Musim Sepedaan Nih, Yuk Tengok 10 Rekomendasi Sepeda Fixie yang Kece Ini (2020)

Musim Sepedaan Nih, Yuk Tengok 10 Rekomendasi Sepeda Fixie yang Kece Ini (2020)

Olahraga ada berbagai macam cara, salah satunya dengan bersepeda. Masih ingat tren sepeda fixie beberapa tahun lalu? Sepeda yang ringan dan sederhana ini kembali diminati lho. Yuk, simak rekomendasi produknya dalam artikel BP-Guide berikut ini.

Masih Ingat Sepeda Fixie? Sekarang Kembali Digandrungi Lho!

Masih ingat dengan sepeda fixie? Fixed Gear Bicycle atau fixie pernah menjadi tren di Indonesia sekitar tahun 2010-2012. Pada waktu itu, hampir setiap anak muda punya sepeda ini. Ciri khas sepeda fixie adalah bodi dan ban yang ramping, punya varian warna cerah mencolok, dan tidak dilengkapi dengan rem tangan.

Sepeda fixie yang sempat tenggelam kini kembali muncul ke permukaan dengan cara berbeda. Bukan sekadar sebagai hobi atau komunitas saja, sepeda fixie juga memiliki kejuaraan internasional sendiri lho. Bahkan ada profesi khusus kurir sepeda fixie di New York dan Indonesia. Dengan mengendarai sepeda fixie, para kurir ini bisa mengirimkan paket dan dokumen secara lebih cepat lho.

Meski tren sepeda fixie tidak sebesar sebelumnya, namun tetap layak untuk dimiliki. Bentuk sepeda yang simpel dan ringan cocok banget nih buat kamu yang ingin ikut dalam komunitas bersepeda yang akhir-akhir ini kembali marak.

Keunggulan Sepeda Fixie yang Kamu Perlu Tahu

Lebih Simpel dan Terlihat Trendi

Kerangka sepeda fixie memang lebih ramping dan ringan, demikian pula dengan ban sepedanya. Karena desainnya yang simpel dan trendi, sepeda fixie terlihat sangat modern. Sepeda fixie tidak hanya berfungsi sebagai sarana olahraga untuk kesehatan tubuh, tetapi juga membuatmu tetap keren saat mengendarainya.

Bobotnya Ringan dan Nyaman

Rangka sepeda yang kecil menghasilkan sepeda yang ringan dan nyaman untuk dikendarai. Apalagi ban sepeda menggunakan bahan yang tipis dan rolling resistant-nya rendah. Tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga untuk mengendarai sepeda fixie, namun kamu tetap bisa merasakan manfaat kesehatan yang diberikan.

Cocok untuk Beragam Teknik Bersepeda

Jika kamu adalah penggila kegiatan bersepeda, pasti ingin mencoba berbagai macam teknik dan aksi. Sepeda fixie bisa digunakan untuk teknik mundur, melambat, dan masih banyak lagi. Kamu tidak akan kerepotan dalam mengendalikan sepeda fixie karena bobotnya yang ringan dan ramping.

Gayanya Sangat Minimalis dan Anti Ribet

Dari penampilannya, sepeda fixie jelas merupakan sepeda yang minimalis. Tanpa adanya grup set, kabel rem, dan shifter, sepeda fixie terlihat sederhana dan elegan. Keunikan inilah yang membuat banyak orang jatuh cinta dengan sepeda fixie. Cocok banget nih buat kamu yang ingin bersepeda santai tanpa ribet.

Perawatan dan Harga Suku Cadangnya Murah

Keunggulan lain dari sepeda fixie adalah perawatannya yang murah. Kamu nggak perlu terlalu khawatir jika sepeda fixie mengalami kerusakan. Suku cadang atau sparepart sepeda fixie jauh lebih murah dibandingkan jenis sepeda lain seperti road bike atau mountain bike.

Karena harga suku cadang murah, biaya perawatan sepeda ini juga tidak mahal. Memiliki dan merawat sepeda fixie tidak akan membuat kantongmu jebol, kok.

Tips Mengendarai Sepeda Fixie Bagi Pemula

Pilih Lokasi yang Aman

Kamu sudah tahu bukan bahwa salah satu kelemahan sekaligus fitur menarik sepeda fixie adalah tidak dilengkapi dengan rem tangan? Oleh karena itu, kamu harus sangat hati-hati dalam mengendarainya. Untuk meminimalkan kecelakaan dan cedera, pilih jalanan aspal yang halus supaya lebih aman.

