8+ Pilihan Jersey Timnas Indonesia dan Klub Bola Indonesia yang Keren untuk Berolahraga

8+ Pilihan Jersey Timnas Indonesia dan Klub Bola Indonesia yang Keren untuk Berolahraga

Tunjukkan kecintaan Anda pada Indonesia dengan mengenakan jersey timnas Indonesia, terutama ketika sedang menyaksikan pertandingan Timnas Indonesia. Apalagi, saat ini timnas Indonesia tengah berjuang dan bertarung untuk mendapat medali emas di Sea Games 2017. Berikut BP-Guide berikan rekomendasi jersey Timnas terbaik yang juga menunjang gaya Anda yang sporty.

Mengapa sepak bola di Indonesia sangat populer??

Bicara tentang sepakbola, Indonesia merupakan salah satu basis penggemar sepakbola yang cukup besar jumlahnya di dunia. Hampir seluruh klub sepakbola di dunia memiliki basis fans yang cukup besar di Indonesia. Apalagi untuk timnas Indonesia dan klub-klub lokal, memiliki penggemar yang fanatik dan selalu hadir di setiap pertandingan.

Coba Anda lihat pertandingan timnas Indonesia, mulai dari usia di bawah 19 tahun sampai yang level senior, semuanya selalu banjir penonton. Oleh karena itu, sepakbola juga menjadi ladang bisnis yang cukup menggiurkan.

Mungkin Anda akan tercengang melihat harga seorang pemain bola, seperti Neymar yang dibanderol seharga 225 juta Euro yang setara dengan triliunan rupiah. Di Indonesia, klub seperti Persib Bandung misalnya, rela merogoh kocek miliaran rupiah untuk mendatangkan pemain kelas dunia seperti Essien dan sebagainya.

Peraturan yang simpel

Hal yang dianggap sebagai faktor kenapa sepakbola menjadi begitu populer adalah peraturannya yang cukup mudah. Setiap orang bisa dibilang paham dengan peraturan sepakbola, meski masih awam atau bahkan tidak bisa bermain sepakbola.

Penonton kerap menjadi wasit kedua dalam setiap pertandingan sepakbola. Jadi, penonton selalu melayangkan protes, setiap wasit memberikan keputusan yang dianggap kurang adil atau merugikan satu pihak.

Peraturan seperti pelanggaran keras, sedang dan ringan sehingga ada yang hanya mendapat teguran, kartu kuning hingga kartu merah. Ada juga peraturan tentang offside, serta aturan lainnya, rata-rata masih dimengerti oleh penonton sepakbola.

Peralatan mudah dan murah

Selain itu, Anda juga akan dengan mudah menemukan orang bermain sepakbola. Tidak peduli bagaimanapun kondisinya, ukuran lapangannya juga di manapun lokasinya, anak-anak bermain bola di sedikit lokasi lapangan akan mudah ditemukan.

Anda juga bisa menemukan anak-anak dengan bermodalkan sedikit kayu atau batu untuk menjadi tiang gawang, pemain bola yang jumlahnya cukup untuk menjadi dua tim, maka permainan sudah bisa dimulai.

Coba lihat di pinggiran pantai, anak-anak bertelanjang kaki dan dada sudah bermain sepakbola bersama-sama. Juga, Anda bisa melihat di daerah konflik, anak-anak tetap ceria bermain sepakbola untuk menghilangkan kekhawatirannya.

Dapat dimainkan kapanpun dan oleh siapapun

Sepakbola adalah olahraga yang bisa dimainkan oleh siapa saja. Olahraga ini sudah ada sejak abad ke-2 masehi loh. Pemainnya bisa siapa saja, dari segala lapisan masyarakat. Bahkan, Anda juga menemukan perempuan yang bermain sepakbola.

Karena bisa dimainkan siapa saja dan kapan saja, ada banyak penggemar sepakbola di seluruh dunia. Pemain top dunia memiliki skill mengolah kulit bundar dengan kualitas tinggi. Oleh karena itu, penggemar sepakbola juga akan menggemari pemain bola kelas dunia dengan kualitas mumpuni tersebut.

Sudah menjadi budaya

Sepakbola sudah bukan sekedar tentang skill, atau menendang bola ke gawang. Bukan sekedar, permainan sebelas orang melawan sebelas orang yang berbeda tim atau klub saja.

Sepakbola sudah menjadi budaya. Mendukung tim nasional negara dikaitkan dengan rasa cinta terhadap tanah air. Itulah kenapa ada banyak orang yang rela melakukan segalanya untuk tim atau klub sepakbola yang digandrunginya.

Terutama untuk pertandingan timnas Indonesia. Banyak yang rela mencoret wajahnya dengan warna merah putih, membawa bendera raksasa dan hal-hal lainnya untuk memberikan semangat pada pemain idolanya. Sepakbola sudah membudaya, sehingga rasa cemas, khawatir, bahagia akan bercampur menjadi satu ketika menyaksikan sepakbola.

