10 Rekomendasi Aksesori dan Perlengkapan Sepeda yang Menjadikan Aktivitas Bersepeda Makin Nyaman (2019)

10 Rekomendasi Aksesori dan Perlengkapan Sepeda yang Menjadikan Aktivitas Bersepeda Makin Nyaman (2019)

Gowes sepeda semakin tren akhir-akhir ini. Bahkan, grup sepeda terus bermunculan di banyak daerah. Anda ingin memperindah sepeda Anda atau membutuhkan perlengkapan untuk bersepeda? Berikut ini rekomendasi produk yang pas untuk Anda.

Aksesori Sepeda Semakin Banyak Dicari Sejak Tren Bersepeda Meningkat

Sumber gambar www.beritasatu.com

Sepeda adalah media transportasi sekaligus olahraga. Di tengah situasi kota yang padat, sepeda menjadi alternatif kendaraan yang banyak dipilih karena tidak akan terjebak macet. Tidak hanya itu, sepeda juga dapat membuat Anda bisa berolahraga dengan menyenangkan.

Semakin populernya sepeda, semakin banyak pula aksesori sepeda yang tersedia di pasaran. Sehingga Anda bisa menghias sepeda Anda sesuai selera.

Kilas Balik Budaya Bersepeda di Indonesia

Sumber gambar infobudayaindonesia.com

Menjelang abad ke 19, budaya bersepeda muncul di Indonesia. Budaya ini dibawa oleh pengaruh Belanda yang saat itu masih menjajah Indonesia. Awalnya sepeda hanya untuk pegawai pemerintahan Belanda dan keturunan raja-raja saja, karena pada zaman itu sepeda masih menjadi barang yang langka.

Setelah kemerdekaan, sepeda mulai dipakai oleh berbagai kalangan. Banyak jenis sepada yang populer di Indonesia seperti sepeda jengki, unta, dan ontel.

Efek Baik jika Rutin Gowes Sepeda

Mengurangi Polusi dan Menghemat Energi Fosil

Sumber gambar www.kabarpenumpang.com

Kendaraan bermotor adalah penyebab utama dari polusi yang ada di bumi ini. Tidak hanya itu saja, bahan bakarnya juga membuat persediaan energi fosil di bumi semakin berkurang. Jika Anda menyayangi bumi ini, pakailah kendaran yang dapat mengurangi polusi dan tidak menggunakan energi fosil.

Kendaraan yang paling cocok adalah sepeda. Mengganti kendaran bermotor dengan sepada adalah salah satu bentuk usaha pelestarian lingkungan.

Baik untuk Kesehatan Tubuh

Gowes sambil menikmati keindahan alam adalah cara olahraga yang sangat menyenangkan dibandingkan olahraga di dalam ruangan. Bersepeda juga sangat baik untuk kesehatan tubuh Anda karena dapat membuat tubuh Anda terus bergerak secara aktif. Rutinlah bersepeda minimal 2,5 jam seminggu atau 30 menit setiap hari untuk mendapatkan kesehatan tubuh yang terjaga.

Melatih Kekuatan Otot

Sumber gambar www.finansialku.com

Tidak hanya membuat tubuh Anda menjadi sehat dan bugar, tetapi bersepeda juga dapat melatih kekuatan otot-otot tubuh Anda. Jika otot terlatih, maka tubuh menjadi lebih seimbang dan fleksibel. Tidak hanya berpengaruh pada otot saja, bersepeda juga membuat sendi-sendi Anda menjadi kuat.

10 Aksesori dan Perlengkapan Sepeda yang Wajib Dimiliki

Helm Sepeda

Sumber gambar www.blibli.com

Helm sepeda adalah aksesori wajib yang perlu Anda miliki sebelum gowes. Fungsi dari aksesori ini sangat esensial yaitu untuk melindungi kepala saat terjadi kecelakaan.

