Jangan Tertawa! 10 Sepeda Aneh dan Lucu ini Akan Bikin Kamu Terhibur

Jangan Tertawa! 10 Sepeda Aneh dan Lucu ini Akan Bikin Kamu Terhibur

Sepeda ialah salah satu alat transportasi dari zaman dulu yang bertahan hingga saat ini. Tidak hanya untuk digunakan sehari-hari saja, tetapi bersepeda juga sudah menjadi salah satu cabang olahraga. Sekilas desain sepeda mungkin tampak itu-itu saja, tetapi di artikel ini BP-Guide akan memberitahu macam-macam sepeda lucu yang antimainstream.

Kelakuan Manusia Zaman Now Makin Kreatif

Seiring berkembangnya zaman, orang-orang tak lagi malu tampil unik dan berbeda. Keunikan yang mereka miliki bahkan mereka ciptakan sendiri terkadang membuat mereka bangga. Memang setiap orang pada dasarnya unik, terutama pemikirannya.Pemikiran-pemikiran unik yang dituangkan pada gaya, ide, hingga suatu barang baru oleh seseorang tentu saja akan membuat banyak orang heran, kagum, bahkan takjub.

Salah satu pemikiran unik nan kreatif adalah memodifikasi suatu benda menjadi tak biasa, misalnya sepeda. Berikut ini adalah daftar sepeda lucu dan unik yang mungkin belum pernah kamu lihat.

Ini Dia 10 Sepeda Lucu dan Unik di Dunia yang Bikin Kamu Tepuk Jidat

Terry Goertzen Bike

Berawal dari sebuah alat set las yang diberikan oleh istrinya, seorang pastur Gereja Jubilee Mennonite di Winnipeg menciptakan sepeda unik yang sempat dicatat oleh rekor dunia. Terry Goertzen, pria asal Kanada tersebut berhasil menciptakan sebuah sepeda yang tingginya 5,55 meter. Sepedanya dilengkapi dengan rantai sepanjang 11 meter. Unik banget kan?

Meskipun memiliki tinggi yang tak lazim, sepeda milik Terry Goertzen tetap saja bisa dikendarai layaknya sepeda pada umumnya. Sepeda unik yang dimodifikasi hingga berbentuk tangga berhasil dikendarainya hingga 300 meter. Dia mengendarainya pada tanggal 26 Juni 2004 di daerah North Kildonan Mennonite Brethren Church, Winnipeg, Kanada.

7-person Tricycle

Sumber gambar www.hammacher.com

Ingin bersepeda bersama keluarga? Nah, sepeda yang dibuat oleh Hammacher Schlemmer yaitu 7-person tryccle mungkin akan membuatmu tertarik. Dia membuat sebuah sepeda beroda tiga yang mampu mengakomodasi hingga tujuh orang dewasa. Pada masing-masing seat pengendaranya, dilengkapi oleh pedal yang dapat dioperasikan secara simultan untuk menggerakkan sepeda tersebut hingga 10 mph. Menarik bukan?

Selain bisa digunakan beramai-ramai, sepeda roda tiga yang dibuat oleh Schlemmer bisa mendorong rasa kebersamaan dan tim yang solid. Semua pengendara yang mengayuh sepeda akan dipimpin oleh satu orang yang bertugas untuk mengarahkan laju sepeda dan mengendalikan rem yang sudah menggunakan sistem hidrolik independen ganda atau satu tuas tangan dan pedal kaki.

Para pengendara sepeda ini tak perlu khawatir lagi saat bersepeda di malam hari karena sepeda ini sudah dilengkapi dengan dua lampu utama. Lampu-lampu ini menyala berkat dinamo internal berbahan bakar kayuhan sepeda yang dilakukan oleh para pengendaranya.

Jok sepeda ini bisa disesuaikan dengan ketinggian para pengendaranya. Schlemmer melapisi body sepeda yang dibuatnya dengan cat berlapis yang tahan lama, jadi si pemilik sepeda tak perlu khawatir dengan body besi yang mudah karatan maupun kusam.

Sepeda roda tiga yang dibuat oleh Hammacher Schlemmer ini menghabiskan dana hingga $20,000 atau setara dengan Rp 266.700.000. Mahal juga ya?