8 Kostum Terbaik Timnas/Klub Indonesia

Baju bola Indonesia - Asian Cup 2007

Sumber gambar fourfourtwo.com

Jersey Indonesia yang bertanding di fase grup Piala Asia adalah salah satu jersey Indonesia yang menarik untuk Anda miliki. Permainan timnas Indonesia yang ciamik pada Piala Asia 2007 menjadi salah satu faktor mengapa jersey Indonesia yang satu ini layak dimiliki.

Meski saat itu Indonesia tidak lolos dari fase grup, namun perlawanan Indonesia dari tim-tim kuat di grup seperti Korea Selatan, Arab Saudi dan Bahrain menjadi salah satu nilai tambah Indonesia. Diluar prediksi, Indonesia mampu mengalahkan Bahrain, juga menyulitkan Korea Selatan dan Arab Saudi yang hanya bisa menang tipis.

Jersey Timnas Indonesia tahun 2007 satu ini dibuat dari bahan dry-Fit yang menyerap keringat dengan baik. Logo Nike dibordir dengan teknologi komputer, sedangkan logo garuda menggunakan sablon platisol. Sablon nama dan nomor menggunakan bahan polyflex yang berkualitas tinggi. Sangat presisi dan mirip dengan kostum aslinya yang digunakan oleh Bambang Pamungkas dan kawan-kawan di tahun 2007.

Dapatkan pakaian ini di Tokopedia atau di Ceriwis.me dengan harga mulai dari Rp 65.000 hingga Rp 125.000.

Baju bola Indonesia - AFF Cup 2012 (Home)

Sumber gambar goal.com

Seragam yang satu ini cukup unik, karena dibuat dari bahan poliester yang dibuat dari bahan daur ulang. Nike yang menjadikan botol plastik tak terpakai yang dirubah menjadi bahan poliester yang nyaman di tubuh Anda.

Kostum ini digunakan oleh Timnas Indonesia ketika mengikuti AFF Suzuki Cup 2012 pada bulan November hingga Desember 2012 silam.

Perjuangan Timnas era itu juga cukup memukau, dengan meraih juara dua setelah kalah secara tragedi melawan Malaysia di Bukit Jalil Stadium. Meskipun begitu, Indonesia bermain baik dan tidak pernah mengalami kekalahan melawan siapapun, kecuali di laga final menjadikan timnas Indonesia era itu memiliki banyak penggemar.

Nah, jersey yang satu ini juga dibuat dengan kain yang didesain dengan teknologi Dri-Fit yang nyaman dan menyerap keringat dengan baik. Nyaman digunakan, terutama saat Anda ingin bermain bola dengan banyak gerakan. Dapatkan jersey yang satu ini di Bukalapak, forum.ceriwis.me atau di Kaosbolajersey dengan harga mulai dari Rp 95.000 hingga Rp 199.100.

Baju bola Indonesia - AFF Cup 2010 (Home)

Sumber gambar bukalapak.com

Jersey yang satu ini merupakan kostum home Timnas Indonesia ketika berlaga di AFF Cup tahun 2010 silam. Permainan ciamik dari Firman Utina dan kawan-kawan menjadikan setiap pertandingan Indonesia di tahun itu tidak bisa dilewatkan bagi setiap penggemar sepakbola Indonesia.

Jersey ini dibuat polos di bagian belakang, tanpa nama pemain di belakangnya. Atau, Anda bisa menambahkan nama Anda sendiri dengan hanya menambahkan biaya sekitar Rp 80.000 hingga Rp 85.000.

Jersey yang satu ini juga dibuat dari bahan kain DryFit khas Nike dengan logo dan lambang garuda yang dibordir. Juga ada watermark Jersey bertuliskan Bhineka Tunggal Ika yang bisa terlihat secara samar di pakaian tersebut. Dapatkan produk ini di Kaskus, atau di Bukalapak dengan harga mulai dari Rp 123.456 hingga Rp 180.000.

Baju bola Indonesia - Piala Tiger 2002 (Home)

Sumber gambar palingseru.com

Tahun 2002, Indonesia nyaris saja mengukir asa untuk tampil ke Piala Dunia yang akan digelar di Korea-Jepang. Sayangnya, Indonesia harus bertekuk lutut oleh timnas China, sehingga harus memupuskan mimpinya untuk ke Piala Dunia.

Hasilnya, Indonesia yang diperkuat oleh Kurniawan DJ dan kawan-kawan ini mengamuk di Piala AFF yang masih dikenal dengan nama piala Tiger tahun 2004. Dengan jersey buatan Nike yang setara dengan jersey tim dunia sekelas Brazil, Belanda dan sebagainya, tentu timnas Indonesia semakin optimis.

