11 Sepeda Cross Country Terbaik, Mana yang Cocok untuk Kamu?

11 Sepeda Cross Country Terbaik, Mana yang Cocok untuk Kamu?

Cross country adalah salah satu tipe sepeda gunung yang ringan. Karena bobotnya yang ringan, para pesepeda profesional pun lebih memilih sepeda jenis ini untuk melakukan balapan, baik itu di trek datar maupun trek gunung. Nah, untuk kamu yang suka gowes, tidak ada salahnya menggunakan sepeda tipe ini. Pilih saja salah satu dari 11 sepeda cross country dalam artikel ini.

Mengenal Lebih Dalam tentang Sepeda Cross Country

Sumber gambar bikestreak.com

Sepeda jenis Cross Country alias XC adalah tipe yang paling umum untuk sepeda gunung karena relatif serba guna dengan bobotnya yang cukup ringan. Sepeda ini juga bisa dipakai untuk trek rata beraspal sampai ke trek tanah yang kasar, loh. Sepeda XC ini juga mudah dikayuh sehingga dapat melaju dengan cukup cepat untuk menjangkau jarak yang lebih jauh.

Kebanyakan XC berjenis hardtail. Namun seiring berkembangnya teknologi, sudah banyak juga yang dilangkapi suspensi belakang. Untuk bobotnya, kira-kira mencapai 9 -14 kg. Selain itu, sepeda XC juga dilengkapi dengan suspensi di bagian depan untuk meredam benturan. Nah, sepeda ini sangat cocok sekali bagi pemula yang tertarik untuk mencoba bersepeda menggunakan sepeda gunung (MTB).

Nah, sepeda Cross Country memiliki dua tipe, yakni, XC race dan XC sport. Tipe XC Race didesain khusus untuk medan cross country dengan frame yang ringan dan mengutamakan kecepatan dalam berkendara. Tersedia dalam dua varian yaitu dengan suspensi tengah dan tanpa suspensi tengah. Tipe XC sport atau sepeda gunung (MTB) yang didesain mengikuti XC race dengan harga yang lebih terjangkau dan tetap tangguh untk menjelajah medan cross country.

Sepeda ini memang dirancang untuk lintas alam dan didesain agar optimal pada saat mengayuh di jalan datar maupun tanjakan. Harga jual sepeda ini juga relatif terjangkau, dari jutaan hingga puluhan juta, tergantung spesifikasinya.

Meskipun termasuk jenis mountain bike, jenis Cross Country biasanya dipakai untuk medan yang tidak terlalu ekstrem, sepeda gunung jenis ini dikategorikan sebagai rigid frame. Untuk merek-merek dari sepeda gunung yang sudah populer di tanah air baik import atau pun lokal dan banyak dipakai adalah Polygon (lokal), United (lokal), Wim Cycle (lokal), Giant (impor), Trek (impor), dan Kona (impor).

Ciri-ciri Sepeda Cross Country Berkualitas

Lalu, apa aja sih, ciri-ciri sepeda Cross Country? Berikut uraiannya.

Bodi Terbuat dari Bahan Karbon atau Alumunium

Sumber gambar s.kaskus.id

Nah, yang membuat bobot sepeda jenis ini menjadi ringan tak lain karena bodi untuk sepeda jenis ini dibuat dengan bahan-bahan yang khusus. Bentuk kerangkanya dapat terbuat dari baja, alumunium, dan yang terbaru menggunakan bahan komposit serat karbon (Carbon Fiber Reinforced Plastic).

Bahan frame sepeda dari serat carbon yang dicetak sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah frame sepeda. Serat karbon bobotnya sangat ringan dan mudah dibentuk yang pada tahap akhirnya menghasilkan sebuah sepeda yang ergonomis. Meskipun begitu, bahan ini juga memiliki kekurangan, yaitu kurang kuat menahan benturan sehingga mudah retak dan patah.

Bahan lain biasanya digunakan adalah aluminium. Bahan ini memang menjadi bahan material frame sepeda yang paling banyak dipakai sekarang. Frame aluminium ini juga mampu menghasilkan performa yang baik untuk sepeda. Beratnya ringan dan harganya pun cukup terjangkau.

