10 Rekomendasi Kabel Data Tipe C yang Awet dan Berkualitas untuk Smartphone Kesayangan (2020)

10 Rekomendasi Kabel Data Tipe C yang Awet dan Berkualitas untuk Smartphone Kesayangan (2020)

Smartphone keluaran terbaru umumnya sudah menggunakan kabel data tipe C untuk mengisi daya. Namun terkadang kabelnya cepat rusak karena sering digunakan. Saat membeli kabel data, pastikan kabel yang kamu pilih memiliki kualitas yang bagus. Nah, seperti apa kabel dengan kualitas yang bagus? Simak lebih lanjut, ya!

Kabel Data Menjadi Salah Satu Aksesoris Smartphone yang Sangat Penting

Aksesoris smartphone yang sangat penting adalah kabel data. Tanpa kabel yang satu ini, kita tidak akan bisa mengisi daya smartphone maupun memindahkan files dari smartphone ke laptop/PC. Kabel data yang digunakan untuk smartphone adalah kabel data tipe C yang akan kita dapatkan saat membeli smartphone baru.

Karena sering digunakan, kabel data ini rentan sekali rusak sehingga kita pun harus membeli kabel data baru. Di pasaran, kita bisa menemukan banyak merk kabel data, mulai dari yang harganya murah hingga yang mahal dengan keunggulan yang dimilikinya.

Berbagai Hal yang Berkaitan dengan Kualitas Kabel

Ketebalan

Kabel data yang tebal tidak pula selalu memiliki kualitas yang bagus, lho! Kualitas dan keawetan kabel juga ditentukan oleh material pembungkus kabel yang digunakan. Ada kabel yang tebal tapi mudah terkelupas jika terkena gesekan akibat lapisan coating atau material pembungkusnya yang tidak bagus. Material pembungkus kabel data tipe C ini beragam dan yang umum digunakan adalah nilon, PVC, dan TPE.

Material Pembungkus

Kabel data yang tebal tidak pula selalu memiliki kualitas yang bagus, lho! Kualitas dan keawetan kabel juga ditentukan oleh material pembungkus kabel yang digunakan. Ada kabel yang tebal tapi mudah terkelupas jika terkena gesekan akibat lapisan coating atau material pembungkusnya yang tidak bagus. Material pembungkus kabel data tipe C ini beragam dan yang umum digunakan adalah nilon, PVC, dan TPE.

Panjang

Kabel data tipe C yang umum digunakan untuk charger smartphone memiliki panjang yang berbeda-beda. Pada beberapa smartphone, kabel data yang disertakan saat pembelian smartphone ada yang pendek. Kabel data yang pendek biasanya akan sedikit menyulitkan kita karena susah menjangkau colokan yang letaknya cukup tinggi atau jauh dari meja.

Tak jarang, banyak orang yang memilih untuk membeli kabel data baru yang lebih panjang. Padahal, panjang kabel data juga berpengaruh terhadap kualitas dan kecepatan kabel dalam memproses dan mengirim data. Makin pendek kabel data, maka proses mengirim data pun semakin cepat.

Serba-serbi yang Berkaitan dengan Kabel Data Tipe C

Bisa Meng-copy Data

Kabel data tipe C umum digunakan untuk mengecas smartphone. Padahal selain untuk mengisi daya masih ada fungsi lain dari kabel data. Yakni bisa digunakan untuk meng-copy data antar perangkat. Dengan menghubungkan smartphone dengan PC menggunakan kabel data tipe C, kita bisa meng-copy data dari smartphone ke PC atau sebaliknya. Entah itu data berupa file musik, foto, video, atau dokumen.

HDMI dan Audio

Kabel data tipe C yang diluncurkan pada Agustus 2014 dan pertama kali digunakan oleh perangkat Apple Macbook ini juga memiliki fungsi yang sama dengan beberapa jenis kabel lainnya, lho! Kabel ini hadir dengan konversi protocol yang mendukung DVI, VGA, dan HDMI. Namun tentu saja untuk penggunaannya harus dengan hardware dan software serta perangkat yang kompatibel.

Charge Lebih Cepat

Dibanding kabel data lainnya yang juga bisa digunakan untuk mengecas smartphone, kabel data tipe C jauh lebih unggul. Kelebihan yang dimiliki oleh kabel data tipe C adalah mampu mengisi baterai smartphone lebih cepat. Kabel yang membutuhkan daya sebesar 15 watt ini 5 kali lebih cepat dibanding kabel charge biasa. Meski energi yang dibutuhkan untuk mengisi daya lebih besar, tapi tetap aman untuk baterai smartphone.

