10 Merek Perlengkapan Outdoor Terbaik yang Siap Mendukung Setiap Petualanganmu di Alam Bebas (2019)

10 Merek Perlengkapan Outdoor Terbaik yang Siap Mendukung Setiap Petualanganmu di Alam Bebas (2019)

Hobi olahraga outdoor pastinya kamu membutuhkan berbagai perlengkapan yang bisa menunjang aktivitasmu. Untuk perlengkapan outdoor ini, ada brand khusus yang menyediakannya dan produk yang dihadirkan sudah sesuai dengan kebutuhan. Mau tahu beberapa brand outdoor terbaik dunia? Yuk, cari tahu bareng BP-Guide!

Olahraga Outdoor yang Menantang Adrenalin Kini Mulai Banyak Digemari

Olahraga jika dilakukan secara rutin bisa berdampak baik bagi kesehatan jasmani dan rohani. Memilih olahraga ekstrem atau olahraga outdoor juga bagus untuk kesehatan mental dan mengasah adrenalin, lho. Namun, olahraga outdoor jauh terasa lebih berat dan sangat mengandalkan kekuatan fisik dan keberanian. Sehingga tidak semua orang bisa melakukan olahraga ini.

Selain mental yang berani, tubuh pun harus sudah terlatih karena risikonya juga lebih besar. Untuk melakukan olahraga outdoor pun juga harus ada persiapan yang matang. Meski demikian, olahraga outdoor kini makin digemari banyak kalangan karena memberikan sensasi dan pengalaman berbeda. Olahraga outdoor ini paling seru dilakukan bersama teman atau komunitas.

Ragam Kegiatan Outdoor yang Sering Dilakukan

Hiking & Trekking

Olahraga outdoor yang banyak diminati adalah hiking dan trekking yang masuk dalam kategori olahraga cukup berat. Olahraga ini dilakukan di area perbukitan di mana kita harus melakukan perjalanan jauh melalui berbagai medan dengan berjalan kaki. Untuk hiking, biasanya sudah ada jalur khusus untuk dilewati dengan pemandangan yang indah.

Kegiatan olahraga ini bagus untuk kesehatan tubuh dan pikiran karena kita berada di alam terbuka yang udaranya masih segar dan jauh dari polusi. Suasana alam yang tenang juga membuat pikiran jadi lebih jernih dan dapat meringankan stres, depresi, serta dapat mendorong kita untuk rileks dan berpikir positif.

Berlayar

Kegiatan outdoor yang tak kalah seru dilakukan adalah berlayar. Kamu yang hobi bertualang sepertinya juga harus coba berlayar untuk menikmati indahnya laut.

Dengan berlayar, tubuh bisa membakar 120 kalori setiap jamnya, namun harus mengemudi kapal sendiri, ya! Untuk itu, kamu harus sudah memiliki sertifikasi dan sudah terlatih untuk berlayar sendiri. Dalam olahraga ini kamu bermain dengan kecepatan dan arah angin serta ombak yang akan membawa kamu berlayar.

Salah satu rekomendasi tempat berlayar yang bagus ada di pulau Bintan. Kamu bisa datang ke Club Med Bintan, disini kamu akan dipandu oleh atlet sailing untuk berlayar di sepanjang pantai Lagoi.

Ski dan Snowboard

Tempat paling seru untuk olahraga ski dan snowboard tentu di daerah bersalju. Di Jepang olahraga yang satu ini juga sangat populer, lho! Tetapi di Indonesia kamu bisa melakukan olahraga ini di fasilitas wahana hiburan indoor.

Snowboarding mulai dikembangkan di Amerika Serikat sejak tahun 1960-an. Inspirasinya datang dari permainan skateboard, hanya saja snowboarding memanfaatkan lereng bukit bersalju untuk arena bermainnya. Untuk melakukan olahraga ini ada peralatan khusus dan teknik yang harus dikuasai tentunya.