Selain digunakan sebagai bahan pembuat frame sepeda, aluminium juga digunakan sebagai bahan untuk membuat komponen sepeda seperti stem, crank, dan handlebar. Frame aluminium juga memiliki sifat logam yang lebih kaku dibandingkan dengan frame steel (besi/ hi-ten). Sifat inilah yang sangat baik bagi pesepeda untuk mengendalikannya sepedanya. Meskipun begitu, bahan ini juga memiliki sedikit kekurangan. Salah satu kekurangan frame sepeda yang terbuat dari bahan aluminium ini adalah kurang dapat meredam getaran.

Sudut Head Tube yang Curam

Selain yang disebutkan di atas, ciri khas dari jenis sepeda XC yang tidak dimiliki sepeda jenis lainnya adalah seat dan head anglenya yang curam. Kisaran seat anglenya 71 - 74 derajat, sementara head anglenya antara 69 - 71 derajat. Komposisi ini dibuat untuk menyesuaikan karakterisitik track cross country yang banyak biasanya untuk climbing dan single track yang meliuk.

Tipe Gears 1x11 atau 3x10

Umumnya, sepeda gunung tipe Cross Country memiliki gears yang biasanya berukuran 1x11 atau 3x10. Lalu, piringan gir pada sepeda XC biasanya berukuran 44-32-22. Hal inilah yang menjadi pembeda dengan sepeda jenis road bike. Sepeda XC ini justru akan membuat kamu merasa enjoy dalam melibas jalur tanjakan.

11 Sepeda Cross Country Terbaik untuk Rekomendasi Peminatnya

Sumber gambar i.ytimg.com

Sesuai dengan namanya, sepeda ini merupakan sepeda untuk para petualang sejati yang mengutamakan kecepatan di medan cross country. Sepeda ini juga ringan yang membuat pengendaranya cepat saat menanjak dan lincah saat di turunan. Dengan kelincahan dan responsivitas yang baik, sepeda ini cocok digunakan jika kamu senang beradu cepat.

Buat kamu yang juga baru memulai hobi di dunia gowes atau khusunya mountain biking dan berniat untuk membeli sepeda gunung untuk pertama kali, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Pertama, tentukan bujet untuk sepeda gunung yang akan kamu beli. Sebagai pemula, tentu merakit sepeda tidak disarankan untuk kamu. Jadi, sebaiknya langsung beli full bike dalam keadaan baru.

Selain itu, pastikan nanti sepeda gunung pilihan kamu itu nyaman digunakan. Nah, berikut ini ada rekomendasi sepeda XC yang bisa kamu pilih.

Trek Top Fuel 9.9 SL

Rekomendasi pertama ini tentu saja jenis sepeda XC yang menguasai podium di puncak balap sepeda gunung. Disempurnakan dan dihidupkan kembali dengan teknologi baru, Top Fuel adalah sepeda tercepat untuk penggunaan di jalan setapak, loh. Top Fuel tipe ini lebih baik dari tipe sebelumnya dan merupakan pilihan cepat dan serba guna untuk pembalap country, marathon rider, dan seluruh tim Trek Factory Racing World Cup.

Selain ditujukan bagi kerumunan balapan kelas atas, model top satu ini juga merupakan senjata bagus di segala jenis balapan sepeda. Tak heran jika harganya juga sangat tinggi. Sepeda ini memiliki spesifikasi di antaranya adalah Frame Oclv Carbon, Handlebar Bontrager Carbon, Fork Fox Float, dan Sadle Bontrager.

Nah, jika kamu berminat, sepeda Top Fuel 9.9 Race Limited ini dibanderol sekitar Rp 115 jutaan di Trekbikes.

Specialized Stumpjumper

Merek ini juga kembali merilis produk terbarunya, loh. Kali ini, mereka membuat konsep simpel dan ramping pada sepeda gunung barunya ini. Sepeda tersebut adalah Specialized Stumpjumper.

Sepeda MTB Specialized Stumpjumper ini juga dilengkapi dengan berbagai macam komponen canggih dan berkualitas tinggi yang dikombinasikan dengan komponen sepeda dari merek terkemuka, yakni Shimano. Nah, bagi kamu yang sedang mencari sebuah sepeda gunung berkualitas tinggi dan banyak diminati, maka sepeda Specialized Stumpjumper ini sangat layak jadi pilihan. Berikut adalah dua tipe sepeda Specialized Stumpjumper beserta spesifikasinya:

Specialized Stumpjumper FSR Comp 26 memiliki spesifikasi di antaranya adalah Upgrade Pedal : FUNN, Rear Shock : FOX FLOAT CTD (Climb, Trail, Descend) Evolution w/ AUTOSAG System (suspensi otomatis), Fork : FOX FLOAT CTD Evolution Series 140 mm Travel. Sepeda jenis ini bisa kamu dapat di Tokopedia dengan harga Rp 3 Juta.

