Bersepeda dengan Nyaman di Tengah Pandemi Bersama 10 Rekomendasi Sepeda Balap Terbaik 2020

Bersepeda dengan Nyaman di Tengah Pandemi Bersama 10 Rekomendasi Sepeda Balap Terbaik 2020

Sepeda balap bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Selain bisa menjadi sarana olahraga, juga bisa menjadi cara untuk menyegarkan pikiran dan tubuh. Apalagi saat pandemi seperti saat ini. Berikut ini, BP-Guide akan mengulas tentang sepeda balap beserta rekomendasi produknya. Simak, yah.

Aktivitas Bersepeda Sangat Marak di Tengah Pandemi Covid-19

Bersepeda adalah olahraga yang dapat dilakukan sendiri dan dapat membuat jarak dari orang lain. Inilah yang menjadi alasan kenapa olahraga bersepeda menjadi sangat populer di tengah situasi pandemi Covid-19 ini. Di samping tetap dapat dilakukan dengan protokol kesehatan dan memiliki kemungkinan tertular yang rendah.

Bersepeda menjadi pilihan karena selain berolahraga, Anda juga bisa sekalian jalan-jalan dan refreshing. Olahraga bersepeda sangatlah cocok untuk Anda yang sudah sangat bosan berada di rumah saja.

3 Jenis Sepeda yang Menjadi Incaran Saat Ini

Sepeda Lipat

Sepeda lipat dirancang dengan bodi yang dapat dilipat. Desain ini memudahkan Anda untuk menyimpan atau membawanya dengan mobil. Sepeda ini biasanya dimanfaatkan untuk Anda yang ingin membawa serta sepeda kemana-mana. Ukuran dari sepeda ini lebih kecil dibandingkan jenis yang lain. Meskipun kecil, sepeda dengan desain lipat ini memiliki harga yang relatif mahal.

Sepeda Gunung

Sepeda gunung adalah sepeda yang dirancang untuk Anda yang suka dengan olahraga yang memacu adrenalin. Sepeda gunung ini sangat tangguh untuk jalanan tanah yang terjal. Bodinya yang kuat dan kokoh membuatnya tidak akan patah meskipun mendapatkan benturan yang keras.

Karena daya tahannya yang tangguh, sepeda jenis ini memiliki harga yang relatif mahal. Jika Anda hanya ingin bersepeda di jalanan kota, sepeda jenis ini tidak cocok untuk Anda.

Sepeda Balap (Road Bike)

Sepeda balap atau road bike adalah sepeda yang dirancang untuk dapat berjalan dengan kecepatan yang tinggi di jalan yang rata. Ciri khas dari sepeda ini adalah memiliki ban yang tipis. Ukuran ban yang tipis akan membuat jalan sepeda menjadi lebih cepat dan lebih mudah dikayuh.

Sepeda jenis ini cocok untuk Anda yang membutuhkan kecepatan saat bersepeda. Namun perlu Anda ketahui, bahwa sepeda ini tidak cocok di jalanan yang nonaspal. Keseimbangannya tidak baik untuk jalanan tanah atau berbatu. Bannya yang kecil juga rentan rusak jika terkena benturan.

Rekomendasi Sepeda Balap yang Cocok Kita Gunakan Pada Saat Pandemi Ini

Sepeda Balap Police Toronto 700C

Sepeda Balap Police Toronto 700C adalah sepeda balap yang mampu berlari dengan kecepatan 14 speed Shimano Tourney. Sepeda yang memiliki ban berukuran 700 x 25c dan pedal PVC ini memiiki kerangkan steel yang kokoh dan tahan lama.

Untuk pemindah gigi depan menggunakan Shimano, sedangkan untuk pemindah gigi belakang menggunakan Shimano Tourney TZ. Remnya menggunakan rem disc brake yang memungkinkan sepeda dapat berhenti meskipun sedang dalam kecepatan tinggi. Didesain trendy dan sporty dalam dua pilihan warna, yaitu warna abu-abu list oranye dan warna hitam list biru.

Harga Rp. 2.470.000-6.980.000

London Taxi Roadbike 700 C 6 Speed

London Taxi Roadbike 700 C 6 Speed adalah sepeda balap yang bagian-bagiannya terbuat dari bahan aluminium berkualitas yang kokoh dan tidak mudah patah. Untuk grip-nya terbuat dari kulit sintetis yang nyaman. Sepeda road bike dengan 6 speed Shimano ini dibekali dengan frame berukuran 55 mm yang ringkas dan ringan, sehingga tetap dapat seimbang meskipun dalam kecepatan yang tinggi. Ban yang berukuran 28 inci ini dapat memberikan performa yang baik di jalan aspal. Terdiri dari berbagai warna dengan desain yang sporty.

