Tips dan Rekomendasi serta 12 Jersey Bola Terbagus untuk Gaya Sporty Anda (2018)

Tips dan Rekomendasi serta 12 Jersey Bola Terbagus untuk Gaya Sporty Anda (2018)

Jersey atau kostum sepakbola menjadi item fashion wajib ketika Anda ingin tampil sporty atau mendukung tim kesayangan Anda. Dalam tulisan kali ini BP-Guide akan memberikan tips dan rekomendasi produk jersey paling bagus sepanjang masa, baik jersey klub maupun tim nasional.

Baju bola merupakan identitas dan kebanggaan dari masing-masing tim sepakbola

Di Indonesia, jersey baru terkenal dalam satu dekade terakhir. Sebelumnya, jersey tidak dikenal, yang dikenal adalah kaos kesebelasan. Yah, karena jersey adalah istilah bagi kaos kesebelasan pada masa lalu. Belakangan jersey menjadi lebih terkenal, karena memang istilah ini terasa lebih ‘kekinian,’ terutama di kalangan anak muda.

Bagi suatu kesebelasan, jersey memiliki berbagai arti. Pertama, dan yang paling penting, adalah sebagai identitas. Begitu juga kita akrab sekali dengan sebutan ‘Setan Merah’ Manchester United, itu karena jersey merahnya yang ngetop. Terlintas juga dalam pikiran kita akan kesebelasan Brazil saat melihat jersey berwarna kuning mencolok.

Kedua, jersey bisa menjadi kebanggaan. Nah, yang ini bagi pemain dan para fans. Pemain bola mana yang tidak ingin memakai jersey Barcelona? Atau, jika Anda fans kesebelasan Indonesia, tentunya adalah suatu kebanggaan jika memakai jersey merah yang memiliki lambang garuda di dadanya. Selanjutnya yang ketiga , jersey adalah sumber kenangan. Kemenangan suatu tim akan menjadikan jersey yang dikenakan saat bertanding menjadi sumber kenangan bagi para pemain dan para fans klub tersebut.

Tips merawat baju bola supaya tetap awet

Mempunyai jersey kesayangan, pastinya akan selalu dikenakan. Masalahnya, seperti barang lainnya, sebagus apapun kualitas jersey, pada suatu ketika ia juga akan usang juga. Namun begitu, dengan perawatan yang bagus, Anda bisa menjaga keawetan jersey.

Jersey umumnya terbuat dari bahan sintetik polyester, sementara itu sablonan untuk setiap image di kaos umumnya terbuat dari poliflex yang rentan rusak karena panas atau gesekan. Kedua bahan tersebut memerlukan perlakuan khusus saat Anda mencucinya agar tetap awet.

Cuci dengan air dingin atau hangat air kuku

Untuk setiap jersey yang berkualitas, biasanya ada petunjuk pencucian di setiap labelnya. Pada prinsipnya, Anda tidak disarankan mencuci jersey dengan air panas. Karena tindakan tersebut bisa membuat jersey Anda berkerut.

Dengan air dingin atau hangat adalah cara yang paling ideal untuk mencuci jersey. Jika Anda ingin mencuci secara manual, langkah pertama adalah siapkan satu ember air dan setengah genggam deterjen. Campur deterjen dengan air lalu aduk hingga merata. Rendam jersey Anda (please, jangan dicampur dengan pakaian lain) kira-kira 10 menit saja. Selanjutnya, sikat bagian yang kotor dengan lembut. Namun jangan sikat bagian yang ada sablonannya, karena ada risiko merusaknya. Bilas, namun jangan diperas, lalu keringkan

Jangan mencuci dengan mesin cuci dan jemur di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung

Satu hal yang mesti Anda hindari saat mencuci jersey adalah menggunakan mesin cuci. Biasanya karena alasan kepraktisan, Anda mencuci jersey dengan mesin cuci. Just don’t. Mesin cuci hanya akan membuat jersey Anda melar dan sablonannya yang cool akan rusak.

Kedua , hindari memeras jersey sebelum menjemurnya. Mungkin Anda ingin membuat airnya cepat tiris dengan memerasnya, namun jangan lakukan. Tindakan ini hanya akan membuat jersey Anda menjadi kusut.
Pada saat menjemur, gunakan hanger. Hanger akan membuat bentuk jersey akan tetap terjaga. Terakhir, jemur jersey Anda di tempat yang teduh, atau hanya sekadar diangin-anginkan saja hingga kering. Karena paparan matahari langsung akan membuat jersey menjadi kaku, dan warnanya akan cepat memudar.

