10 Rekomendasi Sepeda Gunung Ban Besar untuk Berolahraga agar Makin Bugar (2021)

10 Rekomendasi Sepeda Gunung Ban Besar untuk Berolahraga agar Makin Bugar (2021)

Sepeda adalah alat transportasi yang nyaman digunakan kemana saja untuk jarak dekat. Sepeda juga nyaman digunakan untuk berolahraga. Kamu yang mulai menjadikan aktivitas bersepeda untuk berolahraga, bisa melirik sepeda gunung dengan ban besar sebagai pilihan. Selain nyaman di berbagai medan, kamu juga jadi lebih aman berkendara. Intip rekomendasinya dari kami!

Hobi Bersepeda? Sepeda Gunung Bisa Jadi Pilihan Pas untuk Olahraga

Bersepeda merupakan kegiatan yang menyenangkan dan membawa banyak manfaat. Di masa seperti sekarang ini, kesehatan tubuh kita harus tetap terjaga. Dari sekian banyak olahraga, bersepeda bisa jadi pilihan yang tepat untuk menjaga kebugaran tubuh agar tidak mudah sakit.

Tentu saja bersepeda harus dilakukan rutin. Tidak perlu lama, minimal 30 menit setiap harinya maka kamu akan mendapat banyak manfaat baik. Di antaranya, kalori bisa terbakar lebih cepat, kekuatan otot meningkat, kesehatan sendi terjaga, pernapasan lebih kuat, dan jantung lebih sehat. Manfaat lainnya adalah bisa meningkatkan suasana hati dan bisa menurunkan kadar stres. Stamina kita bisa meningkat dengan rutin bersepeda. Keseimbangan dan koordinasi tubuh juga lebih terjaga.

Begitu banyak manfaat yang kita dapatkan dari bersepeda. Oleh karena itu, yuk mulai bersepeda dari sekarang. Untuk bersepeda, kamu bisa gunakan aneka macam jenis sepeda yang ada. Salah satu jenis sepeda yang bisa diandalkan adalah sepeda gunung. Jenis sepeda yang satu ini memiliki banyak kelebihan dibanding sepeda lainnya. Kamu tidak hanya bisa memakainya untuk berolahraga namun juga untuk bersepeda santai hingga memakainya untuk pergi ke kampus, bekerja, dan lainnya.

Ciri utama dari sepeda gunung adalah bobotnya ringan. Ini membuatnya lebih mudah kala harus melintasi medan yang berat. Bentuk kerangkanya kokoh sehingga tahan lama digunakan. Ciri lain sepeda gunung adalah memiliki peredam goncangan atau shock breaker. Hal ini membuat pengendaranya tetap aman dan nyaman berada di atas sepeda meski medannya terjal. Sepeda gunung juga memiliki ciri ban yang bisa mencengkeram tanah dengan kuat. Ukuran bannya rata-rata besar sehingga nyaman untuk aneka jalanan.

Ada banyak jenis dan tipe sepeda gunung sesuai dengan kebutuhan. Desainnya selalu mengikuti tren yang ada sehingga terkesan kekinian.

Tips Memilih Ban Sepeda Gunung yang Aman dan Nyaman

Sesuaikan dengan Medannya

Ketika kamu sudah memantapkan hati ingin memilih sepeda gunung, maka kamu wajib tahu cara memilih ban sepeda gunung yang pas untukmu. Pertama, kamu wajib menyesuaikan dengan medannya. Pikirkan trek atau medan seperti apa yang akan kamu lewati dengan sepeda gunung yang kamu miliki.

Kalau sekiranya kamu melewati medan dengan kondisi permukaan lembut dan lembek, maka kamu bisa memilih sepeda gunung dengan ban tipis. Sebaliknya, jika kamu lebih memakai sepeda pada permukaan keras dan berbatu maka kamu bisa memilih sepeda dengan lebar lebih tebal.

Kamu juga bisa melihat tapak bannya untuk menentukan sepeda gunung jenis apa yang cocok untuk area yang kamu lewati. Jika jalanannya berbatu maka kamu bisa pilih sepeda dengan tapak ban berpola kembang dengan banyak knob kecil berdekatan. Jika jalanannya kering atau beraspal, maka kamu bisa pilih sepeda dengan tapak ban tipis dengan gerigi rapat.

Jika jalanannya tipe licin, kamu bisa pilih sepeda dengan tapak ban pola kembang yang ber-knob tinggi. Ini akan memudahkan ban sepeda mencengkeram tanah sehingga kamu lebih aman mengendarai sepeda. Nah, untuk jalanan tanah, maka kamu bisa memilih sepeda dengan tapak ban yang memiliki knob samping yang tebal. Ini supaya kamu bisa nyaman melewati medan menikung dan bisa melaju dengan kecepatan tinggi.

