10 Sepeda Gunung Tangguh dan Nyaman untuk Melintasi Pegunungan

10 Sepeda Gunung Tangguh dan Nyaman untuk Melintasi Pegunungan

Bersepeda di daerah pegunungan dapat memacu adrenalin. Kamu harus lincah menuruni turunan yang tajam atau menaiki tanjakan yang curam. Agar bisa melakukannya, dibutuhkan sepeda yang tangguh untuk menghadapi medan seperti itu. 10 sepeda gunung berikut ini dapat membantumu melintasi daerah pegunungan dengan nyaman dan aman.

Menikmati Udara Sejuk Pegunungan Sambil Bersepeda Gunung

Beraktivitas di sekitar pegunungan memang mengasyikkan. Udaranya masih segar dan cocok untuk berolahraga agar tubuh menjadi lebih sehat. Bagi yang suka bersepeda, pastinya harus menggunakan sepeda yang khusus, ya. Ini agar sepeda bisa lebih maksimal melewati tanjakan atau turunan. Berolahraga sambil menikmati keindahan alam akan jadi pengalaman menarik dan luar biasa. Yuk, gowes sepeda gunungmu ke daerah pegunungan!

Jenis Sepeda Gunung yang Wajib Kamu Pahami

Umumnya sepeda untuk dipakai ke gunung dikenal dengan istilah mountain bike. Ada juga yang menyebutnya all terrain bike. Sepeda jenis ini memang diperuntukkan untuk dikendarai di medan berat alias off road. Dengan memakai sepeda gunung, maka apapun bentuk jalannya bisa dilalui. Mau becek, berbatu, berpasir, atau berlumpur, semua bisa dilalui.

Namun agar bersepeda jadi lebih maksimal, tentu butuh sepeda gunung yang tepat. Ya, produk sepeda gunung hadir dalam beragam konstruksi yang berbeda pula. Kegunaannya beragam untuk tiap jenisnya. Untuk itu mari simak ulasan BP Guide tentang jenis sepeda gunung yang wajib kamu tahu.

Sepeda Gunung All Mountain

Sumber gambar www.pinkbike.com

Sepeda gunung yang pertama adalah all mountain bike. Ada pula yang menyebutnya dengan sebutan trail bike maupun enduro. Sepeda ini khusus digunakan untuk melintasi medan berat. Untuk naik turun bukit hingga keluar masuk hutan semuanya bisa dilakukan dengan sepeda ini.

Bobot sepeda ini lebih berat dari sepeda jenis cross country. Dengan demikian medan yang ekstrem bisa dilalui dengan mudah. Rangka sepeda ini juga lebih besar dari sepeda cross country untuk menyesuaikan bobot sepeda yang juga lebih berat. Sepeda ini juga memiliki travel suspensi depan hingga 15 cm.

Sepeda Gunung Freeride

Sumber gambar www.vitalmtb.com

Freeride adalah tipe sepeda gunung yang merupakan paduan sepeda model downhill dan cross country. Sepeda ini dibuat dengan tujuan memudahkan pemakainya untuk drop off dengan tekanan tinggi. Sepeda ini populer di kalangan anak muda karena bisa untuk melakukan style dan trik untuk melompat di atas tanah. Sepeda ini berbobot 16 hingga 23 kg sehingga tak begitu lincah seperti sepeda all mountain.

Sepeda Gunung Downhill

Sumber gambar www.trekbikes.com

Sepeda gunung yang satu ini dirancang untuk melaju cepat dan aman digunakan untuk menuruni daerah perbukitan dan pegunungan. Produk ini memang dirancang khusus untuk jalur yang penuh dengan turunan sesuai dengan namanya downhill. Sepeda ini dilengkapi suspensi belakang guna meredam terjadinya benturan.

Sepeda ini mampu menikung dengan stabil dengan kecepatan tinggi. Karena diciptakan khusus untuk daerah dengan banyak turunan tajam, maka sepeda ini kurang pas jika digunakan untuk jalanan kota maupun jalanan cross country.

Sepeda Gunung Cross Country

Sumber gambar www.redbull.com

Sepeda gunung satu ini dirancang untuk jalur off road. Kamu bisa pakai sepeda ini untuk jalanan dengan rintangan minim sampai rintangan menengah. Bisa juga untuk jalanan beraspal atau jalanan di tanah pedesaan.

Sepeda cross country ini sangat ringan bobotnya sehingga lebih mudah dan nyaman dikendarai. Bobotnya antara 9 sampai 14 kg. Sepeda ini dilengkapi suspensi di bagian depan dengan travel 6 hingga 20 cm. Sepeda ini lebih awet dibanding full suspension bike. Selain itu perawatannya lebih mudah.


