Mandi Air Panas Lebih Praktis dengan 10 Rekomendasi Pemanas Air Listrik (2021)

Mandi Air Panas Lebih Praktis dengan 10 Rekomendasi Pemanas Air Listrik (2021)

Mandi merupakan kegiatan yang wajib dilakukan setelah bangun tidur dan seusai beraktivitas. Tujuan kita mandi adalah untuk membersihkan kotoran dan juga keringat yang menempel. Untuk mandi, kita bisa andalkan air panas agar lebih segar. Nah, supaya lebih mudah mandi dengan air panas, kamu butuh pemanas air listik agar lebih cepat dan praktis. Yuk, cek rekomendasinya dari kami!

Saat Cuaca Dingin, Mandi Air Hangat Jadi Pilihan Tepat

Mandi merupakan proses untuk melepaskan segala kotoran yang ada di tubuh. Maksimalkan mandi dengan memakai air panas. Meski tidak setiap hari, mandi air panas bisa memberikan banyak manfaatnya untuk kita. Apalagi saat cuaca sedang sangat dingin, mandi air panas bisa membuat suhu tubuh meningkat dan tubuh kembali bugar serta tak mudah kedinginan.

Mandi dengan memakai air panas memiliki banyak manfaat. Mandi di bawah pancuran air selama 5 menit dengan tekanan air yang stabil bisa memperlancar sirkulasi pada arteri dan pembuluh darah. Hal ini kemudian bisa membuat tubuh kembali terasa segar karena aliran jadi lebih lancar.

Usai beraktivitas, seringkali kita merasa otot jadi tegang dan ini bikin kita jadi ingin rebahan saja. Padahal rebahan saja bisa bikin otot kaku. Maka dari itu, segeralah mandi air panas. Kamu bisa menggerak-gerakkan anggota tubuh seperti leher, pundak, pinggang, atau bagian tubuh lain yang terasa kaku dan linu. Air panas bisa menjadi pemijat alami yang membantu meredakan otot yang nyeri dan kaku.

Dengan mandi air panas maka kamu yang mengalami gangguan stres dan cemas bisa sedikit berkurang. Otak bisa memproduksi hormon oksitosin yang fungsinya untuk membuat perasaan lebih tenang. Saat stres mereda, kamu bisa berpikir positif dan bisa lebih berpikir jernih.

Usai mandi air panas, pikiran jadi lebih rileks. Hal ini juga yang membuat kamu jadi tidak insomnia atau mengalami gangguan tidur. Kamu jadi bisa mendapatkan tidur yang berkualitas. Nah, sudah tahu banyak kan tentang mandi air panas. Jadi, segera jadwalkan mandi air panasmu segera!

Pemanas Air Listrik Cocok Jadi Pilihan untuk Mandi Air Hangat

Untuk bisa mandi air panas, kita harus memanaskan air di atas kompor. Setelah itu, air panas dituang ke bak dan dicampur dengan air dingin. Hal ini bisa dirasa kurang praktis dan butuh waktu lama.

Agar lebih praktis, kamu bisa gunakan pemanas air listrik. Jenis pemanas air ini memakai listrik sebagai sumber energi utama untuk menghasilkan panasnya. Secara umum, ada dua macam pemanas air jenis listrik, yaitu water heater dengan tangki air dan tanpa menggunakan tangki air.

Pemanas air yang memakai tangki air memiliki temperatur yang lebih stabil. Ini membuatnya lebih bagus dalam menyimpan air panas. Kamu bisa lebih lama menikmati air panas saat mandi karena panasnya tetap terjaga. Sementara itu, pemanas air tanpa tangki suhu airnya kurang konsisten. Ini akan mempengaruhi saat kamu mandi dalam waktu yang lama karena air lebih cepat dingin.

Soal harga, pemanas air dengan tangki dibanderol dengan harga lebih mahal dari pemanas air tanpa tangki.

