Tips Memilih Celana untuk Bersepeda yang Benar serta 10 Rekomendasinya

Tips Memilih Celana untuk Bersepeda yang Benar serta 10 Rekomendasinya

Bersepeda adalah salah satu olahraga yang menjadikan kaki dan tubuh Anda musti bergerak terus. Oleh sebab itu, Anda musti menggunakan celana yang nyaman agar Anda juga nyaman mengendarai sepeda, dalam kecepatan tinggi atau medan yang terjal sekali pun.

Celana Sepeda Adalah Salah Satu Perlengkapan Wajib bagi Mereka yang Gemar Bersepeda

Anda suka bersepeda? Maka Anda pasti merasakan bahwa celana yang digunakan juga menentukan seberapa jauh Anda bisa melakukan perjalanan. Karena itu muncullah celana pesepeda untuk Anda para biker.

Celana sepeda tidak sama dengan celana biasa pada umumnya. Celana ini didesain khusus dengan memperhatikan faktor kenyamanan bagi pemakainya. Sehingga tidak akan membuat kaki Anda sesak dan terasa berat. Ada berbagai macam model celana pesepeda, beberapa di antaranya model celana ketat dan celana longgar selutut.

Tips Memilih Celana yang Sesuai untuk Bersepeda

Mengapa Anda harus memakai celana pesepeda saat bersepeda? Karena bersepeda akan membuat seluruh bada Anda bergerak. Dari mulai kaki yang digunakan untuk mengayuh pedal, tangan yang digunakan untuk menyetir hingga tubuh yang membungkuk untuk mendapatkan akselerasi yang tepat.

Saat ini muncul banyak brand yang mengeluarkan produk celana pesepeda. Hal ini tentu membuat Anda bingung dalam menentukan pilihan. Untuk itu Anda perlu memperhatikan tips-tips berikut ini sebelum membeli celana sepeda.

Perhatikan Bahan

Sebelum membeli celana sepeda, hendaknya Anda memperhatikan bahan yang digunakan. Umumnya celana sepeda terbuat dari bahan nilon atau parasit. Keduanya bagus asal dengan kualitas yang baik. Celana sepeda yang nyaman dipakai haruslah memiliki sifat lentur dan tipis, semakin lentur semakin nyaman digunakan karena tidak menghambat pergerakan kayuhan Anda. Namun harganya juga semakin mahal.

Bahan yang digunakan juga harus memiliki sifat dry fit (menguapkan keringat). Karena bahan jenis ini akan tetap kering dan sejuk digunakan. Sehingga tidak akan menimbulkan ruam atau kulit kemerahan karena adanya biang keringat meski sudah lama bersepeda.

Kenali Model Celana

Selain bahan celana sepeda, yang harus diperhatikan lagi adalah modelnya. Ada 2 macam model celana sepeda yang disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya. Yaitu celana press body atau lycra dan celana baggie. Umumnya celana press body digunakan untuk atlet on road atau atlet mountain Bike. Keunggulan dari celana model ini adalah dapat meminimalkan gesekan angin sehingga laju sepeda dapat lebih cepat.

Sedangkan celana baggy lebih diperuntukkan untuk atlit downhill atau bisa juga bagi Anda yang ingin terlihat lebih eye catching saat bersepeda. Celana ini terdiri dari dua lapisan. Yaitu model ketat dengan bahan jaring berpori di bagian dalam dan model baggy/ komprang dengan bahan water repellent di bagian luar. Meskipun terdiri dari dua bagian, Anda tetap akan merasa nyaman dan tidak gerah

Pemilihan Warna yang Sesuai

Pemilihan warna sebenarnya hanya berhubungan dengan kesukaan dan tingkat kepercayaan diri Anda. Namun Anda tentu tidak mau saat Anda sudah telanjur beli namun saat dipakai Anda merasa tidak nyaman. Oleh karena itu, warna juga menjadi tips yang penting bagi Anda.

Ada dua macam warna yang bisa Anda pilih, yaitu warna terang dan warna gelap. Warna terang selain akan membuat bagian tubuh Anda lebih terlihat mencolok, juga akan menghindarkan Anda dari kecelakaan.

Namun jika Anda merasa kurang nyaman, maka Anda bisa memilih warna gelap atau bisa sedikit berinovasi dengan memakai t-shrit panjang yang menutup tubuh bagian bawah Anda.

