Berolahraga Murah dan Sehat dengan 10 Sepeda Santai Pilihan (2018)

Berolahraga Murah dan Sehat dengan 10 Sepeda Santai Pilihan (2018)

Bersepeda santai adalah kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan bersama dengan teman atau keluarga. Selain sehat, kegiatan ini juga bisa menciptakan keakraban dan kegembiraan. Sebelum bersepeda santai, silakan baca tips dan uraian tentang 10 sepeda santai pilihan untuk Anda berikut ini.

Cara Mudah Berolahraga dengan Sepeda Santai yang Oke

Mendengar kata sepeda, apa yang terlintas di benak Anda? Olahraga, sepeda santai, atau sepeda gunung Anda yang lama tak terpakai? Ya, sepeda yang muncul pertama kali pada abad ke-19 di Eropa ini merupakan sarana transportasi sekaligus alat untuk berolahraga. Praktis dan murah, itulah yang tergambar dari alat yang mulai populer saat menyebar ke Amerika Serikat ini.

Kegiatan bersepeda selain menyehatkan juga bisa mengurangi kepenatan karena menjalankan aktivitas seharian. Tubuh Anda juga bisa makin atletis jika rajin berolahraga dan daya tahan tubuh pun semakin terjaga.

Tips Bersepeda Supaya Tidak Cepat Lelah

Mengayuh sepeda bersama keluarga di pagi hari sangat menyenangkan. Menikmati udara sejuk pagi sembari bersenda gurau dapat mengurangi stres. Anda pun bisa lebih baik menjalani hari nantinya jika sudah berolahraga ringan seperti bersepeda.

Biar tak cepat lelah saat mengayuh sepeda, pasti ada triknya ya, apalagi jika ingin menempuh jarak yang cukup jauh. Jarak yang jauh bisa menguras tenaga saat bersepeda. Kondisi fisik tubuh dan sepeda pun harus diperhatikan.


Istirahat yang Cukup Sebelum Bersepeda

Sebenarnya aktivitas bersepeda tak butuh banyak persiapan yang rumit. Hanya saja, Anda tidak boleh terlalu lelah dan harus beristirahat yang cukup di malam sebelumnya. Hal ini dilakukan agar tubuh lebih fit dan segar keesokan harinya sehingga siap mengayuh dalam jarak jauh. Jika kondisi tubuh oke, bersepeda pun menjadi bersemangat.

Memperbanyak Latihan dan Makan Makanan Berserat

Jika hendak bersepeda pada jarak yang tak bisa dibilang dekat, rajinlah berlatih. Ya, berlatih dalam jarak minimal 2 kilometer setiap harinya. Dengan rajin berlatih, Anda tak akan cepat merasa lelah. Jika langsung bersepeda dalam jarah jauh tanpa latihan, bisa berakibat fatal bagi tubuh. Bukan badan sehat yang didapat, tetapi malah terkena cedera otot.

Tak cuma latihan rutin, Anda juga perlu banyak makan makanan berserat. Anda perlu tahu bahwa bersepeda jarak jauh membutuhkan energi ekstra. Sebelum bersepeda, usahakan makan banyak makanan berserat serta beragam buah yang mengandung mineral. Kebutuhan serat dan mineral yang cukup bisa menjadi suplemen tubuh saat bersepeda dan tubuh pun menjadi semakin bugar.

Perhatikan Posisi Gear Sepeda

Untuk bersepeda secara baik dan benar, Anda perlu melihat posisi gear sepeda. Perhatikan detail teknik pemindahan gear. Ini karena gear sepeda bertugas mengatur ritme tenaga yang dikeluarkan.

Nah, jika Anda berencana bersepeda dalam jarak jauh, cek kelengkapan gear sepeda. Kalau untuk jalan menanjak, gunakan gear ringan biar tak terlalu lelah saat mengayuh. Jadi pastikan gear pada sepeda benar-benar sudah pas posisinya.

Model Sepeda Santai yang Bisa Dijadikan Pilihan

Untuk melakukan aktivitas olahraga yang satu ini memang butuh jenis sepeda yang tepat. Sepeda yang pas harus disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Jika sepeda sudah dilengkapi fitur lengkap dari bel keamanan di jalan hingga handling gigi, maka kegiatan bersepeda pun menjadi lebih lancar.

Untuk itu, pilihan Anda bisa dijatuhkan kepada sepeda tenaga listrik dan sepeda lipat. Dua jenis sepeda ini mudah dan nyaman digunakan. Pas untuk kebutuhan Anda yang ingin bersepeda santai. Sementara untuk merek dan pilihannya, Anda bisa cek uraian berikut ini.

United Monanza 2.0

Sumber gambar www.blibli.com

Sebagai sarana transportasi yang memiliki banyak penggemar, sepeda juga bisa dijadikan alat olahraga. Salah satunya adalah sepeda gunung merek United seri Monanza 2.0.

Dengan warna hitam, sepeda jenis hardtail ini pas untuk segala medan. Sepeda ini dapat melaju lebih cepat di jalan beraspal dan dilengkapi dengan sistem pengereman alloy v-brake. Selain itu dilengkapi pula dengan Shimano Tourney 7 SP, Hi-Teen Steel (size 17), dan Handle Bar United. Kunjungi Blibli untuk membeli sepeda gunung ini dengan harga Rp 2.112.300.

United Detroit 2.0

Sumber gambar www.blibli.com

Merek United memang tepercaya jika Anda tengah mencari sepeda gunung. Merek ini selalu pas untuk melengkapi gaya bersepeda Anda.