Specialized Stumpjumper 29er size S memiliki spesifikasi Rearshock FOX Float CTD, Fork Fox Float CTD 120mm, RD X9 10sp Red Edition, Shifter X7 3x10, Crank Sram, dan Brakeset Elixir 7 Taperbore. Sepeda jenis ini bisa kamu dapatkan di Bukalapak dengan harga Rp19,5 Juta (nego).

BMC Fourstroke FS01 XX1

Sumber gambar static.evanscycles.com

Keunggulan sepeda ini ialah mampu tetap terkendali tanpa menumpulkan karakter rock powerpoint-nya yang solid. Selain itu, sepeda satu ini juga memberikan efisiensi kecepatan maksimum serta kontrol pengendaranya. Hal ini tentu saja membuat pengendaranya yakin bahwa sepeda ini sangat menyenangkan untuk dikendarai. Spesifikasinya adalah Frame APS (Rear Travel 100mm), Chainwheel : Sram XX1 30T, Brakes : Sram XO Carbon 180/180mm, dan Handlebar : BMC MFB01 carbon.Bobotnya adalah 10,12 kg.

Nah, jika kamu berminat dengan sepeda NEW 2015 BMC Fourstroke FS01 29 ini, kamu bisa langsung membelinya di Bukalapak dengan harga 66 juta.

Cube Reaction GTC SL 29er

Sepeda jenis ini sudah terkenal juga, loh. Selain itu, sepeda ini juga menjadi pilihan utama utama bagi pembalap lintas negara atau maraton dan penjelajah profesional. Keren kan?

Nah, berikut ini adalah keunggulan sepeda jenis ini: Memiliki roda berukuran 27,5inci atau 29er, kerangka Karbon GTC, teknologi Karbon Terbaru Cube (Reaction GTC SL), dan komponen kinerja dan garpu berkualitas. Nah, Cube Reaction GTC SL 29 Hardtail Bike 2017 ini dijual seharga sekitar Rp 28 jutaan di chainreactioncycles.com.

Niner Air 9 Carbon

Merek sepeda ini adalah Niner Air 9 Carbon. Keunggulan sepeda ini terletak pada rangka sepeda yang menampung roda besar dengan baik. Air 9 Carbon ini merupakan produk Niner yang tergolong flagship dan memasukkan elemen geometris di mana perusahaan pembuatnya melakukan pembaruan atasnya, yakni dibuat dari material fiber karbon ringan. Produk satu ini tentu cocok dijadikan pilihan kamu yang ingin membeli sepeda XC.

Spesifikasinya adalah Frame Material carbon fiber, Suspension hardtail, roda berukuran 29 inci, dan Fork Travel 100 - 120 mm. Produk Niner Air 9 RDO Mountain Bike Frame 2018 ini bisa kamu tebus dengan harga Rp 27 jutaan di situs backcountry.com.

Look 989 SRAM XO1

Dengan bingkai monobloc karbon HM (High Modulus), sepeda yang biasa disebut RS 989 adalah jenis sepeda gunung ringan dengan mempertahankan kekakuan optimal. A-STEM yang tersedia memastikan penanganan yang sangat tepat. Rantai dan tempat duduk sepeda ini bahkan dirancang untuk menyaring jumlah maksimum getaran. Kenyamanan sepeda ini makin bertambah lagi dengan penggunaan seatpost E-POST R5 yang terintegrasi.

Selain tampilannya yang cantik, karakter sepeda gunung yang didesain khusus untuk hardtail Cross Country yang diperbarui ini tentu saja bikin kamu ngiler bukan? Nah, berikut adalah spesifikasi jenis sepeda ini. FRAME : LOOK 989, FORK : ROCKSHOX SID RL, BRAKES : MAGURA MT2 NEXT, WHEELSET : MAVIC CROSSMAX ELITE, TIRES : CONTINENTAL SPORT 2.2 : AR RACE KING -AV X-KING. Bobot sepeda: 10,48 kg.

Nah, kamu bisa mendapatkan sepeda LOOK 989 2017 ini di toko online Freecycle dengan harga Rp 63 jutaan.