Universal EPS Foam PVC Shell X31 Helm Sepeda - Merah Hitam adalah helm sepeda yang bisa Anda jadikan pilihan. Helm sepeda ini terbuat dari bahan EPS Foam untuk bagian dalamnya dan PVC Shell yang keras untuk bagian luarnya. Diameter dalamnya berukuran 21 cm dan diameter luar berukuran 27 cm. Anda bisa mendapatkan helm sepeda ini di Blibli dengan harga Rp 190.000.

Rantai Gembok

Sumber gambar www.tokopedia.com

Rantai gembok sepeda adalah aksesori yang berfungsi untuk mengamankan sepeda Anda dari pencuri. Aksesori ini sangat dibutuhkan saat Anda meninggalkan sepeda dengan jarak yang jauh. Produk yang tepat adalah Gembok Sepeda Model Rantai Gulung - Hitam -O619.

Rantai gembok yang memiliki warna hitam ini bisa digulung sehingga Anda mudah membawanya. Terbuat dari bahan logam yang keras dan tidak mudah rusak. Untuk mengunci dan melepaskannya menggunakan kunci, sehingga tidak bisa dibuka oleh sembarang orang. Anda bisa mendapatkan produk yang berukuran 74 x 54 cm ini di Tokopedia dengan harga Rp 237.000.

Botol Minum Sepeda

Sumber gambar shopee.co.id

Bersepeda tentunya menguras energi dan stamina serta membuat tubuh Anda menjadi dehidrasi. Untuk itu, Anda membutuhkan air minum selama perjalanan. Agar Anda bisa bersepeda sambil minum, Anda membutuhkan botol minuman.

Produk yang cocok untuk kegiatan bersepeda adalah Botol Minum Sport Stanlies Tumbler Sport Botol Sepeda. Botol yang terbuat dari stainless steel ini sangat kuat dan mudah untuk dibersihkan. Tutupnya memiliki metode push atau pull sipper, sehingga memudahkan Anda untuk minum saat sedang bersepeda. Botol ini memiliki kapasitas 750 ML, sehingga cukup untuk perjalanan yang cukup jauh. Anda bisa mendapatkan botol minuman ini di Shopee dengan harga Rp 20.000.

Kacamata Sepeda

Sumber gambar www.tokopedia.com

Kacamata sepeda menjadi salah satu aksesori yang sangat penting. Bukan hanya untuk menunjang penampilan saja, tetapi juga untuk kesehatan mata Anda. Saat bersepeda, banyak benda-benda beterbangan yang bisa masuk ke dalam mata Anda. Hal ini bisa mengganggu pandangan dan mengancam keselamatan Anda.

Kacamata sepeda ROCKBROS dengan 5 Varian Lensa Adjustable -Kacamata G adalah kaca mata untuk bersepeda yang dapat Anda coba. Kaca mata dari Rockbros ini memiliki lima varian warna lensa, yaitu lensa polarized, kuning, biru, lensa clear, dan pelangi.

Bingkainya terbuat dari bahan acetate yang kokoh dan ringan. Nosedpad-nya lentur dan empuk, sehingga nyaman dipakai dalam waktu yang lama. Anda bisa mendapatkan produk ini di Tokopedia dengan harga Rp 170.000.

Sarung Tangan

Sumber gambar shopee.co.id

Tangan Anda akan terpapar sinar matahari secara terus menerus saat bersepeda. Tidak hanya itu saja, memegang grip sepeda dalam waktu lama juga dapat membuat telapak tangan Anda sakit. Solusi dari semua masalah itu adalah menggunakan sarung tangan. Sarung tangan juga dapat membuat pegangan menjadi tidak licin, meskipun berkeringat.

Produk yang bisa Anda jadikan pilihan adalah Sarung Tangan Sepeda Shimano Half Finger Aneka Warna Model 2. Sarung tangan yang memiliki ukuran all size dengan model half finger ini terbuat dari bahan yang melar, tidak panas dan empuk, sehingga sangat nyaman dipakai dalam waktu yang lama. Anda bisa mendapatan sarung tangan yang memiliki tiga varian warna yaitu biru, hitam, dan hijau ini di Shopee dengan harga Rp 45.000.