Trail Running

Olahraga outdoor lainnya yang seru dan sedang populer adalah trail running atau lari jejak. Untuk melakukan olahraga ini tidak bisa sembarangan karena tingginya risiko cedera. Faktor usia, gender, kekuatan fisik, dan intensitas latihan juga sangat berpengaruh dalam olahraga trail running ini.

Kegiatan outdoor yang masuk dalam kategori olahraga lari ini terbilang ekstrem sehingga harus ada persiapan yang matang. Seperti melatih fleksibilitas otot dan harus bisa beradaptasi dengan berbagai medan yang ada di alam.

Mendaki Gunung

Mendaki gunung juga menjadi olahraga favorit banyak orang karena selain penuh tantangan juga sangat menyenangkan. Meski begitu, tentu harus ada pula persiapan untuk memulai kegiatan ini mengingat kita akan mendaki gunung yang tidak akan tuntas dalam beberapa jam perjalanan.

Di Indonesia ada banyak pegunungan yang menjadi favorit para pendaki, namun untuk pemula banyak yang mendaki ke gunung Welirang, gunung Lawu, dan Penanggungan.

10 Merek Perlengkapan Outdoor Terbaik Dunia

Gemar melakukan berbagai kegiatan outdoor, tentunya kamu juga harus mengenal berbagai merek perlengkapan outdoor. Merek-merek ini menyediakan berbagai perlengkapan dan peralatan yang kamu butuhkan. Nah, berikut adalah rekomendasi merek perlengkapan outdoor yang bisa kamu pilih untuk melengkapi kebutuhanmu selama beraktivitas di alam.

Patagonia

Sumber gambar https://www.zalora.co.id

Patagonia adalah merek perlengkapan outdoor asal California yang memproduksi berbagai pakaian dan perlengkapan outdoor sejak 1985. Hal yang sangat menarik dari merek ini adalah memakai konsep "reduce, repair, reuse, recycle, reimagine". Dengan konsep ini perusahaan sangat menganjurkan untuk tidak membeli barang yang tidak dibutuhkan dan menawarkan jasa reparasi untuk pakaian yang rusak.

Selain itu Patagonia juga menyumbangkan 1% pendapatannya untuk organisasi lingkungan guna menjaga, melestarikan, dan memulihkan alam.

Salah satu produk Patagonia yang bisa kamu miliki adalah Patagonia Lightweight Synch Snap-T Pullover.
Cocok untuk kamu yang suka beraktivitas di alam karena terbuat dari bahan poliester yang nyaman. Pakaian ini memiliki model leher tinggi dan saku di bagian dada. Pakaian ini berlengan panjang dan di bagian depan ada 3 buah penutup kancing. Tersedia dalam warna smolder blue, kamu bisa membelinya di Zalora dengan harga Rp 1.749.000.

Arc'teryx

Sumber gambar https://www.jakmall.com

Arc’teryx merupakan perusahan yang memproduksi pakaian dan peralatan olahraga outdoor asal British Columbia, Kanada, dan sudah berdiri sejak tahun 1989. Nama dan logo merek ini diambil dari nama burung yang indah, yakni archaeopteryx.

Produk dari Arc’teryx yang cocok untuk menemani kegiatan outdoor-mu adalah Tas Travelling Tas Daypack Arcteryx Mantis 26 L Backpack. Tas ini berbahan nilon yang kuat dengan kompartemen utama yang luas dan bisa menampung hingga 3 liter. Di bagian samping ada kantong yang bisa digunakan untuk menaruh botol minuman. Ada pula resleting yang memudahkan akses ke kompartemen utama.

Tas ini juga dilengkapi dengan klip tali sternum dan anyaman hipbelt untuk menstabilkan beban. Kamu bisa membeli tas ini di Jak Mall dengan harga Rp 1.200.000.