Simpan di tempat yang kering dan lembab

Selanjutnya, kita berbicara masalah penyimpanan jersey. Agar jersey tetap awet, Anda tidak disarankan untuk menyimpan dalam keadaan terlipat. Jersey yang terlipat, kemungkinan bagian sablonan juga ikut terlipat dan bisa membuat rusak karena tertekuk-tekuk.

Oleh karena itu, simpan jersey dengan menggunakan hanger. Cara penyimpanan dengan hanger juga meminimalisir jersey dari risiko gesekan dengan papan almari. Gesekan-gesekan ini akan membuat benar-benang jersey terkadang tertarik dan membuat jersey Anda tidak mulus lagi. Usahakan untuk menyimpan jersey Anda di almari yang tidak lembab dan bersirkulasi udara yang bagus. Jika khawatir dengan serangga, Anda bisa menambahkan bahan anti serangga atau pewangi almari.

Baju bola terbagus dari masa ke masa

Satu pertanyaan klasik yang tak akan terjawab sepanjang masa, “Jersey kesebelasan manakah yang paling keren?” Jawabannya akan sangat beragam, tergantung pada siapapun yang Anda bertanya. Dan setiap jawaban tersebut pasti akan mengandung sentimentalisme terhadap suatu masa, dan kebanggaan terhadap suatu kesebelasan.

Pada masa 70 hingga 80-an, jersey adalah barang yang keramat. Setiap pemain sebuah klub, dari sebuah kesebelasan suatu negara, sangat menghormati jersey mereka masing-masing. Pada masa itu, setiap kesebelasan besar memiliki jersey yang sangat khas dan ikonik. Sehingga setiap orang, bahkan bukan hanya penggemar bola sekalipun, akan mengenalinya. Pada saat ini, jersey telah menjadi sangat industrial. Faktor pembeda yang pernah ada beberapa dekade lainnya, melebur seakan seragam karena alasan kapital dan industri sepak bola. Walau pun begitu, jersey tetap modern dan tetap menjadi magnet yang digilai oleh setiap penggemar bola, baik untuk dikenakan atau untuk dikoleksi.

Jersey terbagus milik klub bola

Atas nama klub kesayangan, seorang fans berat bisa memborong jersey. Bagi seorang fans berat, jersey merupakan simbol yang mengkaitkan dirinya dengan klub. Jersey bisa menjadi identitas yang menyatukan dirinya dengan klub kesayangannya.

Setelah masa feodal luntur, para bangsawan mencari simbol sosial mereka dengan membeli barang seni atau berlangganan tiket opera. Sementara para rakyat umumnya, mencari kebahagian dan menegaskan status mereka dengan menjadi fans sebuah klub bola. Dan klub bola pada gilirannya memberi mereka kebanggaan dengan setiap kemenangan yang dipetik dan, tentu saja, dengan jersey mereka.

Barcelona

Sumber gambar barcelonas.com

Bicara tentang Barcelona bukan hanya bicara tentang Messi, namun juga tentang jersey-jersey terbaik. Satu style jersey terbaik yang pernah dipakai oleh kesebelasan Barcelona adalah versi tahun 1973-74. Johan Cruyff memakainya pada tahun pertamanya di klub Catalan tersebut, hal ini membuat jersey Barcelona dikenal luas dan populer di tengah penggemarnya.

Jersey merah-biru itu kemudian menjadi ikon Barcelona yang melegenda hingga kini, di jaman Messi. Bagi Anda fans Barcelona, tentunya tidak akan melewatkan penawaran jersey barcelona dari Lazada, harganya Rp. 134.900.

AC Milan Away

Sumber gambar jualjersey.web.id

Tahun-tahun 90 hingga awal 2000-an merupakan masa-masa keemasan Liga Italia. Bersama itu, bermunculan jersey ikonik yang didesain oleh berbagai perusahaan apparel top macam Umbro, Kappa, Adidas, atau lainnya. Dan pada tahun-tahun itu siapa yang tak kenal AC Milan dengan seragam garis-garis merah hitamnya?

Nah, pada tahun 2017 ini, Adidas merilis jersey keren bagi AC Milan. Jersey berwarna dasar putih ini tampak sportif dan macho dengan sentuhan garis-garis simpel namun tegas pada kedua sisi pinggang dan di atas kedua bahu. Jersey yang terinspirasi oleh masa keemasan Milan ini bisa Anda dapatkan di Tokopedia dengan harga Rp. 34.999. Bahannya terbuat dari material Climacool, dan tersedia dalam ukuran S, M, dan L.

