Jangan Ngaku Penggemar Barcelona, Kalau Belum Koleksi 10 Jersey Terbaik Barcelona Sepanjang Masa Ini

Jangan Ngaku Penggemar Barcelona, Kalau Belum Koleksi 10 Jersey Terbaik Barcelona Sepanjang Masa Ini

Sejak Barcelona terus meraih kesuksesan baik di kancah liga lokal (Spanyol), Eropa sampai ke tingkat dunia, basis fansnya semakin lama semakin bertambah. Tapi, Anda tentunya wajib mengkoleksi sejumlah jersey terbaik Barcelona sepanjang masa, sebelum mengaku sebagai fans berat tim asal Catalonia ini dong.

Barcelona adalah sebuah klub bersejarah dan salah satu terbaik di dunia

Salah satu tim sepak bola dengan basis fans terbesar di dunia asal Spanyol adalah Barcelona. Barcelona, adalah tim asal kota Barcelona yang teletak di Catalan (Katalonia), Spanyol. Klub ini berdiri pada tahun 1899, tepatnya tanggal 29 November, atas inisiatif dari 12 orang yang bertemu di Sole Gym, Barcelona.

Motto dari klub raksasa ini adalah El Barca Es Mes Que Un Club. Maksudnya adalah Barca atau Barcelona bukan hanya sekadar klub. Rivalitas klub ini dengan klub ibukota Spanyol, Real Madrid begitu ketat dan kentara, menjadi salah satu bumbu utama liga Spanyol. Bahkan, tahun 1930-an, pendukung Barcelona sempat berkata, boleh kalah dengan klub lain, asal tidak dengan Real Madrid. Wow, rivalitas yang tinggi dan ketat, bukan?

Perlu dicatat, bahwa sejumlah pemain bola kelas dunia pernah merumput bersama Barcelona. Sebut saja mulai dari legenda Belanda, Johan Cruyff, legenda Argentina, Diego Maradona, Legenda Portugal, Luis Figo sampai legenda Brazil seperti Rivaldo, Ronaldinho dan Ronaldo juga pernah bermain di klub yang diklaim sebagai klub paling populer di dunia ini.

Fakta menarik seputar Barcelona

Bicara masalah Barcelona, tentunya ada banyak fakta dari klub berjuluk Blaugrana ini. Apa saja fakta yang perlu Anda ketahui dari klub yang satu ini?

Simak ulasannya berikut ini :

Suporter Barcelona biasanya disebut Cules

Pernah mendengar istilah "cules"? Yah, Cules adalah julukan dari fans berat Barcelona. Cules berarti "Punggung" dalam Bahasa Spanyol. Julukan tersebut bahkan sudah diberikan sebelum markas Barcelona, Camp Nou dibangun.

Ada arti lain dari kata "Cules". Dalam bahasa asli Catalan, Cules juga berarti bokong atau pantat, loh. Lah, kenapa bisa penggemar fanatik Barcelona diberi nama itu? Tenyata, penyebabnya pada zaman Barcelona baru awal berdiri, para penonton duduk dengan kondisi tempat duduk yang sejajar dari depan sampai belakang. Hal itu menjadikan setiap penonton depan berdiri, maka penonton belakang hanya melihat "cules" dari penonton depan saja. Masih banyak versi yang menceritakan kenapa Cules menjadi julukan dari penggemar Barcelona, tapi intinya menunjukkan bahwa para penggemar begitu mencintai klub tersebut.

Lahir lewat sebuah iklan surat kabar Los Deportes

Ketika awal pendiriannya, pendiri Barcelona Hans Gamper membuat iklan di surat kabar benama Los Deportes yang berisi ajakan untuk para pemain dan pencinta bola di kota tersebut bergabung. Hasilnya positif, total 11 orang berkumpul di Gimnasia Sole dan terbentuklah Futbol Club Barcelona dengan warna biru merah yang menjadi warna khas Barcelona hingga saat ini.

Tahun 1902, klub ini berhasil meraih gelar Copa Macaya dan berhasil tembus ke babak final Copa del Rey, sebelum dikalahkan Bizcaya yang sekarang dikenal dengan nama Athletic Bilbao. Perlu dicatat juga, selain mendirikan Barcelona, Hans gamper atau Joan Gamper juga pernah bersama-sama rekan-rekannya mendirikan FC Zurich dan pernah bermain untuk FC Basel.

