10 Tempat Camping Terbaik di Jawa Tengah untuk Menikmati Suasana Alam yang Indah (2020)

10 Tempat Camping Terbaik di Jawa Tengah untuk Menikmati Suasana Alam yang Indah (2020)

Setiap orang memiliki banyak harapan dan keinginan untuk mewujudkan liburan impiannya. Anda mungkin juga memiliki harapan liburan yang sudah lama diinginkan. Jika berkemah ingin Anda lakukan di masa liburan nanti, Anda bisa melirik beberapa kawasan di Jawa Tengah. Baca dulu uraiannya dalam artikel ini.

Daftar isi

Berkemah yang Seru dan Menyenangkan di Jawa Tengah

Aktivitas liburan yang itu-itu saja bisa jadi sangat menjemukan. Anda mungkin ingin mencoba aktivitas yang lain daripada biasanya. Bagaimana kalau berkemah? Jika penasaran, Anda bisa mempelajari terlebih dahulu keseruan apa saja yang bisa dilakukan dengan berkemah di alam bebas.

Untuk lokasinya, Anda bisa mengunjungi beberapa tempat berkemah di Jawa Tengah. Seperti yang diketahui, Jawa Tengah selalu menjadi tujuan banyak masyarakat di Indonesia dan mancanegara untuk berlibur. Ingin tahu di mana saja? Ayo simak penjelasannya di bawah ini!

Keseruan Liburan dengan Berkemah di Alam Bebas

Menyaksikan Bintang-bintang di Langit Malam

Aktivitas seru pertama dari berkemah adalah pada saat menikmati malam. Anda bisa keluar dari tenda dan memandang langit malam tanpa terhalang apa pun. Tahukah Anda, keindahan langit malam di alam bebas seperti apa? Ada banyak sekali bintang-bintang yang bisa menghiasi malam Anda di sana. Pemandangan indah seperti ini bisa saja jarang Anda saksikan jika berada di lingkungan rumah.

Melakukan Acara Api Unggun

Banyak juga yang pasti mengadakan acara api unggun saat berkemah. Hal ini tentu berkaitan dengan keakraban yang coba dijalin selama menginap di alam bebas. Pada saat itu, kita bisa membakar jagung, bernyanyi bersama, dan melakukan aktivitas menghibur lainnya. Api unggun juga bagus untuk menghangatkan suhu tubuh di lokasi perkemahan yang dingin. Seru dan sekaligus bermanfaat, ya.

Membakar Daging Bersama (Barbeque)

Keseruan liburan dengan berkemah lainnya adalah dengan melakukan barbeque. Kegiatan membakar daging dan pelengkapnya di luar ruangan ini sangat seru. Selain itu, pastinya juga mengenyangkan untuk para anggota keluarga atau teman yang ikut berkemah bersama.

Menikmati Matahari Terbit dan Terbenam

Alam bebas juga membuat Anda lebih mudah menyaksikan langsung awal titik matahari terbit hingga akhir dari matahari terbenam. Keindahan langit di saat-saat itu mungkin tidak bisa dengan mudah disaksikan di lingkungan tempat tinggal Anda. Jadi dengan berkemah, Anda bisa mengkhususkan waktu untuk menyaksikannya.

Menenangkan Pikiran Bersama Alam

Satu lagi keseruan dengan berkemah yang bisa Anda coba adalah dengan berdiam menikmati alam. Alam bisa mendatangkan banyak ketenangan pikiran. Jadi walau hanya dengan berdiam diri, masalah dan beban pikiran yang ada pada diri Anda bisa hilang sejenak.

10 Tempat Camping Terbaik di Jawa Tengah

Bumi Perkemahan Candra Birawa Gunung Pati, Semarang

Sumber gambar alasindhu.blogspot.com

Anda ingin mencoba berkemah di alam Jawa Tengah? Cobalah menuju ke Bumi Perkemahan Candra Birawa Gunung Pati. Lokasinya berada di daerah kaki Gunung Pati dan cukup mudah aksesnya. Berkemah di tempat ini banyak dilakukan oleh para anggota pramuka dari berbagai daerah. Namun, karena banyak yang berminat berkemah di sini, maka Anda sangat disarankan untuk mendaftar jauh-jauh hari.

Bumi Perkemahan Kajar, Kudus

Sumber gambar ihategreenjello.com

Anda bisa juga berkemah di wilayah lereng Gunung Muria di wilayah Kudus. Bumi perkemahan Kajar ini adalah salah satu tempat camping terbaik di Jawa Tengah dengan hutan pinus di sekelilingnya. Selain ada lahan-lahan untuk berkemah, Anda juga bisa melakukan pendakian ke Gunung Muria jika tertarik. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mencoba melakukan aktivitas outbound di sini.

Bumi Perkemahan Karangsari Park, Rembang

Sumber gambar caffedesa.blogspot.com

Wilayah Rembang juga cukup populer dengan beberapa tujuan wisata berkemah. Salah satunya adalah Bumi Perkemahan Karangsari Park. Lokasi ini menjadi tempat camping terbaik di Jawa Tengah yang disarankan untuk Anda. Alasannya berkaitan dengan banyaknya hal yang Anda bisa lakukan di sini. Anda bisa menikmati berbagai tanaman yang beragam dan mengenalnya lebih jauh. Misalnya yang paling banyak menarik perhatian adalah pohon jambu mete. Soal fasilitas, di sini disediakan kamar mandi, mushola, dan tentunya tempat parkir yang aman.

Bumi Perkemahan Munjul Luhur, Purbalingga

Purbalingga menjadi wilayah berikutnya yang bisa Anda kunjungi untuk berkemah di Jawa Tengah. Ada bumi perkemahan bernama Munjul Luhur yang terletak di sana dengan area yang cukup luas. Bumi perkemahan ini pun selalu ramai dijadikan tujuan camping banyak orang. Keindahan alamnya sangat menyegarkan mata. Bahkan Anda bisa menemukan sungai mengalir di sana. Seru dan sangat menyenangkan bisa berkemah langsung di tengah alam bebas.

Bumi Perkemahan Nglimut Gonoharjo, Kendal

Jika Anda ingin mencoba wilayah yang masih sangat asri untuk berkemah di Jawa Tengah, maka berkunjunglah ke Bumi Perkemahan Nglimut Gonoharjo. Tempat camping terbaik di Jawa Tengah ini berlokasi di Kendal. Kelebihan utamanya adalah adanya kolam air pegunungan yang bisa Anda nikmati di sana. Tidak hanya bisa menyegarkan diri, banyak orang percaya pemandian air ini bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit juga. Tertarik mencobanya?

Gunung Lasem, Rembang

Sumber gambar ihategreenjello.com

Berkemah alias camping tentu tidak bisa dipisahkan dengan kegiatan pendakian. Jadi salah satu tempat camping yang kali ini disarankan untuk Anda adalah wilayah camping di Gunung Lasem. Gunung satu-satunya di Rembang ini memang selalu ramai dikunjungi para pendaki. Jika mengalami kelelahan selama pendakian, Anda bisa berkemah dulu di wilayah perkemahannya. Keesokan paginya, Anda bisa menimati keindahan alam Rembang dari puncak gunung.

Hutan Penggaron, Semarang

Berikutnya, tempat camping terbaik di Jawa Tengah adalah di Hutan Penggaron. Hutan yang satu ini memiliki area yang sangat besar dan masih terus dalam tahap perkembangan. Lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota Semarang sehingga membuat banyak orang gemar berkemah di sini. Tempat ini juga banyak menawarkan aktivitas outbond dan pelatihan untuk Anda yang tertarik mencoba.

Pantai Dasun, Rembang

Sumber gambar dasun.desa.id

Ternyata berkemah di pinggir pantai juga menjadi pilihan yang menyenangkan. Ada pantai Dasun di Rembang yang cocok menjadi tempat untuk berkemah. Lokasinya memang memiliki wilayah khusus camping yang strategis. Dari lokasi camping itu, Anda bisa menikmati wilayah yang teduh di bawah pohon cemara sekaligus menikmati keindahan pantai. Jika Anda ingin menikmati langit malam Rembang yang sangat indah pun bisa mengunjungi lokasi ini.

Pulau Gede, Rembang

Satu lagi tempat camping terbaik di Jawa Tengah yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Pulau Gede. Pulau ini sebenarnya merupakan wilayah pengembangan baru, jadi masih belum banyak dikunjungi orang. Namun, keindahannya masih asli sekali. Anda bisa menuju pulau Gede ini dengan menggunakan perahu. Setelahnya, Anda bisa berkemah eksklusif di tengah-tengah laut. Indah dan sangat menyenangkan pengalaman berkemah di pulau kosong seperti ini.

Umbul Sidomukti, Semarang

Sumber gambar semarangwingkorolls.net

Tujuan yang tidak boleh terlewatkan juga jika ingin berkemah di Jawa Tengah adalah Umbul Sidomukti. Tempat camping yang satu ini sudah memiliki desain dan peletakan yang sangat teratur. Jadi sama sekali tidak perlu khawatir berkemah di sini. Tenda Anda pun akan langsung berhadapan dengan keindahan alam hijau di ketinggian gunung yang cukup tinggi. Seru dan pastinya sangat menantang untuk Anda yang suka berkemah.

From our editorial team



Tag