Butuh Penyimpan Data Terbaik? Cek 10 Rekomendasi SSD Eksternal dari BP-Guide (2020)

Butuh Penyimpan Data Terbaik? Cek 10 Rekomendasi SSD Eksternal dari BP-Guide (2020)

Teknologi komputer makin berkembang dari waktu ke waktu. Ini membuat hampir semua aktivitas kita berhubungan dengan perangkat komputer, laptop, dan lain sebagainya. Data kita pun tersimpan secara rapi dalam bentuk file. Untuk menyimpan data-data penting kita, tentu saja kita butuh media penyimpanan yang pas. Salah satu medianya adalah SSD. Yuk, temukan SSD terbaik bersama kami di BP-Guide!

Mengenal SSD dan Fungsinya

Di zaman serba canggih seperti sekarang ini banyak orang membutuhkan media untuk menyimpan data dengan ringkas, cepat, aman, dan praktis. Ada banyak media penyimpan data di pasaran. Salah satunya adalah SSD alias Solid State Drive atau Solid State Disk. Ini merupakan media penyimpan yang menggunakan serangkaian IC sebagai memori yang digunakan untuk menyimpan data.

Beberapa dari kita tentu sudah tak asing dengan SSD, namun ada juga yang masih bingung dengan SSD. Untuk pengertian mudahnya, SSD merupakan versi canggih dari USB Flash drive. Kapasitas SSD tentu jauh lebih besar. Selain itu, SSD juga bisa menjadi hardisk yang selama ini digunakan pada perangkat komputer atau laptop.

SSD tidak memiliki komponen yang bergerak di dalamnya. Data akan tersimpan dalam microchip dengan rapi dan aman. SSD biasanya memakai flash memori berbasis NAND. Artinya, SSD bisa tetap bisa menyimpan data walaupun tegangan suplainya dimatikan.

SSD terdiri dari jenis internal dan ada juga yang eksternal. SSD internal terpasang langsung pada perangkat seperti laptop dan komputer. Sementara SSD eksternal memiliki bentuk yang ringkas. SSD eksternal akan cocok untuk Anda yang mempunyai mobilitas tinggi.

Alasan Banyak Orang Memilih Menggunakan SSD Eksternal

Data Lebih Aman

Mungkin banyak dari kita yang bertanya mengapa harus memilih SSD eksternal dan bukannya HDD eksternal? Alasan utamanya adalah SSD bisa membuat data Anda jauh lebih aman. Pada SSD terdapat fitur enkripsi hardware AES 256-bit. Adanya fitur tersebut membuat data Anda bisa lebih aman karena bisa dilindungi dengan password untuk memberikan proteksi yang berlebih. Beberapa HDD eksternal juga sudah memiliki fitur ini. Jadi, jika ingin data lebih aman, maka bisa gunakan SSD saja.

Tahan Benturan

SSD eksternal tidak memiliki bagian yang bergerak untuk membaca dan menulis data layaknya HDD eksternal. Ini membuat SSD eksternal lebih tahan benturan dan tidak akan mudah rusak. Jika terjadi hal yang tidak diinginkan seperti misalnya, SSD eksternal jatuh, tersenggol, dan lainnya, maka SSD tetap bisa digunakan. Ini tentu akan cocok untuk Anda yang banyak melakukan perjalanan. SSD biasanya sudah dilengkapi bumper pelindung karet di bagian luar sehingga tidak perlu khawatir rusak saat dibawa-bawa.

Desainnya Ringkas

Keunggulan lain dari SSD eksternal adalah ukurannya yang lebih kecil dibanding dengan HDD eskternal. SSD eksternal bisa dimasukkan dalam kantong baju atau celana sehingga sangat praktis dibawa ke mana saja. Bobotnya juga ringan jadi tidak akan membebani Anda saat bepergian.

Meskipun desainnya ringkas, kapasitasnya juga besar dan beragam sehingga bisa disesuaikan kebutuhan. Anda bisa membawa banyak data sekaligus dalam SSD eksternal yang praktis.

Bisa Transfer Data Lebih Cepat

Kelebihan lainnya dari SSD eksternal adalah bisa mentransfer data dengan lebih cepat. Data yang dibaca dan disalin bisa 2,5 kali lebih cepat dari kebanyakan portabel hard drive. Untuk Anda yang mobile, tentu kelebihan ini akan sangat menguntungkan. Anda jadi bisa memakai waktu untuk melakukan hal lainnya karena proses transfer data hanya sekejap saja.

Ini Dia Rekomendasi SSD Eksternal untuk Berbagai Keperluan

Samsung Portable SSD T5

Samsung Portable SSD T5 ini merupakan produk rekomendasi pertama dari kami. Proiduk dari Samsung ini sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. SSD eksternal yang satu ini hadir denagn teknologi mutakhir sehingga bisa mentransfer data hingga 540 MB/s, empat kali lebih cepat dari HDD eksternal biasa.