Bianchi Methanol 27.3 650b

Sumber gambar magazine.bikesoup.com

Sepeda gunung jenis ini memang memiliki roda berukuran 27,5 inci. Keunggulan sepeda merek ini tak lain karena begitu ringan, responsif, dan hadir dengan chassis yang lembut. Selain itu sepeda ini juga sudah dilengkapi dengan Shimano XTR Di 2 warna hitam, dengan garpu RS1. Frame sepeda adalah Methanol SL 27,5 full carbon. Jika kamu berminat, sepeda merek Bianchi Methanol 27.3 SL 2016 Mountain Bike ini bisa kamu tebus dengan harga Rp 58 jutaan di toko wheelies.co.uk.

Focus Raven Max Factory 29

Nah, sepeda selanjutnya ini sangat cocok bagi kamu yang simpel. Dengan roda yang lebih pendek dan frame karbon, Raven Max Factory tidak memiliki suspensi sama sekali. Sepeda ini menjadi tipe sepeda Cross Country yang dirancang khusus untuk perlombaan sepeda marathon. Dengan hardtail yang terbuat dari material karbon, sepeda ini mampu menangani segala macam medan pegunungan. Frame-nya adalah RAVEN MAX carbon dengan Fork RAVEN Max Rigid Fork, dan BRAKES : SRAM Guide R, 180 mm/160 mm.

Kamu berminat? Jika iya, sepeda Focus Raven Max Factory ini bisa kamu dapatkan di toko Freecycle dengan Rp 27 jutaan.

Canyon Grand Canyon AL

Jika kamu mencari sepeda XC dengan desain geometris kekinian serta frame responsif dan cepat, Grand Canyon AL SLX 9.9 ini adalah jawabannya. Yang bikin sepeda ini tambah keren tentu saja dari fork Fox 32 yang terbuat dari emas Kashima yang turut menyediakan suspensi yang bagus dan konsisten dalam sepeda ini. Fork-nya adalah Fox 32 Float 29 FIT Terralogic, Headset: Cane Creek Serie 40, dan Shifters : Shimano Deore XT. Grand Canyon AL SLX 9.9 ini dibanderol seharga Rp 29 jutaan dan bisa kamu dapatkan di euroloppet.com.

Scott Scale 960

Kamu pasti tahu merek sepeda yang telah menempatkan namanya sebagai sepeda pebalap tercepat di dunia selama beberapa dekade hingga sekarang bukan? Inilah Scott Scale 960 yang menawarkan handling yang santai, ringan, dan, desainnya yang minimalis.

Seri Scott Scale 960 ini juga dilengkapi dengan garpu Rock Shox yang dikombinasikan dengan teknologi Remote Lockout untuk memungkinkan pengaturan perjalanan yang beragam dan dapat menyesuaikan diri dengan kondisi berkendara. Yang bikin kamu ngiler ini tentu saja, selain menjadi sepeda yang tahan lama, sepeda ini juga dirancang untuk kecepatan kelas dunia. Keren kan? Jika kamu berminat, sepeda Scott Scale 960 29er Mountain Bike 2018 ini dijual seharga Rp 21 jutaan di toko tredz.co.uk.

Norco Revolver 9.2 FS

Sumber gambar static.wixstatic.com

Merek terakhir ini tentu sudah tidak asing bagi kamu pnecinta sepeda XC, yakni Norco Revolver FS. Sepeda ini menawarkan sepeda full suspension, dengan desain yang pas untuk kecepatan tingkat tinggi. Selain itu, sepeda ini juga dilengkapi bagian rear end yang sangat kokoh, loh.

Bukan hanya itu, sepeda ini juga memiliki penampilan yang sangat seksi dan bertenaga, lalu garis rangka karbon yang halus dan warna hitam dan biru matte yang tampak sederhana dan bagus. Bagaimana? Kamu berminat?

Nah, sepeda merek Norco Revolver 9.2 FS Mountain Bike Black/Turquoise/Orange ini dijual seharga Rp 59 jutaan dan bisa kamu dapatkan di 99bikes.com.

From our editorial team

Berolahragalah Wahai Fakir Tenaga

Kamu malas olahraga? Kamu malas bergerak? Coba deh pakai sepeda Cross Country. Sepeda gunung jenis ini tidak hanya didesain untuk profesional,te tapi juga untuk pemula. Pedalnya juga ringan sehingga kamu tidak terlalu menghabiskan banyak tenaga dalam mengayuh sepedanya. Yuk berolahraga!!!

Tag