Juventus Home

Sumber gambar rumahjersey.co.id

Berbicara tentang jersey Juventus, ada satu jersey yang Juventus banget: Jersey Juventus 1985. Jersey buatan Kappa ini sungguh pantas dikenang. Style-nya simpel, berupa kaos berdasar putih dengan garis-garis hitam vertikal yang mantap, membuatnya akan selalu dikenang sebagai salah satu jersey terbaik sepanjang masa sepak bola modern.

Nah, pada musim 2016/2017 ini Juventus membuat jersey versi Juventus Home. Kali ini desainernya beralih ke Adidas. Jersey Juventus kali ini juga berwarna putih, namun lebih didominasi oleh garis-garis hitam yang gagah. Anda bisa mendapatkan versi orisinil dari jersey keren ini di Tokopedia dengan harga Rp. 949.700. ukuran yang tersedia S, M, L, dan XL.

Arsenal Home

Sumber gambar rumahjersey.co.id

Salah satu momen paling manis yang pernah diberikan Arsenal pada para fans-nya adalah saat mereka tidak pernah kalah bertanding sekali pun selama musim liga 2003-2004. Saat itu mereka mengenakan jersey bergaris kuning yang menyebalkan para fans. Namun mereka berbalik menggilai jersey tersebut setelah terbukti bisa membawa Arsenal mengalami musim yang hebat. Anda bisa mendapatkan jersey retro Arsenal Home ini di Tokopedia seharga Rp. 79.000.

Liverpool Away

Sumber gambar footyheadlines.com

Dalam sejarah Liga Inggris, Liverpool telah menciptakan banyak legenda dan jersey. Bill Shankly membawa nuansa merah ke Liverpool pada 1964 dengan jersey-nya. Sementara itu pada masa Kenny Dalglish, dan Ian Rush, Liverpool selalu mengenakan jersey kuning yang sangat ikonik sampai sekarang.

Nah, jika Anda penasaran dan ingin mendapatkan jersey yang pernah menjadi legenda Liga Inggris tersebut, Anda bisa mendapatkan Jersey Liverpool Away kuning di Tokopedia seharga Rp. 75.000. Anda akan mendapatkan jersey kelas ori, dengan ukuran yang tersedia adalah S, M, L, dan XL.

Bayer Leverkusen Home

Sumber gambar footyheadlines.com

Namanya juga Bayer Leverkusen, identitasnya pasti merah pekat dan hitam pekat. Anda tahu arti 11 garis tipis mendatar pada bagian depan jersey? Garis-garis tersebut menyimbolkan adanya 11 orang yang bahu-membahu di lapangan untuk menjebol gawang lawan. Saat ini penyedia jersey untuk Bayer Leverkusan adalah Adidas.

Jika Anda ingin tampil gagah dengan seragam merah-hitam gaya Bayer Leverkusen, Anda bisa mendapatkan jersey tersebut di jualjersey.web.id dengan harga Rp. 80.000. Bahan jersey ini adalah material Climacool, dengan logo tim dan sponsor dibordir/bukan sablon. Ukuran yang tersedia adalah S, M, L, dan XL.

Jersey bola terbaik berdasarkan asal negaranya

Seperti yang ceritakan sebelumnya, jersey bukan hanya memberi identitas atau kebanggaan bagi klub sepakbola saja, namun juga memberi identitas serta kebanggaan bagi rakyat suatu negara. Bayangkan, betapa bangga rakyat suatu negara jika negaranya bisa tampil di ajang piala dunia. Mengenakan jersey kesebelasannya pun menjadi terasa membanggakan. Berikut ini adalah beberapa negara yang memiliki kesebelasan dengan jersey-jersey paling keren.

Brasil

Sumber gambar soccercorner.com

Tak diragukan lagi, kesebelasan Brasil adalah kesebelasan yang paling jago dalam menarik mata semua orang. Mereka sangat pintar menyolok mata orang dengan paduan warna yang khas kuning, hijau, dan biru. Salah satu jersey paling top adalah yang dipakai para pemain Brazil tahun 1970.

Namun begitu, Anda pasti akan menyukai setiap jersey yang pernah dipakai oleh para pemain Brazil di setiap waktu. Kesatuan warnanya begitu unik dan Brasil banget. Bagi Anda yang menginginkan jersey kesebelasan Brazil, dapatkan di Tokopedia seharga Rp. 80.000. Jersey terbuat dari bahan kelas ori, dan tersedia dalam ukuran S, M, L, dan XL.