Amati Pelapis Busa atau Padding pada Celana

Perbedaan mencolok dari celana biasa dan celana sepeda terletak pada bagian pantat. Jika pada celana biasa terdapat jahitan, maka pada celana sepeda ada padding atau pelapis busa. Gunanya untuk melindungi dari hentakan saat melewati jalan berbatu. Selain itu juga untuk mencegah terjadinya lecet pada selangkangan.

Anda hendaknya memilih celana sepeda yang memiliki padding/ busa coolmax 3D yang tebal, wide padding yang lebar atau padding rose bowl yang nyaman digunakan. Hal ini untuk mencegah rasa menusuk saat digunakan untuk bersepeda jarak jauh. Selain itu, celana dengan busa yang lentur juga akan mengikuti gerakan kaki Anda sehingga kayuhan Anda akan terasa lebih ringan.

10 Rekomendasi Celana Sepeda yang Nyaman

Shimano New Celana Pendek Sepeda

Sumber gambar blibli.com

Shimano New Celana Pendek Sepeda dikeluarkan oleh Shimano Industrial Co, Ltd yang dipimpin oleh Shimano Shozaburo dari Osaka, Jepang. Produk utamanya adalah single-speed freewheel untuk sepeda yang dalam kurun waktu 10 tahun telah mampu menembus hingga mencapai China. Misi utamanya adalah melestarikan budaya memancing dan bersepeda dengan “produk menawan”.

Shimano New Celana Pendek Sepeda didesain khusus untuk memberikan kenyamanan pada pengendara dengan melengkapi produk mereka dengan bantalan busa dan bahan celana dari nylon spandex. Sehingga nyaman digunakan dan mengikuti bentuk kaki pemakai. Celana ini cocok digunakan untuk pria dan wanita.

Keunggulan dari Shimano New Celana Pendek Sepeda adalah pemilihan bahan yang berkualitas, jahitan rapi dan kuat, warna pada bagian sablon tidak mudah luntur, serta modelnya trendi dan elegan sehingga cocok untuk bersepeda.

Ada 3 size yang disediakan Shimano New Celana Pendek Sepeda yaitu Size M, XL dan XXL. Size M memiliki ukuran lingkar pinggang (belum ditarik) 44 cm, Lingkar pinggang (ditarik max) 112 cm, Lingkar pinggul 72 cm Lingkar paha : 34 cm dan Panjang celana 44 cm.

Size XL memiliki ukuran Lingkar pinggang (belum ditarik) 52 cm, Lingkar pinggang (ditarik max) 120 cm, Lingkar pinggul 80 cm, Lingkar paha 42 cm, dan Panjang celana : 52 cm.

Sedangkan Size XXL berukuran Lingkar pinggang (belum ditarik) 56 cm, Lingkar pinggang (ditarik max) 124 cm, Lingkar pinggul 84 cm, Lingkar paha 46 cm, dan Panjang celana 56 cm. Anda bisa membeli celana pendek Shimano ini di blibli.com dengan harga Rp 127.000 saja.

Celana Downhill TLD Moto Hijau

Sumber gambar trexcycle.com

Trexcycle merupakan UMKM yang menyediakan aksesori bersepeda dan perlengkapannya. Seperti celana sepeda, tempat minum bersepeda, jersey sepeda, pompa, toolkit, hardware, manset, dan sebagainya.

Trexcycle mengeluarkan produk celana sepeda dengan nama Celana Sepeda Downhill dan Motocross Trail Trabas TLD Moto. Keunggulan dari celana sepeda ini adalah menggunakan bahan korduray yang tebal dan kuat, dilengkapi dengan jaring yang mampu menyerap keringat, terdapat kantong di kanan, kiri dan belakang.

Bahan yang digunakan tahan banting dan tahan segala cuaca, cocok digunakan untuk downhill dan motor cross. Terdapat emblem karet TLD moto yang elegan dan tersedia berbagai macam warna dan size (S 28/29, M 30/32, L 33/34 dan XL 35/36). Namun tidak ada padding atau busa di bagian bawahnya. Celana ini dibanderol dengan harga Rp 198.000 dengan berat keseluruhan 700 g.