Bisa Charge Bolak-balik

Satu hal lagi yang perlu kamu tahu tentang kelebihan kabel data tipe C ini adalah bisa mengecas bolak-balik. Maksudnya adalah kabel data tipe C ini bisa membalikkan arah arus saat terhubung dengan dua perangkat.

Hal ini dikarenakan kabel data tipe C memiliki dua ujung yang sama sehingga kita bisa mengatur ke mana arah arus ditujukan. Misalnya saja saat menghubungkan dua smartphone dengan kabel data, maka kita bisa mengatur smartphone mana yang akan diisi dayanya.

10 Rekomendasi Kabel Data Tipe C yang Berkualitas

Orico AC40-10 Type-C Quick Charge Data Cable

Orico AC40-10 Type-C Quick Charge Data Cable hadir dengan fitur pengisian daya berkecepatan tinggi. Untuk mengisi daya P30 Pro (4200 mAh) sebesar 66 saja, kabel ini hanya membutuhkan waktu sekitar 40 menit. Tidak hanya cepat dalam mengisi daya, untuk mentransfer data pun transmisinya juga cepat.

Material kabel dari PVC yang kuat dan konektornya kokoh sehingga dapat menahan putaran ataupun tarikan. Kabel dengan daya tahan superior ini juga anti-longgar sehingga akan awet meski digunakan setiap hari. Kabel dengan antarmuka type-A to type-C dengan output 3A ini panjangnya 150 cm. Kabel ini pun hadir dalam 3 pilihan panjang, yakni 0.3m, 1/1.5m, dan 2m.

Harga Rp. 28.000-35.600

Choetech Kabel USB Charger Type C

Choetech Kabel USB Charger Type C merupakan kabel berkualitas yang mampu mengisi daya dan mentransfer data dengan cepat dan efisien. Hal ini dikarenakan kabel dari Choetech ini dapat menghantar arus hingga 2.4A. Desainnya premium dan mengadopsi standar universal kabel charging.

Kabel juga tahan lama karena dibuat dengan dukungan nickel plated konektor USB. Material kabel yang digunakan adalah yang terbaik sehingga kabel pun tidak akan mudah kusut atau putus. Kabel data tipe C yang support PD charge dan QC 3.0 ini kompatibel dengan semua smartphone yang telah menggunakan USB type C. Kabel ini hadir dalam 2 pilihan panjang, yakni 1m dan 2m.

Harga Rp. 30.000-90.000

Usams U16 Voice Reactive LED Type-C USB Data Cable

Usams U16 Voice Reactive LED Type-C USB Data Cable ini unik karena dilengkapi dengan lampu LED yang akan menyala saat ada suara atau musik. Volume control smart chip yang terdapat pada kabel menjadikan lampu akan bereaksi saat ada musik dan berkelip mengikuti irama lagu.

Fitur lain yang dimiliki kabel yang menggunakan tembaga murni ini adalah dapat mengisi daya baterai dengan cepat dengan output hingga 2A. Kabel ini fleksibel dan tingkat resistansinya tinggi karena terbuat dari high elastic TPE. Kabel ini juga kompatibel dengan semua smartphone yang menggunakan port lightning, micro USB dan USB type C.

Harga Rp. 55.120-71.000

Xiaomi Tipe-C Original Kabel Data

Xiaomi Tipe-C Original Kabel Data ini multifungsi karena bisa digunakan untuk menghubungkan smartphone ke PC sebagai modem, untuk transfer data, dan untuk mengisi daya. Kabel ini dapat menghasilkan output sebesar 2A dan memiliki panjang 1m.

Meski keluaran Xiaomi, tapi kabel ini kompatibel dengan perangkat lain yang juga menggunakan port USB type C seperti Meizu Pro 5, Gionee S6, BLU Vivo XL, BLU Vivo 5, One Plus 2, dan Gionee elife S plus. Bisa juga Gionee Marathon M5 plus, Acer Jade Primo, Google Pixel C, ZTE Grand X3, Mac Book, dan yang lainnya.

Harga Rp. 7.500-12.900

Foomee Fast Charging Tipe C Kabel Data

Pilihan kabel data tipe C yang juga berkualitas adalah Foomee Fast Charging Tipe C Kabel Data. Kelebihan kabel data ini adalah dapat memindahkan data dan mengisi daya dengan cepat. Selain itu, kabel data Foomee ini telah didukung teknologi USB versi 3.1 Gen yang daya listrik maksimalnya adalah 20V dan 5A. Panjang kabel 1m, konektornya berbentuk lonjong dan simetris yang bersifat reversible sehingga tetap dapat dimasukkan ke lubang konektor meski dalam posisi terbalik sekali pun.

