Suka Bersepeda? Jangan Lupa Mengenakan 10 Rekomendasi Sepatu Khusus Ini (2019)

Suka Bersepeda? Jangan Lupa Mengenakan 10 Rekomendasi Sepatu Khusus Ini (2019)

Agar nyaman bersepeda, sebaiknya kamu menggunakan sepatu khusus bersepeda. Selain mengurangi rasa lelah, sepatu ini juga baik untuk keamanan saat bersepeda. Apa saja sepatu bersepeda yang direkomendasikan oleh BP-Guide? Simak artikel berikut ini, ya!

Bersepeda Saat Ini Menjadi Hobi yang Mulai Merebak di Masyarakat

Sumber gambar www.cyclingweekly.com

Setiap harinya kita perlu berolahraga supaya badan tetap terasa bugar dan sehat. Salah satu olahraga yang banyak diminati dan mudah dilakukan adalah bersepeda. Dengan alat sederhana bernama sepeda, kita bisa membakar lemak dan menjaga tubuh supaya sehat dan terhindar dari aneka macam penyakit.

Hobi yang satu ini selain bisa membuat kita sehat juga bisa sekaligus menjaga lingkungan karena dengan bersepeda, maka kita bisa membantu mengurangi kemacetan dan polusi udara.

Sepatu Menjadi Salah Satu Peralatan Bersepeda yang Harus Kamu Miliki

Sumber gambar www.ekoi.com

Bersepeda tentu butuh peralatan penunjang yang mumpuni. Perlengkapan untuk bersepeda harus sangat diperhatikan untuk meningkatkan kenyamanan dan keselamatan. Dengan peralatan yang mumpuni, maka bisa meminimalkan risiko cedera pada telapak kaki dan bagian tubuh bawah lainnya.

Selain sepeda, kamu juga butuh sepatu yang bisa menunjang pergerakan kaki kamu kala menggowes sepeda. Dengan sepatu yang tepat maka kamu bisa mendapatkan manfaat bersepeda secara maksimal. Bersama BP-Guide, yuk perhatikan apa saja hal yang harus diperhatikan sebelum membeli sepatu untuk bersepeda!

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Sepatu Sepeda

Bobot Sepatu

Bersepeda membutuhkan sepatu yang bisa mendukung gerakan kita. Supaya tidak berat kala menggowes, maka kamu butuh untuk mempertimbangkan bobot sepatu yang akan kamu gunakan. Perhatikan bobot sepatunya karena sebisa mungkin kamu wajib memakai sepatu yang ringan.

Dengan memakai sepatu berbobot ringan, maka kamu jadi bisa gowes lebih lama tanpa cepat merasa lelah. Kaki juga merasa tidak terbebani kala kamu memakai sepatu yang bobotnya ringan. Apalagi jika kamu bersepeda pada jalan yang menanjak dan berat. Jika bobot sepatu kamu berat, maka kaki akan terbebani dan kamu jadi kesulitan mengayuh sepeda.

Materi Tapak Sepatu

Sumber gambar www.bike-discount.de



Untuk olahraga bersepeda, kamu wajib memperhatikan bagian tapak sepatunya. Perhatikan bahan apa yang digunakan dan pilihlah sepatu yang memiliki tapak solid atau terbuat dari satu kesatuan bahan. Jangan memakai tapak sepatu yang memiliki beberapa lapis karet karena umumnya yang seperti ini justru tidak kuat dan tidak awet.

Bentuk Tapak Sepatu

Sumber gambar www.startfitness.co.uk

Jika kamu kerap bersepeda di daerah perkotaan, tentunya sepatu apa saja akan nyaman kamu kenakan. Namun kala bersepeda di medan tanah yang licin atau berbatu, kamu akan membutuhkan produk sepatu yang kuat dan cocok untuk aneka medan berat.

Kamu bisa melihat bentuk tapak sepatunya untuk menentukan cocok tidaknya sepatu tersebut dipakai di berbagai permukaan.

Untuk aktivitas sepeda gunung, kamu bisa memakai tapak sepatu yang memiliki bentuk yang kasar. Ini supaya kaki tidak mudah tergelincir pada medan yang licin. Kamu bisa juga memilih sepatu dengan model tapak tanpa tepian dan memiliki bentuk cembung. Hal ini bisa mengurangi gesekan pada gear sepeda.