Perhatikan Hal-hal Ini Saat Membeli Pemanas Air Listrik

Daya Listrik dan Sistem Keamanan

Ketika kamu hendak membeli pemanas air listrik maka kamu wajib mengecek daya listrik dan sistem keamanannya saat digunakan. Ini supaya kamu lebih paham mengenai pemanas air listrik dan bisa mengambil tindakan tepat saat ada kekeliruan atau sesuatu yang tidak beres pada alatnya.

Cek kapasitas listrik di rumah kamu dan sesuaikan dengan kebutuhan listrik pemanas air listrik. Ada pemanas air listrik yang membutuhkan daya kecil namun ada juga yang membutuhkan daya besar. Usahakan dayanya tidak lebih besar dari kapasitas listrik di rumah agar alat tidak mudah mati saat digunakan kala mandi. Dengan begini kamu bisa memakai pemanas air tanpa mengganggu arus listriknya.

Jangan lupa juga untuk mengecek faktor keamanan saat memakainya. Pilih pemanas air listrik yang memberikan jaminan keamanan atau memberikan fitur pengaman saat terjadi korsleting listrik. Biasanya, pemanas air listrik dilengkapi dengan elemen pengaman seperti ELCB, safety device, dan switch anti kontak pada bagian luarnya. Dengan adanya pengaman tersebut maka pemanas air jadi lebih aman digunakan.

Kapasitasnya

Kita juga harus memperkirakan berapa jumlah air yang dibutuhkan untuk mandi agar bisa disesuaikan juga dengan kapasitas pemanas air. Jika untuk mengisi bathub umumnya membutuhkan pemanas air dengan kapasitas 50 liter untuk 1 orang dan 80 liter untuk 2 orang. Sementara jika memakai shower maka dibutuhkan setidaknya 15 liter.

Untuk memenuhi kebutuhan satu rumah tangga, setidaknya kamu membutuhkan 150 hingga 250 liter. Sesuaikan saja kapasitas pemanas air yang sesuai dengan jumlah penghuni rumah.

Temperatur

Pastikan pemanas air listrik yang kamu beli sudah dilengkapi dengan pengatur temperatur. Ada pemanas air yang memiliki temperatur konstan dan ada juga yang selalu berubah. Jika kamu ingin menghemat waktu maka pilih saja pemanas air yang memiliki temperatur konstan. Dengan begini kamu juga tidak perlu ribet lagi dalam menyesuaikan temperatur yang pas di tubuh. Pada pemanas air yang temperaturnya berubah, kamu juga bisa mengambil keuntungan. Kamu bisa mengubah suhunya jadi lebih panas atau lebih dingin sesuai selera.

Ini Dia Rekomendasi Pemanas Air Listrik yang Bagus

Midea D15-02VA Instan water heater 15L

Midea D15-02VA Instan water heater 15Lmerupakan pemanas air yang hadir dengan tangki bebas bakteri. Ada kontrol panel yang mampu mengecek peningkatan suhu saat air sedang dipanaskan. Bahan tangki airnya dari baja yang tahan karat. Ini membuatnya tampak kokoh dan tahan lama digunakan. Kamu juga tidak perlu takut akan bakteri-bakteri jahat yang berisiko menempel di tangki air.

Pemanas air ini hadir dalam ukuran 380 mm x 380 mm x 312 mm. Kapasitas airnya adalah 15 liter. Dengan teknologi internal, produk ini bisa meningkatkan pemanasan air dengan stabil. Desainnya juga bisa membuat air panas secara lebih merata di dalam tangki.

Harga Rp. 1.578.000-3.999.000

Water Heater Instant ComfortFlow 500 Electrolux EWE241KX-DWB6

Water Heater Instant ComfortFlow 500 Electrolux EWE241KX-DWB6 menjadi produk yang bisa diandalkan. Produk ini cocok untuk kamar mandi yang kecil karena ukurannya kecil dan tidak banyak makan tempat. Cara memasangnya mudah dan fleksibel sehingga kamu tak perlu bingung.