Ukuran produk ini juga sangat mini yakni hanya 57,3 mm x 74 mm. Bobot produk ini hanya 51 gram sehingga akan memudahkan Anda membawanya ke mana saja. Desain bodinya juga cukup kokoh sehingga aman dan tahan benturan maksimal 2 meter. Untuk kapasitasnya, Anda bisa memilih 250 GB, 500 GB, 1 TB, atau 2 TB. Konektivitas produk ini juga luas, Anda bisa mengoneksikan ke perangkat PC maupun Mac menggunakan koneksi USB tipe C dan USB tipe A. Ada garansi 3 tahun untuk produk yang satu ini. Ada juga fitur proteksi kata sandi sehingga data tetap aman meski SSD hilang.

Harga Rp. 1.390.000-2.927.000

Toshiba SSD XS700

Toshiba SSD XS700 menjadi rekomendasi kami selanjutnya. SSD eksternal yang satu ini bisa cocok untuk PC dan Mac. Produk ini juga cocok untuk smartphone yang memiliki prot tipe C. Kecepatan membaca dan menulis data cukup cepat, yaitu sebesar 550mb/s. Ukuran SSD eksternal ini adalah 95 × 75 × 11mm dengan berat 90 gram. SSD eksternal dari Toshiba ini hadir dengan kabel sepanjang 45 cm.

Harga Rp. 2.250.000-3.850.000

Seagate Fast SSD

Jangan lewatkan untuk memiliki Seagate Fast SSD. Produk yang satu ini hadir dengan ukuran 0.9 x 7.9 x 9.3 cm dan sangat mudah dibawa ke mana saja. Anda bisa memakainya untuk PC dan Mac. Produk ini memiliki kapasitas 500 GB. Untuk kecepatan baca dan tulisnya mencapai 550mb/s sehingga bisa sangat menghemat waktu.

SSD eksternal yang satu ini hadir dengan fitur formatting bawaan yang mampu mengoptimalkan kinerja SSD. Anda juga bisa mengganti format SSD supaya bisa terbaca pada sistem operasi yang berbeda-beda. Fitur lain dari SSD eksternal ini adalah folder sinkronisasi yang dapat digunakan untuk membuat file di dalamnya. Desainnya kokoh sehingga bisa sangat tahan terhadap benturan. Ada garansi 3 tahun untuk produk yang satu ini.

Harga Rp. 1.380.000-3.195.000

SanDisk Extreme Pro Portable SSD

SanDisk Extreme Pro Portable SSD tentu tidak bisa dilewatkan begitu saja. Media penyimpanan yang satu ini hadir dengan teknologi NVMe internal guna meningkatkan kecepatan transfer hingga 1050MB/s. Dengan kecepatan ini, Anda juga bisa mengedit langsung dari drive. Ini tentu akan bisa menghemat waktu Anda.

Produk ini hadir dengan casing yang kokoh dari alumunium tempa sehingga tahan benturan. Ada juga lapisan karet silikon tahan lama yang membuat produk ini tahan air dan debu. Anda bisa mengoneksikan ke PC dan Mac dengan konektor USB Type C dan Type A. Kapasitasnya hingga 2TB sehingga Anda bisa menyimpan banyak data sekaligus. Ada juga fitur SanDisk SecureAccess yang memungkinkan Anda untuk membuat folder yang terlindung kata sandi sehingga data lebih aman.

Harga Rp. 2.208.000-6.790.000

Toshiba Portable SSD X10

Toshiba Portable SSD X10 menjadi rekomendasi selanjutnya untuk Anda. Produk ini cocok untuk Windows XP ke atas. SSD eksternal yang satu ini memiliki kapasitas penyimpanan yang besar sehingga Anda bisa menyimpan banyak data sekaligus. Kecepatan transfernya juga tidak mengecewakan sehingga Anda bisa lebih hemat waktu. Kecepatan transfernya adalah 430/400 mbps.

Produk ini bisa juga dipakai mentransfer data dari dan ke smartphone dengan menungunduh aplikasinya di Google Play. Ukurannya yang kecil yakni 80 mm x 49,5 mm x 9,5 mm dan ringan karena hanya 24 gram, memudahkan Anda memasukkan ke dalam saku saat bepergian. Produk ini hadir dengan pilihan kapasitas 120 GB, 250 GB, dan 500 GB.

Harga Rp. 1.490.000-1.698.000

WD My Passport GO SSD

WD My Passport GO SSD ini adalah produk yang bisa jadi pilihan Anda. Produk dari WD selalu dikenal akan kualitasnya yang bagus. SSD eksternal yang satu ini juga tak terkecuali. Produk ini hadir dengan panjang 95mm dan lebar 67mm. Ada juga kabel yang bisa dimasukkan pada perangkat sehingga lebih simpel untuk dibawa ke mana saja.