Memilih Jenis Tali

Sumber gambar www.mec.ca

Kamu wajib memilih sepatu bersepeda dari jenis pengencangnya juga. Ada yang bertali, memakai velcro, atau bentuk slip on. Aneka bentuk pengencang sepatu ini patut diperhatikan kala membeli sepatu supaya kamu jadi lebih nyaman kala menggowes sepedamu.

Kamu bisa memakai yang bertali jika menurut kamu bisa lebih kencang dan nyaman. Saat memilih sepatu bertali usahakan memakai yang model talinya tidak terlalu panjang supaya tali tidak tersangkut pada gear sepeda. Namun jika tidak ingin ribet, kamu bisa memakai sepatu yang model slip on atau velcro.

10 Rekomendasi Sepatu Sepeda

Louis Garner Revo

Sumber gambar www.amazon.com

Louis Garneau Revo XR3 Road Shoe ini merupakan sepatu untuk bersepeda yang bisa kamu andalkan. Produk ini hadir dengan ventilasi yang baik dengan sol karbon atau nilon yang kaku. Udara bisa bersirkulasi dengan baik dan membuat kaki jadi lebih nyaman bergerak tanpa gerah.

Sepatu dengan penutup model velcro ini mudah digunakan dan tidak ribet karena kamu tidak perlu mengikat talinya. Dilengkapi dengan tab tumit, jari kaki karet untuk berjalan, dan antislip, sepatu ini akan bikin kamu betah memakainya dalam waktu lama. Memakai Insole Ergo Air Cool Stuff, sepatu ini bikin kaki jadi hangat dan nyaman. Kamu bisa membeli sepatu ini di Amazon dengan harga Rp 1.680.000.

Dromati Race Shoe

Dromati Race Shoe ini merupakan produk selanjutnya yang bisa kamu miliki. Produk sepatu yang satu ini cocok untuk acara formal hingga kasual. Terbuat dari bahan kulit, sepatunya dibuat secara handmade. Nyaman di kaki, sepatu ini bisa melindungi tumit lebih maksimal dan aman dipakai berkendara atau bersepeda.

Sepatu keren ini memakai sol karet yang nyaman untuk melangkah di segala permukaan. Desainnya elegan dan bikin kamu jadi lebih percaya diri saat memakainya. Dengan bantalan empuk, sepatunya nyaman di bagian telapak. Ada fitur tapak karet kecil di jari kaki dan bagian tumit yang memiliki blok tapak karet yang besar sehingga sepatu lebih aman dipakai. Dapatkan di Dromati dengan harga Rp 3.800.000.

Bontrager Classique Cycling Shoes

Sumber gambar www.evanscycles.com

Bontrager Classique Road Shoes ini bisa menjadi pilihan sepatu menarik selanjutnya. Produk sepatu ini nyaman untuk bersepeda dan juga aneka olahraga lainnya. Bukan hanya memiliki tampilan sepatu yang keren, namun kualitas sepatunya juga sangat menawan.

Sepatu ini daya tahannya kuat dengan bahan clarino microfibre pada bagian atas. Memiliki fitur InForm Pro last dan carbon sole sehingga memberikan kesan modern yang oke. Sepatu berbobot ringan ini tahan lama dan awet digunakan. Memakai snap closure sehingga sepatunya jadi lebih mudah digunakan. Dapatkan sepatu keren ini di Evans Cycles dengan harga Rp 2.234.400.

DHB R1.0

Sumber gambar road.cc

DHB R1.0 ini merupakan produk yang keren untuk kamu kenakan kala bersepeda. Sepatu ini memberi rasa nyaman kala digunakan karena bahan pembuatannya berkualitas. Dengan ruang yang luas, sepatu ini memakai desain triple strap sehingga mudah digunakan.

Bagian atas sepatunya begitu ramping dan minimalis, jadi kesannya bergaya modern. Sepatu ini cocok untuk digunakan bersepeda jenis MTB. Desain sepatunya sporty dan cocok kamu kombinasikan dengan baju olahraga. Dapatkan di Road dengan harga Rp 936.700.

Sidi Wire Cycling Shoes

Sumber gambar www.sigmasports.com

Sidi Wire Cycling Shoes ini juga bisa menjadi pilihan kamu. Sepatu dengan carbon sol ini begitu ringan dan tidak memberatkan kaki. Ada ventilasi pada sepatu ini sehingga membuat sepatunya dingin dan nyaman dikenakan meski dalam waktu yang lama.

Produk yang satu ini memiliki fitur untuk meningkatkan kinerja sepatu. Begitu berkualitas dengan bagian alas tumitnya bisa diganti. Kamu bisa memakainya untuk balap sepeda atau untuk latihan biasa. Dapatkan produk keren ini di Sigma Sports dengan harga Rp 2.026.688.