Ada 16 fitur keamanan sekaligus pada alat yang satu ini. Kamu tak perlu ragu dan was-was lagi saat memakainya. Ukuran produk ini adalah 401 mm x 220 mm x 90 mm dengan bobot hanya 1,5 kg. Kapasitas air yang dihasilkan adalah 2 liter per menit.

Harga Rp. 2.795.000-2.997.588

Modena Casella ES 30DR

Modena Casella ES 30DR sayang untuk kamu lewatkan sebagai pilihan. Produk yang satu ini harganya terjangkau namun sangat berkualitas. Meski dibanderol harga murah namun kamu tetap bisa menikmati manfaat besarnya. Produk ini memiliki kapasitas tangki sebesar 10 liter. Tangkinya berbahan baja dilapis titanium porcelain enamel. Ini membuatnya anti karat dan aman dari lumut. Air yang dihasilkan lebih bersih dan jernih.

Pipa alat ini dari bahan porselen enamel juga sehingga kualitas airnya tetap terjaga. Ada banyak fitur yang disematkan pada alat ini. Beberapa di antaranya adalah double thermostat, electric safety, pengaturan temperatur, hingga overheating safety.

Harga Rp. 2.400.000-6.321.000

Ariston Slim 2 RS SL2 30RS

Ariston Slim 2 RS SL2 30RSmenjadi rekomendasi produk selanjutnya yang bisa kamu gunakan. Desainnya horizontal sehingga tampak modern dan tidak banyak memakan tempat. Kapasitas airnya adalah 30 liter dan daya yang dibutuhkan hanya 350 watt. Kamu bisa menghemat listrik dengan alat yang satu ini.

Ada perlindungan antikarat kelas internasional untuk bagian tangkinya yang belapis dengan titanium enamel. Ada juga flange dan gasket pencegah kebocoran yang disematkan pada pemanas air listrik ini. Bagian heating element alat ini tahan lama sehingga dijamin aman digunakan.

Dengan thermostat yang akurat dan terkontrol, kamu bisa menyesuaikan suhu yang diinginkan. Ada indikator ganda air panas yang tersedia pada alat ini.

Harga Rp. 3.162.000-4.743.000

Beko Instant Water Heater BWI24S1N-213

Beko Instant Water Heater BWI24S1N-213 memberikan sensasi mandi yang luar biasa. Pemanas air listrik ini desainnya cukup elegan sehingga bisa membuat interior kamar mandi terkesan lebih berkelas. Alat yang satu ini dilengkapi dengan LED dsiplay yang membuatnya tampak mewah. Dengan pengontrol yang simpel, kamu bisa mengoperasikannya dengan mudah.

Alat ini hadir dalam ukuran 367 x 248 x 76 mm. Suhu air maksimal yang dihasikanadalah 55 derajat Celsius. Nikmati mandi air hangat dengan lebih cepat dan mudah memakai pemanas ari listrik ini.

Harga Rp. 1.199.000-1.694.000

Ferroli Water Heater QQ Series QTEM Blue 15 Liter

Ferroli Water Heater QQ Series QTEM Blue 15 Liter adalah pemanas air dari Italia yang dibekali garansi dan kualitas. Kamu tidak perlu ragu memakainya karena fiturnya cukup lengkap dan canggih. Alat ini juga mudah dioperasikan sehingga kamu tidak akan kesulitan memakainya.

Ada fitur Anticalcare Heating Element yang merupakan elemen panas generasi terbaru. Dilengkapi dengan Plus Technology, pemanas air listrik ini bisa mengurangi terbentuknya kerak di elemen panas. Tangkinya tahan korosi sehingga kamu tidak butuh banyak peralatan khusus untuk merawatnya. Ada juga neoprene gasket sistem yang membuat pengamanan pemanas air ini lebih lama digunakan dan ramah untuk lingkungan.

Kapasitas air yang dihasilkan adalah 15 liter. Kamu bisa memilih dayanya mulai dari 350, 500, hingga 850 watt. Produk ini memiliki garansi resmi yang terdiri dari garansi tabung 4 tahun dan garansi spare parts 1 tahun.

Harga Rp. 2.315.000-3.473.000

Wika EWH RZB

Wika EWH RZ hadir dalam ukuran yang tidak begitu besar. Ukurannya adalah 450 x 660 x 230 mm sehingga tidak akan mengorbankan banyak ruang. Dengan bahan stainless steel, alat ini kokoh dan tahan karat. Kamu bisa memakainya dalam waktu lama.

Pemanas air listrik ini memiliki kapasitas penampungan air sebesar 15 liter. Untuk memakainya, kamu butuh daya listrik sebesar 200 hingga 300 watt. Penggunaan daya listrik akan didasarkan pada tingkatan suhu yang dibutuhkan mulai dari 40 hingga 75 derajat Celsius dan lama waktu penggunaannya. Produk ini telah dilengkapi LED dan tombol pengaturan suhu sehingga lebih mudah dioperasikan.

Harga Rp. 3.340.000-5.040.000

Shimizu SEH-115

Shimizu SEH-115 hadir dengan fitur anti kontak yang sensitif terhadap kebocoran arus listrik. Alat ini akan segera memutuskan arus listrik jika panas berlebih dalam tabung. Dengan memakai Incoloy 800 sebagai elemen pemanasnya, produk ini tahan air yang mengandung kapur. Pemanas dengan kapasitas 15 liter ini juga antikarat dan antikeropos sehingga lebih tahan lama.

Untuk memakainya, kamu membutuhkan daya 350 watt sehingga bisa dibilang sangat hemat listrik. Suhu terpanas yang dihasilkan adalah 75 derajat Celcius. Alat yang satu ini dibekali garansi 5 tahun untuk bagian dalam tangkinya.

Harga Rp. 1.300.000-2.025.000

Ferroli Water Heater Classical Series SEH 100 Liter

Ferroli Water Heater Classical Series SEH 100 Liter adalah pemanas dengan teknologi terbaru. Produk dengan merek asal Italia ini banyak diminati. Daya tampungnya besar yakni 100 liter sehingga membuatnya cocok digunakan untuk kamu yang memiliki keluarga besar. Ada fitur Anticalcare Heating Element yang hemat energi dan efisien digunakan. Selain itu ada Plus Technology yang membuat alat ini tidak mudah berkerak.

Ukuran alat ini adalah 450 x 480 x 930 mm dengan berat 27 kg. Pemanas air listrik ini dilengkapi dengan pengaman yang membuat airnya tidak berbau, tahan lama digunakan, dan ramah lingkungan.

Harga Rp. 3.819.000-4.774.000

Electrolux Water Heater Storage AquaPro EWS151DX-DWM

Electrolux Water Heater Storage AquaPro EWS151DX-DW adalah rekomendasi terakhir dari kami. Produk yang satu ini cocok untuk kamu yang ingin mandi air panas dengan cepat dan mudah. Dengan daya listrik 200 watt, tentunya kamu jadi tidak perlu khawatir soal tagihan listrik. Alat ini bisa menampung 30 liter air. Produk dengan ukuran 313 x 389 x 389 mm ini tidak banyak makan tempat. Suhunya bisa disesuaikan sehingga kamu bisa mendapatkan pengalaman mandi segar tanpa ribet.

Harga Rp. 2.397.000-6.094.000
From our editorial team

Waktu Terbaik untuk Mandi Air Hangat

Mandi air hangat memang memiliki banyak manfaat. Namun, kita tidak mungkin mandi air hangat setiap hari karena pasti ada efek sampingnya. Maka dari itu, kita wajib tahu kapan saat paling baik untuk mandi air hangat. Sebaiknya, mandi air hangat dilakukan 1 atau 2 jam sebelum kita pergi tidur. Namun jangan berlama-lama melakukannya atau berendam di air hangat. Cukup habiskan 10 atau 15 menit saja. Dengan begini kamu bisa mendapatkan manfaat maksimal dari mandi air hangat, yang salah satunya adalah mencegah insomnia.

Tag