Bingung Sedang Mencari Teropong? Ini Rekomendasi Teropong Canggih untuk Anda (2020)

Bingung Sedang Mencari Teropong? Ini Rekomendasi Teropong Canggih untuk Anda (2020)

Beberapa jenis pekerjaan membutuhkan teropong. Tidak hanya pekerjaan, tapi bagi Anda yang suka perjalanan di alam liar dan menjelajah, maka teropong juga dibutuhkan. Berikut ini, BP-Guide akan menjelaskan tentang teropong, beserta tips dan rekomendasi memilih teropong yang tepat.

Sebelum Ada Teropong Canggih, Pemakaian Teropong Untuk Berbagai Kebutuhan Sudah Dilakukan Sejak Dulu

Mata manusia memiliki keterbatasan, di mana mata tidak bisa melihat objek yang jaraknya sangat jauh. Keterbatasan dari mata inilah yang menjadi alasan terciptanya teropong. Teropong adalah alat bantu untuk mata agar dapat melihat objek yang jaraknya jauh.

Teropong pertama kali digunakan pada tahun 1608, sejak pertama kali ditemukan oleh Lippershey Hans. Teropong kemudian dimodifikasi terus menerus dan menjadi semakin canggih, hingga hari ini.

Beberapa Jenis Teropong yang Bisa Anda Ketahui

Periskop

Periskop adalah alat optik yang ditemukan pertama kali oleh Thomas H. Doughty. Alat optik ini cocok digunakan untuk melihat objek dari tempat tersembunyi. Hal inilah yang menjadikan periskop banyak digunakan saat perang.

Kekurangan dari alat optik ini adalah dapat bekerja apabila ada cahaya. Hal ini dikarenakan lensa objektif dari periskop hanya menangkap bayangan objek melalui bias yang dipantulkan oleh prisma segitiga sama kaki siku-siku.

Teleskop

Teleskop adalah alat optik yang biasa digunakan untuk meneropong bintang. Alat bantu penglihatan ini memiliki dua lensa cembung, yaitu lensa objektif dan lensa okuler.

Cara kerjanya adalah mengumpulkan radiasi elektromagnetik dan sekaligus membentuk citra dari benda yang diamati. Teropong bintang ini diciptakan oleh Galileo, setelah terinspirasi dari teropong pertama yang telah ditemukan.

Teropong Sandiwara

Saat menonton pertunjukan teater, posisi penonton tidak selalu berada di bagian paling depan. Ada juga yang duduk di bagian belakang dan juga ada yang di balkon. Lalu bagaimana penonton yang posisi duduknya jauh dari panggung dapat menikmati pertunjukan?

Biasanya mereka membawa teropong sandiwara. Teropong jenis ini memiliki dua lensa, yaitu lensa objektif dan lensa cengkung sebagai lensa okuler. Dengan bantuan teropong ini, Anda bisa menikmati pertunjukan teater, meskipun duduk di posisi yang jauh dari panggung.

Teropong Terestrial

Teropong terestrial atau juga dikenal dengan sebutan teropong bumi adalah alat optik yang digunakan untuk melihat objek yang jauh di permukaan bumi. Teropong yang memiliki bentuk yang panjang ini memiliki tiga lensa cembung.

Tiga lensa tersebut bekerja sebagai lensa objektif, lensa pembalik dan lensa okuler. Dengan bantuan teropong ini Anda bisa melihat objek yang lokasinya jauh dari tempat Anda berada.

10 Rekomendasi Teropong Masa Kini yang Canggih

OEM Teropong Binocular Outdoor Magnification (80 x 120 zoom/ A1040)

OEM Teropong Binocular Outdoor Magnification(80 x 120 zoom/ A1040) adalah teropong yang dirancang untuk berbagai kegiatan outdoor. Teropong yang memiliki pembesaran hingga 80 x 120 zoom ini dapat memperjelas view angle 9.5, dengan area penglihatan 166 m/1000 m.

Teropong dari OEM ini menggunakan lensa anti reflection, sehingga penglihatan Anda tidak terganggu oleh refleksi matahari. Anda bisa mendapatkan teropong yang memiliki dimensi 100 x 72 x 38 mm.

Harga Rp. 135.000-238.000

Pentax UP 8 x 21

Pentax UP 8 x 21 adalah teropong yang dirancang untuk Anda yang suka berpetualang atau kegiatan outdoor lainnya. Dilengkapi dengan lensa berdiameter object 21 mm, sehingga dapat menghasilkan pembesaran hingga 8-16x.

Bahannya dilapisi dengan baja berkaret hitam, sehingga lebih tangguh, awet dan tahan lama. Dibekali pula dengan new fully multi coated dan teropong dengan tipe porro prism yang dapat menghasilkan tampilan yang lebih jernih.

Harga Rp. 1.285.000-1.542.000

Bushnell Monocular 16 x 52

Bushnell Monocular 16 x 52 adalah teropong yang dirancang untuk berbagai aktivitas luar ruangan. Dilengkapi fitur siang dan malam, agar tetap bisa dipakai meskipun saat hari sudah gelap.

