Tips Memilih Teropong Binocular Terbaik, Beserta 10+ Rekomendasi Produk di Tahun 2020

Tips Memilih Teropong Binocular Terbaik, Beserta 10+ Rekomendasi Produk di Tahun 2020

Teropong binocular tentu menjadi pilihan utama para petualang. Mudah dibawa dan mudah digunakan menjadi alasan kenapa teropong satu ini menjadi pilihan tepat bagi para penjelajah alam bebas tersebut. Simak dulu tips dari BP-Guide berikut sebelum memilih teropong binocular yang tepat, ya.

Teropong Binocular Memiliki 2 Buah Lensa di Kanan dan Kiri

Teropong binocular adalah alat bantu agar manusia dapat melihat objek yang jaraknya jauh. Alat optik yang memiliki dua buah lensa, di kiri dan di kanan ini pertama kali ditemukan 3.500 tahun sebelum masehi.

Setiap teropong, biasanya memiliki tiga bagian, yaitu lensa cembung, prisma dan lensa cekung. Tiga bagian tersebut diletakkan di dalam dua buah tabung. Dua tabung inilah yang dapat menghasilkan gambar yang bersifat tiga dimensi di mata Anda.

Teropong Binocular Biasanya Digunakan untuk Kegiatan Outdoor

Dilihat dari fungsi dan kegunaannya, teropong binocular biasanya digunakan untuk kegiatan outdoor. Teropong akan tidak berfungsi di ruangan tertutup karena jarak jangkauannya menjadi terbatas. Di luar ruangan yang bebas, Anda bisa memanfaatkan teropong untuk melihat objek yang jaraknya sangat jauh.

Biasanya teropong binocular digunakan untuk berburu, observasi lapangan, militer, mengamati burung, berkemah, mendaki gunung dan kegiatan astronomi.

Tips Memilih Teropong Binocular Terbaik Untuk Bisa Memenuhi Kebutuhan

Memilih Pembesaran Lensa

Sebelum memilih perbesaran lensa, Anda harus tahu terlebih dahulu nilai pembesaran. Nilai pembesaran adalah jumlah pembesaran yang dapat dihasilkan teropong. Misalnya objek yang Anda ingin lihat berjarak 100 m dan nilai perbesaran yang Anda pilih adalah 10x pembesaran.

Maka objek yang Anda lihat akan terlihat berjarak 10 m. Setelah mengetahui tentang nilai pembesaran, Anda bisa memilih teropong dengan nilai perbesaran yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Ukuran Lensa

Ukuran lensa menentukan luas pandangan yang dihasilkan. Sehingga memilih lensa yang lebih besar dapat memberikan Anda gambaran objek yang lebih luas. Selain itu, ukuran dari lensa juga menentukan berapa banyak cahaya yang bisa dikumpulkan oleh lensa.

Semakin besar ukuran maka semakin banyak pula cahaya yang bisa dikumpulkanl lensa. Salah satu ukuran lensa yang sering digunakan adalah lensa yang berukuran 24mm.

Eye Relief Bagi Pengguna Kacamata

Jika Anda memakai kacamata, Anda perlu melengkai teropong Anda dengan eye relief. Eye relief memungkinkan Anda dapat melihat objek dengan teropong dengan nyaman. Hal ini dikarenakan jarak gambar yang diproyeksikan lensa ke titik fokus memiliki jarak yang bervariasi.

Agar mendapatkan proyeksi yang maksimal, Anda perlu menyesuaikan kaca mata Anda dengan jarak eye reliefnya. Jika ukurannya tidak tepat, maka gambar yang Anda bisa lihat bisa terpotong.

Tipe Prisma Yang Digunakan

Teropong memiliki dua tipe prisma yang berbeda, yaitu tipe porro prisms dan roof prisms. Prisma dengan tipe poro memiliki prisma offset yang memiliki tabung berbentung V. Tipe prisma ini dikenal dengan sebutan teropong tradisional.