Bodinya kokoh dengan bumper yang terdapat pada segala sisi SSD sehingga bisa meredam guncangan dan benturan hingga jarak ketinggian 2 meter. Produk ini dibekali dengan garansi selama 3 tahun.

Harga Rp. 1.265.000-3.060.000

Samsung SSD X5 Thunderbolt 3 External Portable 1TB

Samsung SSD X5 Thunderbolt 3 External Portable 1TB menjadi rekomendasi kami selanjutnya. Produk dari Samsung memang tidak pernah mengecewakan. SSD eksternal yang satu ini super canggih karena bisa mentransfer hingga 2300 MB/s. Kecepatan ini bisa digunakan jika memakai antarmuka Thunderbolt 3 yang mampu menerima data dengan kecepatan hingga 40 Gb/s.

Desain SSD eksternal ini juga sangat mewah. Ukurannya yang hanya 11.9 x 6.2 x 1.9 cm membuatnya tidak merepotkan untuk dibawa ke mana saja. Produk ini memiliki berat 150 gram sehingga terasa ringan. Ada juga fitur Dynamic Thermal Guard yang mampu menjaga suhu produk supaya tetap aman. Kapasitas penyimpanannya adalah 1TB.

Harga Rp. 5.700.000-12.240.000

LaCie Portable SSD With USB-C USB 3.0 Thunderbolt 3

LaCie Portable SSD With USB-C USB 3.0 Thunderbolt 3 merupakan produk yang bisa jadi andalan berikutnya. Anda bisa mengandalkan produk ini untuk menyimpan dan mentransfer data dengan cepat. Kecepatan baca dan tulisnya hingga 540 MB/s. Produk ini bisa dikoneksikan memakai USB tipe C dan USB 3.0 pada platform Windows dan Mac.

Uniknya, SSD eksternal ini hadir dengan fitur LaCie Toolkit yang membuat Anda lebih mudah mem-backup data dengan sekali klik. Fitur ini juga bisa menjadwalkan backup harian, mingguan, dan bulanan dengan ringkas. SSD eksternal ini juga hadir dengan langganan Adobe CC gratis selama sebulan. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan aplikasi Adobe Creative Cloud seperti Photoshop, Lightroom, After Effect, atau Premiere. Ukuran produk ini adalah 79 x 94 x 9 mm dengan berat 82 gram sehingga membuatnya mudah dibawa ke mana saja.

Harga Rp. 2.345.000-5.899.000

Tammuz External SSD EX1

Tammuz External SSD EX1 buatan Korea Selatan menjadi rekomendasi kami berikutnya. SSD eksternal yang satu ini bentuknya memang kecil yakni hanya 180 mm x 53 mm x 9 mm. Bobotnya pun ringan yakni hanya 49 gram sehingga mudah dibawa ke mana saja.

Kendati kecil namun produk ini memiliki kapasitas yang besar. Anda bisa memilih kapasitas 128 GB, 256 GB, atau 512 GB. Produknya kompatibel dengan Windows dan Mac. SSD eksternal ini hadir dengan garansi 3 tahun. Desain kokoh sehingga mampu melindungi SSD dari gesekan dengan benda lain. Ini membuat tampilannya selalu bersih tanpa goresan maupun bekas sidik jari,

Harga Rp. 890.000-2.548.000

XPG External SSD SD700X

XPG External SSD SD700X adalah rekomendasi terakhir dari kami. Produk yang satu ini mempunyai kecepatan baca/tulis empat kali lebih tinggi daripada HDD internal. Ini jelas cocok untuk para gamer. Poduk ini juga menjadi SSD gaming pertama yang bersertifikat IP68. Untuk kapasitas yang ditawarkan beragam mulai dari 256 GB, 512 GB, hingga 1TB.

SSD eksternal ini cocok dengan Windows dan Mac. Produk ini juga tahan air, debu, dan guncangan. Ukuran produknya adalah 83,5 mm x 83,5 mm x 13,9 mm dengan berat 100 gr. Untuk kecepatan transfernya adalah 440/430 mbps.

Harga Rp. 937.000-3.750.000
From our editorial team

Cek Review Pembeli atau Pengguna Sebelum Membeli SSD Eksternal

Di pasaran tersedia banyak sekali produk SSD eksternal dari berbagai merek. Tentunya kita jadi bingung memilihnya. Nah, salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah mengecek review pembeli di internet. Dengan membaca review tersebut, kita juga jadi tahu kekurangan dan kelebihan suatu produk. Anda pun jadi tidak akan ragu lagi untuk membeli dan memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan.