Lebih Praktis Dibawa, 10 Rekomendasi Jas Hujan Plastik ini Cocok untuk Kamu (2020)

Lebih Praktis Dibawa, 10 Rekomendasi Jas Hujan Plastik ini Cocok untuk Kamu (2020)

Jangan lalai saat musim hujan. Kamu wajib membekali diri dengan alat pelindung dari hujan. Salah satunya adalah jas hujan. Supaya tidak makan banyak tempat, kamu bisa lirik jas hujan plastik. Simak rekomendasinya dari kami!

Jangan Lupa Bawa Jas Hujan Kemana pun Kamu Pergi

Musim hujan sudah mulai kembali menyapa kita. Di satu sisi kita senang dengan adanya musim hujan karena udara terasa sejuk dan segar. Suasana juga terasa lebih romantis saat hujan sedang turun. Namun, hujan hanya terasa indah saat kita sedang berada di dalam rumah atau di dalam ruangan yang hangat dan nyaman.

Beda halnya jika kita sedang dalam perjalanan dan sedang kehujanan. Apalagi jika kita sedang berkendara motor atau sedang bertugas di luar ruangan. Hujan deras seakan bikin kita ingin buru-buru sampai tempat tujuan untuk segera berlindung dari hujan.

Untuk mempersiapkan diri menghadapi hujan, kita wajib membawa payung. Namun, alat yang satu ini agak sedikit menyusahkan untuk dibawa. Selain itu, jika kita mengendarai motor, payung juga tidak akan membantu banyak. Maka dari itu, kita bisa memakai jas hujan sebagai senjata untuk mempersiapkan diri menghadapi hujan.

Jas hujan menjadi andalan banyak orang karena bentuknya ringkas. Jas hujan layaknya baju yang mudah dilipat sekecil mungkin lalu bisa dimasukkan dalam tas bawaan kita. Item yang satu ini juga sangat efektif untuk melindungi kita saat hujan turun.

Meski kita sedang berkendara sekali pun, kita bisa tetap hangat dan nyaman dari guyuran hujan berkat jas hujan. Produk yang satu ini juga bisa menjaga suhu tubuh bisa stabil sehingga kita tidak mudah terkena flu saat beraktivitas di bawah hujan.

Sekelumit Sejarah Jas Hujan, dari Jerami hingga Plastik

Saat musim hujan seperti sekarang, jas hujan jadi salah satu item yang banyak diburu. Pakaian pelindung hujan ini banyak digunakan para pengendara motor agar tetap kering saat berkendara. Jas hujan juga banyak digunakan mereka yang sedang beraktivitas di luar ruangan. Namun, tahukah kamu sejarah hadirnya jas hujan hingga seperti sekarang ini?

Awalnya, jas hujan dibuat di Cina. Masyarakat di sana mulai membuat jas hujan sekitar tahun 1000 Masehi. Kala itu, jas hujan terbuat dari jerami atau rumput. Mereka memakainya untuk bekerja di sawah. Sayangnya, bobot jas hujan ini masih berat karena bahannya kaku. Maka mereka mengubah bahan jas hujan menjadi kain sutera yang diolesi minyak. Dengan cara ini, air hujan tidak akan terserap pada kain.

Tahun 1200, masyarakat Amazon memakai lateks dari pohon karet untuk membuat anti air primitif. Meski efektif namun karet bisa jadi sangat lengket ketika cuaca panas dan kaku pada udara dingin.

Tahun 1823, seorang ahli kimia bernama Charles Macintosh dari Skotlandia sukses membuat pakaian tahan air dengan bahan karet. Namun bahan karetnya sudah dilarutkan dalam nafta sehingga bahan mudah digerakkan karena teksturnya lentur. Penemuan ini pun masih memiliki kekurangan. Ini karena aromanya buruk dan berbahaya jika terhirup dalam waktu lama.

Selanjutnya, Thomas Hancock membuat jas hujan dengan sistem vulkanisasi. Karet alami dipanaskan dulu lalu dicampur belerang dalam kondisi terkontrol. Di abad ke 20, muncullah bahan plastik dan nilon. Berkat dikenalnya dua bahan tersebut, maka usai Perang Dunia II, jas hujan plastik pun menjadi tenar dan disukai banyak orang.

Kelebihan Jas Hujan Plastik

Jas hujan yang kita kenal saat ini di pasaran sangat beragam. Ada yang terbuat dari bahan PVC, parasut, hingga plastik. Jas hujan bahan plastik banyak diminati masyarakat karena memiliki sedert kelebihan.

Pertama, jas hujan plastik memiliki bobot yang ringan. Ini membuat kita tidak akan merasa terbebani saat memakainya di bawah guyuran hujan. Selain itu, bahanya yang ringan juga membuat kita mudah membawanya tanpa merasa adanya tambahan beban di dalam tas kita. Jas hujan plastik juga praktis dibawa karena tidak makan banyak tempat.

Jas hujan plastik juga sangat terjangkau harganya. Harga kisarannya yang hanya Rp 5.000 membuat kita bisa membelinya kapan saja kita butuhkan saat kita lupa membawa jas hujan dari rumah.

Tips Membersihkan dan Merawat Jas Hujan agar Awet

Bersihkan dari Kotoran

Jas hujan kita wajib dirawat dengan baik. Kebanyakan dari kita hanya mengeringkan jas hujan usai memakainya lalu melipatnya kembali tanpa mengecek dulu jas hujannya. Padahal, penting bagi kamu untuk mengecek kondisi jas hujan. Cek apakah ada kotoran yang menempel atau tidak.

Bersihkan segera jika ada noda lumpur dan kotoran pada jas hujan. Jangan biarkan noda tersebut mengendap terlalu lama. Sisa air hujan yang tidak segera dikeringkan dan dibiarkan menempel juga akan membuat jas hujan lembap dan membuat adanya noda bekas air pada jas hujan.

Hindari memakai deterjen saat mencuci jas hujan. Hal ini hanya akan merusak kualitas bahan jas hujan. Kamu bisa memakai air bersih dan sabun cuci piring jika nodanya benar-benar membandel. Namun jika nodanya tidak begitu sulit dihilangkan, kamu cukup mengelapnya dengan memakai lap kanebo.

Keringkan tapi Jangan Dijemur Langsung

Langkah selanjutnya dalam membersihkan jas hujan adalah mengeringkannya. Apa pun bahan jas hujannya, hindari menjemurnya di bawah terik matahari. Cukup angin-anginkan saja untuk membuat jas hujan segera kering.

Menggantung jas hujan pada tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung membuat bahan jas hujan awet. Sinar matahari hanya akan menyebabkan getas dan jahitan sambungannya kaku dan mudah terlepas sehingga jas hujan mudah sobek.

Lipat dan Simpan di Dalam Tas

Langkah terakhir dalam merawat jas hujan adalah melipatnya. Hindari melipat jas hujan jika masih basah. Ini hanya akan membuat jamur mudah tumbuh pada jas hujan.

Lipat jas hujan dengan rapi sesuai dengan lipatan awalnya. Lalu masukkan jas hujan pada tas penyimpanannya.

Ini Dia Rekomendasi Jas Hujan Plastik untuk Kamu

Jas Hujan LDPE Plastik Setelan Baju Celana Raincoat Kualitas Bambu Travel

Jas Hujan LDPE Plastik Setelan Baju Celana Raincoat Kualitas Bambu Travel merupakan produk pertama yang bisa kamu andalkan. Jas hujan yang satu ini hadir dalam beberapa pilihan warna.

Jas hujan merek Rider ini terbuat dari bahan plastik LDPE yang tebal. Ukuran lebarnya adalah 75 cm dan panjangnya 95 cm.

Jas hujan ini ringan dan mudah dibawa kemana saja. Kamu bisa menggunakannya berkali-kali. Jas hujan ini bisa disimpan di tas hingga bagasi motor. Bahan jas hujan bisa didaur ulang sehingga ramah lingkungan.

Produk ini dilengkapi hoodie sehingga lebih nyaman digunakan. Bagian pinggangnya juga memiliki karet sehingga lebih stylish digunakan.

Harga Rp. 5.750-9.900

Jas Hujan Plastik Sekali Pakai Transparan Tipis

Kamu juga tidak bisa melewatkan Jas Hujan Plastik Sekali Pakai Transparan Tipis. Produk yang satu ini hadir dengan model yang simpel namun atraktif.

Jas hujan ini akan bisa melindungi kamu dari hujan secara efektif. Produk ini terbuat dari plastik berkualitas tinggi yang transparan. Panjangnya 94 cm. Jas hujan ini cocok untuk keadaan darurat.

Jas hujannya mudah dilipat dan praktis dibawa kemana saja. Bentuknya rang ringkas membuatnya tidak makan banyak tempat.

Harga Rp. 1.350-5.990

Jas Hujan Setelan Plastik Tebu (Jaket + Celana) Kombinasi

Jas Hujan Setelan Plastik Tebu (Jaket + Celana) Kombinasi ini juga sayang untuk dilewatkan. Jas hujan yang satu ini hanya memiliki berat 108 gram sehingga ringan saat digunakan maupun saat dibawa.

