Punya Hobi Sepeda? Cek 30 Sepeda Jepang Populer Berkualitas Pilihan Para Pakar (2022)

Punya Hobi Sepeda? Cek 30 Sepeda Jepang Populer Berkualitas Pilihan Para Pakar (2022)

Produk buatan Jepang dikenal bermutu tinggi. Salah satunya adalah sepeda. Sepeda buatan Jepang banyak disukai karena terbuat dari bahan berkualitas yang nyaman dikendarai. Tak hanya produk baru, produk bekas pun memiliki penggemar tersendiri. Berikut ini produk-produk sepeda buatan Jepang untuk para pencinta sepeda berkualitas. Buruan cek!

Fenomena Sepeda Jepang yang Kian Diminati

Sepeda merupakan salah satu alat transportasi yang banyak digemari di seluruh dunia. Pemakaian yang mudah dan ramah lingkungan menjadikan alat transportasi ini banyak diminati. Bersepeda juga sangat menyehatkan bagi tubuh.

Banyak negara yang sudah memproduksi alat transportasi populer ini. Salah satu negara yang tak ingin ketinggalan memproduksinya adalah Jepang. Negara ini sudah mulai memproduksi sepeda sejak Perang Dunia II usai.

Sepeda dari Jepang banyak diminati masyarakat. Pasalnya, kualitas sepeda tersebut terbilang baik karena menggunakan material yang bermutu. Ada sekitar 90 merek sepeda yang dikeluarkan oleh Jepang. Dengan begitu, kamu memiliki beragam pilihan sepeda yang bisa mengakomodasi kebutuhanmu.

Keuntungan Membeli Sepeda Jepang

Jepang memang tercatat telah lama memproduksi sepeda. Puncaknya, di tahun 70-an, Jepang berhasil mengekspor sepeda ke Amerika Serikat. Tak tanggung-tanggung, jumlah sepeda yang diekspor pun mencapai satu juta unit setiap tahunnya. Makin penasaran kan, apa sih kelebihan dari sepeda dari Jepang ini?

Kualitas Material Tidak Perlu Diragukan

Kelebihan pertama dari sepeda buatan Jepang terletak pada kualitasnya. Sudah tak perlu diragukan lagi jika material yang digunakan pada sepeda Jepang memang yang paling bagus. Hal ini bisa tercapai berkat pengawasan mutu yang begitu teliti.

Produk yang dipasarkan pun dijamin ketangguhannya dan sudah teruji kualitasnya. Di Indonesia sendiri, sepeda gunung buatan Jepang sudah dipasarkan sejak tahun 80-an. Berbahan besi spesial dan tebal, produk ini bisa menahan beban hingga 150 kg, lho.

Merek Kelas Dunia

Hal yang menarik lainnya dari sepeda buatan Jepang adalah mereknya sudah mendunia. Pasalnya, sudah banyak ulasan positif dari pembeli sepeda buatan Jepang di seluruh dunia terhadap konstruksi sepeda dan harganya yang kompetitif.

Produk Bekas pun Masih Diminati

Saking awetnya sepeda buatan Jepang, produk bekasnya pun masih sangat diminati. Pasalnya, negara tersebut hanya memproduksi sepeda yang bermutu bagus agar tak mempermalukan kualitas produk negaranya. Kualitas sepeda yang bagus pun membuat harganya tetap tinggi.

30 Pilihan Populer Sepeda Jepang

Sudah tahu seluk beluk sepeda Jepang? Kini saatnya kamu memilikinya. Ada banyak sepeda Jepang yang menarik untuk dikoleksi atau dipakai, lho. Untuk itu, BP-Guide menghadirkan pilihan populer sepeda Jepang. Yuk, disimak bersama pilihan menariknya!

1. Araya Muddy Fox, Menguji Adrenalin

Salah satu merek sepeda gunung asal Jepang yang diminati adalah Muddy Fox. Merek yang satu ini sudah dikenal sejak 25 tahun silam. Sepeda ini juga cocok bagi para penggemar olahraga yang ingin menguji adrenalin.

Sepeda Araya Muddy Fox memiliki ukuran 17 inci dan dilengkapi dengan gir Shimano Deore DX. Kerangkanya terbuat dari material chromoly sehingga terasa lebih ringan namun tetap kuat. Tak hanya itu, chromoly juga tahan karat sehingga bisa awet hingga bertahun-tahun.

