Musim Hujan Telah Tiba, Cek 10 Rekomendasi Jas Hujan untuk Pemotor supaya Lebih Aman Berkendara (2020)

Musim Hujan Telah Tiba, Cek 10 Rekomendasi Jas Hujan untuk Pemotor supaya Lebih Aman Berkendara (2020)

Musim hujan sudah mulai datang, para pemotor pun sudah wajib mempersiapkan diri menghadapi cuaca yang berubah kapan saja. Agar tidak kehujanan di jalan, kamu wajib sedia jas hujan di jok motor kamu. Cek cara memilih jas hujan pemotor dan rekomendasi produknya dari kami!

Pemotor Wajib Selalu Sedia Jas Hujan di Jok Motornya

Motor memang jadi kendaraan andalan setiap orang. Motor banyak diandalkan baik di desa maupun kota besar. Ini karena dengan naik motor maka kita bisa cepat sampai ke tempat tujuan karena tidak mudah terjebak macet. Sayangnya motor juga memiliki kekurangan, salah satunya, kurang nyaman kalau digunakan saat musim hujan. Kala musim hujan tiba, kita harus siap kehujanan saat naik motor.

Untuk mengantisipasi kondisi tersebut, kita wajib selalu sedia jas hujan di dalam jok sepeda atau di dalam tas yang kita bawa. Jas hujan akan melindungi kita saat hujan tiba-tiba turun. Kita jadi bisa tetap cepat sampai dan tetap kering sampai tempat tujuan.

Tips Memilih Jas Hujan untuk Pemotor

Pilih Warna yang Tepat

Untuk para pemotor, memilih jas hujan bukan sesuatu yang sulit. Kamu hanya perlu tahu jas hujan seperti apa yang wajib dimiliki. Nah, salah satu kriteria jas hujan untuk pemotor adalah warnanya harus tepat.

Sebisa mungkin pilihlah jas hujan berwarna terang. Ini supaya pengguna jalan lain bisa menyadari keberadaan kamu di jalan. Jas hujan dengan warna ngejreng akan bikin kamu mudah terlihat bahkan saat malam sekalipun.

Kamu boleh juga memakai jas hujan berwarna gelap. Namun pastikan jas hujannya memiliki scotlight di bagian punggung, lengan, dan dada. Ini supaya pengendara lain masih bisa melihat kamu saat berkendara di jalan. Scotlight atau reflektor akan memantulkan kembali cahaya yang datang dan membuat kamu mudah terdeteksi meski hujan sedang sangat deras.

Pilih Model yang Tepat

Hal lain yang wajib dipertimbangkan pemotor untuk jas hujan adalah memilih model yang tepat. Kita semua tahu model jas hujan ada beragam. Ada model ponco dan ada model setelan. Kebanyakan dari pemotor gemar memakai jas hujan ponco. Hal ini karena jas hujan ponco lebih cepat digunakan dan lebih praktis.

Namun tahukah kamu bahwa jas hujan ponco tidak direkomendasikan untuk para pemotor? Ini karena saat melaju di jalanan, jas hujan ponco bisa mudah terjepit di jeruji atau bagian di dekat ban sepeda motor. Selain itu, bagian depan jas hujan ponco bisa saja terangkat terkena angin lalu menutupi penglihatan pengendara.

Hal ini tentu membahayakan dan membuat adanya risiko kecelakaan. Bentuk jas hujan ponco yang mirip jubah juga bisa membuat bagian belakangnya berkibar ke belakang dan membuat baju kamu tetap basah sehingga kurang efektif untuk melindungi diri dari hujan.

Sebaiknya, kamu memilih jas hujan setelan atasan dan bawahan. Meski harganya lebih mahal, namun jas hujan setelan lebih aman dan lebih nyaman digunakan. Bagian baju dan tubuh bisa tertutupi dengan baik dan sempurna dengan jas hujan ini.

Selain itu, potongannya yang sesuai dengan pakaian pada umumnya membuat jas hujan ini tidak membahayakan saat dikenakan berkendara karena tidak berpotensi berkibar tertiup angin.

Cek Sambungannya

Ketika memilih jas hujan, ada baiknya untuk mengecek bagian sambungannya. Jangan memilih jas yang dijahit di tiap bagiannya. Ini hanya akan berpotensi membuat air masuk melalui pori-pori pada di sepanjang jalur sambungan jahitan tersebut. Kamu bisa memilih jas hujan yang sambungannya berupa pres. Ini untuk membuat risiko air hujan merembes ke dalam pakaian jadi kecil.

Cek juga bagian penutupnya. Baik resleting atau kancing, pastikan terbuat dari bahan kuningan atau tembaga agar awet. Kamu bisa juga memilih yang bahannya dari besi agar tidak mudah berkarat.

Pastikan Menyimpan Jas Hujan dengan Benar

Meski kualitasnya bagus, jas hujan tidak akan awet jika kamu tidak tahu cara penyimpanan yang benar. Jas hujan mahal pun bisa cepat rusak jika kita asal saja memakai dan menyimpannya. Maka dari itu, kenali dulu yuk cara membuat jas hujan lebih awet dan tahan lama digunakan bersama kami!