Sesuaikan Ukuran Roda

Hal lain yang perlu diperhatikan saat memilih ban sepeda gunung adalah menyesuaikan ukuran roda. Sebuah sepeda gunung memiliki banyak pilihan ukuran roda, mulai dari 20 inci, 24 inci, 26 inci, 27,5 inci, hingga 29 inci. Makin besar ukuran ban, maka makin cepat sepeda melaju. Ini karena dalam satu putaran ban ukuran 29 inci jadi lebih jauh jika dibandingkan dengan satu putaran ban ukuran 26 inci.

Sebaliknya, jika kamu ingin sepeda lebih ringan dan mudah diputar, kamu bisa pilih ukuran ban yang kecil. Ban dengan ukuran kecil juga terbilang lebih mudah untuk tipe jalanan yang menanjak. Kamu bisa juga memilih ukuran ban yang berbeda antara depan dan belakang. Hal ini bisa mengoptimalkan kekuatan hingga kecepatan sepeda.

Sesuaikan dengan Berat Badan

Hal penting yang wajib kamu sadari saat memilih ban sepeda gunung adalah menyesuaikan ban sepeda dengan berat badan. Beban utamanya adalah berat tubuh kita sebagai pengendara. Jika kita gemuk, maka akan lebih baik memakai jenis ban yang dilengkapi dengan ban dalam agar lebih kuat. Sementara jika kita kurus, maka bisa memilih jenis ban tubeless. Jenis ban tubeless mampu menghasilkan traksi yang lebih baik pada permukaan yang tidak rata. Ban ini juga bisa sangat stabil berada di atas permukaan rata.

Ini Dia Rekomendasi Sepeda Gunung dengan Ban Besar untuk Kamu

Sepeda MTB Pacific Viper 3.0

Sepeda MTB Pacific Viper 3.0 adalah rekomendasi pertama kami. Sepeda gunung yang satu ini hadir dengan rangka besi yang kokoh dan tahan lama. Suspensi sepeda juga membuatnya nyaman digunakan di berbagai permukaan. Produk ini dibekali 7 speed transmisi jadi kita bisa menyesuaikan kecepatan yang diinginkan. Remnya cakram di bagian depan dan belakang sehingga kita bisa merasa lebih aman berkendara.

Sepeda gunung ini memiliki ban besar dengan roda ukuran 20 inci. Sepeda ini cocok untuk anak remaja laki-laki atau perempuan. Desainnya keren dan pastinya bikin siapa saja percaya diri memakainya.

Harga Rp. 1.900.000-2.403.000

Fiido M1 Folding Electric Bike 20Inch Fat Tires

Fiido M1 Folding Electric Bike 20 Inch Fat Tires tentu tidak bisa dilewatkan sebagai pilihan. Sepeda ini memiliki daya motor 250 W. Produk ini bisa dilipat sehingga tidak menghabiskan banyak tempat. Sepeda dengan ban besar ini bisa menahan beban hingga 120 kg. Produk ini memakai baterai 12,5 Ah yang harus di-charge 9 jam sampai baterai penuh.

Sepeda ini keren dan cocok untuk berbagai medan. Layar LCD display-nya membuat sepeda tampak sangat mewah. Sepeda memakai gear Shimano dan chain KMC Z72 sehingga kokoh dan tahan lama digunakan. Kerangkanya dari aluminium yang ringan sehingga sepeda mudah dipindahkan.

Harga Rp. 12.000.000-23.220.000

Sepeda MTB Fatbike Thrill Fat Vanquish 26 1.0 BJ 2020

Sepeda MTB Fatbike Thrill Fat Vanquish 26 1.0 BJ 2020 tentu sayang jika dilewatkan sebagai pilihan. Produk yang satu ini hadir dalam pilihan ukuran M dan L. Kamu juga bisa memilih warna neon red atau dark grey.

Sepeda ini memakai frame berbahan aluminium sehingga ringan namun tetap kokoh dan kuat. Untuk remnya memakai Shimano hydraulic MT-200 yang sudah dikenal bagus kualitasnya. Sepeda ini memiliki ban besar dengan roda ukuran 26 inci sehingga nyaman untuk berbagai medan baik yang halus hingga yang terjal.

Harga Rp. 5.250.000-6.800.000

Sepeda Exotic MTB 26 Fatbike

Kamu juga bisa lirik Sepeda Exotic MTB 26 Fatbike. Produk yang satu ini hadir dengan desain yang elegan namun simpel. Kamu bisa memakainya ke kampus, berolahraga, bersepeda pagi, dan lain sebagainya. Kerangkanya terbuat dari bahan aluminium yang ringan dan kokoh. Shifter sepeda ini memakai produk dari Shimano yang terkenal kualitasnya. Ada 21 speed yang bisa dipilih saat bersepeda. Produk ini hadir dengan rem cakram yang bikin kamu merasa aman mengendarainya. Roda sepeda berukuran 26 inci sehingga nyaman untuk aneka medan yang dilewati.

Harga Rp. 3.850.000-5.501.000

Sepeda Polygon Cascade 2

Sepeda Polygon Cascade 2 juga merupakan rekomendasi keren selanjutnya untuk kamu. Produk yang satu ini memiliki frame yang ringan dari bahan aluminium. Shifter-nya dari Shimano dengan pilihan 21 speed. Ukuran ban sepeda tergolong besar dengan roda 27,5 inci. Desainnya keren sehingga cocok untuk aneka aktivitas kamu. Suspensi sepeda juga nyaman terasa. Sepeda gunung ini memiliki rem cakram yang bikin kita makin aman saat menaikinya.

Harga Rp. 2.700.000-7.260.000

Polygon Xtrada 5

Polygon Xtrada 5 jelas cocok untuk jadi pilihan selanjutnya. Produk yang satu ini hadir dengan ukuran roda 27,5 inci. Pilihan warnanya menarik, salah satunya paduan hijau dan abu-abu. Kerangka yang ringan dari aluminium membuat sepeda ini kokoh dan tahan lama digunakan. Bagian stem dan handlebar juga nyaman digunakan. Kecepatan sepeda memakai sistem Shimano yang pastinya berkualitas. Remnya memakai disc brake yang tentu aman dan bikin kita tidak was-was berkendara. Ada pilihan ukuran S, M, dan L yang bisa dipilih.

Harga Rp. 4.999.000-6.200.000

Sepeda Gunung 27,5 WIMCYCLE STORM

Sepeda Gunung 27,5 WIMCYCLE STORM juga merupakan pilihan tepat untuk kamu. Sepeda ini memiliki ban besar yakni ukuran 27,5 inci. Kamu bisa memakainya untuk berolahraga atau bepergian ke kampus atau kantor. Produk ini sudah standar SNI jadi aman digunakan. Ada garansi frame 5 tahun dari pabriknya.

Harga Rp. 2.230.000-2.525.000

SEPEDA GUNUNG MTB 27,5 WIMCYCLE FALCON

SEPEDA GUNUNG MTB 27,5 WIMCYCLE FALCON merupakan rekomendasi selanjutnya dari kami. Sepeda gunung yang satu ini hadir dengan kerangka steel yang kuat. Ukuran bannya juga besar yakni 2,1 inci dengan roda 27,5 inci. Sepeda keren ini bisa menemani segala aktivitas bersepeda bersama keluarga. Rem sepeda ini memakai disc brake yang pastinya aman digunakan. Bagian shifter memakai Microshift TS-38.

Harga Rp. 1.925.000-2.100.000

Polygon Xtrada 6

Polygon Xtrada 6 ini adalah rekomendasi selanjutnya. Produk yang satu ini hadir dengan ukuran roda 27,5 inci dengan ban besar 2 inci. Sepeda ini memakai shifter 2x11 Sp Deore. Remnya berjenis hydraulic brake system sehingga lebih aman dikendarai. Pilihan warnanya juga bikin kamu makin percaya diri. Sepeda ini nyaman untuk berbagai aktivitas dan berbagai medan.

Harga Rp. 7.200.000-7.900.000

Pacific Invert 500

Pacific Invert 500 merupakan rekomendasi terakhir kami. Sepeda yang satu ini hadir dengan banyak pengaturan gear sehingga kamu bisa lebih leluasa menentukan kecepatan yang diinginkan. Rangka berbahan alloy dipilih karena ringan dan tahan karat. Sepeda dengan ban besar ini nyaman dipakai di berbagai medan. Ukuran rodanya adalah 26 inci. Produk ini memakai rem cakram hidraulis yang sangat pakem.

Harga Rp. 3.328.000-5.244.000
From our editorial team

Sesuaikan Sepeda dengan Bujet yang Dimiliki

Pilihan sepeda gunung di luar sana begitu banyak. Kamu tidak harus selalu memilih yang bermerek dan mahal harganya. Sepeda gunung dengan harga terjangkau juga ada banyak di pasaran dengan fitur yang tidak kalah menariknya. Kamu hanya harus pandai memilih sepeda dan jeli memilih toko sepedanya. Nah, sesuaikan pembelian sepeda gunung dengan bujet yang kamu miliki. Jika memang produk yang diinginkan terlalu mahal, kamu bisa menabung dahulu. Namun jika sudah kebelet ingin memiliki, maka kamu bisa cari produk lain yang sesuai dengan bujet yang sudah kamu sediakan.

Tag