Forkless Bike: Created by Olli Erkkila

Sumber gambar www.designboom.com

Sepeda unik selanjutnya datang dari negara Norwegia yaitu Forkless Bike: Created. Sebuah sepeda yang dibuat tanpa besi penyangga di bagian tengah antara setang dan roda depan, unik ya?

Dibuat oleh tangan kreatif Ollie Erkkila, seorang pencinta modifikasi sepeda asal Norwegia, desainnya terbilang cukup aneh dan membuat sepeda ini banyak dikagumi. Kemudi sepeda yang dimilikinya terhubung dengan tempat duduk kemudi, sedangkan ban depan sepedanya terhubung dengan ban belakang menggunakan batang besi yang cukup tipis.

Sepeda yang didesain oleh Ollie tersebut dijual dengan harga $5,000 atau setara dengan Rp 66.675.000.

Ekib

Sumber gambar homepages.nildram.co.uk

Meskipun masih dalam kondisi prototipe dan terus dikembangkan lebih lanjut, ide dari sebuah sepeda bernama Ekib atau jika dibaca terbalik menjadi "bike" ini harus diapresiasi.

Sepeda dengan satu tempat duduk dan satu kemudi seperti layaknya sepeda biasa yang kamu lihat ini cukup unik namun mudah dibuat oleh kalian yang gemar memodifikasi sepeda. Hanya perlu tambahan kemudi sepeda lainnya yang dipasang di bagian belakang. Pasti unik sekali ya kan?

Sideways Bike

Sumber gambar www.sidewaysbike.com

Sideways bike merupakan sebuah penemuan sepeda yang dipatenkan oleh Michael Killian pada tahun 2005. Killian adalah seorang insinyur perangkat lunak di Dublin yang sangat gemar mengotak-atik sepeda. Sideways merupakan sepeda yang terinspirasi oleh cara snowboard bergerak.

Sepeda ini ditunggangi menyamping dengan pengendara yang mengoperasikan kedua rodanya. Keseimbangan yang digunakan adalah front-to-back sehingga target pasar dari sepeda yang diciptakan oleh Killian adalah para remaja. Lucu sekali ya?

The Rail Bike

Sumber gambar www.visitkorea.com.my

Jika kamu pernah berkunjung ke beberapa negara seperti, Swiss dan New York, mungkin kamu tak asing dengan sebuah sepeda bernama Rail Bike.

Sepeda yang disediakan khusus untuk menarik para wisatawan ini memang cukup menarik. Konsepnya menggabungkan rel kereta api dengan sepeda membuat kamu dan para wisatawan lain bisa menikmati pemandangan daerah sekitar.

Sekarang rail bike tidak hanya tersedia di Kota Bern Swiss atau Saranac Lace, Newyork. Cukup datang ke Negeri Ginseng, Korea, kamu bisa menikmati pemandangan sekitar lokasi Jongseon Auraji dengan menggunakan rail bike. Rail bike bisa dikendarai oleh dua hingga empat orang dengan laju maksimal hingga 30 km/jam. Harga yang ditawarkan oleh penyedia jasa rail bike cukup beragam. Berdasarkan tempat duduknya, harga sewa rail bike dibedakan menjadi:

  • 2 tempat duduk. Jika kamu berwisata sendirian, kamu cukup menyewa sepeda ini dengan harga 25,000 won atau setara dengan Rp 313.372. Apabila kamu ingin menaikinya bersama dengan satu temanmu, maka paket group yang ditawarkan oleh penyedia layanan rail bike adalah 22,500 won atau setara dengan Rp 282.035.
  • 4 tempat duduk. Rail bike dengan 4 tempat duduk disewakan dengan harga yang cukup mahal. Untuk satu penumpang, penyedia jasa akan mematok harga 35,000 won atau setara dengan Rp 438.721. Namun jika kamu menyewa bersama dengan teman-temanmu, maka kamu akan mendapatkan harga untuk paket Group seharga 31,500 won atau setara dengan Rp 394.849.

The Jet Powered Bike

Sumber gambar www.wired.com

The Jet Powered Bike atau sepeda jet bukan sepeda asing lagi sekarang ini.

Awalnya sepeda jet ditemukan oleh seorang seniman dari Medfore, Ore, bernama Robert Maddox. Dia terinspirasi merakit sepeda dengan kecepatan laju hingga 75 mil/jam karena hobinya melakukan skydiving delama lebih dari 20 tahun. Dengan bantuan jet seberat 50 pound, Robert berhasil mewujudkan sepeda impiannya. Meskipun memiliki suara yang sedikit bising, sepeda jet buatannya ternyata cukup dinikmati oleh para pecinta sepeda.