Stadion pertama Barcelona adalah La Escopidora

Sebelum dibangun menjadi Camp Nou, salah satu stadion terbaik di Spanyol dan markas klub Barcelona, awalnya nama stadion tersebut adalah La Escopidora. Stadion yang dibangun oleh Gamper ini memiliki kapasitas 6000 penonton dan memiliki lampu sorot. Hal itu menjadikannya salah satu stadion terbaik di Spanyol pada era itu.

Pemain Barca terbaik sepanjang masa

Barcelona telah banyak mencetak pemain bintang sepanjang perjalanan klub ini. Tetapi, ada beberapa saja yang disebut pemain terbaik klub. Siapa saja?

Simak di bawah ini, yah.

Carles Puyol

Sumber gambar factsofuniverse.com

Charles Puyol adalah salah satu pemain belakang terbaik yang dimiliki Spanyol. Lelaki satu ini lahir di Barcelona dan hanya bermain untuk satu klub ini saja. Dia memulai karir dari tahun 1996 ketika bermain di Barcelona C. Hanya butuh satu tahun, akhirnya 1997 Puyol sudah termasuk dalam line up Barcelona B. Tahun 1999, Puyol mendapat promosi ke Barcelona dan menjadi salah satu jebolan La Masia yang besinar.

Prestasi dari kapten Barcelona ini juga sangat cemerlang. Dua gelar liga berturut-turut pada tahun 2002 membawanya menjadi Bek Kanan Terbaik Eropa tahun 2002. Tapi, tahukah Anda, bek andalan Spanyol dan Barcelona ini justru memulai karirnya sebagai Penjaga Gawang? Karena mengalami cidera bahu, ia malah memilih menjadi striker. Sampai akhirnya di tim B Barcelona, ia menempati posisi bek kanan, sampai akhir masa kerjanya.

Xavi Hernandez

Sumber gambar moneter.co.id

Pemain selanjutnya adalah Xavi. Ia juga jebolan La Masia, yang sudah bergabung di Camp Nou sejak usia 11 tahun. Saat debut di tim senior Barcelona, usianya masih 18 tahun. Ajaibnya, di hari itu juga, Xavi langsung mencetak gol ke gawang Real Malorca, justru di final Piala Super Spanyol.

Prestasinya tak kalah mentereng. Keberhasilannya membawa Barcelona hingga 7 kali juara liga, 3 kali juara Champions, 2 kali juara piala dunia antar club dan prestasi bersama Timnas Spanyol menjadikannya sebagai salah satu playmaker terbaik eranya, juga gelandang terbaik sepanjang masa.

Johan Cruyff

Sumber gambar youtube.com

Legenda Belanda yang satu ini mempopulerkan sistem Total Footbal pada era 1970-an, yang sebenarnya ditemukan oleh Rinus Michels. Meski berada di posisi striker, Anda jangan terkejut ketika melihat Cruyff justru pernah berada di garis paling belakang lini pertahanan, juga berada di tengah.

Hal itu bisa terjadi karena Cruyff memiliki kecepatan, visi yang luas, akselerasi, dribel, dan berbagai aksi memukau lainnya. Pernah mendengar Cruyf Turn? Golnya yang dilesakkan ke Atletico Madrid yang kerap disebut phantom goal yang menjadi salah satu gol paling spektakuler sepanjang masa. Cruyff memulai karirnya di Ajax Amsterdam, sampai akhirnya bergabung di klub senior Ajax tahun 1964 dan akhirnya pindah ke Barcelona.

Lionel Messi

Sumber gambar financialtribune.com

Pemain yang satu ini masih bermain untuk Barcelona. Lionel Messi, pemain kelahiran Argentina yang juga memiliki talenta yang luar biasa, bahkan disebut-sebut the next Maradona. Hal itu juga diakui oleh legenda Argentina tersebut.

Meski tubuhnya hanya 169 cm, sudah menjadi pemain terbaik dunia versi FIFA juga Ballon d'Or ketika masih berusia 21 tahun, tepatnya tahun 2009. Pemain kidal satu ini memiliki kemampuan yang sangat baik dalam berlari, mengoper, mengecoh dan mengocek lawannya. Tendangannya juga mengerikan, menjadikannya sebagai pemain paling berbahaya bagi lawan-lawannya. Prestasinya juga mengkilap, baik untuk Barcelona, maupun timnas Argentina.