Harga Rp. 4.872.000-9.235.000

Pacific Primum 5.0 Roadbike Carbon

Pacific Primum 5.0 Roadbike Carbon adalah road bike yang didesain dengan frame Advandced carbon yang memiliki teknologi tinggi, sehingga kuat, kokoh, dan seimbang. Sepeda yang memiliki berat hanya 9,1 kg ini memang dirancang untuk melaju dengan performa maksimal. Hadir dengan ban berukuran 700 x 25c yang memberikan performa terbaik di jalan aspal. Didesain sporty dan elegan dalam pilihan dua pilihan warna, yaitu metalic dan grey.

Harga Rp. 15.998.000-18.000.000

Sepeda Balap United Inertia 3.00

Sepeda Balap United Inertia 3.00 adalah sepeda balap yang dirancang dengan komponen utama dari Jepang yang telah ber-SNI, sehingga terjamin kualitasnya. Frame-nya terbuat dari bahan alloy yang kuat dan kokoh, sedangkan tempat duduknya yang empuk buatan dari Velo. Sepeda yang didukung dengan ban Kenda berukuran 700 x 25 c ini memiliki pilihan kecepatan 2 x 9 dengan kecepatan maksimal 18 speed shimano Sora. Sepeda yang berukuran 49 sampai 52 ini didukung dengan rem U-Brake dan pemindah gigi Shimano Sora.

Harga Rp. 8.700.000-15.076.800

Sepeda Balap Odessy Roadbike 700c

Sepeda Balap Odessy Roadbike 700c adalah sepeda balap yang dirancang dengan gaya Odessy 2692. Sepeda buatan lokal ini terbuat dari bahan yang kuat dan kokoh. Sepeda yang memiliki speed index ATA 7 ini dirancang untuk melaju dengan cepat di jalan aspal. Sepeda yang hanya memiliki berat 14 kg ini dilengkapi dengan kompass 700c x 23 c berwarna hitam. Meskipun relatif ringan, namun sepeda balap dari Odessy ini tetap seimbang meskipun dalam kecepatan yang tinggi.

Harga Rp. 4.400.000-6.120.000

Element FRC 38 Roadbike

Element FRC 38 Roadbike adalah sepeda yang rangkanya terbuat dari bahan alloy berkualitas, sehingga kokoh dan tetap seimbang. Untuk pedalnya terbuat dari bahan PVC yang nyaman saat dikayuh. Sepeda yang memiliki berat 1,.03 kg ini dilengkapi dengan ban Swallow berukuran 700 x 25 c yang dapat melaju dengan kencang di jalan aspal. Remnya berjenis disc brake dan pemindah giginya dari Shimano Tourney TZ. Sedangkan untuk pengoper giginya menggunakan shifter Shimano. Sepeda yang didesain ringkas dan trendi ini terdiri dari dua warna pilihan, yaitu grey-blue dan black-red.

Harga Rp. 2.618.500-4.200.000

Polygon Strattos S3 Roadbike 700C

Polygon Strattos S3 Roadbike 700C adalah sepeda balap yang dirancang dengan frame yang terbuat dari bahan carbon fiber fork yang ringan dan responsif. Didukung Full Shimano SORA groupset 18-speed yang menawarkan kecepatan yang stabil di jalan aspal. Ditambah dengan roda 700C yang dapat membuat sepeda dapat menempuh perjalanan yang lebih jauh dan lebih cepat. Untuk pedalnya terbuat dari bahan alloy yang kokoh dan tidak mudah patah, selain itu pedalnya juga antislip untuk kenyamanan Anda saat berkendara. Didesain dalam tampilan yang sporty dengan warna hitam dan kuning.

Harga Rp. 9.729.900-13.300.000

Cannondale Super Six Evo Disc 105 Carbon 2020

Cannondale Super Six Evo Disc 105 Carbon 2020 adalah road bike yang terbuat dari bahan alloy yang kuat dan kokoh. Bahannya yang berkualitas juga menjamin ketahanan dan keseimbangan Anda saat melaju dengan kecepatan tinggi. Didesain trendy dan sporty dengan groupset 105, crank cannondale, dan wheelset fulcrum. Sepeda dari Cannondale ini sangat cocok untuk Anda pencinta sepeda balap.

Harga Rp. 49.400.000-52.440.000

United Stygma Lite Sepeda Roadbike 700C

United Stygma Lite Sepeda Roadbike 700C adalah sepeda balap yang telah memiliki sertifikat SNI, sehingga lebih aman dan terjamin. Sepeda yang memiliki kecepatan 20 Speed Shimano Tiagra ini memiliki frame yang terbuat dari bahan carbon berkualitas yang kokoh dan tahan lama. Untuk stem, pedal velg, dan handle bar-nya terbuat dari bahan alloy. Sepeda yang memiliki ban Kenda 700 x 25 c ini dirancang untuk jalan aspal. Untuk remnya menggunakan U-brake Shimano Tiagra.