Bel Sepeda

Sumber gambar www.blibli.com

Bel sepeda memiliki fungsi seperti klakson pada motor atau mobil. Aksesori ini sangat penting untuk memberikan isyarat kepada pengendara lain. Penggunaan bel sepeda dapat menurunkan tingkat kecelakaan Anda.

TWOOC Klakson Bel Sepeda Suara Nyaring - CL-6 - Black adalah bel sepeda yang terbaik di kelasnya. Terbuat dari material aluminium campuran sehingga kuat dan tahan lama. Bel ini mudah dipasang pada sepeda. Anda bisa mendapatkan produk ini di Blibli dengan harga Rp 25.000.

Pompa Ban

Sumber gambar www.tokopedia.com

Ban adalah bagian paling penting dari sepeda, karena jika ban sepeda pecah atau kempis, Anda tidak bisa lagi membawanya berjalan. Maka dari itu, Anda harus membawa peralatan pompa ban, untuk berjaga-jaga jika ban Anda kempis di tengah perjalanan.

Produk pompa ban Wheel Up Pompa Angin Ban Sepeda - FP1845D - Silver bisa Anda jadikan pilihan. Pompa yang memiliki warna perak ini memiliki dua jenis kepala, yaitu presta valve dan schrader valve, sehingga cocok untuk semua jenis ban.

Pompa ini menggunakan sistem manual, sehingga tidak membutuhkan tenaga listrik atau baterai. Anda bisa mendapatkan pompa ban yang terbuat dari bahan aluminium alloy ini di Tokopedia dengan harga Rp 72.700.

Spedometer

Sumber gambar www.tokopedia.com

Spedometer adalah alat pengukur kecepatan saat Anda bersepeda. Alat ini membantu untuk mengetahui apakah Anda terlalu cepat atau terlalu lambat saat bersepeda. Alat ini sangat dibutuhkan bagi Anda yang ingin mengikuti lomba balap sepeda.

Spedometer Sepeda Digital bisa Anda jadikan pilihan. Spedometer yang memiliki layar LCD digital yang didesain tahan air ini sangat mudah pemasangannya. Anda bisa mengetahui kecepatan, jarak total, jarak perjalanan, kecepatan maksimum, kecepatan rata-rata, dan waktu yang telah dilalui dengan alat ini. Anda bisa mendapatkan produk ini di Tokopedia dengan harga Rp 44.000.

Lampu Sepeda

Sumber gambar www.blibli.com

Lampu sepeda adalah aksesori yang sangat penting dimiliki sepeda Anda, jika Anda suka bersepeda di malam hari atau dini hari. Lampu sepeda dapat menerangi jalan sehingga dapat mengurangi risiko kecelakaan.

Salah satu produk lampu sepeda terbaik yang bisa Anda jadikan aksesori sepeda adalah OEM Rechargeable USB Bicycle Light Led Lampu Sepeda - Merah. Produk ini terbuat dari fiberglass yang tahan air. Baterai lampu bisa bertahan 12 jam untuk mode blink. Anda bisa mendapatkan produk ini di Blibli dengan harga Rp 75.000.

Celana Khusus Sepeda

Sumber gambar www.blibli.com

Bersepeda tidak bisa menggunakan celana sembarangan, karena bagian pinggang sampai kaki adalah bagian tubuh yang paling banyak bergerak. Agar kerja tubuh Anda tidak terganggu, gunakanlah celana khusus untuk bersepeda.

Shimano New Celana Pendek Sepeda bisa Anda jadikan pilihan. Celana ini terbuat dari bahan lycra yang mengikuti bentuk kaki. Untuk ukurannya, tersedia dari M hingga XXL. Anda bisa mendapatkan produk ini di Blibli dengan harga Rp 127.000.

From our editorial team

Gaya Hidup Sehat dengan Bersepeda

Bersepeda tidak hanya membuat Anda jadi lebih sehat, tetapi juga membantu mengurangi polusi. Jika polusi berkurang, maka udara pun menjadi lebih bersih. Hal ini tentu berdampak baik untuk lingkungan dan tubuh Anda.

Tag