Rekomendasi 10 Sepeda Gunung Terbaik Buat Kamu

United Radiant XCP

Sumber gambar www.anekajayasepeda.com

United sudah terdaftar sejak dulu sebagai produsen sepeda yang apik. Beragam produk dengan kualitas baik dikeluarkan merek ini guna memenuhi permintaan pasar. United umumnya membanderol produknya dengan harga terjangkau. Ini yang membuat banyak orang menyukai produknya.

Ada sepeda United Radiant XCP nih yang bisa dicoba. Desain terbaru dari United ini menghadirkan shock body pada kerangka utama sepedanya. Fitur ini membuat pemakai sepeda makin nyaman menaiki sepeda. Diameter sepeda cukup besar yaitu 26 inci x 380 mm membuatnya lebih ramping.

Frame sepeda dari bahan alloy dengan dual suspension dan sealed bearing. Sepeda ini dilengkapi brake dari Shimano BR-M415 Deore Mechanical. Sepeda ini bisa dibeli di anekajayasepeda.com dengan harga Rp 5.600.000.

United Infinite 411

Sumber gambar www.anekajayasepeda.com

United memperkenalkan produk sepeda gunung lainnya. Ada Seri Infinite 411 dengan konsep premium modern. Ada banyak spesifikasi canggih pada sepeda ini. Selain itu sepeda juga dilengkapi aneka komponen berkualitas khas dari Shimano. Velg sepedanya berukuran 26 x 2,1 inci yang di atas rata-rata sepeda gunung biasa. Frame sepeda ini berbahan karbon.

Silakan ke Aneka Jaya Sepeda untuk memperoleh sepeda dengan harga Rp 6.500.000 ini. Produk ini tangguh dengan beberapa kali uji coba pada medan yang sulit dan curam. Selain itu juga sudah teruji terhadap medan berdebu off road dan menanjak tajam. Dengan produk ini kamu bisa melakukan manuver dengan mudah dan cepat.

Polygon Xtrada 3.0 27.5

Sumber gambar www.polygonbikes.com

Polygon tak mau kalah nih dalam produksi sepeda gunung. Ada aneka produk mountain bike yang bisa kamu beli. Seri Polygon Xtrada patut jadi incaranmu. Tampak gagah dan keren untuk olahraga maupun bersepeda di daerah pegunungan.

Produk ini dijual Rp 4.725.000 dan bisa didapatkan di Lazada. Rodanya berukuran 27,5 inci. Dengan warna hijau, sepeda ini berbahan Alutech Alloy Cross Country yang kuat namun ringan kerangkanya. Untuk kerangkanya tersedia ukuran 16 hingga 20. Ada Shimano Altus 27 Speed pada produk satu ini.

Polygon Monarch 2.0 GENT

Sumber gambar www.polygonbikes.com

Satu lagi produk dari Polygon untuk sepeda gunung. Ada seri Monarch 2.0 Gent yang memiliki harga pas di kantong. Harganya Rp 1.300.000 dan kamu bisa membelinya di Bukalapak. Didesain khusus untuk para pengendara pria, sepeda ini dilengkapi Hi-ten Steel berbahan baja kualitas standar. Sepeda ini mempunyai Zoom Suspension di bagian front fork. Selain itu ada Shimano Tourney untuk Derailleur rear dan front-nya.

Wimcycle Hotrod 3.0

Sumber gambar kedaisepeda.com

Wim Cycle mulai produksi pada 1976 silam. Awalnya perusahaan ini hanya memproduksi suku cadang saja, namun seiring berjalannya waktu akhirnya memproduksi sepeda. Salah satu produk yang wajib kamu coba untuk sepeda gunung adalah Hotrod 3.0.

Seri Wimcycle ini memiliki frame aluminium yang berkualitas bagus. Ada garansi 5 tahun untuk sepeda ini sejak waktu pembelian pertama. Sepeda ini dijual pada Rp 3.500.000. Kamu bisa membelinya di website Kedai Sepeda. Produk ini memiliki 27speed shimano dengan brake hydrolik dan ban sebesar 26 inci.

Ibis Ripley 29 LS

Merek Ibis ini sempat mendapat penghargaan sebagai merek mountain bike terbaik, loh. Penghargaan diberikan tahun 2015 lalu untuk seri Ripley 29 LS. Perusahaan pun terus mengembangkan seri terbaiknya ini dengan memberi poros internal yang lebih baik dengan tiang kursi rendah.

Sepeda ini memiliki roda depan sebesar 29 inci depan dan 120 mm untuk roda belakang. Sepeda ini cukup responsif dan cepat. Produk seharga Rp 48 juta ini bisa dibeli di website competitivecyclist. Dengan frame berbahan carbon fiber, sepeda ini memakai suspension DW Link. Menggunakan brake tipe hydraulic disc, sepeda ini brake set-nya dari Shimano BL-M445.