Pastikan untuk selalu mengeringkan jas hujan usai digunakan. Tidak perlu menjemurnya, kamu cukup mengangin-anginkannya. Kamu bisa juga mengelapnya dengan kanebo atau menggantungnya pada hanger untuk membuat air cepat kering dan hilang dari jas hujan.

Jangan lupa untuk membersihkan noda pada jas hujan. Hindari membiarkan noda terlalu lama pada jas hujan. Ini hanya akan membuat noda jadi lebih sulit untuk dibersihkan.

Saat sudah kering, kamu wajib melipat jas hujan dengan baik. Hindari melipatnya terlalu kecil. Hal ini hanya akan membuat rongga-rongga pada jas hujan jadi mudah rusak karena tidak mendapat sirkulasi udara. Kamu bisa melipatnya jadi tiga bagian atau menggulungnya agar jas hujan jadi lebih awet.

Ini Dia Rekomendasi Jas Hujan untuk para Pemotor

Eiger Riding Rexon Rainsuit

Eiger Riding Rexon Rainsuit merupakan rekomendasi pertama dari kami. Produk ini dihadirkan oleh Eiger, merek yang sudah ternama untuk perlengkapan kegiatan outdoor.

Jas hujan yang satu ini dibuat dari bahan PVC berkualitas yang bisa bikin kamu tetap kering saat berkendara di musim hujan.

Jas hujan ini dilengkapi bahan halus di bagian dalam sehingga kamu tidak gerah saat memakainya, kamu jadi merasa lebih hangat dan nyaman.

Jas hujan model setelan ini waterproof dan juga windproof. Ini membuat kamu bisa mana berkendara meski dalam kondisi hujan yang sangat deras.

Harga Rp. 404.100-673.500

Respiro Rain Suit R2

Selanjutnya, ada Respiro Rain Suit R2. Ini merupakan produk jas hujan terbaik yang sayang untuk kamu lewatkan. Produk keren ini terbuat dari bahan PES Laminating PVC.

Bahan tersebut dikenal kokoh dan elastis. Kamu bisa bergerak bebas namun tetap kering meski di tengah hujan. Jas hujan ini memiliki hoodie sehingga kepala bisa terlindung dengan baik.

Produk yang satu ini memakai resleting kombinasi kancing untuk penutupnya. Dengan teknologi 3 lapisan, kamu tetap nyaman meski menghadapi hujan deras. Ada ukuran L yang bisa kamu lirik dari produk ini.

Harga Rp. 490.000-657.000

Plevia Nautilus 734

Plevia Nautilus 734 menjadi rekomendasi kami selanjutnya. Jas hujan yang satu ini tersedia dalam ukuran all size. Kamu bisa memilih warna oranye, hijau, biru, ungu, hitam, atau pink. Motifnya bisa kamu pilih sesuai selera.

Jas hujan yang satu ini terbuat dari bahan PVC semi karet dengan sistem press sehingga air tidak mudah merembes. Kualitasnya bagus dan pastinya bisa tahan lama digunakan.

Jas hujan yang satu ini memiliki lebar 125 cm dan panjang 85 cm untuk atasannya. Sementara itu bagian bawahnya memiliki panjang 100 cm dan lingkar celananya 96 cm.

Harga Rp. 59.895-75.000

Tabasa Jas Hujan Carbon 300

Kamu juga bisa melirik Tabasa Jas Hujan Carbon 300 sebagai pilihan. Produk yang satu ini tersedia dalam warna hitam, biru, hijau, dan abu-abu.

Jas Hujan Plevia ini hadir dalam ukuran all size. Produk ini terdiri dari atasan dan bawahan yang sangat nyaman untuk digunakan. Bahan produk ini elastis dan tidak mudah sobek. Jas hujannya mudah digunakan dan mudah dilipat kembali.

Harga Rp. 77.900-144.000

Plevia POP JR 870

Kamu juga bisa mengandalkan Plevia POP JR 870. Ini adalah jas hujan yang terbuat dari bahan PVC semi karet. Jas hujan pemotor ini hadir dalam pilihan warna ungu, biru, pink, tosca, dan hitam.

Produk yang satu ini hadir dalam desain setelan jaket dan rok. Jas hujan ini diperuntukkan bagi wanita. Para wanita akan nyaman memakainya, utamanya kamu yang gemar pakai rok. Kamu tidak perlu kesulitan lagi saat hujan tiba. Rok dan baju kamu tetap terlindung dengan jas hujan yang satu ini.

Jas hujan ini dibuat memakai sistem hot press. Adanya fitur reflektor di bagian punggung membuat produk ini aman digunakan meski dalam kondisi hujan deras dan malam hari.

