Libur Telah Tiba! Yuk, Kunjungi 10 Destinasi Wisata Baru di Jawa Timur ini (2019)

Libur Telah Tiba! Yuk, Kunjungi 10 Destinasi Wisata Baru di Jawa Timur ini (2019)

Liburan ini lewatkan waktu berharga bersama keluarga tercinta. Anda bisa bawa keluarga liburan ke Jawa Timur yang memiliki sejuta pesona indah. Ikuti tips dari kami beserta rekomendasi tempatnya ya!

Jawa Timur, Gudangnya Tempat Wisata Seru untuk Liburan

Libur akhir tahun sudah di depan mata. Anda dan keluarga sudah seharusnya merencanakan libur dari sekarang. Jika masih bingung memilih liburan ke mana, Anda bisa coba untuk menghabiskan liburan di Jawa Timur. Wilayah yang satu ini memiliki segudang wisata menarik untuk dikunjungi bersama keluarga.

Meski dibilang memiliki banyak tempat wisata, namun tak jarang selalu ada tempat wisata apik yang terlewatkan begitu saja. Anda yang berencana menghabiskan liburan di sana jangan sampai kelewatan tempat wisata terbaru dan paling hits di Jawa Timur ya. Nah, sebelum berwisata ke sana, ada baiknya Anda simak dulu alasan berwisata dan juga tips liburan untuk Anda bersama kami di BP-Guide!

Alasan Berwisata di Jawa Timur

Lebih Terjangkau

Jawa Timur memiliki banyak sekali destinasi wisata menarik. Wilayah ini menawarkan berbagai wisata dengan range harga yang beragam namun kesemuanya masih termasuk sangat terjangkau oleh kantong. Mulai dari harga tiket masuk tempat wisata, harga akomodasi hingga harga untuk biaya makan masih sangat terjangkau. Anda yang tengah berlibur dengan keluarga pun pastinya bisa lebih berhemat jika memilih Jawa Timur sebagai tujuan wisata.

Banyak Pilihan Tujuan Wisata

Alasan selanjutnya berwisata di Jawa Timur adalah banyak tujuan wisatanya. Bukan sekadar wisata alam saja, di wilayah Jawa Timur ada banyak jenis wisata mulai dari wisata sejarah, wisata berupa taman, wisata pantai dan lain sebagainya. Setiap kota dan kabupaten di Jawa Timur memiliki tempat wisata yang unik dan menarik serta sayang untuk dilewatkan.

Semisal Anda ingin liburan di Pasuruan, maka Anda bisa mampir ke Malang, Mojokerto hingga Probolinggo yang berdekatan dengan Pasuruan. Kota-kota tersebut jelas memiliki banyak pilihan destinasi wisata menakjubkan.

Akses Mudah Dijangkau

Berbagai destinasi wisata menarik di Jawa Timur sangat mudah dijangkau. Dengan akses yang mudah tentu kita jadi tak perlu repot jika ingin mengunjungi tempat tertentu. Fasilitas transportasinya lengkap sehingga pengunjung jadi tak perlu bingung jika ingin datang ke sana. Akses yang mudah dijangkau ini menjadikan satu lagi alasan mengapa Anda sekeluarga harus liburan di Jawa Timur.

Tips Sebelum Berwisata ke Jawa Timur

Persiapkan dari Jauh Hari

Sebelum berwisata ke Jawa Timur tentu Anda wajib mempersiapkan segalanya dari jauh hari. Lakukan diskusi keluarga sehingga Anda bisa mempersiapkan budget, memesan tiket pesawat, hingga memesan penginapan. Dengan memesan dari jauh hari, maka bukan tak mungkin Anda mendapatkan diskon.

Melakukan aneka persiapan dari jauh hari memungkinkan Anda untuk mengatur waktu cuti di kantor dan menyesuaikan pekerjaan juga loh. Selain itu, liburan juga bisa jadi lebih nyaman karena sudah dipersiapkan.

Siapkan Itinerary

Saat liburan dengan keluarga ke Jawa Timur, akan lebih menarik jika Anda mempersiapkan itinerary. Dengan begini, Anda dan keluarga bisa memiliki jadwal pasti akan kemana hari ini dan hari selanjutnya. Pilih destinasi wisata Jawa Timur yang cocok didatangi bersama keluarga. Urutkan lokasi wisata dan waktu sesuai prioritas. Saat liburan sudah dipersiapkan dengan itinerarynya tentu saja liburan jadi bisa lebih menyenangkan.