Jangan bersepeda di permukaan jalan yang terjal dan berlubang. Selain itu, usahakan bersepeda di jalanan yang tidak terlalu ramai supaya kegiatan gowes semakin lancar dan menyenangkan.

Kenakan Pedal Bertali dan Mulai dengan Kecepatan Rendah

Agar bersepeda lebih aman, gunakan pedal yang dilengkapi dengan tali. Pedal sepeda biasa gampang terlepas sehingga membahayakan keselamatanmu. Sebaiknya kamu juga memulai dengan kecepatan rendah dan konsentrasi penuh. Jangan terburu-buru memacu sepeda dengan kecepatan tinggi atau kamu bisa hilang kendali.

Kamu juga dapat meningkatkan keamanan dengan mengenakan perlengkapan tambahan sebelum menaiki sepeda fixie. Misalnya dengan helm khusus bersepeda, pelindung siku, dan pelindung lutut.

Tahan Laju Sepeda Secara Manual

Kalau tidak ada rem, bagaimana cara menghentikan atau mengendalikan laju sepeda? Kamu bisa menggunakan kakimu untuk tugas ini. Untuk mengurangi laju sepeda, tahan pedal ke arah belakang dengan memanfaatkan roda bagian depan. Setelah kecepatan berkurang, kamu dapat menghentikan sepeda secara manual dengan kakimu.

Rekomendasi Sepeda Fixie yang Simpel Namun Tetap Keren

London Taxi Road Bike 700C

Rekomendasi produk pertama adalah London Taxi Road Bike 700C. Sepeda buatan London Taxi ini didesain khusus untuk kamu yang mencintai kegiatan bersepeda. Tampilannya modern tanpa meninggalkan kesan klasik dengan diameter ban 28 inci.

Frame sepeda terbuat dari bahan Hi-Ten Steel 700C dengan 480 mm Fork. Sepeda ini sangat cocok digunakan untuk menelusuri jalanan kota yang mulus dan landai. Grip sepeda terbuat dari kulit sintetis klasik, sementara bagian sadel terbuat dari bahan kulit warna cokelat khas London Taxi. Dilengkapi dengan bel klasik khas zaman dulu, kamu bisa menampilkan selera vintage-mu dengan sepeda ini.

Harga Rp. 3.000.000-5.000.000

Reebok Circus Fixie

Mencari sepeda fixie jangan sembarangan. Pastikan merek dan kualitasnya terjamin supaya kamu nyaman dan merasa aman ketika menggunakannya. Reebok Circus Fixie patut dipertimbangkan. Sepeda fixie dengan desain trendi ini hadir dalam 2 pilihan warna cerah yang menarik.

Material pembuat kerangka sepeda adalah baja karbon yang kuat dengan suspensi Reebok H9121. Sepeda ini juga semakin aman dengan fitur APSE alloy caliper brakes, sehingga kamu tidak perlu khawatir saat akan berhenti mendadak.

Harga Rp. 2.000.000-2.500.000

Viva Cycle Comet 700C

Viva Cycle Comet 700C adalah sepeda model fixie dengan sistem rem terepedo terbaru untuk menjamin keselamatan penggunanya. Kerangka sepeda terbuat dari bahan steel (baja) yang tebal dan kuat.

Keunikan sepeda ini adalah aksen setang lurus yang memberi sentuhan klasik. Sepeda yang satu ini juga dapat dimodifikasi dengan mudah.

Kamu bebas mengganti cat sepeda kapan saja kamu mau. Jadi, jangan takut bosan ya!

Harga Rp. 1.400.000-2.300.000

Polygon Fixie Rudge FX 700C

Siapa yang tidak kenal dengan merek Polygon? Polygon dikenal sebagai produsen sepeda terdepan di Indonesia. Tidak ketinggalan, Polygon juga meluncurkan seri sepeda fixie yang oke punya. Namanya Polygon Fixie Rudge FX 700C.

Didominasi perpaduan warna putih dan abu-abu, sepeda ini terlihat sangat elegan. Kerangka sepeda menggunakan bahan CrMo Fixie Cromoly Frame, sementara fork terbuat dari Hi Tensile Fixie Fork. Dengan ukuran ban 700C, kamu bebas meluncur di jalanan perkotaan.

Harga Rp. 2.100.000-3.500.000

Doppelganger 807

Sepeda fixie berikutnya yang akan direkomendasikan kepadamu adalah Doppelganger 807. Melihat tampilannya saja, kamu pasti langsung jatuh cinta dengan warna lime green yang cerah dan menyegarkan. Bukan sekadar sepeda fixie, sepeda ini juga bisa dilipat setelah digunakan, lho.