FUNKIER Velletri Seamless Tech Short Celana Sepeda - Black-Grey

Sumber gambar blibli.com

FUNKIER Velletri Seamless Tech Short Celana Sepeda - Black-Grey memiliki banyak keunggulan, yaitu memiliki desain sporty dengan bahan 60% polyester dan 40% nylon yang breathable. Hal ini yang membuat celana dalam ini lebih tahan lama, memiliki monilitas yang tinggi dan yang pasti membuat Anda lebih nyaman.

Terdapat Mesh weave inlays yang berguna untuk memberikan ventilasi udara, serta dilengkapi dengan quick dry yang berfungsi untuk mempercepat penguapan keringat. Selain itu juga memiliki sifat antibakteri sehingga Anda akan tetap segar. Produk ini bisa Anda temukan dengan mudah di blibli.com dengan harga Rp 1.031.000.

REDWHITE The Bib Bibshort Celana Terusan Olahraga Sepeda - Black Red

Sumber gambar blibli.com

Red White Bib short didirikan oleh Yuva dan Amreeta yang merupakan sepasang pesepeda asal Singapura. Besarnya pangsa pasar untuk bisnis celana sepeda membuat mereka tertarik untuk menggelutinya. Kemudian dengan menunjuk seorang mantan insinyur robotika Dyson sebagai perancangnya, membuat produk pertama mereka yaitu celana Red White Apparel menjadi celana sepeda terbaik.

Keunggulan dari REDWHITE The Bib Bibshort Celana Terusan Olahraga Sepeda - Black Red adalah terbuat dari perpaduan bahan-bahan terbaik yang terdiri dari lycra mewah Italia dari M.I.T.I dan kain mesh Italia yang ringan.

Dua kombinasi warna dikreasikan sehingga terlihat keren. Dilengkapi padding dari foam 3 dimensi yang sangat cocok dengan bentuk anatomi tubuh sehingga memudahkan Anda untuk bergerak bebas. Ditambah lagi adanya rubber di bagian bawah yang memberikan kenyamanan bagi Anda saat bersepeda. Anda bisa membeli celana sepeda ini di blibli.com dengan harga Rp 1.648.000 - 2.000.000.

Rema Men Cycling Short Celana Sepeda Pria - Black [MCP001]

Sumber gambar blibli.com

Rema Men Cycling Short Celana Sepeda Pria - Black MCP001 memiliki desain sporty dengan bantalan foam dari Italia yang nyaman sehingga akan memberikan pengalaman bersepeda yang menyenangkan.

Terbuat dari 78% Recycled Polyamide & 22% Lycra sehingga nyaman digunakan dan tidak membuat Anda gerah. Hal ini akan memungkinkan Anda untuk melakukan perjalanan dengan sepeda tanpa takut lecet-lecet.

Rema Men Cycling Short Celana Sepeda Pria - Black MCP001 hanya diperuntukkan untuk pengendara laki-laki saja. Jika Anda ingin segera membeli celana sepeda ini, Anda bisa mengunjungi bukalapak.com dengan harga Rp 1.098.000 atau di blibli.com yang membandrolnya dengan harga Rp. 1.133.000.

PEdAL ED Nagoya Aero Bibshort Pakaian Sepeda Pria - Black

Sumber gambar blibli.com

PEdAL ED Nagoya Aero dirancang oleh seorang berkebangsaan Jepang bernama Hideto Suzuki pada tahun 2007. Sebelum mendesain PEdAL ED Nagoya Aero Bibshort Pakaian Sepeda Pria - Black, Hideto sudah lebih dulu memperoleh banyak penghargaan atas usahanya dalam mendesain banyak pakaian untuk keperluan bersepeda.

PEdAL ED Nagoya Aero Bibshort Pakaian Sepeda Pria - Black dilengkapi dengan kain kompresi dan panel mesh ekstra untuk memperlancar sirkulasi udara saat bersepeda. Celana sepeda ini juga memiliki dukungan punggung oval yang dapat menurunkan tekanan di bahu sehingga Anda akan merasa nyaman dan stabil saat berkendara.

Bahan untuk celana sepeda ini adalah 53% Polyamide, 47% Elastane dan dilengkapi bantalan Cytech yang akan menghindarkan Anda dari kegerahan dan iritasi. Hebatnya lagi, celana sepeda ini sudah diuji dan dikembangkan oleh pembalap sepeda tim JLT Condor dan telah memberikan performa terbaik di Peloton Pro.

PEdAL ED Nagoya Aero Bibshort Pakaian Sepeda Pria - Black bisa Anda temukan di blibli.com mulai harga Rp 2.987.000 hingga Rp 2.990.000 dan di bukalapak.com dengan harga Rp 2.900.000.