Columbia Sportswear

Sumber gambar https://www.columbia.com

Columbia Sportswear merupakan merek asal Oregon, AS yang menyediakan berbagai perlengkapan olahraga dan sudah aja sejak tahun 1960-an. Barang yang mereka produksi pun disesuaikan berdasarkan musim dan kebutuhan banyak pencinta olahraga outdoor.

Merek ini sudah memiliki banyak gerai di Indonesia sehingga berbagai produknya lebih mudah untuk ditemukan. Columbia Sportswear mulai dikenal luas di Indonesia pada tahun 2011 di kalangan para pendaki dan traveller.


Nah, produk dari Columbia Sportswear yang bisa kamu miliki adalah Men's Silver Ridge Convertible Pant. Bahan celananya terbuat dari 100% nylon Silver Ridge ripstop, 43% polyester mesh, dan 57% poliester daur ulang. Celana ini memiliki tempat penyimpanan yang banyak dan juga memiliki perlindungan dari sinar matahari. Pilihan warnanya terdiri dari petrol blue, camel brown, cypress, dan cool grey.

Celana outdoor yang kuat dan tahan lama ini bisa kamu beli Columbia seharga $ 34.99 atau sekitar Rp 492.475.

Moncler

Sumber gambar https://www.jd.id

Moncler didirikan pada tahun 1952 di Grenoble, Prancis, dan kini berpusat di Italia. Moncler dalam menghadirkan pakaian khusus pendaki memadukan gaya dan teknologi serta menyesuaikan pengetahuan mendaki gunung dengan pakaian yang diproduksinya. Selain pakaian, juga ada beragam produk untuk kegiatan outdoor lainnya.

Acorus' Longue Saison Quilted Down Jacket dibuat serbaguna dan cocok untuk berbagai kegiatan outdoor. Jaket ini terbuat dari bahan nilon yang kuat dan nyaman. Jaket berwarna dark blue ini tersedia dalam ukuran M. Jaket ini bisa kamu beli di JD dengan harga Rp 5.150.000.

Fjallraven

Fjallraven merupakan merek perlengkapan outdoor asal Swedia yang memproduksi tas pertamanya pada tahun 1978. Penciptanya terinspirasi dari permasalahan yang banyak dialami masyarakat pada saat itu, yakni masalah punggung yang membungkuk karena harus membawa beban berat, namun desain tas yang ada di pasaran tidak sesuai dengan kebutuhan.

Salah satu produk tas dari Fjallraven yang cocok untuk kegiatan outdoor adalah Ulvo 23 Backpack Mountain Blue yang terbuat dari material nilon yang tahan air. Kompartemen utama tas ini dibuat empuk dengan bukaan resleting. Tas ini cocok untuk bepergian dan memiliki ukuran 12,5 x 28 x 45 cm. Tas ini cocok untuk pria dan wanita yang bisa kamu beli di Urban Icon dengan harga Rp 2.589.000.

Kathmandu

Kathmandu adalah merek asal Selandia Baru yang telah berpengalaman dalam memproduksi berbagai produk outdoor selama lebih dari 30 tahun. Setiap produknya didesain sesuai dengan kebutuhan, medanm dan musim yang sangat cocok untuk para petualang. Untuk kualitasnya tidak perlu diragukan lagi karena dibuat oleh tangan para ahli yang teliti dan penuh kehati-hatian.

Kamu yang gemar hiking akan suka dengan Arrowsmith II Men's Shoes ini. Sepatu ini akan membuat langkahmu tetap stabil selama berjalan cepat ataupun berlari. Sol Arrowsmith's Vibram akan mencengkeram dengan baik, ringan, dan membuat kaki tetap bisa bernapas sehingga cocok sekali untuk olahraga trail running.

Bagian alas sepatu terbuat dari bahan thermoplastic polyurethane (TPU) yang elastis, cepat kering, dan mampu melindungi kaki dari benturan. Kamu bisa mendapatkan sepatu keren ini di Kathamandu dengan harga Rp 1.735.000.

