10 Rekomendasi Sepeda Gunung Terbaik yang Mendukung Aktivitas Ekstrem Anda (2021)

10 Rekomendasi Sepeda Gunung Terbaik yang Mendukung Aktivitas Ekstrem Anda (2021)

Buat Anda yang suka bersepeda di medan yang menantang, jangan pakai sembarang sepeda. Sepeda gunung yang dirancang khusus untuk medan berkontur wajib Anda punya nih. Yuk, simak rekomendasi sepeda gunung terbaik dari BP-Guide berikut ini.

Sepeda Gunung Dirancang Khusus untuk Medan yang Ekstrem

Anda pencinta olahraga ekstrem tentu sudah tidak asing dengan sepeda gunung, bukan? Ya, sepeda gunung adalah sepeda yang dirancang khusus untuk menghadapi medan yang berat. Sepeda ini pertama kali diperkenalkan di San Fransisco pada tahun 1970.

Namun kemunculan sepeda gunung tidak langsung disambut hangat. Bahkan penemunya sendiri mengatakan bahwa sepeda jenis ini tidak akan pernah populer. Nyatanya hal ini tidak terbukti karena sebanyak 80 persen sepeda yang terjual di Amerika Serikat adalah sepeda gunung.

Sepeda gunung bahkan pernah dinaiki hingga ke puncak Gunung Kilimanjaro yang merupakan titik tertinggi di benua Afrika dengan ketinggian 5.985 m.

Jenis-Jenis Sepeda Gunung yang Dijual di Pasaran

Soft Tail

Sepeda gunung yang satu ini juga sering disebut sebagai sepeda full suspension. Seperti namanya, sepeda yang satu ini memang dilengkapi dengan suspensi pada bagian rangka yang berfungsi meredam benturan ketika sepeda melompat.

Penambahan suspensi pada bagian rangka sepeda tentu membuat beratnya semakin bertambah. Itulah mengapa sepeda yang satu ini memang kurang cocok untuk medan yang mulus.

Hard Tail

Berbeda dengan soft tail, sepeda gunung hard tail dirancang kaku tanpa dilengkapi dengan suspensi. Suspensi maksimal pada sepeda ini hanya ada di bagian fork depan. Setiap sambungan pada frame sepeda merupakan sambungan mati.

Artinya, sambungan logam dilas secara permanen sementara sambungan karbon disambung secara paten. Sepeda ini cukup bersahabat untuk medan yang tidak terlalu ekstrem. Sepeda gunung hard tail dapat dikendarai di jalanan batu tanpa lubang dan tanpa memerlukan lompatan yang tinggi.

MTB Enduro

Sepeda gunung enduro menggunakan konstruksi rangka bersuspensi ganda atau yang juga disebut dengan full suspension. Sepeda ini sangat cocok untuk track off road menengah. Berbeda dengan soft tail, sepeda ini punya bobot yang lebih ringan.

Ini membuat gerakan sepeda gunung menjadi lebih gesit dan lincah. Hanya saja ada beberapa kekurangan sepeda ini, misalnya seperti kemampuan drop atau terjun dari ketinggian yang tidak lebih baik dari sepeda downhill.

MTB Trail

Ciri khas dari sepeda gunung trail atau MTB trail adalah modifikasi suspensi di bagian tengah rangka sepeda. Ini membuat sepeda gunung memiliki ketahanan yang lebih baik untuk menghadapi medan yang cukup berat. Beberapa MTB trail didesain full suspension, namun ada juga yang menggunakan frame hard tail.

Downhill

Sepeda gunung downhill dirancang untuk menghadapi medan-medan menurun di perbukitan yang ekstrem. Karena itulah sepeda ini tidak cocok untuk jalanan perkotaan yang mulus dan landai.

Sepeda ini sangat baik dalam meredam benturan yang terjadi setelah lompatan yang cukup tinggi. Dengan ketangguhan yang luas biasa, sepeda gunung downhill umumnya memiliki rangka yang kokoh dan berukuran besar. Sepeda ini masih bisa mendarat dengan mulus setelah lompatan hingga 2 meter.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Sepeda Gunung

Ukuran Frame

Agar mengendarai sepeda lebih nyaman dan mudah dikendalikan, ukuran frame harus disesuaikan dengan tinggi badan seseorang. Jangan mengendarai sepeda yang terlalu kecil atau malah terlalu besar untuk Anda.

Biasanya sepeda gunung tersedia dalam 3 ukuran frame berbeda, yakni 16 inci, 18 inci, dan 20 inci. Idealnya, pilih sepeda gunung dengan ukuran frame yang kecil karena lebih nyaman digunakan dan lebih mudah untuk dikendalikan.