BIORACER Tri Short Men Celana Pendek Sepeda Pria - Black

Sumber gambar blibli.com

Bioracer Tri Short Men Celana Pendek Sepeda Pria – Black terbuat dari Oxygne yang nyaman, ringan dan sesuai dengan anatomi tubuh Anda. Dilengkapi dengan trialton spesifik dan perforasi tri shammy yang membuat Anda nyaman. Celana sepeda ini cocok digunakan bersepeda jarak dekat maupun jarak jauh. Kelebihan lain dari celana sepeda Bioracer adalah adanya sabuk anti slip silikon yang mampu mencengkeram celana Anda sehingga pas di badan.

Bioracer Tri Short Men Celana Pendek Sepeda Pria-Black tersedia di blibli.com dengan harga Rp 1.134.500.

Celana Sepeda MTB Trail Merah Padding Busa-L

Sumber gambar tokopedia.com

Salah satu celana sepeda yang menawarkan penggunaan yang nyaman dengan tampilan menarik adalah Celana Sepeda MTB Trail Merah Padding Busa –L dengan aksen warna hitam. Terbuat dari bahan yang kuat, mantap, lembut dan nyaman dipakai. Memiliki jahitan yang rapi dan kuat sehingga bisa lebih awet.

Bahannya yang berkualitas anti luntur sehingga Anda tidak perlu khawatir akan kehilangan estetikanya. Anda dapat membeli Celana Sepeda MTB Trail Merah Padding Busa –L ini di tokopedia.com dengan harga Rp 145.000.

Lasona Celana Sepeda Premium Pria dan Wanita CS-538G-L8X - Black

Sumber gambar blibli.com

Lasona Celana Sepeda Premium Pria dan Wanita CS-538G-L8X - Black merupakan pakaian olahraga merek lokal yang memiliki kualitas baik dan banyak mendapatkan kepercayaan dari para atlet dan pelatihnya. Bahannya tidak panas dan nyaman digunakan oleh pria maupun wanita yang berolahraga membuatnya memiliki banyak penggemar.

Lasona Celana Sepeda Premium Pria dan Wanita CS-538G-L8X - Black memiliki banyak keunggulan, yaitu terbuat dari bahan nylon lycra yang dipadukan dengan foam 3D Multi densitas berlapis mesh yang dapat menahan tubuh Anda dari goncangan dan memiliki sirkulasi udara yang cukup sehingga lebih cepat kering.

Terdapat karet pengikat yang nyaman dan lembut sehingga membuat celana Anda tetap pada tempatnya. Lasona juga dilengkapi dengan desain multi-panel yang berkompresi tinggi yang akan menjaga Anda dari mudah lelah dan meningkatkan kecepatan pemulihan otot.

Jika Anda menginginkan celana sepeda Lasona ini, Anda bisa membelinya di toko online lazada.com dan di blibli.com dengan harga Rp 1.049.000.

Celana Sepeda Dirtworks Roscoe Kuning Stabilo

Sumber gambar dirtworksmtb.com

Dirtwork Hardware didirikan di Bandung sejak tahun 2007. Dirtwork Hardware tidak hanya memproduksi celana sepeda, namun juga menyediakan jersey sepeda, tas sepeda dan perlengkapan sepeda lainnya.

Produk celana Roscoe 2017 Fluorescent Yellow terbuat dari bahan taslan/ poliester ripstop yang ringan namun kuat, dilengkapi dengan 4 cara peregangan yang terletak di bagian belakang pinggul dan memiliki 2 titik pengatur pinggang yang berguna untuk fitment yang tepat. Terdapat pula quad pocket yang dilengkapi dengan dua resleting untuk mengoptimalkan keamanan dan penyimpanan. Anda bisa membeli Roscoe 2017 Fluorescent Yellow di dirtworksmtb.com dengan harga Rp 275.000.

From our editorial team

Bersepeda Aman dengan Celana yang Keren

Celana sepeda, tentunya ditujukan untuk menjadikan Anda semakin nyaman juga aman ketika gowes sepeda Anda sejauh mungkin. Tapi, produk yang direkomendasikan BP-Guide di atas tadi tidak hanya memberikan kenyamanan saja, loh. Tapi juga menjadikan tampilan Anda semakin keren di atas sepeda.