Harga Rp. 75.500-146.000

Setelan Jas Hujan Baju Celana Waterproof Bahan Tebal Big Size Raincoat Wanita Pria Speeds 036

Setelan Jas Hujan Baju Celana Waterproof Bahan Tebal Big Size Raincoat Wanita Pria Speeds 036 tentu bisa jadi pilihan berikutnya. Produk yang satu ini hadir dengan resleting dan kancing sebagai penutupnya.

Jas hujan ini modelnya setelan atas dan bawah. Ada juga fitur reflektor yang bisa bikin kamu lebih aman dan nyaman saat berkendara. Kamu bisa memilih ukuran L hingga XXL.

Bahan jas hujan ini halus dan ringan meski dirangkap dua yakni furing dan bagian luar bahan taslan. Jas hujan ini memakai jahitan full seam seal sehingga waterproof dan juga windproof. Ada kantong di bagian dalam dan luar jas hujan ini.

Jas hujan ini juga hadir dengan hoodie yang bisa disimpan di bagian leher dengan desain resleting. Celananya memakai karet dan ada tali pengikatnya.

Harga Rp. 140.000-283.000

Respiro The Challenger R2.0

Respiro The Challenger R2 adalah produk berikutnya untuk kamu. Jas hujan yang satu ini terbuat dari bahan yang tahan lama digunakan.

Ada double placket zipper yang dilengkapi velcro dan water stopper untuk menjamin ketahanan jas hujan terthadap air. Jahitannya dilapis dan anti merembes sehingga kamu tetap kering sampai tujuan.

Jas hujan pemotor ini memiliki reflektor sehingga kamu lebih aman berkendara saat hujan atau saat malam hari. Bagian pergelangan tangannya mudah diatur. Desainnya keren dan warnanya juga sangat terang sehingga bikin percaya diri.

Harga Rp. 315.000-400.000

Jas Hujan Takachi Japan

Jangan lewatkan juga Jas Hujan Takachi Japan. Produk yang satu ini berkualitas premium karena merupakan produk impor. Jas hujan pemotor ini terbuat dari bahan taslan yang lembut dan berkualitas tinggi, tahan air, dan tahan angin.

Bagian dalamnya dilapisi dengan furing. Jasnya berserat rapat sehingga aman dan nyaman digunakan. Jas ini dilengkapi dengan reflektor untuk menjamin keamanan berkendara di tengah hujan dan saat malam gelap.

Produk ini juga memiliki kantong sehingga bisa digunakan untuk menyimpan gadget dengan aman. Jahitannya berjenis full seam sehingga aman dari rembesan air. Produk ini dilengkapi penutup kepala yang bisa disembunyikan di bagian kerah jas hujan.

Harga Rp. 170.000-250.000

Jas Hujan Karet Tebal ASV Tahan Air

Jas Hujan Karet Tebal ASV Tahan air adalah rekomendasi selanjutnya dari kami. Jas hujan yang satu ini terbuat dari bahan karet sintetis yang dijamin tidak akan merembes meski tengah hujan deras, lentur, dan tidak mudah sobek. Produk yang satu ini berkualitas karena merupakan produk impor. Jas hujan pemotor ini terdiri dari setelan atas dan bawah.

Bagian celana memiliki bahan kain jaring di dalamnya sehingga bisa menjadi ventilasi udara saat digunakan. Produk ini lengkap dengan resleting dan kancing sehingga lebih aman dan rapat saat digunakan. Produk ini tersedia dalam ukuran L hingga XXXL.

Harga Rp. 175.000-260.000

Jas Hujan Setelan New Kombinasi Elmondo Jaket Celana 905

Jas Hujan Setelan New Kombinasi Elmondo Jaket Celana 905 ini adalah rekomendasi terakhir kami untuk jas hujan pemotor. Produk yang satu ini hadir dalam warna hijau dan biru.

Jas hujan yang satu ini terdiri dari atasan dan bawahan. Bahannya begitu kokoh dan elastis sehingga tidak mudah sobek saat digunakan.

Jas hujan ini dilengkapi dengan kantong di bagian kanan dan kiri sehingga kamu bisa lebih nyaman saat menyimpan gadget dan barang bawaan lainnya.

Harga Rp. 35.000-73.000
From our editorial team

Harga Jas Hujan Sedikit Banyak Menentukan Kualitasnya

Ketika memilih jas hujan untuk pemotor, hendaknya jangan asal pilih. Pertimbangkan juga harga dari jas hujan tersebut. Sedikit banyak, harga jas hujan akan menentukan kualitasnya. Kamu bisa cek bagian sambungan jahitannya, lapisan jas hujannya, hingga bahan jas hujannya. Meski terbilang mahal, sebenarnya, jas hujan berkualitas bisa tahan lama digunakan karena bahannya bagus dan bikin kamu tidak perlu bolak balik beli jas hujan baru. Sementara, jas hujan yang murah bisa jadi cepat sobek sehingga bikin kamu jadi harus beli produk baru dalam waktu dekat. Jadi, pertimbangkan dengan bijak, jas hujan seperti apa yang kamu ingin beli, ya.