Harga Rp. 15.000.000

2. Mongoose Impase, Ringan dan Kuat

Sumber gambar www.amazon.com

Tak ingin gampang capek saat bersepeda? Jatuhkan pilihan pada sepeda Jepang yang satu ini. Mongoose seri Mongoose Impase memiliki kerangka suspensi dengan bahan alumunium. Sepeda ini terasa lebih ringan namun kuat.

Saat berbenturan dengan permukaan berbatu, sepeda ini tetap terasa halus dan ringan. Diproduksi sejak 1974, sepeda dari Mongoose ini siap menerjang medan offroad dan pegunungan. Segera beli di Amazon dengan harga sekitar 4 jutaan.

3. Miyata Elevation 5000, Aman dan Berkualitas

Miyata juga sudah dikenal luas sejak tahun 1890. Sebagai salah satu pelopor sepeda motor dengan label Asahi, Miyata juga menelurkan produk sepeda kayuh yang berkualitas. Uniknya, sepeda buatan Miyata yang pertama justru dibuat dari pipa pabrik senjata.

Salah satu seri yang populer adalah Miyata Elevation 5000. Sepeda ini memiliki sistem pengereman Cantilever Deore XT dengan ban Kenda dan sadel SR. Nyaman dikendarai serta pastinya aman dan berkualitas.

Harga Rp. 30.000.000

4. National, Cocok untuk Olahraga

Merek National sebenarnya sudah tak ada lagi. Malah, saat ini merek tersebut sudah dipakai oleh Panasonic. Kendati demikian, sepeda impor dari Jepang selalu berkondisi baik. Hal inilah yang menyebabkan produk sepeda National masih terus diminati.

Kamu bisa membelinya di Bukalapak dengan harga 3,5 jutaan. Sepeda ini memiliki rim Araya stainless steel dengan rem depan Dia-Compe sementara brake belakangnya National Panaservo II. Sepeda ini pas untuk menunjang olahraga kamu sehari-hari.

5. Marushi, Sepeda Legenda

Sumber gambar www.bukalapak.com

Pabrikan asal Jepang yang sangat tepercaya salah satunya adalah Marushi. Tampil keren dengan produk-produk model vintage, pabrikan ini juga dikenal memiliki simbol kanguru yang melegenda. Kamu bisa banget memiliki sepeda Jepang produksi Marushi yang oke.

Segera beli sepeda dengan material stainless steel ini. Sepeda ini memiliki brake Dia-Compe pada bagian depan dan belakang. Kamu bisa memperolehnya di Bukalapak dengan harga Rp 2.500.000.

6. Panasonic MR-S, Tak Pernah Mengecewakan

Pabrikan sepeda Panasonic juga sudah terdaftar sebagai pabrikan sepeda berkualitas Jepang. Produsen ini menggunakan alumunium , titanium, dan baja sebagai material sepeda. Selalu mengandalkan kualitas, produk Panasonic tak pernah mengecewakan para pelanggannya.

Panasonic MR-S merupakan sepeda dengan material chromoly dengan panjang seat tube 47 cm dan juga panjang top tube 56 cm. Sepeda dengan handle bar Tioga ini memiliki Brake Lever Extension Darwin.

Harga Rp. 4.100.000

7. Fuji SL-A 1.1, Paling Ringan di Kelasnya

Termasuk dalam kategori sepeda balap, seri SL-A 1.1 merupakan andalan merek Fuji yang paling ringan. Bingkai sepeda ini terbuat dari A6-SL super-butted 6066 aluminum, salah satu material alumunium paling ringan dan kuat yang diproduksi oleh Fuji.

Groupset atau komponen suku cadangnya menggunakan Shimano Ultegra yang terbaik di kelasnya. Groupset ini memiliki bobot yang lebih ringan serta lapisan yang lebih tahan lama. Dengan sepeda ini, kamu bisa melaju dengan cepat dan nyaman di jalan aspal yang halus.

Harga Rp. 33.000.000-69.383.000

8. Fuji SL-A 1.3, Hadir dengan Shimano 105

Masih dari merek Fuji, seri SL-A 1.3-nya pun tak kalah menarik. Bedanya, seri ini menggunakan Shimano 105 sebagai groupset. Dibanding Shimano Ultegra, komponen Shimano 105 memiliki bobot yang sedikit lebih berat. Meski begitu, group set ini tetap menghadirkan performa terbaik di jalanan.