Kunjungi Blibli untuk membeli produk United seri Detroit 2.0. Dibanderol dengan harga Rp 3.109.680, sepeda ini sudah dilengkapi fitur rem cakram pakem. Dengan suspense dan komponen utama Shimano, sepeda gunung ini menjamin kenyamanan bersepeda Anda. Kecepatan gigi hingga 3 x 9 dan juga gampang dipindahkan. Pas untuk melalui medan menanjak.

Wimcycle Air Flex X2

Sumber gambar www.blibli.com

Cari sepeda gunung yang keren? Anda bisa lirik nih merek Wimcycle. Seri Air Flex X2 ini berwarna merah-hitam dengan desain sporty yang keren. Pas untuk Anda yang berukuran tinggi badan hingga 160 cm. Dijual di Blibli dengan harga Rp 1.843.500, sepeda oke punya ini memiliki rem V-brake. Memiliki kecepatan hingga 21 speed dengan dual suspension. Komponen utamanya diproduksi oleh Shimano.

Wimcycle Fixie Alloy

Sumber gambar www.blibli.com

Satu lagi yang patut dimiliki dari Wimcycle. Sebagai merek sepeda ternama, produk Wimcyle sangat tangguh untuk menempuh jalan biasa atau off road. Produk-produknya dibuat dengan bahan alloy hingga terasa ringan saat digunakan.

Seri Fixie Alloy bisa Anda jadikan pilihan. Dibanderol dengan harga Rp 1. 204. 550, sepeda berwarna biru ini memiliki desain minimalis dan sangat ringan dikayuh tanpa perlu repot memindahkan gigi. Kunjungi Blibli untuk memperolehnya.

Pacific MTB Invert 6.0

Sumber gambar www.blibli.com

Gunakan merek ternama seperti Pacific untuk mendapat kenyamanan bersepeda sesungguhnya. Terkenal akan ketangguhannya dalam segala medan, produk sepeda Pacific patut untuk dijajal.

Sepeda berwarna merah hitam ini dibanderol dengan harga Rp 2.120.720 dan bisa diperoleh di toko online Blibi. Dengan bahan alloy aluminium, sepeda ini berkecepatan hingga 21 speed. Terdapat rem cakram untuk ban depan dan belakang sehingga pas untuk melintas di jalan mendaki dan curam.

Pacific Esplendid 9.0

Sumber gambar www.blibli.com

Dengan kualitas yang tak diragukan, produk dari Pacific layak jadi pilihan Anda. Coba beli seri Esplendid 9.0. Mountain Bike seharga Rp 3.260.580. Sepeda berwarna biru-hitam ini komponennya buatan Shimano dari Jepang yang memiliki jaminan mutu nomor satu. Tangguh untuk digunakan di jalan raya maupun medan off road. Shockbreaker-nya terasa empuk dengan teknologi hydraulic pada rem cakramnya. Segera berkunjung ke Blibli untuk membelinya, ya.

Polygon Siskiu 6

Sumber gambar www.polygonbikes.com

Merek satu ini juga tak kalah populer dari merek sepeda gunung lainnya. Berdiri pada tahun 1989, Polygon hanya menciptakan produk terbaik di kelasnya. Salah satu yang terbaik adalah seri Siskiu 6. Dengan harga Rp 7.750.000, sepeda ini berbahan Hydroformed ALX Alloy Cross Country yang sangat sporty. Dilengkapi dengan Fork SR Suntour XCR LO R yang pas untuk segala medan. Segera klik situs web polygonbikes.com untuk mendapatkannya, ya.

Polygon Premier 4

Sumber gambar www.polygonbikes.com

Merek satu ini sudah cukup mendunia, lo. Jadi tak perlu ragu lagi untuk menggunakan produk sepeda dari Polygon. Seri Premier 4 siap menemani aktivitas olahraga Anda. Dijual dengan harga Rp 3.800.700, sepeda ini sangat serbaguna untuk segala medan. Dengan fork suspense 120 mm, sepeda ini tetap nyaman dipakai meski medannya berlumpur. Menggunakan bahan alloy, sepeda menjadi amat ringan saat dipakai. Sepeda terasa lebih mantap karena menggunakan hydraulic disc brakes. Langsung saja meluncur ke situs web polygonbikes.com untuk membelinya.

Phoenix 2022

Sumber gambar www.tokopedia.com

Sepeda lipat produksi Phoenix juga oke, lo. Produksi dalam negeri ini tampak keren dengan ukuran ban sekitar 50 cm dan berat sekitar 15 kg. Seri 2022 ini dilengkapi dengan pedal plastik yang bisa dilipat. Memiliki shifter dari Shimano SL-TX 30-6R, sepeda ini juga dilengkapi dengan rem V brake dan brake lever IRC. Ada pilihan warna biru-merah, hitam-merah, serta hijau-hitam. Anda bisa mengunjungi Bukalapak untuk mendapatkannya seharga Rp 1.230.950.

Carilo Prestige 26

Sumber gambar www.vivacycle.com

Pakai juga sepeda Carilo Prestige 26 ini. Sepeda ini dilengkapi dengan Alloy V-brake. Nyaman untuk segala medan terutama medan berlumpur. Dilengkapi dengan fitur steel fork berukuran 65 cm dan inner hub gear sampai speed 5. Bisa klik situs web vivacycle.com untuk membelinya dengan harga Rp 1.621.540.

From our editorial team

Bersepeda untuk Meningkatkan Energi Tubuh

Bersepeda memang membutuhkan tenaga, namun sesungguhnya aktivitas ini bisa mengurangi perasaan lelah dan malah meningkatkan energi dalam tubuh. Bersepeda meningkatkan dopamin, yaitu senyawa kimia otak yang berhubungan dengan energi yang dilepaskan ketika kita berolahraga. Jadi, jika ingin mendapatkan energi baru yang segar, jangan ragu lagi untuk mulai bersepeda.