Diameter Roda

Banyak pesepeda gunung yang memilih roda dengan diameter 26 inci. Namun belakangan ini roda 29 inci mulai banyak dilirik karena memiliki kemampuan yang sangat baik dalam menghadapi berbagai macam medan.

Selain diameter roda, sistem pengereman sepeda juga merupakan hal yang penting. Ada 2 jenis rem cakram pada sepeda gunung, yaitu mekanik dan hidrolik. Rem mekanik yang menggunakan kabel dijual dengan harga yang lebih terjangkau, sementara rem hidrolik yang menggunakan bahan oli jauh lebih kuat namun juga sedikit lebih mahal.

Bahan Pembuat Rangka

Rangka sepeda adalah bagian yang paling penting dalam semua seoeda, termasuk sepeda gunung. Bahan pembuat rangka sepeda ada beberapa macam. Misalnya seperti hi-ten steel, chromoly, alloy, dan carbon fiber.

Bahan yang paling kuat tentu saja adalah carbon fiber. Namun harganya cukup mahal dan tidak bisa diperbaiki lagi jika patah.

Rekomendasi Sepeda Gunung Terbaik

Thrill Ravage Elite

Thrill Ravage Elite adalah produk pertama yang direkomendasikan kepada Anda. Ini adalah sepeda gunung elit dengan desain yang sangat keren. Perpaduan warna abu-abu keren dengan desain rangka yang gagah membuat Anda pasti ingin memiliki.

Rangka sepeda ini terbuat dari bahan alloy boost yang kokoh dengan 12 transmisi kecepatan yang bisa disesuaikan. Sistem pengeremannya menggunakan rem hidrolik Shimano yang pakem dan cakram.

Harga Rp. 10.000.000-12.000.000

Alton Mountain Bike Challenger

Alton Mountain Bike Challenger adalah jenis sepeda cross country dengan suspensi penuh untuk medan yang ekstrem. Sepeda ini cocok digunakan untuk melintasi jalanan di pegununangan yang curam. Kayuhan sepeda ini sangat baik dalam melatih dan meningkatkan stamina serta kekuatan kaki.

Selain itu, ada 27 transmisi kecepatan yang didukung rangka berbahan ringan sehingga gerakan menjadi semakin gesit. Menghadapi medan yang sulit pun bukan lagi masalah. Sepeda ini juga bisa digunakan di atas jalanan kota dengan suspensi lockout yang bisa diaktifkan.

Harga Rp. 2.500.000-3.500.000

United Bike MTB Clovis 6.10

Jika Anda mencari sepeda gunung terbaik, United Bike MTB Clovis 6.10 bisa jadi alternatif pilihan yang tepat. Sepeda yang satu ini memiliki kemampuan manuver yang sangat baik, stabil, serta ketahanannya dalam menghadapi medan yang sulit juga sangat tinggi.

Sepeda gunung yang satu ini terbuat dari kerangka berbahan alloy boost yang ringan namun sangat kokoh dengan kabel yang tersimpan rapi di dalamnya. Ada 12 pilihan kecepatan yang dirancang untuk menghadapi tanjakan dan turunan yang curam. Sistem pengereman sepeda ini menggunakan rem hidrolik Shimano MT-200 yang dijamin pakem.

Harga Rp. 8.000.000-12.000.000

Exotic 2655

Merek yang satu ini mungkin belum terlalu familiar di telinga, namun bukan berarti Anda perlu meragukan kualitasnya. Exotic 2655 adalah sepeda gunung full suspension dengan harga yang relatif terjangkau. Frame pada bagian top tube dibuat melengkung sehingga memberikan kesan yang gagah dan berani.

Transmisi kecepatan sepeda tersedia sebanyak 21 tingkatan, sehingga Anda tinggal sesuaikan saja dengan medan yang sedang dihadapi. Diameter roda sepeda adalah 26 inci untuk membuat lajunya lebih cepat tanpa perlu sering-sering dikayuh.

Harga Rp. 2.000.000-4.000.000

Turanza 2906

Buat Anda penggemar medan cross country, Turanza 2906 akan mendukung setiap gerakan Anda. Turanza bisa dibilang sebagai pemain baru dalam industri sepeda, namun semua produknya dikenal sangat berkualitas.

Kerangka sepeda terbuat dari bahan alloy yang ringan dan anti karat. Sepeda ini dilengkapi dengan 24 pilihan kecepatan yang bisa disesuaikan dengan medan yang sedang dihadapi. Anda bisa mengayuh Turanza 2906 untuk medan cross country yang tergolong ekstrem atau jalanan rata di perkotaan.