10 baju bola Barca terbaik sepanjang masa yang layak dikoleksi

Sebagai fans Barcelona, tentunya Anda ingin mendapatkan jersey terbaik Barcelona, bukan? Terutama ketika sedang menonton pertandingan Barcelona bersama rekan-rekan ketika Nobar. Nah, berikut ini BP-Guide memberi rekomendasi jersey terbaik Barcelona yang perlu Anda pertimbangkan untuk miliki.

Home 2016 - 2017

Sumber gambar awwsport.com

Jersey pertama yang bisa Anda pertimbangkan adalah Jersey terbaru Barcelona untuk musim 2016/2017. Jersey yang satu ini didesain oleh Nike menjadi lebih klasik, namun tetap dalam balutan modern. Strip dua warna merah dengan garis tipis, mengingatkan jersey Barcelona tahun 1991/1992 silam. Tahun itu adalah tahun ketika Barcelona berhasil menjuarai La Liga dan Liga Champions sekaligus.

Penulisan nama dan angka di jersey tersebut juga sangat khas. Tipografinya merupakan kurva dari arsitektur simbol kota tersebut. Anda bisa mendapatkan jersey original Barcelona di Lazada seharga Rp 1.942.000.

Away 1991 - 1992

Sumber gambar footyheadlines.com

Tahun 1991/1992 adalah salah satu musim terbaik Barcelona. Di zaman itu, Ronald Koeman menjadi salah satu bintang Barcelona yang berada di bawah asuhan Johan Cruyff. Kesuksesan Barcelona menjuarai La Liga serta mengalahkan Sampdoria di final menjadi salah satu alasan kenapa jersey yang satu ini perlu menambah koleksi Anda.

Kostum ini juga menjadi inspirasi pembuatan jersey terbaru Barcelona tahun 2016/2017. Warna biru merah mengingatkan keberhasilan Barcelona merubah Stadion Wembley menjadi berwarna itu, ketika menang di final Champions tahun 1992. Dapatkan produk ini di situs Oldfootballshirts dengan harga Rp 533.350.

Home 1960 - 1961

Sumber gambar pinterest.com

Salah satu jersey Barcelona yang perlu Anda koleksi juga adalah jersey tahun 1960-1961. Warnanya klasik dan menjadikan begitu menarik dan manis dilihat. Ditambah lagi dengan bordiran tangan yang begitu manis terlihat.

Bila Anda ingin mengkoleksi pakaian atau jersey Barcelona, maka jersey satu ini wajib menjadi tambahan koleksi Anda. Desainnya klasik dan detail, dengan kerah V namun cukup berat ketika dipakai. Jersey ini disebut sebagai salah satu jersey Barcelona terbaik sepanjang masa versi FourFourtwo.

Home 2008 - 2009

Sumber gambar jerseysemarang.com

Jersey selanjutnya adalah jersey home Barcelona lengan panjang tahun 2008-2009. Barcelona saat itu menggunakan pakaian dengan warna khas Blaugrana. Di bawah asuhan tangan dingin Pep Guardiola, saat itu Barcelona berhasil menyapu bersih segala jenis trophy yang diperebutkan. Keberhasilan tersebut membuat Barcelona memperbanyak basis fans-nya di seluruh dunia.

Ingin mendapatkan jersey satu ini, Anda bisa membelinya di Tokopedia. Jersey grade original Barcelona Home Retro 2008/2009 ini dijual dengan harga Rp 120.000.

Away 1996 - 1997

Sumber gambar ebay.com

Tahun penuh kenangan lainnya dari Barcelona adalah tahun 1996-1997. Saat itu, di bawah kepemimpinan Presiden Josep Lluis Nunez dan Pelatih Kepala Bobby Robson, berhasil meraih La Liga, pemenang Copa Del Rey, Piala Winners dan Super Spanyol.

Tahun itu, adalah ketika legenda hidup Brazil, Ronaldo masih berseragam Barcelona. Ia berhasil menjadi top skorer liga Spanyol dengan total gol mencapai 47 gol. Ingin mendapatkan jersey ini, Anda bisa mendapatkannya di Ebay seharga Rp 1.300.000.

Away 1974 - 1975

Sumber gambar fourfourtwo.com

Masih era lama, salah satu jersey yang perlu Anda koleksi adalah jersey tahun 1974-1975. Jersey ini termasuk dalam jajaran jersey terbaik sepanjang masa yang dimiliki Barcelona. Pada tahun itu adalah era keemasan Barcelona dengan pemain andalannya, salah satunya Johan Cruyff.