Pengalamanmu bersepeda dengan SL-A 1.3 pun dijamin menyenangkan. Menghadirkan komponen kelas menengah atas dan rem cakram hidrolik, kamu bisa meluncur dengan cepat dan aman. Jika kamu sering bersepeda jarak jauh, sepeda ini juga bisa jadi pilihan yang tepat.

Harga Rp. 22.000.000-52.563.000

9. Nagasawa, Andalan Pesepeda Profesional

Pada 1976, seorang pesepeda profesional bernama Yoshiaki Nagasawa mendirikan merek sepedanya sendiri yang dinamai Nagasawa. Merek ini juga dikenal karena memproduksi rangka Keirin, sebuah rangka berbahan baja yang dirancang untuk menggabungkan kelenturan dan kekuatan.

Koichi Nakano, pesepeda profesional lainnya, berhasil memenangkan 10 gelar dunia berturut-turut menggunakan sepeda Nagasawa. Hal ini membuat merek Nagasawa makin dikenal dan dipercaya sebagai merek sepeda balap terbaik.

Harga Rp. 6.000.000

10. Bridgestone Grandtech, Dapat Diandalkan

Dibangun sejak 1949, Bridgestone merupakan merek sepeda dari Jepang yang kerap berinovasi dalam pembuatan sepeda. Produknya terkenal lantaran dapat diandalkan dan nyaman dikendarai. Di Indonesia sendiri, sepeda ini cukup sulit untuk ditemukan.

Salah satu koleksi yang banyak diminati adalah Bridgestone Grandtech. Sepeda lipat ini tentu praktis untuk dibawa bepergian dengan mode transportasi lain, seperti kereta atau bus. Tak hanya itu, sepeda ini juga tak makan tempat karena hanya membutuhkan sedikit ruang dibanding sepeda biasa.

Harga Rp. 6.000.000

11. Panasonic Mountain Cat, Sepeda Vintage yang Kokoh

Seri Panasonic Mountain Cat diciptakan untuk kamu yang hobi off-road atau membutuhkan sepeda yang kokoh untuk melawan kerasnya jalanan. Meskipun seri ini dirilis tahun 80-an, kualitasnya tetap bisa diadu dengan sepeda baru. Lantaran termasuk sepeda vintage, seri ini layak untuk dijadikan koleksi.

Harga Rp. 6.500.000-9.500.000

12. Tokyobike Bisou, Tampilan Minimalis

Bisou dari tokyobike terasa ringan dan gesit saat dikendarai. Rodanya yang berukuran 26 inci dapat melaju dengan cepat. Tampilannya yang minimalis tampak indah saat meluncur di trotoar maupun di sela-sela kemacetan jalan raya. Jika kamu membutuhkan sepeda yang bisa mengakomodasi kegiatan bermain dan bekerja, Bisou merupakan jawabannya.

Harga Rp. 10.450.000-12.550.000

13. Asahi Weekend Bike 700C, Nyaman dan Fungsional

Asahi Cycle merancang sepeda yang didesain khusus untuk jalan perkotaan. Hasilnya, sepeda buatan merek ini sangat nyaman digunakan dan fungsional. Salah satu serinya, Asahi Weekend Bike 700C, memiliki bingkai aluminium yang ramping dan ringan. Dilengkapi pula perseneling 7-speed yang cocok untuk penggunaan sehari-hari.

Harga Rp. 8.000.000-11.117.000

14. Maruishi City Bike, Sepeda Keluarga Paling Aman

Maruishi meraih posisi tertinggi sebagai merek sepeda keluarga di Jepang. Merek ini pula yang membuat mamachari, yaitu sepeda khusus dengan dudukan untuk anak-anak yang bisa dilepas pasang. Sebagai merek yang berorientasi kepada keluarga, keamanan merupakan prioritas tertinggi Maruishi.

Harga Rp. 4.500.000

15. Dahon Ion Madison, Sepeda Lipat Populer

Dahon menjadi salah satu merek sepeda Jepang yang populer karena kerap berinovasi dengan sepeda lipat. Teknologinya telah tercipta sejak 35 tahun silam, dan kini semakin diperbaharui dan makin fungsional. Dahon Ion Madison menjadi salah satu seri yang digemari, dengan rangka berbahan alloy, perseneling 7-speed, dan roda 20 inci.

Harga Rp. 2.800.000-6.800.000

16. Kuwahara Bike, Kualitas Terus Terjaga

Didirikan tahun 1918, Kuwaraha merupakan merek bisnis milik sebuah keluarga di Osaka, Jepang. Tak berapa lama, bisnis ini berkembang ditandai dengan ekspor sepeda dan suku cadangnya ke seluruh dunia. Semua itu berkat desain sepeda yang kokoh dan pengawasan kualitas yang sangat ketat.

Harga Rp. 3.500.000-6.500.000

17. Fuji Jari 2.1, Hadapi Beragam Medan

Seri Jari dari Fuji dirancang untuk memenuhi apa pun yang kamu butuhkan, mulai dari tur jarak dekat, off-road, hingga tur jarak jauh. Jari 2.1 memberikan performa, utilitas, serta fungsionalitas untuk pesepeda sepertimu. Geometrinya membuat sepeda ini tetap stabil dikendarai di atas medan apa pun, sehingga kamu bisa merasa nyaman melewati jalan kerikil maupun aspal sepanjang hari.

Harga Rp. 22.000.000-41.470.000

18. Fuji Jari 1.3, Stabil saat Digunakan

Alternatif lain dari Fuji Jari 2.1 adalah seri Jari 1.3 yang tak kalah mengagumkan. Rangkanya terbuat dari A6-SL custom-butted alloy yang ringan, kuat, namun tetap tahan lama. Dengan teknologi Adventure Geometry, kamu bisa tetap stabil saat mengendarai sepeda ini di atas berbagai medan, mulai dari yang kasar sampai yang semulus aspal.

Harga Rp. 30.000.000-43.500.000

19. Tokyobike Mono, Tak Butuh Banyak Perawatan

Salah satu keuntungan membeli tokyobike seri Mono adalah kamu bakal jarang berkunjung ke bengkel untuk servis atau perbaikan. Sepeda ini dirancang khusus agar tak membutuhkan banyak perawatan namun tetap memberikan performa maksimal. Memiliki desain yang sederhana, sepeda ini dilengkapi dengan roda 26 inci yang terasa nyaman saat melaju.

Harga Rp. 9.000.000-9.500.000

20. Tokyobike Classic Sport, Kombinasi Kelincahan dan Kenyamanan

Classic Sport dilengkapi dengan roda 26 inci untuk membantu pengendara sepeda yang bertubuh kecil. Sepeda ini juga mudah dibawa keluar masuk transportasi umum, bahkan disimpan di apartemen. Rangka segitiganya kaku sementara bagian ujung depannya lebih santai menghasilkan kombinasi kelincahan dan kenyamanan yang langka. Dilengkapi pula dengan Shimano Rapid Fire shifter dan 8-speeds, jalan menanjak jadi lebih mudah dilalui.

Harga Rp. 12.580.000-13.250.000

21. Tokyobike Sport, Cepat dan Ringan

Berbeda dengan Classic Sport, Tokyobike Sport telah mengalami serangkaian pembaharuan performa sehingga lebih unggul. Sepeda ini dilengkapi dengan 9-speed derailleur yang ringan, threadless stem, roda 650c, dan keseluruhan konstruksi yang ringan. Terdapat pula ruang untuk 2 botol air minum dan keranjang yang bisa dilepas pasang.

Harga Rp. 12.000.000-13.500.000

22. Bridgestone MB Series, Desain Sepeda Gunung Terbaik

Bridgestone merupakan salah satu produsen yang ikut terjun ke dunia sepeda gunung pada tahun 80-an. Hal yang berbeda dari merek ini adalah seri sepeda gunungnya dibuat berdasarkan sudut pandang jalanan. Versi pertama dari seri ini, MB-1, hadir dengan drop handlebars dan dropout 126 mm. Desainnya pun menjadi standar untuk rangka sepeda gunung di seluruh dunia

Harga Rp. 4.500.000-27.000.000

23. Dahon Vybe D7, Ringan dan Praktis

Ringan dan praktis, itulah 2 kata yang menggambarkan sepeda lipat Dahon Vybe D7. Memiliki desain retro, sepeda ini dilengkapi dengan 7-speeds untuk digunakan sehari-hari. Vybe D7 juga menjanjikan kenyamanan sempurna saat digunakan, dengan fitur lipatan yang padu untuk kamu yang ingin serba praktis. Sepeda dengan rangka alumunium, roda 20 inci, dan bobot 12 kg ini cocok untuk kamu yang memiliki tinggi badan sekitar 145-190 cm.