Mountain Hardwear

Sumber gambar https://www.trekkinn.com

Mountain Hardwear sudah ada sejak tahun 1993 yang produknya dirancang dan dibuat dari bahan berkualitas tinggi.

Kamu para penggemar olahraga outdoor akan membutuhkan Mountain Hardwear Stretch Ozonic ini. Jaket ini terbuat dari bahan 100% nilon 40D yang kuat dan tahan lama serta tahan abrasi. Jaket ini juga didesain waterproof dan windproof, ya!

Teknologi Dry.Q™ pada jaket ini dapat membuang kelembapan dan tahan air dengan fabrikasi peregangan 4 arah. Di bagian dada terdapat saku packable matte vislon Aquaguard beresleting dan ventilasi udara di bagian bawah lengan.

Jaket ini bisa kamu beli di Trekkinn dengan harga Rp 2.127.000 yang tersedia dalam pilihan warna merah, hitam, biru, dan berbagai warna lainnya.

Smartwool

Sumber gambar https://www.ubuy.co.id

Smartwool salah satu merek yang khusus menyediakan berbagai produk yang kamu butuhkan untuk melakukan aktivitas outdoor. Salah satu produk yang tak bisa dilewatkan tentunya kaus kaki.

Smartwool menghadirkan Men's Hiking Light Crew yang terbuat dari bahan 1% elastane, 69% wool merino, dan 30% nilon. Kaus kaki ini terasa nyaman di kaki, sangat fleksibel, dan pada bagian tertentu terdapat zona jala sehingga kulit pun dapat bernapas dan memberikan sirkulasi udara yang baik. Pada bagian bawah ada bantalan empuk sehingga membuat kaki tetap nyaman selama berolahraga. Kamu bisa membeli sepasang kaus kaki ini dengan harga Rp 374.730 di Ubuy.

Keen

Sumber gambar https://www.blibli.com

Merek lain yang menyediakan berbagai perlengkapan outdoor dengan harga miring adalah Keen. Produk yang ditawarkan cukup lengkap dan salah satu gerainya ada di Mall Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Kamu yang hobi trekking bisa lirik Keen Targhee III Waterproof Sepatu Gunung Pria ini. Sepatunya terbuat dari bahan kulit yang tahan air dengan desain yang sporty mengikuti kontur kaki. Midsole-nya terasa empuk dan solnya terbuat dari bahan karet berkualitas yang tidak licin. Sepatu ini juga dibuat dengan teknologi Keen dry yang menjaga sirkulasi udara dalam sepatu tetap baik. Sepatu ini tersedia dalam ukuran 41, 42, dan 44 yang bisa kamu beli di Blibli dengan harga Rp 2.650.000.

Black Diamond Equipment

Sumber gambar https://www.trekkinn.com

Black Diamond Equipment yang dulunya fokus dalam memproduksi perlengkapan ski dan mendaki sudah berdiri sejak tahun 1957. Namun kini produknya sudah lengkap untuk berbagai jenis kegiatan outdoor.

Salah satu produknya yang bisa melengkapi petualanganmu di alam adalah Black Diamond Crag. Sarung tangan ini terbuat dari bahan mesh yang nyaman dan dilengkapi dengan bantalan buku jari. Bagian telapak tangan terbuat dari bahan kulit sintetis yang kuat dan nyaman. Sepasang sarung tangan berkualitas ini bisa kamu beli di Trekkinn dengan harga Rp 188.000.

From our editorial team

Sudah Lengkapkah Persiapan untuk Aktivitas Outdoor-mu?

Segala persiapan yang dibutuhkan selama berolahraga outdoor tidak bisa kamu lewatkan begitu saja. Untuk menghindari risiko, kamu harus memilih produk perlengkapan yang berkualitas agar kamu tetap aman dan nyaman berada di alam. Nah, siap untuk bertualang lagi di alam? Lengkapi dulu dong segala persiapan yang dibutuhkan!