Kerangka sepeda terbuat dari bahan besi yang kuat dan kokoh. Fitur lain yang ditawarkan oleh sepeda ini adalah Flip Flop Hub, Fixed Gear, dan Freewheel. Total panjang sepeda adalah 1700 mm, sementara saat dilipat menjadi 950 x 870 x 330 mm.

Harga Rp. 2.900.000-3.900.000

United Soloist 02

Berikutnya ada rekomendasi sepeda fixie super kece bernama United Soloist 02. Sepeda ini hadir dalam perpaduan warna cerah kuning dan hijau yang sangat trendi. Detail yang ditawarkan oleh sepeda ini adalah kerangka yang terbuat dari bahan baja yang kuat dan kokoh namun tetap ringan saat digunakan.

Ban yang digunakan oleh sepeda ini berukuran 700C x 23. Untuk keselamatan, sepeda sudah dilengkapi dengan Caliper Brake. Nikmati pengalaman baru bersepeda yang mengasyikkan dengan produk terbaik ini.

Harga Rp. 1.250.000-3.700.000

Polygon Zenith Town i3

Suka dengan gaya retro saat bersepeda? Kamu pasti cocok dengan desain Polygon Zenith Town i3. Sepeda yang satu ini dirancang untuk kegiatan bersepeda yang lebih stabil dan menyenangkan. Kerangka sepeda terbuat dari bahan alloy yang kuat dan tahan lama.

Sepeda ini dirancang untuk membuat punggung pengendara agar tetap tegak. Setap aspek sepeda ini sangat kental dengan gaya vintage. Sebut saja posisi boncengan di belakang hingga roda yang juga bergaya retro. Sepeda keren ini tersedia dalam 2 pilihan warna, yaitu hitam dan putih.

Harga Rp. 4.000.000-5.000.000

Wimcycle 700C Alloy

Sepeda fixie memang identik dengan ragam warna cerah yang cenderung mencolok. Seperti Wimcycle 700C Alloy ini. Tersedia dalam pilihan warna Black-Lime Green dan Blue-White, kamu bisa bersepeda dengan gaya. Desainnya yang sangat minimalis dengan rangka kokoh terbuat dari material alloy.

Ringan saat dikayuh karena menggunakan sistem single speed tanpa perlu perpindahan gigi. Ban sepeda sangat khas fixie yaitu tipis dan ringan dengan ukuran 700C. Sadel sepeda dibuat dengan sangat nyaman agar kamu semakin betah bersepeda.

Harga Rp. 1.000.000-1.500.000

Dignity Alloy Fixie

Selanjutnya ada Dignity Alloy Fixie yang bisa kamu pertimbangkan saat sedang memilih sepeda fixie. Rangka sepeda terbuat dari 100% Alloy Rigid Fixie Frame yang kuat dan kokoh. Bagian fork juga terbuat dari material yang sama, memastikan keamanan bagi pengendara.

Ban sepeda juga sangat kece, terbuat dari 2 Tone Tire 700C X 23. Buat kamu yang ingin ikut tren bersepeda, sepeda yang satu ini ringan dikayuh dan tidak akan membuatmu cepat capek.

Harga Rp. 1.200.000-1.750.000

Dignity Avant

Terakhir ada Dignity Avant yang layak menjadi pilihan sepeda fixie. Sepeda ini terbuat dari material alloy pada kerangka dan fork, terasa kokoh dan kuat saat dikendarai. Berbeda dengan sepeda fixie pada umumnya, sepeda ini dilengkapi dengan 7 macam mode kecepatan yang dapat disesuaikan. Ban sepeda terbuat dari 2 tone tire 700C x 23.

Harga Rp. 3.100.000
From our editorial team

Walaupun di Rumah Saja, Tapi Kesehatan Harus Dijaga

Belakangan ini kamu mungkin banyak menghabiskan waktu di rumah saja, bukan? Tapi jangan lupa kalau kesehatan juga harus dijaga. Di antara banyak aktivitas yang ada, bersepeda jelas menyenangkan. Apalagi kalau kembali mengenang tren lama dengan menaiki sepeda fixie. Bersepeda akan membuat tubuhmu menjadi sehat dan bugar. Kamu bisa pilih produknya dari rekomendasi artikel BP-Guide di atas ya!

Tag