Shimano R320

Sumber gambar www.bikeexchange.com.au

Shimano R320 merupakan sepatu yang keren untuk dipakai bersepeda. Produk yang satu ini solnya bisa dilepas dan juga bisa dimodifikasi. Sepatu ini juga dilengkapi saluran udara untuk menjaga kaki tetap dingin dan nyaman sepanjang hari.

Didesain oleh para ahlinya, sepatu ini bagian bawahnya berbahan karbon sehingga bukan hanya ringan bobotnya tapi juga responsif untuk aneka gerakan. Ada teknologi custom fit yang membuat sepatu ini lentur dan elastis. Daya tahan sepatunya unggul dan memiliki ketahanan abrasi tinggi. Kamu bisa membeli sepatu ini di Bike Exchange dengan harga Rp 1.680.000.

Rapha Climber’s Cycling Shoes

Sumber gambar www.bukalapak.com

Rapha Climbers Shoes ini menjadi produk rekomendasi kami selanjutnya. Sepatu ini hadir dengan teknik konstruksi yang mengutamakan berat badan dan ventilasi rendah. Dengan kinerja yang canggih, sepatu ini begitu indah desainnya. Terbuat dari bahan sintetis kombinasi jala di bagian upper, sepatu ini memiliki daya tahan luar biasa.

Produk ini dilengkapi perforasi kulit sehingga memungkinkan udara segar bersirkulasi dan kaki tetap dingin dalam waktu lama. Dengan pengencang kait membuat sepatu ini jadi mudah dipakai. Dapatkan di Bukalapak dengan harga Rp 4.500.000.

Giro Empire SLX Cycling Shoes

Sumber gambar www.amazon.com

Giro Empire SLX Road Cycling Shoes ini bisa menjadi koleksi kamu. Produk berbahan kulit ini berbobot ringan dan memiliki ketahanan yang kuat. Memiliki fitur ultralight supernatural Fit sehingga bisa disesuaikan tingkat lengkungan dan elastisitasnya.

Bagian alas tumitnya bisa diganti sehingga kamu bisa memiliki sepatu dengan desain keren yang berbeda. Bagian atas sepatu memakai bahan evofber SL sementara bagian outsole memakai Easton EC90 SLX2. Dapatkan sepatu keren ini di Amazon dengan harga Rp 2.212.000.

Fizik R1B Cycling Shoes

Sumber gambar www.sigmasports.com

Fizik R1B cycling shoes ini bisa menjadi pilihan keren untuk kamu selanjutnya. Desain produknya oke dan pasti bikin pemakainya jadi lebih percaya diri. Bagian sol luarnya memakai karbon searah dan penuh ventilasi sehingga bikin kaki terasa sejuk.

Dengan bobot ringan, maka sepatunya nyaman dipakai menggowes sepeda. Hadir dengan penutup model microtex yang dirancang dengan sisi berlubang laser sehingga sepatu jadi lebih awet digunakan. Sepatu ini juga fleksibel untuk berbagai kegiatan dan memungkinkan sepatu mudah bernapas. Dapatkan di Sigma Sports dengan harga Rp 1.605.854.

Northwave Extreme Winter GTX Boot

Sumber gambar www.tredz.co.uk

Northwave Extreme Winter GTX Road Boots ini merupakan produk selanjutnya yang bisa kamu lirik untuk dimiliki. Sepatu ini menawarkan perlindungan terhadap air secara maksimal. Selain itu, produk ini juga bisa membuat kaki tetap bernapas bebas dan terasa lebih sejuk.

Memakai sistem penutupan SLW2 dan power strap, sepatunya lebih mudah digunakan. Dengan sistem tumit terpadu, sepatu ini nyaman untuk aneka jenis olahraga. Memiliki kulit luar bahan TPU, sepatunya awet dan tahan lama digunakan. Dapatkan di Tredz dengan harga Rp 3.214.340.

From our editorial team

Pilih Sepatu yang Sesuai dengan Kebutuhan dan Anggaran

Sepatu bersepeda memang diperlukan ketika kita akan gowes dan tentu saja kita harus memperhatikan jenis sepatu yang akan dibeli agar sesuai dengan kondisi medan yang akan dilalui. Di sisi lain, membeli sepatu bersepeda pun harus mempertimbangkan bujet yang kita miliki. Jangan sampai overbudget, ya!

Tag