Santa Cruz V10

Merek sepeda gunung paling ternama salah satunya adalah Santa Cruz. Merek yang satu ini memiliki banyak tipe yang bisa dicoba untuk sepeda gunung. Salah satunya adalah seri V10 nih, yang bisa kamu beli.

Kamu bisa mendapatkan produknya di Tokopedia dengan harga 19 juta untuk ukuran S. Namun untuk V10 seri Carbon 2016 Bonus Body Protector TLD, kamu bisa beli di Bukalapak. Harganya jauh lebih mahal yakni Rp 43.500.000.

Sepeda ini memiliki brake dan rotor dari Shimano XT. Sepeda ini terasa ringan dengan ban berdiameter 27,5 inci. Sepeda ini juga memiliki sproket 7 speed selain rd & shifter saint 10 speed.

Santa Cruz Hightower LT

Sepeda gunung dari Santa Cruz kebanyakan siluetnya sama. Tetapi tunggu dulu sampai kamu melihat seri Hightower LT. Sepeda seri ini memiliki segitiga depan karbon yang sama dengan Hightower pada umumnya.

Produk ini pas banget buat kamu yang suka ngebut di pegunungan. Pas untuk lomba maupun olahraga biasa. Sepeda ini dijual di website santacruzbicycle.com dengan harga Rp 53 jutaan. Dengan double sealed pivots, sepeda jadi lebih awet. Produk ini tersedia dalam ukuran S hingga XXL. Diameter roda sebesar 29 inci dan memiliki frame karbon C dan karbon CC.

Specialized S-Works Epic HT

Ada sepeda gunung menarik nih buat kamu. Specialized S-Works Epic Jaroslav Kulhavy Limited Edition merupakan sepeda gunung keren yang nyaman dikendarai. Sepeda ini memiliki ban 29 inci dengan SID brain fork.

Tersedia dalam ukuran M, sepeda ini berbahan karbon. Ada 1 seat clamp dan carbon seatpost pada sepeda. Kamu bisa beli produk keren ini di Bukalapak. Untuk masalah harga kamu bisa mendapatkan sepeda ini dengan harga Rp 38.675.000.

Pivot Switchblade

Sumber gambar www.pivotcycles.com

Pivot Switchblade merupakan sepeda gunung dengan ban tebal yang bisa memberi ruang luas untuk frame sepeda. Produk ini membuatmu merasakan kenyamanan luar biasa untuk segala medan. Segala tanjakan dan turunan bisa dilibas dengan nyaman saat menggunakan produk ini.

Segera beli di Bukalapak dengan harga Rp 38.900.000. Ada ultra quiet low durometer rubberized frame protection pada sepeda ini. Dengan pivot cable port system memudahkan kamu untuk routing. Tersedia dalam warna black red yang menawan.

Santa Cruz Tallboy

Merek Santa Cruz memang sudah terkenal akan produk sepeda gunungnya. Ada sekitar 20 model sepeda gunung yang telah dirilis. Lirik saja salah satunya yakni Tallboy. Seri ini menyajikan sepeda trail dengan gaya baru untuk medan pegunungan.

Sepeda Tallboy ini beratnya 2,4 kg dengan dropper post cable routing. Berbahan alloy untuk frame frontnya, sepeda ini memiliki VPP suspension. Ada molded seatstay dan downtube protectors pada sepeda dengan ukuran M hingga XL ini. Tersedia di Bukalapak dengan harga Rp 23.500.000.

Kona Big Honzo DL

Perusahaan Kona Bikes berdiri di Washington, Amerika Serikat. Perusahaan ini membuat sepeda gunung dengan performa tinggi. Merek ini pun juga memproduksi sepeda touring dan juga sepeda balap.

Sepeda dari Kona dengan seri Big Honzo ini banyak mendapat pujian. Tangguh dan berkualitas tinggi, sepeda ini memiliki roda seukuran 27,5 inci. Sepeda ini tergolong model hardtrail dengan fork RockShox Revelation terbaru. Produk ini bisa membantumu menaklukkan segala medan berat. Yuk, segera beli dengan harga Rp 22.586.795 di website resmi konaworld.com.

From our editorial team

Memilih Sepeda Gunung yang Tepat

Memilih sepeda gunung untuk bersepeda di daerah pegunungan harus dilakukan dengan cermat. Terutama memperhatikan fitur-fitur sepeda tersebut yang bisa menunjang aktivitasmu saat bersepeda di pegunungan. Sepeda juga harus ringan dikendarai namun kuat menghadapi medan pegunungan yang berliku agar kamu nyaman bersepeda.

Tag