Sepeda gunung keren ini cocok digunakan oleh remaja maupun dewasa dengan desain yang kokoh dan modern.

Harga Rp. 2.000.000-4.000.000

United Hydraulic Detroit 2

Satu lagi rekomendasi sepeda gunung full suspension untuk Anda. United Hydraulic Detroit 2 memiliki roda dengan diameter 27,5 inci dan lebar ban 2,1 inci. Rim ban terbuat dari bahan double alloy yang membuatnya lebih kokoh saat beradu dengan medan berkontur.

Keunggulan lain dari sepeda ini adalah sistem rem hidrolik yang membuat pengereman menjadi lebih ringan namun lebih lebih gesit. Sementara itu, kerangka keseluruhan sepeda terbuat dari bahan alloy yang kokoh dan ringan.

Harga Rp. 3.000.000-5.000.000

Polygon Siskiu D5

Mendengar kata Polygon, tentu saja Anda tidak akan meragukan kualitasnya. Merek sepeda premium ini juga tidak ketinggalan meluncurkan sepeda gunung yaitu Polygon Siskiu D5. Sepeda ini hadir dengan desain colorful yang membuatnya terlihat semakin keren.

Kerangka sepeda terbuat dari bahan alloy seri ALX yang sangat kokoh, kuat, dan mampu menghadapi medan ekstrem dan menantang. Transmisi kecepatan sepeda menggunakan Shimano Alivio 9x2 yang sederhana dan mudah digunakan.

Suspensi travel sepeda adalah 120mm dengan fitur lock yang bisa memberikan stabilitas untuk medan dan lompatan yang terjal. Sistem rem hidrolik cakram memberikan keamanan yang lebih tinggi.

Harga Rp. 7.000.000-9.000.000

Evergreen EG 225

Evergreen EG 225 adalah sepeda yang dirancang untuk pemula yang masih ingin belajar di medan yang tergolong ringan. Sepeda ini sangat tangguh dalam menghadapi medan yang berkontur, cocok untuk cross country atau jalanan pedesaan yang berbatu dan menanjak.

Kerangka atau frame sepeda terbuat dari bahan baja yang ringan, kokoh, dan antikarat. Sistem pengereman sepeda ini menggunakan rem cakram mekanik yang sangat pakem. Dengan bobot hanya 13,41 kg saja, sepeda ini cukup mudah dikendalikan.

Harga Rp. 2.000.000-3.500.000

Aviator MTB 2691

Aviator MTB 2691 adalah sepeda gunung yang dilengkapi dengan banyak aspek keamanan untuk membuat Anda semakin nyaman dalam mengendarainya. Misalnya seperti rem depan belakang yang cakram dan pakem serta handle bar ringan dan kokoh.

Seluruh komponen sepeda ini juga sudah dilengkapi dengan label SNI. Mau menghadapi tanjakan tajam atau turunan curam, sepeda ini akan melengkapi semua kebutuhan Anda. Aviator MTB 2691 dilengkapi dengan 24 pilihan kecepatan yang bisa diatur dengan sangat mudah, sesuai dengan medan yang sedang dihadapi.

Harga Rp. 2.000.000-3.000.000

Polygon Rayz 1

Kalau Anda suka dengan sepeda yang punya tampilan minimalis, maka Polygon Rayz 1 adalah pilihan yang tepat. Sambungan sepeda ini juga terlihat sangat mulus tanpa terlihat bekas las sama sekali. Kabel rem juga tersembunyi di dalam rangka sepeda sehingga memberikan tampilan yang terlihat rapi.

Transmisi kecepatan tersedia sebanyak 21 tingkatan sehingga Anda bisa menapaki segala macam medan tanpa rasa khawatir. Kerangka sepeda sendiri terbuat dari bahan alloy yang membuatnya terasa lebih ringan. Cengkeraman rem juga sangat kuat sehingga ban tidak terasa licin saat digunakan untuk melintas.

Harga Rp. 3.000.000-5.000.000
From our editorial team

Bukan Cuma Sepeda, Fisik juga Harus Disiapkan

Jangan hanya membeli sepeda gunung saja, Anda juga harus melakukan persiapan fisik saat bersepeda di medan berkontur. Pastikan kondisi fisik sehat dan mumpuni untuk menghadapi tantangan yang ada di alam bebas. Pilih sepeda gunung sesuai kebutuhan, seperti yang direkomendasikan oleh BP-Guide di atas ya!

Tag