Denmark Away

Sumber gambar footyheadlines.com

Fans berat bola pasti tak akan pernah melupakan seragam keren dari kesebelasan Denmark pada Piala Dunia Meksiko 1986. Seragam buatan Hummel tersebut sebenarnya berwarna merah dan putih, namun entah kenapa ada sebagian pihak yang menyebutnya sebagai ‘girly pink.’ Mungkin karena kesebelasan yang dimotori oleh Michael Laudrup ini bergerak begitu cepat di lapangan, sehingga kedua warna tersebut memadu menjadi seolah-olah warna pink. Meskipun begitu, seragam ini tetap menjadi pembeda yang keren bagi tim Denmark dengan tim-tim lainnya.

Anda bisa mendapatkan jersey ini di Rumah Jersey seharga Rp. 125.000. Ukuran yang tersedia adalah S, M, L, dan XL.

Ekuador

Sumber gambar goal.com

Salah satu jersey yang mirip dengan jersey Brazil adalah milik kesebelasan Ekuador, yaitu jersey home-nya. Pembedanya hanyalah aksennya. Jersey Ekuador memiliki aksen warna biru di pundak dan juga sedikit memiliki warna merah pada kerah dan bagian sampingnya.

Sementara untuk jersey away, warna biru menjadi lebih dominan. Jika Anda fans kesebelasan sepak bola dari negara-negara Amerika Latin, maka jersey Ekuador ini pantas untuk Anda koleksi. Dapatkan di Tokopedia seharga Rp. 110.000. bahannya terbuat dari polyester, sementara image-nya berupa bordir/bukan sablon. Pilihan ukuran yang tersedia adalah S, M, L, dan Xl.

Italia Tribute Away

Sumber gambar footyheadlines.com

Untuk urusan jersey yang keren dan evergreen, kesebelasan Italia adalah jagonya. Meskipun tampak sederhana, namun jersey mereka selalu tampak menawan dan tidak pernah ketinggalan jaman. Jersey tersebut berwarna putih yang didominasi oleh warna biru-putih-hijau, merujuk pada bendera negara Italia.

Jersey keren ini merupakan hasil pekerjaan Puma. Bagi Anda yang ingin memilikinya, dapatkan Italia Tribute Away di soccerpro.com dengan harga Rp. 666.000.

Jerman

Sumber gambar rumahjersey.co.id

Jerman selalu memilih jersey yang simple untuk seragam kesebelasannya: berwarna putih dengan aksen kuning, merah, dan hijau. Sebagai negara yang memiliki tradisi sepak bola yang kuat, Jerman miliki jersey-jersey yang pantas dikoleksi. Seperti jersey mereka pada Piala Dunia 1988 dan 1994 misalnya. Jika Anda ingin mengkoleksinya, dapatkan di Rumah Jersey dengan harga Rp. 125.000. Bahannya terbuat dari material dri-fit, dan ukuran yang tersedia adalah M, L, dan XL.

Rusia

Sumber gambar rumahjersey.co.id

Nama Rusia mungkin jarang masuk dalam radar sepak bola dunia. Namun begitu, jersey-nya mampu membuat fenomena tersendiri pada saat Piala Dunia di Brazil tahun 2004 lalu. Jersey kesebelasan ini adalah yang paling dicari selama kompetisi sepak bola akbar itu digelar. Jersey Rusia dirasa memberi paduan old and new yang pas, sehingga selalu mengesankan campuran kenangan hebat masa lalu dan optimisme masa depan.

Anda bisa memiliki jersey ini di Bukalapak dengan harga Rp. 99.900. Bahannya terbuat dari material Climacool. Ukuran yang tersedia adalah S, M, L, dan XL.

Selandia Baru Away

Sumber gambar alexpress.com

Goal.com memilih seragam kesebelasan Selandia Baru sebagai salah satu seragam terbaik. Seragam buatan Nike ini tampak simpel, didominasi oleh warna putih (untuk versi home), dan didominasi warna hitam, untuk versi tandang.

Anda penasaran dengan jersey kesebelasan Selandia Baru? Dapatkan di Tokopedia seharga Rp. 180.000. Bahannya terbuat dari polyester, dengan ukuran yang tersedia adalah M dan XL.

From our editorial team

Dukung Tim Sepakbola Favorit Anda dengan Jersey Terbaik

Menunjukkan dukungan, meski dengan hanya nonton bareng di rumah sekalipun, Anda bisa menunjukkan kecintaan Anda pada klub atau tim sepakbola favorit dengan menggunakan jersey berkualitas dan terbaik. Tidak hanya ketika menonton bola, baik di televisi maupun di stadion saja. Anda juga bisa menggunakannya ketika berolahraga atau santai sehari-hari.