Rencanakan Keuangan

Sumber gambar www.livemint.com

Yang paling penting saat liburan adalah merencanakan keuangan. Anda dan keluarga yang berencana liburan ke Jawa Timur pun wajib merencanakan keuangan dengan baik. Meski mungkin Anda tahu bahwa liburan di Jawa Timur tak menguras banyak biaya, tetap saja Anda harus waspada dengan biaya-biaya tak terduga.

Semisal biaya anak sakit, ban bocor dan lain sebagainya. Persiapkan keuangan dengan baik untuk melakukan perjalanan dengan lebih baik pula.

10 Rekomendasi Tempat Wisata Baru di Jawa Timur tahun 2020

UFO Park

Sumber gambar www.datawisata.com

Salah satu destinasi wisata baru di Jawa Timur yang wajib Anda kunjungi adalah UFO Park. Ini merupakan sebuah taman miniatur replika alien yang terletak di Batu, Malang, Jawa Timur. Lokasi tepatnya ada di jalan Paralayang Desa Pandesari Kabupaten Malang.

Tempat yang satu ini cocok untuk Anda yang gemar berswafoto. Selain ada banyak replika Alien, ada juga aneka rumah alien yang tersebar di berbagai titik. Tempat yang satu ini buka dari jam 9 pagi hingga jam 9 malam.

Jatim Park 3

Sumber gambar travel.detik.com

Dengan memakai teknologi tinggi, taman wisata yang satu ini menghadirkan aneka wahana seru untuk dikunjungi bersama keluarga. Berlokasi di Jalan Raya Insinyur Soekarno, Nomor 144, Beji, Kota Batu, Jawa Timur, tempat ini buka setiap hari dari jam 11 hingga jam 10 malam.

Di tempat ini ada Dino Park yang menyajikan aneka gambaran kehidupan pada zaman prasejarah. Selanjutnya ada juga Infinite World yang menghadirkan ruang berteknologi tinggi.

Anda yang ingin merasakan suasana berada di negara lain bisa mengunjungi The Legend Star. Selanjutnya ada juga Fun Tech Plaza, Ice Cream World hingga Musium Musik yang tak kalah menarik untuk dijelajahi di wisata ini.

Air Terjun Sarang Awan

Sumber gambar liburmulu.com

Ini merupakan destinasi wisata baru di Jawa Timur berupa wisata alam. Destinasi wisata apik ini berlokasi di Dukuh Sengon, Desa Kradinan, Pagerwojo, Tulungagung. Tempat ini tergolong baru karena merupakan wisata tersembunyi Tulungagung yang belum banyak diketahui.

Air terjun ini ada dalam Hutan Kradinan dengan ketinggian mencapai sekitar 75 Meter. Nama air terjun muncul dari derasnya air yang jatuh dari ketinggian tersebut menciptakan sebuah kabut putih yang mirip awan. Selain bisa melihat air terjun, lokasi ini juga cocok untuk kemping.

Taman Nasional Meru Betiri

Sumber gambar www.nativeindonesia.com

Taman Nasional Meru Betiri adalah destinasi wisata baru di Jawa Timur yang wajib dikunjungi di tahun 2020. Lokasinya ada di wilayah Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur.

Tempat ini merupakan kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli dan dikelola dengan sistem zonasi. Tempat wisata ini dijadikan tempat penelitian, tempat pendidikan, hingga tempat pariwisata dan rekreasi.

Di dalam taman ini, Anda bisa menemukan tanaman langka, beberapa jenis tumbuhan obat-obatan serta berbagai satwa liar yang eksotis. Anda bisa juga menemukan Gunung Meru setinggi 500 mdpl dan Gunung Betiri setinggi.1.223 mdpl. Taman ini buka jam 8 pagi dan tutup jam 5 sore.

Pantai Jonggring Saloko

Sumber gambar travelingyuk.com

Bagi Anda yang ingin berwisata ke pantai, bisa coba ke Malang. Ada Pantai Jonggring Saloko yang terletak di Desa Mentaraman, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang. Ini merupakan salah satu destinasi wisata baru di Jawa Timur yang wajib dikunjungi di tahun 2020.