Tidak jauh berbeda dengan sepeda buatan Robert, Igor Negoda, seorang pria yang berasal dari Russia ini merakitkan ket pada sepeda gunungnya. Berkat jet yang dipasangkan, sepeda gunung milik Igor berhasil melaju dengan ecepatan hingga 72 km/jam. Mesin jet yang ada di sepedanya ditaksir mencapai 100 kg saat terisi penuh bahan bakar. Berat bangat ya?

The Sea Nymph

Sumber gambar www.cawoodart.com

Pencinta sepeda dengan modifikasi unik pasti pernah melihat The Sea Nymph karya Scott Cawood dan Metropolitan Choppers. Dengan desain mitologi Yunani yang sangat melegenda, mereka berdua berhasil membuat sepeda motor bernama The Sea Nymph.

Dibuat khusus untuk Las Vegas di tahun 2006. The Sea Nymph banyak mencuri perhatian khalayak ramai. Cawood dan Choppers membuatnya selama 8 bulan sehingga desainnya terlihat sangat rapi, elegan, dan pastinya sangat unik.

Jika penasaran dengan bentuk asli The Sea Nymph yang berdesain Siren, kamu bisa langsung mengunjungi salah satu Hotel di Las Vegas. Treasure Island Hotel dan Casino di Las Vegas menyimpan The Sea Nymph hasil karya Cawood dan Choppers.

The Galloping Horse Bike

Sumber gambar inhabitat.com

Sensasi mengendarai kuda bisa kamu rasakan ketika mengendarai sepeda yang diberi aksesoris tambahan bernama The Galloping Horse. Aksesori sepeda ini mampu mengeluarkan suara unik seperti suara kuda.

Terbuat dari kayu yang dibentuk menggunakan laser, The Galloping Horse bisa mengeluarkan suara mirip kuda ketika kamu sedang mengayuh sepedanya. Terpasang di rem depan, aksesori ini terlihat seperti reflektor.

Diproduksi oleh Trotify, The Galloping Horse bisa kamu jadikan alternatif untuk aksesori maupun hadiah. Aksesori sekaligus alat unik bagi sepeda ini bisa kamu beli dengan harga yang relatif terjangkau, yaitu £20 atau setara dengan Rp 369.847.

Bike With Steering Wheel

Sumber gambar designtaxi.com

Ingin mengubah sepeda tuamu menjadi lebih unik? Bike with Steering Wheel, jawabannya. Awalnya sepeda dengan kemudi stir mobil dibuat oleh Jay Dougherty. Terinspirasi oleh sampah yang ditemukannya, dia menyulap sepeda yang dimilikinya dengan modal $15 atau setara Rp 201.000 untuk membeli setir dan memulai proyeknya.

Tidak hanya Dougherty saja, Taphonomy, sebuah studio di Jepang juga punya sepeda yang memiliki kemudi setir seperti mobil. Didaur ulang dari berbagai sampah bekas, studionya berhasil merakit sepeda dengan kemudi seperti mobil. Unik kan?

Bagaimana? Apakah Kamu Tertarik dengan Sepeda-sepeda Ini?

Kemajuan zaman ternyata tak mengubah kegemaran bersepeda maupun memodifikasi sepeda. Berbagai jenis transportasi yang ada sekarang ini tak membuat beberapa orang meninggalkan sepeda sebagai salah satu transportasi yang ramah lingkungan dan juga menyehatkan.

Dengan berbagai desain yang unik, bentuk yang senantiasa diperbarui, dan warna yang sangat beragam diharapkan mampu membuatmu tertarik kembali bersepeda. Jadi, bentuk modifikasi seperti apa yang kamu inginkan?

From our editorial team

Keselamatan tetap Nomor Satu

Kamu bisa lihat dari desain-desan sepeda lucu dan unik di atas bahwa meskipun bentuknya sudah berubah sedemikian rupa, mereka tidak melupakan fungsi keamanannya. Hal yang sama tentunya harus berlaku untuk semua prosedur modifikasi kendaraan. Sia-sia saja punya hasil modifikasi sepeda lucu dan unik kalau nyawa menjadi taruhannya, kan?