan dengan mengubah exposure dan menetapkan shutter speed, di mana kedua hal ini hanya dapat dilakukan oleh kamera berjenis DSLR. BP-Guide menyarankan untuk menggunakan lens hood atau fitur High ISO Noise Reduction dan mematikan flash mode, di mana ketiganya berperan besar untuk menghilangkan noise yang mengganggu ketajaman maupun kualitas gambar berkecepatan cahaya yang akan Anda ambil.

Dengan melakukan hal-hal ini, Anda akan mampu memotret berbagai objek sekalipun kecepatan melajunya lebih cepat dari pandangan manusia, seperti MotoGP yang memiliki kecepatan rata-rata 300-350 kpj. Memotret dengan kecepatan cahaya juga dapat Anda lakukan untuk foto-foto jenis light trails, di mana hasil foto akan menunjukkan lampu jalanan yang terlihat berlari mengikuti jalan yang mengekor panjang.

Gunakan Teknik Perspektif

Permainan perspektif dalam fotografi merupakan salah satu hal menyenangkan yang dapat kita lakukan dengan kamera DSLR, mengingat dengan bermain perspektif, Anda dapat membuat mata orang yang memandang hasil foto mempercayai hal-hal yang tidak sebenarnya ada di dunia nyata.

Salah satu teknik perspektif fotografi yang BP-Guide sarankan adalah forced perspective photography, di mana teknik fotografi kuno ini mengandalkan ilusi optik dan biasanya digunakan untuk film-film yang melibatkan monster. Monster-monster yang sebenarnya adalah miniatur atau mainan buatan manusia akan terlihat besar dan menakutkan dengan teknik forced perspective photography ini.

Sementara itu, kesan unik dan berbeda juga dapat diperoleh dari forced perspective photography, seperti gelembung sinar yang keluar dari mulut seseorang.

Plastik Transparan untuk Menciptakan Efek Sayu

Foto-foto langit berwarna merah senja merupakan beberapa contoh jenis foto hasil edit berbagai software Photoshop, VSCO Cam, dan sejenisnya. Hadirnya kamera DSLR yang sanggup membuat foto tak ber-filter menjadi seolah-olah ber-filter menjadi solusi untuk permasalahan edit foto ini.

Dengan menggunakan plastik berwarna untuk menutupi sebagian kamera lensa sekaligus memantulkan cahaya, Anda akan mendapat foto berefek sayu nan artistik. Untuk menghemat biaya sekaligus membuat hasil foto kamera DSLR lebih alami, tidak ada salahnya mewarnai plastik dengan spidol.

Bikin Makan Siang Anda Jadi Lebih Bercahaya

Kamera DSLR merupakan salah satu jenis kamera yang BP-Guide rekomendasikan untuk memotret makanan yang sering beredar di banyak media sosial hingga saat ini. Makanan merupakan "aktor utama" dari potret makanan, maka Anda perlu menggunakan pengaturan warna output kamera DSLR untuk membuat latar belakang lebih bersih, sehingga makanan lebih mudah terlihat.

Selain itu, lebih baik Anda mematikan mode flash pada kamera DSLR, karena mode ini akan membuat makanan terlihat berminyak dan sebagai akibatnya, tidak enak dipandang.

10 Kamera DSLR Terbaik yang Bisa Dijadikan Pilihan

Canon EOS 5D Mark IV

Sumber gambar www.canon.co.id

Kualitas, kinerja, dan fleksibilitas gambar merupakan 3 kekuatan utama dari produk kamera dari Canon yang bernama Canon EOS 5D Mark IV ini. Kamera Canon EOS 5D Mark IV yang mulai diperkenalkan di Jakarta pada awal Oktober ini merupakan kamera yang memiliki segalanya dalam hal imaging atau pemrosesan gambar, mulai dari sensor full-frame 30, AF 61 titik yang cepat dan mulus, hingga prosesor gambar Canon DIGIC 6+ yang sanggup memotret terus-menerus hingga 7 fps.

Kekuatan "super" dari kamera DSLR yang ditujukan untuk fotografer kelas semi-profesional ini membuat kamera Canon seri EOS 5D ini cocok untuk keperluan fotografi pernikahan, alam, serta landscape shooters. Karena kekuatannya yang luar biasa, maka harganya pun agak mahal, yakni Rp 54.477.500 menurut marketplace Bhinneka.