Produk ini mudah dilipat dan tidak makan banyak tempat. Jas hujan ini hadir dalam ukuran all size. Tersedia pilihan warna biru kombinasi silver dan hijau kombinasi silver. Kamu bisa membeli sebanyak 12 buah sekaligus untuk berat pengiriman 1 kg.

Harga Rp. 7.492-142.000

Jas Hujan Plastik Sekali Pakai

Jas Hujan Plastik Sekali Pakai adalah rekomendasi selanjutnya dari kami. Produk yang satu ini terbuat dari bahan plastik tipis dengan panjang 94 cm. Bobotnya hanya 12 gram. Warna jas hujan akan dikirim secara acak.

Harga Rp. 2.500-5.000

Jas Hujan Plastik Ponco Lengan Panjang Sekali Pakai Merk Tebu

Kamu juga bisa melirik Jas Hujan Plastik Ponco Lengan Panjang Sekali Pakai Merk Tebu. Ini adalah jas ponco yang nyaman dipakai berjalan atau beraktivitas di bawah hujan. Bahannya plastik yang ringan dan tahan lama digunakan. Ada pilihan warna hijau, biru, dan merah yang bisa dipilih.

Harga Rp. 6.000-310.000

Jas Hujan Plastik Elmondo Ceria - 201

Jas Hujan Plastik Elmondo Ceria – 201 merupakan jas hujan plastik berikutnya untuk kamu. Jas hujan yang satu ini terbuat dari bahan plastik PVC yang tentunya lebih tebal dan lebih nyaman digunakan.

Kamu bisa memakainya berulang kali. Ada bahan elastis pada bagian pergelangan tangannya. Jas hujan ini juga dilengkapi dengan hoodie sehingga bagian kepala bisa lebih hangat juga. Panjangnya 93 cm dan lebarnya 88 cm. Ada 6 pilihan warna yakni hijau, orange, biru, pink, hitam, dan putih.

Harga Rp. 15.000-30.000

Jas Hujan Plastik Stelan Zebra

Jas Hujan Plastik Stelan Zebra merupakan produk berikutnya untuk kamu. Jas hujan plastik ini sangat ringan dan mudah dibawa ke mana saja. Produk keren ini hadir dalam model setelan yang terdiri dari jaket dan celana.

Ada pilihan warna merah, biru, kuning, dan hijau yang bisa dipilih. Jas hujan ini memiliki lebar 80 cm dan tinggi 80 cm untuk atasannya. Sementara untuk bawahannya memiliki tinggi 90 cm dan lebar 55 cm. Bagian celana dilengkapi dengan tali kolor elastis yang bisa disesuaikan.

Harga Rp. 8.000-10.000

Jas Hujan Plastik Duku

Jas Hujan Plastik Duku Jas Hujan Sekali Pakai / Instant merupakan produk selanjutnya yang bisa digunakan. Jas hujan ini bisa digunakan 2 sampai 3 kali.

Produk model ponco ini terbuat dari bahan plastik daur ulang sehingga aman untuk lingkungan. Ukuran jas hujan ini all size. Bagian pergelangan tangan tidak dilengkapi karet sehingga bisa lebih bebas bergerak.

Harga Rp. 3.000-6.000

Jas Hujan Plastik Lengan Panjang Merk Extreme

Jas Hujan Plastik Lengan Panjang Merk Extreme merupakan rekomendasi jas hujan sekali pakai. Produk yang satu ini dijual secara grosir 1 bal berisi 480 buah dan tidak bisa beli eceran.

Warna yang dikirim adalah warna acak. Ukuran yang tersedia adalah all size. Bahannya lebih tebal sehingga lebih awet digunakan.

Harga Rp. 1.630.000-2.689.000

Tabasa Jas Hujan Plastik Transparan Polkadot Eva

Tabasa Jas Hujan Plastik Transparan Polkadot Eva menjadi rekomendasi selanjutnya untuk kamu. Jas hujan keren ini terbuat dari bahan plastik transparan dengan motif polkadot.

Modelnya simpel sehingga mudah digunakan. Jas hujan ini bisa melindungi kamu dari hujan dengan maksimal. Bobotnya ringan dan tidak makan banyak tempat.

Harga Rp. 42.000-93.000
From our editorial team

Pilih Jas Hujan dengan Model yang Mudah Digunakan

Jas hujan menjadi andalan saat hujan tiba-tiba turun. Saat hujan, tentu kita buru-buru mencari jas hujan dan cepat-cepat memakainya agar tubuh dan pakaian tidak kebasahan. Pilih model jas hujan yang sekiranya mudah digunakan dan bisa dipakai dalam waktu singkat. Dengan begini, kamu bisa terlindung dari hujan dengan cepat. Hindari memilih model jas hujan yang ribet dengan banyak tali karena hanya akan merepotkan saat pemakaian.