Pemandangan alam di pantai ini menakjubkan karena begitu eksotis. Di tempat ini ada juga kolam tepi pantai yang alami dan bisa digunakan untuk berenang. Pantai ini juga menghadirkan pemandangan karang dengan lubang besar yang bisa menghasilkan semburan air saat dihantam ombak dan mengeluarkan suara ‘bros’.

Air Terjun Wukirharjo

Sumber gambar tubannow.com

Berikutnya ada Air Terjun Wukirharjo yang bisa Anda kunjungi sebagai destinasi wisata baru di Jawa Timur tahun 2020. Lokasinya ada di Desa Wukirharjo, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban. Jika ingin menuju tempat ini Anda akan butuh waktu kurang lebih satu jam dari pusat kota.

Air terjun ini memiliki tebing yang tidak terlalu tinggi. Pemandangan sekitarnya menakjubkan dengan adanya pepohonan hijau yang ada di sekitar air terjun. Jangan lewatkan untuk mengunjunginya liburan kali ini ya.

Sukodadi Carnival

Sumber gambar wisatasia.com

Saat sedang ada di Lamongan, jangan lewatkan untuk berkunjung ke Sukodadi Carnival. Ini merupakan destinasi wisata baru di Jawa Timur yang wajib Anda kunjungi tahun 2020. Fasilitas di tempat ini cukup lengkap, ada toilet, tempat parkir hingga tempat makan.

Lokasinya ada di Jl. Pantura No. 38, Sukodadi, Lamongan. Wisata ini mulai buka jam 10 pagi hingga jam 10 malam. Di tempat ini Anda bisa menemukan aneka wahana bermain yang seru dengan mengusung konsep tradisional dan modern.

Kenjeran Park

Sumber gambar www.idntimes.com

Kenjeran Park adalah destinasi wisata baru berikutnya untuk Anda kunjungi. Lokasinya ada di Jalan Sukolilo, Kecamatan Bulak, Surabaya. Di sini ada banyak spot indah untuk berfoto. Di tempat ini Anda juga bisa menemukan Klenteng Sanggar Agung, Atlantis Land, Patung Buddha, hingga Pagoda Tian Ti.

Anda yang sedang berada di sini bisa juga mampir ke Jembatan Suroboyo dan Jembatan Suramadu yang tak jauh lokasinya. Tempat ini buka dari jam 9 pagi hingga jam 5 sore.

Pulau Gili Noko

Sumber gambar www.idntimes.com

Anda yang hobi surfing bisa coba mengunjungi pulau Gili Noko di Gresik. Ini merupakan salah satu destinasi wisata baru di Jawa Timur tahun 2020. Lokasinya dekat dengan pulau Bawean, jaraknya 80 mil dari pusat Gresik.

Tempat ini menawarkan keindahan alam bawah lautnya yang beragam. Anda bisa snorkeling dengan membayar Rp 75.000. Selain snorkeling, Anda bisa juga menikmati indahnya pantai dan juga bisa melihat sunset serta sunrise.

Blitar Park

Sumber gambar nyero.id

Blitar Park merupakan salah satu destinasi wisata baru di Jawa Timur tahun 2020. Lokasinya berjarak sekitar 3,5 km saja dari pusat kota Blitar. Di tempat ini ada banyak wahana permainan yang seru untuk anak. Selain itu ada juga aneka spot foto kece untuk mereka yang hobi selfie.

Bertemakan Place to Play and Education, tempat wisata ini baru dibuka tahun 2019. Ada banyak fasilitas yang tersedia sehingga pengunjung jadi nyaman. Harga tiket masuk ke tempat ini adalah Rp 20.000.

From our editorial team

Serunya Berwisata Keluarga di Jawa Timur

Liburan sudah di depan mata, sudah selayaknya Anda sekeluarga menikmati tutup tahun dan mengawali tahun baru di tempat yang bisa membuat Anda merasa lebih fresh dan jauh dari kejenuhan kerja. Anda bisa memilih Jawa Timur sebagai destinasi wisata liburan kali ini. Ada banyak tempat menarik untuk Anda kunjungi loh. Nah, penasaran destinasi wisata menarik apa saja yang bisa Anda tuju? Simak di atas ya!

Tag