Sedangkan tipe prisma roof prisms memiliki bentuk yang lebih kompak. Bentuk tabung paralelnya adalah silinder, sehingga lebih kompak dan tahan lama. Meskipun berbeda, dua prisma ini tetap menggunakan image erecting yang dapat memberikan gambar yang jernih.

Rekomendasi Binocular Terbaik Untuk Anda yang Memiliki Jiwa Petualang

Bushnell Power View Zoom Teropong (10 x 70 x 70 cm)

Sumber gambar www.blibli.com

Bushnell Power View Zoom Teropong 10 x 70 x 70 cm adalah teropong yang memiliki ukuran 18,1 cm x 18,6 cm x 6,5 cm. Teropong yang memiliki lensa berdiameter 70 mm ini mampu melakukan pembesaran hingga 10-70x.

Transmisi pencahayannya yang superior ditambah dengan lensa yang terlindung secara penuh membuat teropong ini dapat menghasilkan gambar yang lebih jelas.

Bagi Anda yang memakai kacamata, tidak perlu khawatir, karena binocular ini dilengkapi dengan fitur eye relief berukuran 12 mm. Anda bisa mendapatkan teropong binocular ini di Blibli dengan harga Rp 325.000.

Suncore Teropong Binocular Outdoor Magnification 114-1000m 10 x 25

Sumber gambar www.tokopedia.com

Suncore Teropong Binocular Outdoor Magnification 114-1000m 10 x 25 adalah teropong yang terbuat dari bahan berkualitas dan didesain tangguh, sehingga kuat dan tahan lama. Dilengkapi dengan lensa optical glass yang dapat memberikan Anda proyeksi yang lebih jernih dan bersih.

Teropong yang memiliki features 10 x 25 Zoom ini bisa melakukan pembesaran hingga 114 - 1000 meter. Teropong yang memiliki warna hitam ini memiliki view angle hingga 8.5. Anda bisa mendapatkan produk ini di Tokopedia dengan harga Rp 270.000.

Night Scope 4 x 30 mm

Sumber gambar www.blibli.com

Night Scope 4 x 30 mm adalah teropong yang memiliki warna emas yang mewah dan elegan. Teropong yang memiliki pembesaran 4x dengan lensa berukuran 30mm ini sangat cocok untuk mendukung kegiatan luar ruangan Anda.

Teropong yang menggunakan baterai tipe AAA ini memiliki lampu yang memancarkan cahaya hijau hingga 25 kaki. Teropong ini tetap bisa Anda gunakan saat hari gelap atau malam hari. Dalam kegelapan, Anda bisa melihat hingga jarak 7m. Anda bisa mendapatkan produk ini di Shopee dan Blibli dengan harga Rp 49.300.

Teropong Binocular Sakura 30 x 60

Sumber gambar www.bukalapak.com

Teropong Binocular Sakura 30 x 60 adalah teropong yang dibekali dengan coated lens yang dapat menghasilkan proyeksi objek dengan jernih. Lensa yang berukuran 60mm ini dapat melakukan pembesaran sampai dengan 30x.

Jarak pandang yang dihasilkan teropong yang berukuran 9 cm x 9 cm x 3 cm ini mencapai hingga 126-1.000 m. Teropong yang memiliki dua varian warna, hitam dan cokelat ini didesain simpel, praktis, ringan, dan kecil, sehingga dapat mendukung semua kegiatan luar ruangan Anda. Produk ini bisa Anda dapatkan di Bukalapak dengan harga Rp 90.000.

Canon Binocular 90 x 80 HD

Canon Binocular 90 x 80 HD adalah teropong yang memiliki lensa depan berukuran 80 mm dan dapat menghasilkan pembesaran hingga 90x. Teropong yang memiliki lensa bening ini dibekali dengan teknologi waterproof, sehingga tidak akan rusak saat terkena air.