Harga Rp. 5.249.000-12.487.500

24. Dahon Mariner D8, Edisi Terbatas

Mariner D8 merupakan model Dahon yang paling populer dan dibuat secara terbatas. Sepeda portable ini cocok untuk kamu yang sering membawa sepeda di kendaraan umum, seperti bus atau kereta. Sepeda dengan 8-speed ini berbobot 12,65 kg dan hanya berukuran 810 x 330 x 665 mm saat dilipat.

Harga Rp. 6.929.000-16.568.000

25. Dahon SUV D6, Padu dan Stabil

Dahon SUV D6 dilengkapi dengan roda yang padu dan rangka yang bisa dilipat dalam hitungan detik. Sepeda ini cukup stabil saat digunakan dan cocok untuk kamu yang suka menembus kemacetan kota. Berbobot 13.10 kg, sepeda ini hanya berukuran 800 x 345 x 665 mm saat dilipat.

Harga Rp. 2.300.000-11.780.000

26. Dahon Launch D8, Hadir dengan Teknologi LockJaw

Seri Dahon lainnya yang bisa kamu coba adalah Launch D8 yang dilengkapi 8-speed untuk membawamu ke mana saja. Di seri ini, Dahon menggunakan teknologi LockJaw yang mampu mengunci sepeda dengan sempurna. Tak hanya itu, sepeda dengan bingkai aluminium ini juga hanya berbobot 12.34 kg dan berdimensi 820 x 380 x 640 mm saat dilipat.

Harga Rp. 8.550.000-16.000.000

27. Fuji Feather, Nyaman Dikendarai

Seri Feather dari merek Fuji adalah sepeda single-speed yang nyaman dikendarai. Pasalnya, sepeda ini mengombinasikan track geometry yang klasik dengan rangka baja yang ringan. Tak hanya itu, desainya juga menarik dan cocok untuk digunakan di area perkotaan.

Harga Rp. 2.800.000-35.953.000

28. Miyata Ridge Runner, Hadir dalam 12 Model

Ridge Runner merupakan seri sepeda gunung yang dirilis pada tahun 1986 oleh Koga Miyata. Seri ini melahirkan 12 model berbeda hingga tahun 2000. Meskipun sudah lewat 2 dekade, kualitas sepeda ini tak perlu diragukan lagi.

Harga Rp. 6.500.000-15.145.000

29. Nishiki, Cocok untuk Semua Level

Nishiki pertama kali diproduksi oleh Kawamura Cycle Co. di Kobe, Jepang. Merek sepeda ini dirancang, dipasarkan, dan didistribusikan oleh West Coast Cycle di Amerika Serikat. Pada 1965, sepeda ini hadir dengan merek American Eagle dan kemudian berubah menjadi Nishiki pada 2001. Nishiki hadir dalam beragam model untuk mengakomodasi semua level pengendara.

Harga Rp. 4.100.000-10.000.000

30. Tokyobike Calin, Ramping dan Padu

Seri lainnya dari merek Tokyobike yang bisa kamu coba adalah si ramping Calin. Dirancang dengan padu, berbobot ringan (11.3 kg), dan didesain untuk area perkotaan, sepeda ini terasa akrab saat kamu naiki. Rodanya berukuran 20 inci dengan pengoperasian yang sangat baik.

Harga Rp. 11.000.000
From our editorial team

Pilih Sepeda Sesuai Kebutuhan

Saat memutuskan untuk membeli sepeda, kamu harus mengetahui terlebih dulu tujuan pemakaian sepeda tersebut. Apakah kamu ingin menggunakannya untuk berkendara di dalam kota dengan jalanan yang mulus atau menjelajah bukit dengan medan yang agak sulit? Tentukan jawabannya agar kamu bisa memilih sepeda yang tepat.