Harga Rp. 22.000-30.000

Ugreen ED008 3.1 Type C Extension Cord Male to Female Kabel USB

Ugreen ED008 3.1 Type C Extension Cord Male to Female Kabel USB merupakan kabel yang dapat mentransfer data dengan kecepatan hingga 5Gbps. Untuk mentransfer file berukuran besar seperti video hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja. Walaupun demikian, kecepatannya juga tergantung pada kabel type C male to female dan perangkat yang digunakan.

Kabel dengan eksistensi USB type C 3.1 ini juga support output video full HD 4k maksimal 3840 x 2160 60HZ. Pada kabel terdapat adaptor extender yang melindungi port USB C agar tidak aus karena sering digunakan.

Kabel data ini kompatibel dengan banyak jenis perangkat yang telah menggunakan USB tipe C. Beberapa di antaranya yang telah diuji adalah MacBook, Nintendo Switch, Samsung Dex Dock, dan Samsung Galaxy. Bisa juga Lenovo ThinkPad X270, Google Chrombook Pixel, HP Envy x360, dan Nexus.

Harga Rp. 92.500-117.960

Vivan KCL120 Kabel Data iPhone Type-C

Vivan KCL120 Kabel Data iPhone Type-C dapat digunakan sebagai kabel charge dan bisa juga dijadikan sebagai kabel data. Kabel yang mendukung pengecasan cepat ini mampu mengisi daya sebesar 50% dalam waktu 30 menit. Kabel ini kuat dan tahan lama karena dibuat menggunakan material kevlar.

Bagian sendi type C dan lightening pada kabel tahan tekukan dan kabelnya pun anti-patah karena dibalut dengan silikon keras. Kabel juga tidak mudah terlilit karena dibuat dengan desain braided. Untuk memudahkan penyimpanan, kabel juga dilengkapi dengan velcro strap. Kabel data tipe C milik Vivan ini panjangnya 120cm dengan jenis kabel bulat.

Harga Rp. 51.000-67.999

Inone Kabel Data Weaving Kabel Data Type-C

Inone Kabel Data Weaving Kabel Data Type-C merupakan kabel data berkualitas berbasis teknologi USB 3.1. Kecepatan transfer datanya hingga 10Gbps dengan besar output 20V dan 5A. Kabel data dari Inone ini terbuat dari bahan PVC dan jalinan nilon sehingga kabel kuat dan tidak mudah dipintal. Konektornya berbentuk pipih dengan permukaan yang sama pada kedua sisinya. Dibuat menggunakan tembaga murni bebas timah, menjadikan pengisian daya maupun transmisi data jadi lebih efisien.

Harga Rp. 14.900

Fonken 2128AWG Braided Kabel Charger USB Type C

Kabel data tipe C yang juga berkualitas adalah Fonken 2128AWG Braided Kabel Charger USB Type C. Kabel ini hadir dengan desain braided sehingga kabel kuat dan tidak mudah putus. Agar makin awet, kabel juga dibalut oleh serat-serat yang tebal.

Kabel ini dapat mengisi baterai smartphone dengan cepat karena dapat mengalirkan arus hingga 2.4A. Tidak hanya itu saja, kabel ini pun juga dapat mentransfer data dengan lebih cepat. Kabel ini dapat digunakan pada semua tipe dan merk smartphone yang menggunakan plug USB type-C.

Harga Rp. 20.200-32.500

Baseus Kabel Data / Charger USB Tipe C 3A

Jika kamu membutuhkan kabel data yang bisa mengisi daya dengan lebih cepat, pilihan terakhir ada Baseus Kabel Data / Charger USB Tipe C 3A. Pengisian daya perangkat pun lebih aman karena kabel dilengkapi dengan Chip Smart IC.

Untuk mentransfer data pun kabel ini juga tak kalah cepat karena memiliki kecepatan transmisi hingga 480Mbps. Material kabel terbuat dari aluminium alloy, TPE, dan kawat jalinan nilon dengan kepadatan tinggi sehingga kabel lebih awet dan tahan aus.

Harga Rp. 22.000-105.000
From our editorial team

Jangan Asal Beli Kabel Data untuk Smartphone Kesayanganmu, ya!

Jika kamu membutuhkan kabel data tipe C baru untuk smartphone kesayanganmu, jangan asal pilih ya! Di pasaran ada banyak kabel data tipe C yang dijual dengan harga yang bervariasi. Boleh saja memilih kabel data yang harganya murah, tapi pastikan kabel memiliki kualitas yang bagus agar awet dan bisa mengisi daya dengan cepat.