Teropong Panda ini dilengkapi dengan lensa yang berkualitas, sehingga dapat menampilkan gambar yang lebih jernih dan jelas. Selain itu, dilengkapi pula dengan fitur focus, agar Anda dapat melihat objek yang dituju dengna lebih jernih.

Harga Rp. 59.900-200.000

Celestron Astro Master 70

Celestron Astro Master 70 adalah teleskop yang dirancang untuk pencinta ilmu Astronomy atau tertarik untuk melihat berbagai objek yang jaraknya jauh.

Teropong yang memiliki dua buah lensa eye piece berukuran 10 mm dan 20 mm ini dilengkapi dengan tripod stanlesteel, yang kokoh dan bisa dilipat. Optiknya dilapisi dengan kaca, sehingga dapat menghasilkan gambar yang jernih dan tajam.

Harga Rp. 4.097.000-5.460.000

Fyu Tech Monocular Space Astronomical Telescope Teropong Bintang (300/ 70 mm)

Fyu tech Monocular Space Astronomical Telescope Teropong Bintang 300/ 70 mm adalah teleskop yang dirancang untuk Anda yang suka melihat bintang atau ingin mempelajari ilmu Astronomy.

Teleskop ini dilengkapi dengan lensa berukuran 70 mm dengan focal length 300 mm, sehingga dapat menampilkan gambar yang jelas.

Dilengkapi dengan tripod yang terbuat dari alumunium, sehingga kuat menopong berat telescope. Tingginya juga bisa diatur, hingga mencapai 38cm.

Harga Rp. 314.000-320.000

Comet 3-9 x 40AOEG

Comet 3-9 x 40AOEG adalah teropong yang memiliki diameter 4.2 cm dan 5 cm. Panjang riflescopenya adalah 32 cm, sedangkan panjang teropong dengan tabung sunshade adalah 39 cm.

Teropong yang dilengkapi dengan lensa berdiameter 40 mm ini bisa menampilkan pembesaran objek hingga 3 sampai 9 kali.

Teropong yang memiliki lensa yang bening dan jernih ini memiliki reticle yang berwarna biru, merah dan hijau. Untuk cahaya dari masing-masing warna dapat diatur hingga tiga tingkatan.

Harga Rp. 500.000-600.000

Hawke Night Vision Telescope 8x Digital Zoom

Hawke Night Vision Telescope 8x Digital Zoom adalah teleskop yang dirancang untuk berbagai kegiatan luar ruangan. Teropong yang memiliki dimensi 200 mm x 86 mm x 56 mm ini memiliki lensa dengan diameter 40 mm, sehingga dapat menghasilkan pembesaran hingga 5 kali bahkan 8 kali digital zoom. Dilengkapi pula dengan fitur night vision, sehingga teropong tetap bisa digunakan pada malam hari atau kondisi cahaya yang rendah.

Harga Rp. 1.508.000-1.700.000

Teropong /Teleskop Spotting Scope 13 x 50 Monocular

Teropong /Teleskop Spotting Scope 13 x 50 Monocular adalah teropong yang dibekali dengan lensa berdiameter 32 mm, sehingga dapat menghasilkan pembesaran hingga 8 kali.

Lensanya dilengkapi dengan full coated, sehingga dapat menghasilkan gambar yang jernih dan jelas. Teropong ini dirancang untuk berbagai kegiatan luar ruangan, seperti berpetuangan atau mendaki gunung.

Harga Rp. 875.000-1.590.000

Canon 20 x 50

Canon 20 x 50 adalah teropong yang memiliki panjang 17 cm, lebar bagian ujung 19cm dan lebar pangkal 11 cm. Teropong yang memiliki lensa berukuran 50 mm ini dapat menampilkan pembesaran objek hingga 20 kali.

Jarak pandang yang dihasilkan dari teropong ini hingga mencapai 1000 meter. Teropong dari Canon ini dirancang untuk Anda yang suka berpetualang atau mengintai.

Harga Rp. 325.000-450.000

Suncore Spirit BAK4

Suncore Spirit BAK4 adalah teropong yang dilengkapi dengan fitur magnifaction sampai dengan 10 x 25, dengan view angle 5.6, dan area penglihatan 96 m-1000 m.

Lensa yang digunaan adalah lensa optical glass, sehingga dapat memberikan gambar yang sangat jernih dan jelas.

Teropong dari Suncore Spirit ini terbuat dari bahan yang ringan, namun kuat dan tidak mudah rusak. Teropong ini dirancang untuk berbagai kegiatan outdoor.

Harga Rp. 158.500-265.500
From our editorial team

Teropong Canggih adalah Jenis Teropong yang Digunakan di Masa Kini

Perkembangan teknologi yang sedemikian pesat menyentuh hampir semua sendi kehidupan. Tidak terlepas juga dari teropong, yang semakin hari semakin berinovasi dan canggih. Produk yang direkomendasikan di atas adalah produk teropong denga teknologi terkini. Jadi, jangan salah pilih teropong yang tepat untuk kebutuhan Anda, ya.