Harga Rp. 13.613.000-27.126.000

Roadbike Exotic ET 2708 FS 1.0

Roadbike Exotic ET 2708 FS 1.0 adalah sepeda balap yang frame-nya terbuat dari bahan 700c steel hydroformed, sedangkan fork-nya terbuat dari bahan 700c steel hi-teen rigid. Sepeda ini memiliki ban Kenda yang berukuran 700c x 25. Untuk handle bar, stem, dan seatpost-nya terbuat dari bahan alumunium berkualitas tinggi. Velg-nya terbuat dari bahan double wall allumunium yang dapat memberikan kecepatan yang stabil dan seimbang di jalan aspal.

Harga Rp. 4.700.000-5.187.500

Tips yang harus Anda Lakukan Saat Bersepeda di Masa Pandemi Covid-19 Saat Ini

Tetap Taat pada Peraturan Lalu Lintas yang Berlaku di Jalan Raya

Meskipun Anda menggunakan sepeda, Anda tetap harus mengikuti peraturan lalu lintas yang ada. Jika Anda tidak menaati peraturan, Anda akan mengacaukan ketertiban di jalan raya. Hal ini tentunya dapat membahayakan diri Anda dan pengendara lainnya. Peraturan lalu lintas seperti menaati lampu jalan, mengikuti instruksi penanda jalan, dan menggunakan helm adalah aturan yang dibuat untuk keselamatan Anda berkendara. Tidak mematuhi peraturan sama saja Anda ingin mencelakai diri Anda sendiri.

Tetap Menghormati Sesama Pengguna Jalan

Saling menghargai sesama pengguna jalan adalah salah satu cara agar kondisi lalu lintas tetap kondusif dan perjalanan Anda tetap aman. Meskipun pemerintah telah mengeluarkan pasal untuk memprioritaskan para pengguna sepeda, namun pasal ini jangan dijadikan alasan untuk Anda berlaku semaunya di jalan raya.

Jika Anda egois dan memaksakan kehendak, hal itu tentunya akan membahayakan diri Anda sendiri dan pengendara lain. Perlu Anda ketahui, bahwa pengendara sepeda akan mendapatkan kondisi yang lebih parah ketika terjadi kecelakan dengan jenis kendaraan lainnya. Maka dari itu, berhati-hatilah saat bersepeda.

Tetap Mengikuti Protokol Kesehatan yang Berlaku

Bersepeda d itengah situasi pandemi Covid-19 ini memanglah sangat baik. Bersepeda adalah salah satu olahraga yang dapat membuat kondisi tubuh Anda tetap bugar dan imun Anda tetap terjaga. Tetapi Anda harus tetap patuh untuk menggunakan protokol kesehatan. Tetap patuh pada protokol kesehatan adalah cara Anda menyelamatkan diri dari virus Corona. Jika Anda lalai, itu sama saja Anda ingin membahayakan diri Anda sendiri dan keluarga. Jika Anda belum siap untuk mematuhi protokol kesehatan, lebih baik Anda tetap di rumah.

Intensitas Bersepeda Harus Diperhatikan

Meskipun olahraga bersepeda menyenangkan, namun Anda perlu membatasinya jangan sampai berlebihan. Bersepeda dengan intensitas yang tinggi tidak selalu baik untuk tubuh Anda, terlebih jika Anda jarang berolahraga. Maka dari itu, Anda harus mengatur intensitas bersepeda, seperti jarak tempuh atau durasi.

Anda juga harus ingat, ketika Anda bersepeda menggunakan masker, maka Anda tidak terlalu leuasa untuk bernapas. Anda bisa kekurangan oksigen jika Anda memaksakan tubuh Anda. Risikonya adalah Anda akan sesak napas hingga kehilangan kesadaran. Maka dari itu, berolahragalah secukupnya.

Pastikan Kondisi Fisik Benar-benar Prima

Jika tubuh Anda sedang tidak bugar, jangan paksakan untuk bersepeda. Kondisi tubuh yang tidak sehat tidak akan membaik saat Anda memaksakan untuk berolahraga. Sebailiknya, kondisi kesehatan Anda akan semakin memburuk jika Anda memaksakan diri.

Terlebih di tengah situasi pandemi Covid 19 ini, Anda tidak bisa memastikan bahwa tubuh Anda bebas dari virus Corona. Jika Anda tetap memaksakan keluar rumah, Anda akan membuat penularan virus menjadi lebih luas. Maka dari itu, jika tubuh Anda sedang tidak sehat, lebih baik Anda istirahat saja di rumah terlebih dahulu dan bersepeda kembali ketika sudah sehat.

From our editorial team

Bersepeda Lebih Baik dan Maksimal dengan Sepeda Balap Terbaik

Sepeda memang sedang diminati saat ini. Di tengah pandemi penyakit berbahaya seperti saat ini, tentunya bersepeda menjadi salah satu cara untuk menguatkan imun dan daya tahan tubuh. Tentu akan sangat pas dengan sepeda berkualitas tinggi, bukan? Nah, rekomendasi dari BP-Guide di atas bisa Anda pertimbangkan untuk menjadi pilihan yang tepat.