Nikon D750

Sumber gambar www.nikonusa.com

Pegangan yang enak dan body yang terbuat dari campuran magnesium alloy dan carbon fiber membuat kamera Nikon D750 ini dapat BP-Guide rekomendasikan untuk para fotografer.

Tidak berhenti pada desain luarnya saja, kamera Nikon D750 juga memiliki layar LCD yang dapat dilipat dan fitur-fitur serta halaman khusus yang "memanjakan" para pencinta film. Kamera ini menjadi perlengkapan yang wajib dibawa para pencinta film atau videografer yang ingin membuat film-film berkualitas tinggi. Di marketplace Bhinneka, kamera Nikon D750 ini dijual seharga Rp 19.500.000.

Canon EOS 70D

Sumber gambar www.usa.canon.com

Jendela bidik cerdas yang dimiliki kamera Canon jenis EOS 70D ini memungkinkan pemakainya untuk memotret foto atau merekam dengan video lewat tiga cara yang unik. Hal inilah yang membuat Canon EOS 70D ini menjadi salah satu kamera DSLR terbaik yang dapat BP-Guide rekomendasikan.

Untuk membuat gambar bergerak atau video, BP-Guide menyarankan untuk menggunakan sensor "Dual Pixel CMOS AF"-nya yang dapat ber-autofocus dengan mulus saat merekam sesuatu yang hasilnya nanti bergerak, seperti foto animasi atau video.

Dengan harga Rp 18.640.000 menurut marketplace Plaza Kamera, Anda tidak hanya mendapat kameranya saja, namun juga garansi 1 tahun dari PT Datascrip selaku distributor tunggal Canon di Indonesia.

Canon EOS 750D

Sumber gambar www.canon.co.id

Kamera Canon EOS 750D yang merupakan salah satu keluaran kamera DSLR terbaik dan terbaru Canon untuk musim ini merupakan kamera yang recommended bagi para pemula yang ingin terlihat bagaikan seorang expert.

Pasalnya, resolusi 24,2 MP yang didukung oleh rentang ISO yang dapat diperluas hingga ISO 100-25600 dan shutter speed yang mencapai 1/4000 detik hingga 30 detik membuat kamera ini cocok untuk memotret objek berkecepatan cahaya dengan hasil yang terang dan jernih.

Tidak lupa, kamera seharga Rp 9.360.000 menurut marketplace Plazakamera ini memiliki layar TFT 3 inci yang bisa dimanfaatkan untuk melihat hasil foto. Ditambah dengan adanya garansi 1 tahun dari PT Datascrip dan beratnya yang mencapai 555 gr, kamera Canon EOS 750D ini berkualitas terbaik dengan pemakaian yang aman.

Canon EOS 760D

Sumber gambar www.canon.co.uk

Canon EOS 760D merupakan kamera DSLR keluaran Canon untuk fotografer kelas pemula yang dikeluarkan bersamaan dengan seri EOS 750D seperti pada pembahasan poin sebelumnya dalam artikel ini. Bukan hanya memiliki sensor CMOS beresolusi 24,2 MP yang cocok untuk pemotretan ber-genre kreatif, namun kamera Canon EOS 760D ini juga dilengkapi dengan Intelligent Viewfinder dan titik fokus otomatis yang cross-typed, di mana semuanya turut membuat titik fokus objek foto makin mudah ditemukan.

Layar LCD yang dapat diputar ke berbagai sudut dan tombol rear dial-nya juga turut membuat fotografer pemula yang memegang kamera Canon EOS 760D menjadi seolah-olah seperti profesional. Bila ingin membelinya, BP-Guide menyarankan untuk mempersiapkan uang sebanyak Rp 9.410.000, mengingat itulah harga yang dibanderol di plazakamera.com.

Nikon D5500

Sumber gambar www.nikonusa.com

Nikon D5500 merupakan bukti bahwa kamera DSLR terbaik tidak selalu harus keluaran terbaru. Faktanya, kamera DSLR terbaik keluaran 2015 ini dilengkapi dengan filter anti-aliasing dan sensornya yang beresolusi 24,2 MP, di mana sensor yang tinggi pada masanya dan terus berlanjut hingga sekarang ini membuat ketajaman hasil gambar menjadi semakin terasa.

