10 Rekomendasi Sepeda Lokal Terbaik Pilihan Para Pesepeda

10 Rekomendasi Sepeda Lokal Terbaik Pilihan Para Pesepeda

Apakah kamu suka bersepeda? Bagi kamu para pemula, pasti merasa kesulitan dalam memilih sepeda untuk memenuhi hobimu. Tak perlu jauh-jauh memilih sepeda buatan luar negeri, sepeda lokal juga bisa membuat kegiatan bersepedamu jadi menyenangkan. Ini dia 10 rekomendasi sepeda lokal terbaik yang bisa kamu pilih.

Banyak Pabrikan Sepeda Gunung Indonesia yang Namanya Mendunia

Tak jarang produk lokal dipandang sebelah mata karena dianggap kurang berkualitas. Padahal, sudah banyak produk lokal yang masuk ke pasar internasional karena kualitasnya yang tak kalah mumpuni dengan produk buatan luar negeri. Begitu juga dengan produk sepeda.

Tingginya angka pemilik hobi bersepeda membuat banyak produsen luar maupun lokal berlomba-lomba menghadirkan sepeda dengan kualitas tinggi dan desain yang disukai. Produk sepeda lokal patut dilirik, karena banyak produsen lokal yang telah menghadirkan sepeda dengan kualitas terbaik.

Begini Tips Memilih Sepeda untuk Kamu yang Pemula

Kenali Jenis Sepeda

Sebelum membeli sepeda, sebaiknya kenali jenis sepeda terlebih dahulu. Ada berbagai jenis sepeda menurut fungsinya, seperti sepeda gunung, road bike, dan BMX bike. Masing-masing sepeda memiliki medannya sendiri-sendiri.

Sepeda gunung dibekali dengan shock breaker untuk meredam goncangan saat melalui jalanan yang tak mulus. Sedangkan, road bike memiliki bobot ringan dengan ban halus serta setang melengkung setengah lingkaran yang disesain agar dapat dipacu dengan kecepatan tinggi. Yang terakhir ada BMX bike yang didesain lebih mungil dan sering digunakan untuk melakukan atraksi freestyle.

Pilih Merek yang Berkualitas

Sebelum membeli barang, tak bisa dipungkiri bahwa merek menjadi salah satu pertimbangan. Bahkan, banyak pesepeda yang secara terang-terangan mementingkan merek sebelum membeli sepeda. Tidak dapat dipungkiri bahwa nama besar sebuah merek memang berpengaruh pada kualitas produknya. Baik merek luar negeri maupun merek lokal, ada banyak brand yang patut dipertimbangkan sebelum membeli sepeda.

Pertimbangkan Part dan Grup Set

Part dan grup set juga perlu dipertimbangkan sebelum membeli sepeda. Menentukan ukuran sepeda yang diinginkan, kemudian mengetahui berbagai tingkatan grup set patut dilakukan sebelum menentukan pilihan sepeda. Di Indonesia sendiri rata-rata menggunakan Shimano yang memiliki tingkatan grup set, Tourney, Altus, dan Acera. Setiap grup set dapat ditemukan di sepeda yang berbeda harga dan juga kemampuan.

Ukuran Frame

Ukuran frame sepeda dapat disesuaikan dengan ukuran tubuh penggunanya. Ini untuk memudahkan peggunaan sepeda agar nyaman dan tidak berbahaya. Untuk tinggi badan di bawah 170 cm dapat menggunakan frame S atau 16”, kemudian tinggi badan 171-175 dapat menggunakan M atau 18”, sedangkan dengan tinggi badan di atas 176 dapat menggunakan frame ukuran L atau 20”.

Ukuran Diameter Ban

Tips terakhir dalam memilih sepeda adalah sesuaikan tinggi badan dengan ukuran ban sepeda. Ada 3 ukuran ban sepeda untuk sepeda MTB, yaitu 26, 27.5, dan 29. Sama seperti penggunaan frame yang sesuai, penggunaan ban yang sesuai dimaksudkan agar pesepeda tetap merasa nyaman dan aman ketika berkendara. Roda sepeda juga berpengaruh pada akselerasi.

Rekomendasi Sepeda yang Menarik untuk Kamu Miliki

Wimcycle Hotrod 3.0

Berbicara tentang merek sepeda lokal, Wimcycle adalah salah satunya. Rekomendasi sepeda dari brand ini adalah Wimcycle Hotrod 3.0. Sepeda dengan material frame diamond alloy 6061 ini memiliki bahan stang alloy, rise 30 mm nuke head.

Tempat duduknya juga terbuat dari bahan alloy 31.6 mm dengan desain dudukan nuke head artwork. Sepeda dengan rear hub alloy nuke head disk brake 32H ini dilengkapi pedal berbahan alumininium barrel polished dengan ball bearing. Tersedia pilihan warna hitam, putih, dan merah dengan ukuran M dan L.

Harga Rp. 4.900.000-7.078.000

Polygon Monarch 2.0 Gent

Rekomendasi sepeda lokal selanjutnya hadir dari brand lokal Polygon. Polygon Monarch 2.0 Gent bisa menjadi pilihan bagi kamu yang mencari produk sepeda gunung. Dengan frame berbahan steel dan rem v-brake sepeda ini menggunakan pemindah gigi depan dan belakang Shimano.

Dengan shockbraker empuk dan tahan banting dari pabrikan Zoom, sepeda ini memiliki fork Zoom T80 mm dan kecepatan 21 speed Shimano Tourney. Sistem pengoperasian giginya juga mudah sehingga membuat kamu nyaman saat berkendara.