Jika teropong tidak fokus, Anda bisa memutar putaran ditengah teropong. Selain itu, binocular dari Canon ini juga dilengkapi dengan fitur zoom in dan zoom out.

Harga Rp. 560.000-812.000

Nikon Aculon A211 16 x 50

Nikon Aculon A211 16 x 50 adalah teropong yang dilengkapi dengan lensa berlapis multilayer yang dapat menghasilkan gambar yang cerah. Binocular yang memiliki lensa objektif berukuran 50 mm dan pembesaran 16x ini dapat memberikan Anda pengalaman visual yang menakjubkan.

Teropong yang yang memiliki sudut pandang hingga 4.2 ° (Nyata) hingga 60.8 ° (Jelas) ini dapat memberikan Anda gambar dengan bidang pandang yang luas.

Harga Rp. 3.195.000-3.300.000

Zoomies Binocular

Zoomies Binocular adalah teropong yang bisa Anda manfaatkan untuk berbagai kegiatan luar ruangan, seperti nonton konser, melihat pertandingan olah raga, mengamati hewan dan kegiatan lainya. Zoomies adalah teropong masa depan yang didesain dalam bentuk kaca mata.

Sehingga teropong futuris ini bisa dibawa ke mana-mana tanpa harus repot. Fitur zoom yang disediakan kacamata pintar ini hingga 300% dengan pengaturan yang bisa diganti. Selain benda yang jauh, teropong kaca mata ini dapat digunakan untuk membaca, menjahit dan menonton TV.

Harga Rp. 37.000-39.000

Baigish Teropong Binocular Outdoor Magnification 80 x 120

Sumber gambar www.tokopedia.com

Baigish Teropong Binocular Outdoor Magnification 80 x 120 adalah teropong yang didesain tangguh untuk mendukung berbagai macam kegiatan luar ruangan Anda. Teropong yang memiliki lensa berukuran 120 mm ini dilengkapi dengan fitur anti reflection, sehingga dapat memberikan hasil optik yang jernih dan bersih.

Tidak hanya itu saja, teropong dari Baigish ini memiliki pembesaran hingga 80x, sehingga Anda bisa melihat objek yang jauh dengan sangat jelas. Anda bisa mendapatkan produk ini di Tokopedia dengan harga Rp 134.700.

Bushnell Binocular 8 x 21

Bushnell Binocular 8 x 21 adalah teropong yang memiliki lensa depan berdiameter 21 mm. Binocular yang memiliki pembesaran hingga 8x ini memiliki jarak pandang hingga 1000 M. Teropong yang didesain gagah dalam warna hitam ini memiliki panjang 9 cm dan lebar 10,2 cm.

Terdapat putaran pada bagian tengah yang dapat digunakan untuk membuat lensa menjadi fokus. Teropong dari Bushnell sangat ideal untuk mendukung berbagai kegiatan outdoor Anda.

Harga Rp. 84.000-150.000

Canon Binoculars Waterproof 8 x 40

Canon Binoculars Waterproof 8 x 40 adalah teropong yang terbuat dari bahan yang tangguh dan tahan lama. Memiliki lensa berukuran 22mm dengan pembesaran 8x. Binocular yang memiliki prisma berjenis bak-4 ini memiliki horizon 17 mm dengan kecerahan relatif 25.00.

Dilengkapi pula dengan fitur waterproof, sehingga dapat digunakan saat hujan atau kondisi basah. Jarak pandang yang dihasilkannya hingga 1000 mtr dengan gambar yang jernih dan tajam.

Harga Rp. 351.000-403.000
From our editorial team

Teropong Binocular yang Tepat, Kinerja Lebih Maksimal

Memilih teropong binocular tentunya sebisa mungkin disesuaikan dengan keperluan Anda. Apalagi di alam liar, tentunya, membutuhkan kinerja teropong yang lebih maksimal. Rekomendasi produk dari BP-Guide di atas tentunya bisa menjadi bahan pertimbangan bagi Anda yang tertarik dengan binocullar yang tepat.

Tag