Jerseynya dibuat dengan bahan Dry-Fit khas Nike, disematkan teknologi Dry Cool. Sementara nama, emblem, dan logo dibordir. Meskipun Indonesia lagi-lagi kalah di final ketika bersua Singapura, namun permainan Indonesia yang dilatih oleh Ivan Kolev begitu terkenang di hati penggemarnya.

Ingin mendapatkan jersey tersebut, dapatkan di Bukalapak dan Tokopedia dengan harga mulai dari Rp 155.000 hingga Rp 165.000.

Baju bola Indonesia - Piala Tiger 2000

Sumber gambar palingseru.com

Piala Asia tahun 2000 dan AFF Tiger Cup tahun 2000, Timnas Indonesia kembali hadir membawa asa dengan nama-nama seperti Bambang Pamungkas, Kurniawan DJ, Rochy Putiray dan lain-lain. Meski kembali gagal di final AFF tahun 2000, dan kembali menjadi runner up setelah dikalahkan Thailand, namun jersey yang digunakannya memberi kenangan yang tak terlupakan.

Kostum home adalah dominan warna merah dengan celana putih, sedangkan kostum away adalah kebalikannya. Saat itu, penyedia seragam timnas adalah Asics yang menjadikan jersey tersebut berkualitas dan menunjang para pemain.

Anda ingin memiliki jersey ini? Anda bisa mendapatkannya di sejumlah OL Shop di Instagram, Facebook atau sejumlah online store ternama seperti Lazada dan lain-lainnya. Harganya mulai dari Rp 95.000 hingga Rp 175.000.

Baju bola Indonesia - Arema FC di ISC 2016 (Home)

Sumber gambar instagram.com

Jersey tim kebanggaan arek-arek Malang, Arema menjadi salah satu jersey favorit yang perlu Anda miliki. Jersey yang disponsori Specs yang menjadikan kualitasnya mumpuni.

Jersey tersebut digunakan oleh Arema ketika mengikuti Sunrise of Java Cup, Piala Presiden, Piala Sudirman dan Bhayangkara Cup. Hingga mengikuti Liga Torabika tahun 2016, jersey tersebut juga masih digunakan. Warna khas Arema, yakni warna biru menjadi kekuatan dari jersey dengan bahan Dry-Fit yang adem ini.

Dapatkan jersey Arema tahun 2016 ini dengan ukuran M hingga XL. Anda bisa mendapatkannya di Bukalapak dan Tokopedia. Untuk kualitas biasa, Anda bisa mendapatkannya seharga Rp 80.000. Sedangkan yang berkualitas tinggi bisa Anda dapatkan seharga Rp 349.900.

Baju bola Timnas Indonesia 2017

Sumber gambar kapanlagi.com

Jersey Indonesia teranyar yang digunakan mengikuti Sea Games 2017. Pakaian yang satu ini juga disediakan oleh brand olahraga ternama dunia, Nike. Jadi, urusan kualitasnya jangan Anda ragukan lagi.

Baju ini dibuat dengan material 100 % poliester, dengan kain Dri-Fit dengan logo yang dibordir dan sponsor yang dibuat dengan bahan polyflek yang di-heat press.

Dapatkan produk ini di Lazada dengan harga Rp 135.000.

Baju bola Indonesia - Asian Cup 2004

Sumber gambar tokopedia.com

Salah satu pakaian timnas Indonesia yang juga cukup banyak dicari adalah Jersey Timnas tahun 2004. Ketika itu, timnas yang diperkuat oleh Ponaryo Astaman, Budi Sudarsono dan tentunya Bambang Pamungkas selalu bermain trengginas dan bermain dengan apik dan menghibur.

Ingin memiliki jersey timnas yang satu ini? Anda bisa melihatnya di berbagai OL Shop di sosial media, atau ke online store seperti Lazada dan sebagainya. Harganya mulai dari Rp 130.000 per lembar.

Kostum ini dibuat dari bahan 100 persen poliester dengan kain yang Dri-Fit sehingga penyerapan keringat bisa berlangsung dengan baik. Selain itu, sablon dan bordirnya juga berkualitas tinggi.

From our editorial team

Baju Timnas Indonesia Tidak Kalah Keren dan Lebih Nasionalis

Dengan menggunakan pakaian timnas Indonesia, berarti Anda sudah mematri Garuda di dada, tepat di atas jantung. Dengan demikian, semangat garuda akan berpadu dengan hari-hari Anda, menjadikan rasa cinta tanah air semakin tinggi. Dukung terus perjuangan timnas Indonesia untuk merengkuh prestasi dan level tertinggi dengan mengenakan jersey timnas terbaik dan nyaman, serta keren digunakan.

Tag