Jersey tandang Barcelona 1974-1975 adalah salah satu jersey dengan gaya klasik dan retro yang menjadi salah satu item layak koleksi oleh penggemar Barcelona. Meski Anda sulit mendapatkan produk barunya, karena memang tidak dikoleksi lagi, Anda bisa mencoba untuk mencari produk bekasnya.

Away 2014 - 2015

Sumber gambar blogspot.com

Selanjutnya, jersey Barcelona tahun 2014-2015. Kostum tandang Barcelona tahun itu hadir dengan warna oranye yang mencolok, memberi semangat yang menyala-nyala bagi pemain maupun penggemar Barcelona. Warna biru dan merah tetap hadir namun sebagai manset.

Kaos yang satu ini dilengkapi dengan kerah leher berwarna oranye, lambang Nike di dada, sponsor Qatar Airways dan bendera Catalonia di bagian belakang.

Produk ini bisa Anda dapatkan seharga Rp 120.000 di bigmatchjersey.com.

Away 1982 - 1989

Barcelona pada tahun 1982 adalah era yang juga dikenang karena ada sosok legenda hidup Argentina, Diego Maradona yang bermain di klub ini. Jersey ini didesain oleh Meyba, dengan estetika klasik yang manis. Pola garis-garis tersebut terus dipertahankan hingga saat ini.

Sebenarnya, pola tersebut terinspirasi dari liga Inggris, di mana banyak kostum tim liga Inggris dominan dengan desain garis-garis. Hal itu mungkin disebabkan ada beberapa pemain liga Inggris yang bermain di klub tersebut.

Anda bisa mendapatkan kostum Barcelona 1982 away Retro Football di scoredraw.com dengan harga sekitar Rp 530.000.

Home 1998 - 1999

Sumber gambar pinterest.com

Pada tahun 1998-1999, Barcelona hadir berbeda dengan jersey yang terbagi dalam dua warna dan sama besar. Pola garis-garis yang biasanya menghiasi jersey Barcelona hadir berbeda di era tersebut. Faktanya, di era itu, Barcelona baru saja merayakan ulang tahun klub yang ke 1 abad.

Seragam ini disebut-sebut sebagai salah satu jersey Barcelona yang terindah. Lengan hitam, kerah lebar dan desain warna dalam dua warna tersebut sangat menarik. Apalagi di era ini, mereka memenangkan juara liga dan beberap trophy lainnya. Di era ini juga hadir pemain masa depan Barcelona, Xavi, yang ketika debut menggunakan jersey ini.

Anda bisa mendapatkan produk ini di Tokopedia dengan harga sekitar Rp 130.000.

Away 2013 - 2014

Sumber gambar sevenjersey.net

Salah satu kostum jersey terbaik Barcelona lainnya adalah era tahun 2013-2014. Di tahun ini, pakaian Barca hadir dengan warna kuning merah, yang melambangkan semangat dari klub. Motto klub, Mes que un Club yang berarti lebih dari sekedar klub, tertulis di bagian leher jersey tandang satu ini.

Sama seperti sebelumnya, kostum ini terbagi dari dua warna yakni kuning dan merah yang sama banyaknya. Garis bendera merah kuning mengingatkan kita pada bendera Catalonia, daerah asal tim ini. Dapatkan produk ini di Lazada dengan harga sekitar Rp 299.000.

Home 1973 - 1974

Sumber gambar www.scoredraw.com

Tahun 1973-1974 adalah salah satu era di mana Barcelona diperkuat oleh Johan Cruyf. Legenda sepak bola Belanda ini begitu membekas di Barcelona, karena pada era itu, Barcelona mengenalkan teknik bermain total football khas Cruyff.

Tahun tersebut juga menandai era pertama Cruyff berseragam Barcelona. Tahun ini, ia mencetak sebuah gol yang "impossible" dan menjadikan tahun penuh keberhasilan bersama Barcelona. Anda bisa mendapatkan produk ini di scoredraw.com dengan harga Rp 530.000.

From our editorial team

Yuk, koleksi jersey terbaik Barcelona sepanjang masa

Selain mengkoleksi berbagai merchandise khas Barcelona, tentunya untuk menunjukkan kecintaan Anda pada Barcelona, Anda perlu juga mengkoleksi jersey terbaik Barcelona dari era dulu. Jadi, seakan Anda telah mengikuti sejarah Barcelona dan tidak akan pindah hati ke klub lain. Sekali Barca, tetap Barca.

Tag