Harga Rp. 1.715.000

United Radiant XCP

Selanjutnya ada United Radiant XCP dengan double suspension depan dan belakang yang cocok untuk semua medan. Sepeda keluaran United ini menggunakan frame alloy butted frame dual suspension sealed bearing.

Sedangkan rear shock KS-291 dan rem Shimano BR-M415 Deore Mechanical, sepeda ini semakin lincah dengan ukuran ban 26 inch x 380 mm. Dengan model handle bar alloy POV Barcenter versi 31.8, sepeda ini menggunakan model seat post alloy ukuran 30.9 x 300 mm.

Harga Rp. 13.000.000

United Bike Nucleus 3.00

Rekomendasi sepeda gunung selanjutnya masih dari United, yaitu United Bike Nucleus 3.00. Sepeda dengan rangka alloy aluminium ini memiliki grupset 27 speed Shimano Altus. Sistem pengoperasian giginya juga mudah hanya dengan menggunakan jari jempol dan telunjuk.

Dilengkapi rem disc brake depan belakang, sepeda ini menggunakan fork travel 100 mm Suntour XCM Lockout. United Bike Nucleus 3.00 memiliki rem yang sangat pakem tanpa mengandalkan cengkraman jari saat mengerem mendadak.

Harga Rp. 6.486.280

Turanza 2606 Hydraulic Sepeda MTB

Sepeda gunung berikutnya adalah Turanza 2606 Hydraulic Sepeda MTB yang cocok untuk medan jalan raya dan sedikit off-road. Frame menggunakan bahan alloy yang ringan dan tahan karat, sepeda ini memiliki velg dengan bahan alloy double wall.

Menggunakan rem depan dan belakang Hydraulic Simaers, sepeda ini menggunakan pemindah gigi depan Turanza Component dan pemindah gigi belakang Shimano Tourney.

Harga Rp. 2.510.000

Sepeda Polygon 3.0 Xtrada 27.5

Polygon memang tak pernah habis mengeluarkan koleksi sepeda gunung andalannya. Salah satunya adalah Sepeda Polygon 3.0 Xtrada 27.5. Frame sepeda ini terbuat dari bahan alloy yang ringan dengan rem cakram hidrolik pakem serta komponen utama dari Shimano.

Dengan ban ukuran 27.5 x 2.10, sepeda ini nyaman dan ringan untuk dikendarai dalam medan tanjakan. Sepeda dengan handle bar entity sport ini, cocok untuk pengguna remaja dan dewasa.

Harga Rp. 1.985.000

United TMS 3080 Sepeda MTB

Kembali ke United, brand ini memiliki satu produk sepeda gunung andalan yaitu United TMS 3080 Sepeda MTB. Sepeda dengan full suspense berbahan alloy ini menggunakan rem depan dan rem belakang disc brake. Dengan pemindah gigi belakang Shimano Tourney, sepeda ini menggunakan pengoper gigi Revoshifterdan pedal PVC.

Harga Rp. 3.000.000

EXOTIC ET-2655 Sepeda MTB

Siapa yang tak tertarik dengan sepeda gunung bermodel sporty dan trendy? Bagi yang menginginkan sepeda dengan tampilan menarik, produk EXOTIC ET-2655 Sepeda MTB dapat dijadikan pilihan. Sepeda keluaran EXOTIC ini terbuat dari material frame besi yang kuat dan tahan banting.

Dengan kecepatan 21 speed, sepeda ini cocok untuk medan jalan raya dan sedikit off road. Sepeda dengan pemindah gigi dari Shimano Tourney TZ ini menggunakan fork Exotic Components T100 mm. Dapatkan sepeda ini di Blibli seharga Rp 3.640.000.

Sepeda Pacific Avenger 5.0

Sepeda Pacific Avenger 5.0 adalah rekomendasi sepeda gunung selanjutnya yang terbuat dari bahan carbon ringan dan kuat. Dengan shockbreaker soft dan tahan banting, sepeda ini memiliki 20 speed dengan sistem rem disc brake. Sepeda ini menggunakan komponen utama dari Shimano yang terjamin mutunya.

Harga Rp. 16.445.000

Polygon Monarch 5

Rekomendasi yang terakhir hadir dari merek lokal andalan, yaitu Polygon. Sepeda gunung Polygon Monarch 5 hadir dengan kerangka frame alloy yang kokoh dan ringan.

Memiliki front fork yang empuk dan tahan banting, sepeda ini menggunakan rerailleur front dan rear yang kuat dan tahan lama.

Seatpost, stem, dan handlebar sepeda ini juga awet. Memiliki pilihan kecepetan hingga 21 speed, sepeda ini cocok untuk medan jalan raya dan sedikit off-road.

Harga Rp. 2.250.000
From our editorial team

Sepeda Lokal dengan Komponen dari Shimano Merajai Pasar

Tentu sulit untuk menentukan sepeda lokal mana yang hendak dijadikan pilihan. Namun, dari rekomendasi di atas dapat disimpulkan bahwa banyak sepeda lokal yang mempercayakan komponen utamanya pada Shimano. Selain telah terjamin keamanannya, pasti komponen Shimano juga istimewa sehingga dipercaya oleh merek-merek besar Indonesia. Dari rekomendasi di atas, kira-kira sepeda mana yang menjadi pilihanmu?