Prosesor gambar EXPEED 4, beratnya yang paling ringan dibandingkan seri-seri Nikon lain seperti seri D3300 atau seri D40, dan fitur built-in Wifi-nya yang praktis, juga turut membuat kamera DSLR berharga Rp 10.250.000 menurut marketplace Plaza Kamera ini cocok untuk siapa pun yang memiliki jadwal super padat.

Canon EOS 700D

Sumber gambar www.canon.co.uk

Bila tujuan Anda menghasilkan gambar berkualitas lewat kamera DSLR adalah untuk fotografi sehari-hari, maka kamera Canon EOS 700D ini dapat menjadi jawaban yang baik untuk kebutuhan Anda. Kamera Canon seri EOS 700D yang diluncurkan pada bulan ke-9 sejak rilisnya seri EOS 650D ini memiliki dukungan penggunaan lensa STM dan ISO yang bisa mencapai 25600.

Dengan harga Rp 7.790.000 di marketplace Lazada, kamera beresolusi 18 MP dengan shutter speed hingga 1/4000 detik ini amat layak untuk BP-Guide rekomendasikan sebagai kamera DSLR terbaik dengan harga ekonomis dan fitur-fitur yang mudah, namun menghasilkan foto yang tajam dan baik.

Pentax K-50

Tampilan luar yang agak konvensional tidak berarti kualitas Pentax K-50 yang merupakan pengembangan dari seri K-30 ini se-konvensional desain luarnya. Faktanya, kamera DSLR jenis Pentax K-50 ini mampu memotret terus-menerus hingga 6 fps dengan kekuatan fokus yang mengagumkan berkat adanya SAFOX IXi+ sebagai teknologi autofocus-nya.

Hasil fotonya pun tidak perlu diragukan lagi, karena ISO-nya bisa diperluas hingga maksimum 51200 dan shutter speed-nya mampu merekam objek berkecepatan hingga 1/6000 detik, membuatnya begitu moncer untuk fotografi berkualitas terang di saat-saat yang tidak memungkinkan sekali pun. Harganya juga relatif murah, yakni Rp 6.000.000 di marketplace Lazada.

Nikon D5200

Sumber gambar www.nikonusa.com

Scene Recognition System dengan sensor RGB 2.016 piksel merupakan kekuatan utama dari kamera Nikon D5200 untuk fotografer pemula yang satu ini, di mana sistem ini akan membuat fotografer menangkap scene brightness dan color information dengan akurat.

Selain itu, kamera Nikon D5200 ini juga dilengkapi dengan bahan magnesium alloy di bagian atas dan pelindung depannya, menjadikan bodi kamera berukuran kompak nan praktis ini ergonomis untuk jari-jari penggunanya. Di marketplace Tokopedia, harga per unit kamera ini dipatok adalah Rp 5.750.000.

Nikon D3400

Sumber gambar www.nikonusa.com

Untuk para pemula yang serius mendalami dunia fotografi, BP-Guide menyarankan kamera DSLR bernama Nikon D3400 yang sanggup merekam hingga 11 titik autofocus dengan 1 tipe silang yang satu ini. Kamera DSLR jempolan ini juga memiliki resolusi kamera 24,3 MP yang cukup besar untuk ukuran kamera pada pasaran yang sama.

Kamera ini dapat memotret beruntun hingga 5 fps sehingga menjadi salah satu kamera yang baik untuk melatih kemampuan para pemula yang ambisius di dunia fotografi. Harga per unit kamera Nikon D3400 ini di marketplace Tokopedia mencapai Rp 6.700.000.

From our editorial team

Memotret Sebanyak-banyaknya dengan Kamera DSLR

Setelah mendapatkan kamera DSLR impian, hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah memotret sebanyak-banyaknya. Dengan begitu Anda akan semakin nyaman dengan kamera tersebut dan tombol-tombolnya. Anda bisa mengeksplorasi banyak hal yang Anda sukai sehingga tidak cepat bosan. Semakin sering memotret juga membuat kemampuan Anda semakin meningkat.